Daftar Aplikasi Video Conference Terbaik

29 Sep 2023
Daftar Aplikasi Video Conference Terbaik campaign-unlimited

Tren bekerja secara remote membuat banyak orang mencari aplikasi video conference terbaik.  Memang sudah banyak yang digunakan. Tetapi, setiap aplikasi yang ada selalu mempunyai fitur keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga, sangat penting mengetahui fitur apa saja yang ditawarkan oleh aplikasi vide conference terbaik. Berikut ini ada beberapa daftar aplikasi video conference yang bisa kamu coba.

aplikasi video conference

Aplikasi Video Conference, Zoom Meeting

Zoom merupakan salah satu aplikasi yang dijadikan opsi untuk melengkapi meeting online. Tersedia layanan gratis yang bisa dimanfaatkan, dan sangat bisa menampung 100 user dengan total batasan durasi sampai dengan 40 menit.

Namun, jika peserta meeting lebih dari itu, kamu sangat bisa menggunakan layanan dengan opsi yang berbayar. Zoom di sinyalir bisa menampung sampai dengan 1000 pasrtisipan dalam kurun satu waktu. Untuk berlangganan bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari $19.90 setiap bulannya.

Paket ini juga termasuk bebas untuk untuk penggunaan selama meeting atau dikenal dengan istilah unlimited meeting. Kamu juga tidak perlu khawatir karena kualitas video dari Zoom sebesar 720p HD meskipun menampung banyak pengguna.

Dan bisa menayangkan 49 video secara sekaligus dalam satu tampilan. Tidak hanya unggul dalam jumlah kapasitas pengguna, tempilan interface zoom juga sangat menarik dan menyenangkan. Disediakan juga fitur Virtual Background agar bisa mengganti tema pada layar dengan menggunakan tampilan apapun, contohnya seperti tengah pantai, kebun atau bisa juga luar angkasa.

aplikasi video conference

Aplikasi Video Conference, Google Meet

Jika sedang mencari aplikasi yang sederhana dan menawarkan kemudahan dalam penggunaannya untuk meeting online, Google Meet bisa jadi salah satu pilihannya. Aplikasi di bawah naungan google ini tidak hanya cukup dengan login melalui browser saja, tetapi perlu menginstall aplikasi.

Sehingga tidak hanya bisa digunakan melalui browser, tetapi juga bisa digunakan di perangkat mobile. Tidak hanya menawarkan dalam kemudahan dalam penggunaan, Google Meet juga menawarkan berbagai fitur menarik yang bisa digunakan.

Contohnya merekam video meeting dan otomatis akan tersimpan dalam Google Drive. Yang lebih menarik lagi, kamu juga bisa sekaligus mendapatkan subtitle dari video tersebut seperti menonton film pada umumnya. Agar bisa menggunakan Google Meet, kamu hanya perlu membayar $6 tiap bulannya. Harga yang sangat terjangkau, apalagi untuk aplikasi yang sangat banyak fitur menarik dan mudah untuk digunakan.

aplikasi video conference

Aplikasi Video Conference, Lifesize

Salah satu aplikasi video conference terbaik yang menawarkan kualitas video terbaik. Sudah didukung dengan teknologi 4K Video Conferencing, Lifesize akan bisa membantu menjadikan meeting seolah bertatapan secara langsung.

Aplikasi lain hanya menawarkan kualitas video sebesar 720p HD, tetapi dengan 4K video conferencing artinya kualitas gambar yang ditampilam bisa melebih standart HD dan bahkan sampai dengan 8x lebih bagus dari kualitas 720p. Tampilan Lifesize memang jauh lebih tajam, jernih dan juga halus.

Tetapi agar bisa memperoleh tampilan yang menakjubkan, perangkat juga harus disesuaikan. Setidaknya sudah support untuk melakukan transfer data 4K. Solusinya, Lifesize akan menyediakan perangkat yang memang mendukung tampilan 4K. Contohnya adalah adanya camera 4K dan juga display monitor.

Keunggulan lain adalah adanya sistem keamanan yang sudah terjamin dengan end-to-end encryption. Sehingga meeting onlinemu akan otomatis terenkripsi dan langsung ada tindakan pencegahan dari pihak ketiga yang berniat menyadap.

