Dashboard WordPress: Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya
Blog WordPress Expert Dashboard WordPress: Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya

Dashboard WordPress: Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya

Website menjadi media yang memiliki segudang manfaat dan keuntungan baik itu untuk bisnis dan lain sebagainya. Selain itu website memiliki peranan penting untuk perkembangan atau perjalanan suatu suatu bisnis, organisasi, dan bahkan individu. Saat ini membuat website itu mudah bahkan tanpa harus ahli dalam pemrograman web semua orang bisa membuat website dengan mudah dan cepat hanya tinggal klik dan instal saja. Ada banyak platform CMS yang bisa digunakan namun yang terbaik dan paling populer adalah WOrdPress. Dalam hal penggunaannya pun sangat mudah Anda hanya perlu memahami menu, fitur pada Dashboard WordPress ini mulai dari post, Pages, Plugins, Settings, dan lain sebagainya.

Tentu saja setiap menu atau fitur tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Jika Anda ingin menggunakan WordPress ada baiknya untuk mengetahui fungsi dari Dashboard WordPress tersebut. Untuk itu IDwebhost akan mengulas terkait Dashboard WordPress ini secara lengkap agar nanti saat Anda sudah menginstalnya akan lebih mudah dalam penggunaan dan optimasi website Anda.

Apakah Anda sudah memiliki dan menginstal WordPress? Jika belum kami sarankan untuk membeli domain dan hosting murah IDwebhost. Karena memang untuk membuat sebuah website yang profesional tentunya perlu memiliki domain sebagai alamat website dan hosting sebagai tempat untuk menyimpan semua file, data, video, audio, dan lain sebagainya sesuai kebutuhan website Anda nantinya. IDwebhost juga menyediakan Hosting wordpress lho.. Jadi, kamu tinggal memilih paket WordPress Hosting  yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika sudah silakan login pada WordPress yang telah Anda instal tadi, biasanya untuk masuk “https://namawebsiteAnda.com/wp-admin”. Pada tampilan awal tentunya ada beberapa menu lengkap yang tersedia, bagi pemula memang belum begitu tahu fungsi dan kegunaanya untuk itu mari kita bahas bersama IDwebhost yang akan memudahkan Anda saat melakukan konfigurasi, optimasi, setting, dan lain sebagainya.

Memang jika dilihat pembahasan tentang dashboard ini sangat umum dan biasa, namun dari segi seorang pemula yang baru menginstalnya tentu akan berbeda karena mereka belum tahu kegunaan dan fungsinya secara lengkap.

Apa Itu Dashboard WordPress

Apa Itu Dashboard WordPress?

WordPress sendiri memiliki dua macam versi yang pertama wordpress.com dengan ekstensi namawebsite.wordpress.com dan versi yang kedua adalah wordpress.org nah yang kedua inilah yang membutuhkan hosting untuk segala kebutuhan website Anda. Jika dilihat sekilas keduanya memiliki tampilan yang mirip namun dari segi fitur wordpress.org lebih banyak karena memang open source sehingga Anda bebas memodifikasinya.

Jika Anda telah berhasil login pada akun WordPress maka tampilan yang muncul adalah berbagai macam menu yang ada seperti Welcome to WordPress, Activity, At a Glance, Quick Draft dan lain sebagainya. Nah itulah yang dinamakan Dashboard WordPress yaitu tampilan awal WordPress yang didalamnya terdapat beberapa menu dan fitur yang tersedia, penjelasannya sebagai berikut:

Dashboard WordPress Menu Post

Pada menu dashboard WordPress Post adalah salah satu menu yang paling sering digunakan karena memang menu ini berfungsi untuk membuat konten website Anda. Didalamnya juga terdapat sub-menu sebagai berikut:

  • All Post, menu ini berfungsi untuk mengelola postingan Anda seperti Scheduled Edit, Quick Edit, Trash, Preview, Notify me.
  • Add New, menu ini fungsinya adalah untuk menambahkan postingan baru Anda.
  • Categories, dengan menggunakan menu ini Anda bisa mengelola atau menambahkan kategori postingan postingan website sesuai dengan kebutuhan.
  • Tags, pada menu ini berisikan tags-tags postingan selain itu Anda bisa menambah, mengedit, menghapus dan lain sebagainya.

Menu media WordPress

Dashboard WordPress Menu Media

Pada bagian media berfungsi untuk mengelola file media pada website Anda yang didalamnya terdapat berbagai macam file berupa foto, video, audio dan lain sebagainya yang telah Anda upload ke server hosting. Dari menu ini Anda bisa mengedit, menambah, dan menghapus gambar yang telah Anda posting. Kemudian menu media ini juga memiliki sub menu yaitu Add New yang berfungsi untuk menambah atau mengupload gambar baru.

Fungsi Menu Pages

Menu Pages

Selanjutnya menu pages yang yang memiliki fungsi utama yaitu untuk menambahkan laman pada website seperti laman About, Contact, Disclaimer, Privacy policy, Peta situs, dan lain sebagainya. Dalam pembuatan laman atau pages ini sebenarnya mirip dengan membuat postingan. Selain itu bisa melakukan Edit, Quick Edit, Trash, View, Notify me yang mirip dengan menu post di atas tadi.

