Dampak Pindah Hosting Terhadap Ranking Situs
Blog Tips Keren Dampak Pindah Hosting Terhadap Ranking Situs

Dampak Pindah Hosting Terhadap Ranking Situs

Dampak pindah hosting terhadap peringkat yang dimiliki oleh website kita perlu dipertimbangkan dengan baik. Pada dasarnya memang ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk bisa membuat ranking situs anda lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Dikutip melalui Siteground[dot]com, dijelaskan secara lebih dalam mengenai dampak pindah hosting tersebut. Hal ini tentunya akan membuka rasa penasaran anda apakah gonta-ganti hosting itu bisa memberikan manfaat, atau malah menimbulkan kerugian yang tidak anda sangka sebelumnya? Pada dasarnya ranking dari website anda sudah bagus. Tapi pada akhirnya harus turun peringkat karena sesuatu hal. Ini tentu saja akan memberikan kepada anda lebih banyak wawasan baru itu sendiri.

Google Akan Memeriksa IP Address Anda

Dalam tahap awal, setelah anda melakukan perpindahan terhadap hosting, maka Google akan langsung melakukan pemeriksaan terhadap IP yang anda miliki. Nantinya IP tersebut akan digunakan sebagai situs web terbaru yang bisa anda pergunakan didalamnya. Apabila server tersebut berasal dari negara yang sama, maka anda tidak perlu cemas. Kenapa? Karena nantinya ini tidak akan memberikan dampak pindah hosting dengan menurunkan ranking situs anda atau semacamnya. Jadi bisa dibilang ini akan menjadi sebuah solusi yang aman atau safe.

Di satu sisi, dampak pindah hosting akan terasa pada saat anda menggunakan IP Server yang berbeda dari segi negaranya. Jadi kalau nanti terdeteksi bahwa IP yang anda gunakan berasal dari negara yang tidak sama dengan sebelumnya, maka ini berpotensi untuk membuat situs anda menjadi terpengaruh dari segi ranking yang ada didalamnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa salah satu cara terbaik dalam mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan mencoba untuk mengidentifikasi hosting anda berada di server negara apa? Usahakan untuk selektif dalam memilih layanan hosting yang digunakan.

 

dampak pindah hosting
idwebhost.com

 

Ada kalanya anda cukup awal dalam hal ini. Kemudian, ketika hosting tersebut ternyata tidak sama atau berbeda negaranya, maka ini bisa menjadi malapetaka. Karena situs anda yang awalnya mungkin sudah memiliki traffic banyak dan bertengger di papan atas mesin pencari, akan bisa tiba-tiba terhempas ke peringkat yang paling turun karena hal ini. Jadi sudah saatnya bagi anda untuk memahami lebih banyak mengenai hal tersebut.

Mempengaruhi Kecepatan Situs Anda

Dampak pindah hosting selanjutnya bukan hanya akan berdampak pada ranking semata, tapi juga akan memberikan dampak pada kecepatan situs anda itu sendiri. Mungkin anda awalnya sudah memiliki situs dengan kecepatan yang bagus. Tapi karena pindah hosting ini, maka anda harus mengatur ulang semuanya. Termasuk kecepatan yang ada didalamnya pun juga akan berkurang. Hati-hati karena ini akan berimbas pada traffic Google tersebut yang nantinya akan membaca situs anda sebagai website yang kurang bagus kecepatannya.

Pada hasilnya nanti, ini juga akan memberikan dampak yang kurang bagus. Kenapa? Karena saat ini Google juga lebih mengedepankan situs dengan kecepatan yang bagus. Jadi supaya tidak kena dampak pindah hosting dengan menurunnya speed tersebut, sudah pasti anda harus kembali lagi lebih selektif dalam memilih layanan hosting yang digunakan. Inilah yang jelas akan memberikan kepada anda sebuah dampak terpenting yang ada didalamnya.

