Simak Tips Sukses Mendapatkan Untung Dari CPA Marketing
Blog Tips Keren Simak Tips Sukses Mendapatkan Untung Dari CPA Marketing

Simak Tips Sukses Mendapatkan Untung Dari CPA Marketing

Jika Anda seorang publisher, maka tidak akan asing dengan istilah CPA. CPA disini merupakan sebuah jalan agar bisa mendapatkan uang yang berasal dari internet. Banyak yang mengatakan jika bisnis dengan menggunakan metode CPA akan cukup memberikan keuntungan, bahkan bisa dibilang sangat besar. Sehingga memang harus mengetahui apa itu CPA Marketing.

CPA Marketing Jalan Singkat Menuju Kaya

CPA Marketing atau Cost Per Action merupakan sebuah turunan yang berasal dari model affiliate marketing. Dimana seorang yang berprofesi sebagai publisher nantinya akan mendapatkan komisi yang berasal dari seorang user yang sudah melakukan sesuatu atau action. Contoh dari melakukan sesuatu adalah mengisi sebuah formulir, mendaftarkan sesuatu, melakukan download pada sebuah aplikasi mobile atau pc atau bisa juga dengan membeli sebuah produk melewati halaman yang sudah disediakan oleh pihak pengiklan atau advertiser. Komisi yang diberikan nantinya dibedakan berdasar dengan demografir dan juga wilayah yang menjadi target dari pihak pengiklan tersebut.

Walaupun besaran komisi berbeda, tetapi untuk demografi kelas A seperti UK, USA, atau EU sangat berpotensi untuk memberikan komisi sampai dengan 25 ribu per action yang dilakukan. Tetapi, tidak semua jenis CPA bisa memberikan komisi yang sama besatnya. Biasanya agar bisa mendapatkan komisi yang besar, user harus melakukan sign up atau dengan membeli sebuah produk. Potensi yang besar tersebut nantinya bisa mendatangkan traffic pada sebuah website yang mempunyai 1000 UV atau unique visitor setiap harinya.

cpa marketing

Istilah Yang Ada dalam CPA Marketing

Berikut ini adalah beberapa istilah yang harus Anda tahu agar bisa memahami CPA Marketing.

1. CPA Marketing, Publisher

Adalah seseorang yang mempunyai fungsi atau tugas untuk bisa melakukan promosi pada sebuah brand. Atau sebuah produk dengan bantuan website yang dimiliki. Publihser inilah yang menjadi peran kunci ketika menjalankan CPA Marketing. Keberadaanya juga sangat penting, hal ini dikarenakan audiens yang menjadi target market nantinya akan melihat iklan yang akan dipromosikan melalui bantuan website.

2. CPA Marketing, Advertiser

Merupakan pihak perusahaan atau pemilik dari sebuah bisnis yang nantinya akan melakukan kerjasama agar bisa meminta partnership dengan pihak publisher tentunya dengan bantuan cpa marketing. Advertiser nantinya akan bekerj sama dengan para publisher yang mempunyai reputasi yang baik.

3. CPA Marketing, CPA Network

Adalah sebuah platform yang nantinya akan menjadi wadah dan juga bisa mempertemukan antara publisher dan advertiser agar bisa melakukan sebuah kontrak kerjasama tentang CPA Marketing. CPA Network juga menjad hal yang diperlukan agar dapat menjadi sebuah jembatan dan juga sarana komunikasi antara pihak Publihser dengan Advertiser.

4. CPA Marketing, Affiliate Manager

Ini juga mempunyai peranan yang sama pentingnya dalam sebuah CPA marketing. Affiliate Manager mempunyai tugas agar bisa membimbing para publisher agar bisa menjalankan kegiatannya. Sehingga, wawasan yang dimiliki oleh seorang Affiliate Manager memang diharuskan luas dan juga dapat membimbing publisher dengan baik dan benar. Oleh karena itu, seluruh kegiatan CPA yang terjadi antara Publisher dan Advertiser dapat berjalan dengan baik dan benar.

cpa marketing

5. Komisi

Adalah sebuah keuntungan yang nantinya akan diterima oleh pihak publisher ketika memasang sebuah promosi iklan dari pihak Advertiser di website yang dimiliki. Hal ini menjadi salah satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh Publisher ketika menjalankan sebuah CPA Marketing dengan baik.