Fungsi Menu Comments

Menu Comments

Setelah website Anda berjalan cukup lama dengan konten yang lumayan banyak tentunya akan ada banyak komentar yang masuk ke website Anda. Komentar-komentar ini tentunya berbagai macam baik itu dari orang asli atau komentar spam. Nah untuk mengelola komentar inilah digunakan menu Comments, disini Anda berwenang untuk melakukan Approve, Reply, Quick Edit, Edit, melihat History, memasukan sebagai Spam, dan memasang komentar ke Trash.

Fungsi Menu Appearance

Menu Appearance

Pada bagian menu Appearance memiliki fungsi untuk mengelola tampilan website Anda sesuai dengan keinginan. Menu dashboard WordPress yang satu ini juga memiliki sub menu sebagai berikut:

  • Themes, menu tema ini berisikan tema-tema yang Anda miliki yang bisa digunakan. Selain itu Anda bisa menambahkan tema baru sesuai keinginan Anda. Namun ingat jangan terlalu sering mengganti tema website karena tidak baik untuk kelangsungan website Ana.
  • Customize, dengan sub-menu Appearance Anda dapat melakukan kustomisasi tampilan WordPress secara langsung. Artinya saat Anda menambah atau mengubah tampilan maka pada layar bilah kanan Anda akan langsung melihat perubahannya.
  • Menus, dengan menggunakan sub-menu ini Anda bisa menambahkan menu-menu baru pada website Anda seperti kategori, artikel terbaru, komentar terbaru, tanggal postingan, dan lain sebagainya.
  • Header, sub menu header ini memiliki fungsi untuk menambah, mengganti, menghapus header name atau menggantinya dengan header gambar sesuai kebutuhan Anda.
  • Background, jika Anda menginginkan ada tampilan lain pada background website Anda. Dengan menu ini bisa mengubahnya sesuka hati tampilan belakang website Anda.
  • Theme Editor, dengan menggunakan sub-menu ini Anda bisa mengedit, menghapus, mengubah tema dari kode html. Namun jika belum paham pemrograman html sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu untuk menghindari error.

Fungsi Menu Plugins

Menu Plugins

Yang menjadikan WordPress populer adalah dengan melimpahnya plugin yang tersedia untuk optimasi website sesuai kebutuhan user. Dari menu Plugin ini Anda bisa menambah atau mengelola plugin yang Anda miliki sehingga website Anda bisa lebih optimal. Nah untuk plugin ini kami merekomendasikan untuk menambah yang seperlunya saja. Jangan sampai berlebihan yang akan membuat website Anda semakin berat.

Fungsi Menu Users

Menu Users

Pada menu users ini Anda bisa menambahkan pengguna baru yang akan mengelola WordPress Anda baik itu sebagai admin maupun penulis. Untuk menambahkannya juga mudah dengan klik ‘Add New” dan menuliskan beberapa rencana untuk akses masuk nantinya.

Fungsi Menu Tools

Menu Tools

Pada bagian menu tools ini adalah fasilitas tambahan yang biasanya digunakan sebagai alat untuk website Anda. Pada default-nya ada alat yang bermanfaat bisa digunakan yaitu

merupakan fasilitas tambahan untuk website anda. Disini ada 2 macam tools yang sangat bermanfaat, antara lain Import dan Export. Nah dari menu tersebut berfungsi yang berbeda jika sub-menu import digunakan untuk memasukkan konten dari sumber eksternal dalam bentuk .xml. Sedangkan untuk sub-menu Export berfungsi jika Anda ingin mengunduh atau membackup konten website Anda.

Dari dua menu tersebut jika Anda menginstal beberapa plugin maka sub-menu baru akan bertambah sesuai dengan bawaan plugin yang telah Anda instal.

Baca juga: Plugin SEO WordPress yang Sering digunakan Webmaster

Fungsi Menu Settings

Menu Settings

Pada menu terakhir ini adalah Settings yang didalamnya terdapat beberapa sub-menu penting yang digunakan untuk pengaturan website. Nah pada menu setting ini terdapat sub-menu sebagai berikut:

  • General, berfungsi untuk pengaturan site title, tagline URL, email address, time zone, date format dan site language.
  • Writing, pengaturan yang berhubungan dengan tulisan.
  • Reading, dibagian reading ini Anda bisa menentukan bagaimana website akan tampil baik di mata pengunjung maupun mesin pencari.
  • Discussion, karena tidak ada yang perlu diubah ada baiknya untuk dibiarkan default saja. Fungsi singkatnya adalah untuk mengatur komentar blog.
  • Media, pada bagian media ini Anda bisa mengatur thumbnail size, medium size dan large size, ukur sesuai dengan kebutuhan themes website yang Anda gunakan.
  • Permalink, digunakan untuk mengatur struktur link website sesuai kebutuhan, namun jika mengacu pada SEO maka yang baik menggunakan custom format %postname%.
  • Privacy, seperti menu Discussion tidak ada yang perlu dilakukan pengaturan untuk sub-menu ini jadi biarkan default saja.

Nah dari penjelasan diatas tentunya Anda sudah mengerti seluk-beluk dari dashboard WordPress ini. Selanjutnya Anda sudah siap untuk melakukan berbagai optimasi lanjut untuk memaksimalkan website Anda. Demikian pembahasan kali ini semoga bermanfaat untuk Anda. salam sukses untuk kita semua.