Microsoft Teams

Aplikasi satu ini merupakan hasil dari pembaharuan Aplikasi Skype for Business. Masa sekarang merupakan masa transisi dari Skype for Business ke Microsoft Teams. Pada 2023 kini, Skype for Business akan secara resmi menjadi bagian dari Microsoft Teams.

Dengan adanya perubahan ini, termasuk adanya penambahan fitur menarik sebagai pendukung video conference, contohnya seperti upsize untuk jumlah kapasitas dan integrasi langsung dengan Microsoft Office 365. Seperti yang sudah diketahui bersama, office 365 meliputi semua office dari Microsoft Words, Excel, Power Point, OneNote dan Outlook.

Dengan integrasi office 365 ini, semua orang yang ada dalam grup Conversation Channels sehingga akan bisa langsung membagikan dan mengakses semua aplikasi yang diperlukan. Kamu juga bisa melakukan kolaborasi dengan rekan tanpa harus menggunakan aplikasi lain agar bisa saling berkomunikasi.

Tidak hanya diperuntukan untuk video conference saja, tetapi kamu juga bisa langsung berkolaborasi untuk bisa melakukan pekerjaan tertentu.

aplikasi video conference

BlueJeans

Aplikasi Blue Jeans ini akan memberikan pengalaman meeting secara online seperti berada dalam ruangan bioskop. Aplikasi ini sangat dikenal dengan kejernihan audionya dengan adanya sistem Dolby Voice yang digunakan. Kamu juga bisa mendengarkan audio yang akan terdengar sangat jernih dan jelas ketika melakukan meeting secara online.

Tidak hanya dilengkapi dengan audio yang super jernih, tetapi juga dilengkapi dengan kualitas video HD (High Definition). Jika pada Zoom,kamu dapat mengganti background, maka di Blue Jeans, kamu bisa memburamkan background.

Dengan adanya fitur ini, akan bisa mengurangi distraski ketika meeting berjalan. Fitur share screen pada Blue Jeans juga sudah banyak mendapatkan review positif. Tidak hanya mudah jika untuk melakukan berbagi layar, kamu juga dapat memberikan akses untuk partisipan lain agar bisa mengoperasikan layar presentasi.

GoToMeeting

Salah satu aplikasi video conference yang mempunyai beberapa fitur menarik yang sangat mendukung jalannya meeting online yang dilakukan. Salah satunya adalah adanya unlimited storage yang digunakan untuk menyimpan hasil rekaman dari meeting online yang dilakukan.

Jika zomm hanya bisa menyediakan storage 1GB saja, maka GoToMeeting bisa menyediakan ruang penyimpanan file dengan jumlah tidak terbatas. Yang menarik lainnya adalah kemampuan Bandwitdh Ajustment. Ketika nantinya menggunakan GoToMeeting, maka bandwidth secara otomatis akan menyesuaikan sumber daya dan hardware. Sehingga, perfoema video ketika meeting berjalan juga akan tetap stabil.

Adobe Connecr Meetings

Walaupun keluaran Adobe inc, tetapi, aplikasi ini tidak digunakan untuk desain grafis. Aplikasi inimerupakan aplikasi video conference yang menyediakan fitur unik yang bisa digunakan. Adobe meeting memang terbilang unik. Hadir dengan fitur dan tools yang bisa digunakan untuk melakukan kolaboasi dengan peserta meeting.

Setiap pengguna juga akan mendapatkan tampilan whiteboard yang dilengkapi dengan tools untuk bisa menulis diatasnya. Peserta meeting juga dapat melakukan akses pada whiteboard agar kamu bisa berbagi ide atau melakukan diskusi pada kolom chat.

Fitur unik yang bisa dimanfaatkan adalah, kamu dapat mengatur tampilan layar (custom layout). Dan bisa juga mendapatkan template layout yang sudah tersedia di sisi tampilan layar.

Dari beberapa pilihan diatas. Manakah aplikasi video conference yang pernah kamu pakai? Saat ini meeting dapat dilakukan dari mana saja. Tidak akan ada lagi istilah jarak yang menghambat produktivitas dan komunikasi antar tim. Jika kamu  mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.

Penulis
Member since 2 Jul 2013