6. Action

Adalah sebuah tindakan yang nantinya akan dilakukan oleh user pada sebuah landing page yang dimiliki oleh advertiser. Contohnya untuk melakukan installasi, downlad, mengisi form yang sudah disedaiakan sebelumnya, mencantumkan alamat email, dan juga melakukan sebuah pembelian. Action inilah yang nantinya akan menguntungkan para advertiser jika user akan bertindak pada iklan yang nantinya akan di promosikan.

Cara Kerja CPA Marketing

Alur yang dilakukan dalam melakukan CPA Marketing adalah:

  1. Yang bertugas sebagai publisher memasang sebuah banner dan juga link pada website yang dimiliki.
  2. Visitor website yang akan mengklik link dan juga mengunjungi halaman produk yang akan disisipkan pada sebuah banner iklan
  3. Pengunjung sebuah website harus melakukan tindakan yang memang diarahkan contohnya seperti mengisi sebuah form atau membeli sebuah produk
  4. Jika Anda sebagai publisher maka nantinya Anda akan mendapatkan sebuah komisi.

Alasan Harus Mencoba CPA Marketing

Walaupun cara kerja yang sangat mudah, berikut ini merupakan alasan yang bisa pahami agar Anda mau mencoba CPA Maketing

1. Cukup Membutuhkan Modal Yang Sedikit

CPA Marketing bisa menjad pilihan Anda dalam menghasilkan uang karena modal yang dikeluarkan tidak banyak. Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang digunakan seperti bisnis pada umumnya. Agar bisa bergabung menjadi publisher, Anda juga tidak dipungut biaya oleh CPA Network pilihan Anda. Yang Anda butuhkan yang dijadikan sebagai modal adalah website yang Anda miliki agar dapat melakukan posting banner iklan milik advertiser.

cpa marketing

2. Sangat Mudah Dilakukan

Cara kerja sangat mudah. Anda hanya perlu mempunyai sebuah website yang aktif dan mempunyai traffic yang sangat bagus. Selanjutnya, Anda bisa langsung mendaftarkan diri ke CPA Network yang ada di Indonesia. Ada begitu banyak CPA Network yang bisa Anda pilih. Ketika sudah mendaftar, Anda akan dibimbing langsung oleh Affiliate Manager yang nantinya akan membantu Anda dan juga mengajarkan CPA Marketing dijalankan.

3. Sangat Berpotensi Mendapatkan Keuntungan Yang Besar

Ketika Anda sudah mamposting banner iklan di website Anda, maka akan langsung berpeluang dalam mendapatkan sebuah keuntungan yang berlipat. Apalagi jika pengunjung website Anda berhasil melakukan action sesuai dengan yang diarahkan oleh Advertiser. Agar komisi semakin meningkat, maka Anda dapat mengarahkan usaha Anda dengan cara meningkatkan traffic website yang Anda miliki. Tentunya, semakin tinggi traffic sebuah website maka akan semakin banyak juga pengunjung yang melihat banner dan ikut serta dalam melakukan action.

4. Jam Kerja Sangat Flexible

Jika Anda serius untuk menggeluti CPA Marketing dan akan menjadikannya sebagi sumber penghasilan utama, maka Anda akan mendapatkan keuntungan jam kerja yang fleksibel. Tentunya dengan melakukan CPA Marketing, Anda tidak akan mempunyai waktu yang tetap agar bisa bekerja seperti bekerja pada sebuah kantor. Anda dibebaskan untuk menggunakan waktu yang Anda miliki untuk mengecek traffic dan juga membuat sebuah strategi agar bisa meningkatkan traffic pada website Anda.

Kesimpulan

CPA merupakan sebuah metode pemasaran yang sangat bisa dilakukan oleh Anda yang ingin memperoleh penghasilan tambahan yang berasal dari internet. Tetapi, agar bisa bermain dan juga bersaing dengan para publisher, bekal pertama untuk berperang harus segara dipersiapkan. Bekal tersebut antara lain sebuah website yang dinilai baik dan juga dipercaya dimata pembaca atau calon user. Anda juga harus menentukan nama domain yang nantinya bisa dengan mudah diingat oleh pembaca. Hal ini akan sangat berpeluang untuk memperbesar konversi situs milik Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.