Daftar WordPress Theme Framework Terbaik
Blog Tips Keren Daftar WordPress Theme Framework Terbaik

Daftar WordPress Theme Framework Terbaik

Dengan bantuan wordpress theme framework ternyata bisa menambahkan tampilan dan juga fitur khusus dalam sebuah website. Anda juga tidak perlu lagi untuk menyusun kode php sedari awal, karena dengan bantuan theme framework ini beban Anda akan sedikit berkurang.

Mengenal WordPress Theme Framework

WordPress framework memang lebih mudah dipahami sebagai bagian pondasi dari tema wordpress. Framework theme ini dapat Anda gunakan ketika akan membuat sebuah tema wordpress yang baru atau bisa juga memodifikasi tema yang sudah ada sebelumnya. WordPress theme framework ini berisi adanya kumpulan kode inti yang sudah mencakup fitur dasar dan juga elemen desain. Anda dapat meng-copy kode yang dimaksud agar bisa disesuaikan dengan tema yang nantinya akan Anda pakai.

Agar bisa menggunakan wordpress theme framework ini, tentunya Anda memerlukan parent theme dan juga child theme. Parent theme yang dimaksud adalah tema yang berisi tentang tampilan lengkap dan juga banyaknya fitur yang ada didalamnya. Apalagi framework theme wordpress berisi tentang hampir semua fitur dan juga tampilan, sehingga wordpress framework dikenal dengan parent theme. Sedangkan child theme dgunakan agar bisa memudahkan para developer untuk memodifikasi styling tampilan dan juga fitur pada sebuah tema.

wordpress theme framework

Jenis WordPress Theme Framework

Tentunya ada banyak sekali jenis framework wordpress yang dapat Anda gunakan untuk mengkustomisasi sebuah tema yang nantinya akan Anda gunakan. Tetapi, agar bisa memudahkan Anda dalam memilih framework yang tepat, ada empat jenis tipe utama dari wordpress theme framework yang harus Anda tahu.

  1. Complete drag & drop. Merupakan sebuah tipe framework theme yang bisa memungkinkan Anda dalam membuat atau bahkan mengkustomisasi secara visual. Tanpa menggunakan coding, tentunya Anda bisa memilih elemen atau fitur, seret dan juga menempatkan sesuai dengan keinginan.
  2. Pseudo-drag drop. Merupakan sebuah framework yang sangat memungkinkan Anda agar bisa menambahkan fitur secara drag & drop.
  3. Full Options Framework. Sebuah framework yang mempunyai banyak kode agar bisa menambahkan fitur dengan lengkap.
  4. Framework Khusus untuk Developer. Salah satu framework ini akan sangat memudahkan developer dalam membuat sebuah tema wordpress.

Daftar WordPress Theme Framework Terbaik yang Bisa Anda Coba

Agar bisa memudahkan Anda dalam memilih, berikut ini terdapat daftar wordpress theme framework terbaik yang bisa Anda coba.

wordpress theme framework

Gantry 5

Merupakan sebuah framework tipe pseudo drag and drop yang mempunyai layout manager yang sangat powerful sehingga akan mudah digunakan. Layout manager ini sangat bisa memastikan Anda untuk bisa mengontrol layout yang didukung dengan kualitas visual yang sangat baik. Gantry framework ini tidak mempunyai default theme, sehingga untuk bisa bekerja Anda harus menginstall dengan baik framework ataupun temanya. Fitur unggulan:

  1. Layout manager flexible yang akan memudahkan Anda dalam membangun atau meyesuaikan lauout dengan dukungan fitur drag and drop.
  2. Sistem partikel yang akan memungkinkan Anda dalam pembuatan, konfigurasi dan juga pengelolaan blok sebuah konten menjadi lebih mudah.
  3. Menu editor visual bisa memudahkan pengguna dalam menyusun hirarki menu dan juga menambahkan partikel maupun ikon didalamnya.
  4. Mega menu sangat berguna untuk menyediakan berbagai menu navigasi yang lengkap dibandingkan dengan menu dropdown yang standar.
  5. Sistem twig templating juga bisa memudahkan Anda dalam melakukan sebuah kustomisasi tema melalui template dengan kode HTML.