Untuk menghindari dampak pindah hosting tersebut, sebaiknya anda bertanya dulu ke jasa hosting domain yang anda gunakan, apakah mereka memiliki speed time yang bagus pada saat loading situs itu sendiri. Apabila mereka memilikinya dengan kecepatan yang bagus, sudah pasti tidak perlu ada yang anda pusingkan lagi. Tapi jika speed time yang dimiliki tidak wajar, sudah pasti anda harus curiga dan berhati-hati didalamnya.

 

dampak pindah hosting
idwebhost.com

Pertimbangkan Juga Faktor Uptime

Hal lain dari dampak pindah hosting yang juga harus anda perhatikan adalah faktor uptime itu sendiri. Dalam hal ini uptime akan memberikan kepada anda pengaruh yang signifikan pula. Apabila situs yang anda miliki tidak aktif dalam satu waktu, hal ini juga akan berpotensi menurunkan peringkatnya dalam mesin pencari. Hal tersebut jelas akan memberikan dampak yang kurang bagus dari segi SEO. Anda sudah susah payah dalam mengoptimalkan situs anda supaya bisa tampil dengan SEO yang bagus, tapi semuanya bisa gagal dalam sekejap apabila anda tidak mempertimbangkan mengenai hal ini.

Jadi pertimbangan terhadap dampak pindah hosting dari segi uptime ini juga harus anda amati dengan baik. Pada dasarnya anda perlu tahu dan memahami bahwa semua konsekuensi perlu siap anda terima ketika melakukan perpindahan hosting. Jadi jika sudah memutuskan hal tersebut, anda benar-benar harus paham juga bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya anda persiapkan.

Baca Juga: Cara Setting Time Zone Email Dengan Berbagai Metode

Pastikan Situs Anda Mudah Dirambati Google

Maksud dari dirambati adalah di-crawl oleh Google sehingga nantinya Robot Mesin Pencari akan bisa melihat situs anda dengan baik dan membuatnya masuk di peringkat tertentu. Ini juga adalah hal yang sangat penting. Setidaknya anda membutuhkan waktu kurang lebih sekitar beberapa jam untuk bisa mengatasi hal yang satu ini. Jumlah waktu yang setidaknya harus anda luangkan adalah 72 jam. Dengan cara ini maka hal tersebut akan memastikan bahwa perambatan DNS ini berjalan dengan lancar dan mampu menjadikan situs anda lebih baik dari sebelumnya. Tentu saja ini juga harus anda pertimbangkan karena anda yang bertanggung jawab terhadap situs anda sendiri.

Dari segi faktor dampak pindah hosting tersebut, sebetulnya bisa diminimalisir dengan cara yang tepat dan signifikan. Saat anda memahami bahwa ada hal yang tidak beres usai perpindahan hosting, anda akan berpikir bahwa sejak awal tidak perlu pindah hosting sama sekali. Jika sudah demikian, alangkah baiknya jika anda memahami apa saja hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan dalam rangka membuat situs anda begitu mudah untuk dihinggapi oleh mesin pencari Google itu sendiri.

 

dampak pindah hosting
idwebhost.com

Kesimpulan: Selalu Utamakan Cek Spesifikasi Hosting

Melihat dampak pindah hosting yang cukup signifikan, alangkah baiknya jika anda selalu mengutamakan untuk cek spesifikasi hosting terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal ini jelas akan mampu memberikan manfaat yang maksimal. Di sinilah anda nanti akan bisa melihat bagaimana hosting tersebut akan berpengaruh pada ranking yang anda miliki di mesin pencari.

Jadi sebelum memutuskan untuk pindah ke hosting lainnya, alangkah baiknya jika anda sudah melakukan pencarian terlebih dahulu. Lakukan riset yang mendalam tentang spesifikasi dan keunggulan yang mereka miliki. Hal ini jelas akan memberikan dampak yang lebih bagus. Pasalnya, dengan adanya sejumlah dampak yang tersedia tersebut, pastinya anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali yang akan bisa anda capai dan terapkan didalamnya.

Hal ini juga pasti akan jelas pengaruhnya dalam rangka membuat hosting yang anda miliki supaya tetap terjaga dengan baik dan aman digunakan. Nantinya juga tidak akan berpengaruh pada ranking anda di mesin pencari, speed time website terkait, dan lain sebagainya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.