Genesis

Merupakan sebuah wordpress theme framework dengan tipe pseudo drag & drop yang dibuat khusus untuk para developer. Sudah banyak professional yang memilih menggunakan genesis dibandingkan dengan theme framework lainnya. Tentunya karena genesis merupakan satu framework yang SEO friendly, well coded, aman dan juga sangat terjangkau. Beberapa fitur unggulannya adalah:

  1. Search Engine Optimization. Developer genesis sudah mempertimbangkan algoritma ranking yang paling baru ketika merancang sebuah theme. Sehingga akan bisa meningkatkan visibilitas website Anda pada mesin pencari.
  2. Desain bisa disesuaikan. Theme ini sangat memungkinkan untuk Anda dalam melakukan kustomisasi mandiri, seperti mengubah warna atau menambah page sebuah elemen.
  3. Dilengkapi dengan page element. Salah satu theme framework ini sudah terintegrasi dengan page element dasar wordpress.
  4. Unlimited support dan update yang sudah terdokumentasi secara baik. Apalagi ada child theme yang membuat takjub ketika dilakukan optimasi dengan kode modern.

wordpress theme framework

Thesis 2.0

Merupakan sebuah framework theme bertipe psedo drag & drop yang dikenal sebagai pesaing dari Genesis. Thesis 2.0 adalah tipe baru dari thesis yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang jauh lebih menarik. Salah satu theme framework yang sangat cocok untuk pemula, apalagi yang menginginkan keindahan pada situs yang dimiliki. Selain mudah dalam kustomisasinya, Anda juga mempunyai control yang sangat penuh hingga mencapai elemen terkencil pada wordpress dashboard Anda.

Themify

Merupakan sebuah wordpress theme framework yang bertipe full options yang bisa memberikan Anda sebuah hak istimewa ketika menggunakan website builder drag and drop. Dengan menggunakan website builder ini Anda bisa dengan mudah membuat sebuah layout dengan memperlihatkan tampilan yang enak untuk dilihat. Dengan menggunakan theme framework ini, Anda juga bisa menambahkan widget apapun kedalam layout pada halaman situs Anda. Tentunya layout yang dibuat lewat builder sudah dikelola dengan menggunakan tata letak grid yang terdiri dari baris dan juga kolom.

Headway Framework

Merupakan sebuah framework wordpress dengan tipe complete drag and drop. Salah satu framework ini bisa membantu dari desainer, blogger, marketer sampai dengan developer untuk membangun sebuah situs tanpa coding. Selain itu, Anda juga bisa membantu desain impian dalam waktu beberapa menit saja. Framework ini mempunyai dua desain khusus, yaitu grid editor yang digunakan untuk membuat sebuah struktur website. Dan desain editor yang terdapat elemen desain yang sangat bisa Anda atur untuk style-nya. Selain mudah digunakan, Anda juga hanya perlu memilih template, mengkustomisasi desain, menambah konten dan situs Anda juga sudah siap untuk digunakan.

wordpress theme framework

Kelebihan Menngunakan WordPress Theme Framework

Agar Anda tidak merasa clueless dan jauh lebih mantap dalam mengambil sebuah keputusan untuk menggunakan framework theme. Maka perlu untuk mengetahui kelebihannya:

  1. Kode Berkualitas
  2. Support berasal dari developer theme
  3. Kemudahan dalam update dan juga mudah untuk dikembangkan
  4. Terdapat fungsi bawaan yang bisa membantu kemudahan dalam menggunakan.

Kekurangan Menggunakan WordPress Theme Framework

  1. Membutuhkan waktu untuk mempelajari.
  2. Terdapat beberapa kode yang tidak perlu.
  3. Keterbatasan dari segi ruang gerak.
  4. Meskipun ada framework yang gratis, tetapi ada juga yang premium.

Untuk Anda yang tidak ingin membuat sebuah wordpress dari proses yang sangat awal, menggunakan wordpress theme framework akan sangat bisa membantu. Namun, harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keahlian Anda. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.