Customer Retention: Strategi Mempertahankan Pelanggan yang Tepat!
Blog Bisnis Customer Retention: Strategi Mempertahankan Pelanggan yang Tepat!

Customer Retention: Strategi Mempertahankan Pelanggan yang Tepat!

Customer Retention merupakan strategi yang berhubungan dengan cara memperoleh keuntungan lebih besar bagi sebuah bisnis.

Terdapat dua cara utama untuk meningkatkan profit dalam berbisnis. Yang pertama menambah pelanggan baru, dan kedua, membuat pelanggan tetap menggunakan produk Anda secara terus-menerus atau customer retention.

Untuk tahu lebih lengkap tentang strategi satu ini, simak penjelasannya lebih lanjut!

 

Isi Artikel  :

 

 

 

Apa Itu Customer Retention

 

customer-retention

Customer retention adalah strategi dalam mempertahankan pelanggan agar dapat terus membeli produk atau menggunakan layanan sebuah bisnis. Hal ini tentu bertujuan dalam menambah profit.

Faktanya, strategi retensi pelanggan ini memanglah efektif dalam upaya meningkatkan keuntungan. Menurut penelitian, 25% – 40% dari total pendapatan bisnis yang telah stabil, didapat dari returning customer dan repeat order dari pelanggan setia.

Dari penelitian lain, existing customer cenderung 9 kali lipat melakukan konversi dibandingkan dengan pelanggan baru. Bahkan, kecenderungan pelanggan lama untuk kembali membeli produk Anda yang bisa mencapai 70%.

Hal ini menjadi alasan kenapa sebuah bisnis penting untuk mempertahankan para pelanggannya agar dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

 

Kenapa Customer Retention Penting

 

customer-retention

Setelah kita mengetahui pengertian customer retention, sekarang mari kita simak alasan mengapa customer retention penting untuk bisnis Anda.

 

1. Memperkuat customer relationship

Alasan pertama kenapa retensi pelanggan ini penting karena hal ini dapat membantu memperkuat hubungan pelanggan dengan bisnis Anda. Keberhasilan sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh pelanggan. Maka untuk itu, penting bagi sebuah bisnis untuk menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggannya.

Segala upaya seperti memberikan pelayanan terbaik, menerima feedback, dan sebagainya dilakukan agar dapat memahami kebutuhan pelanggan dalam jangka pendek maupun panjang. Hal ini tentunya sangat membantu dalam memperkuat hubungan pelanggan.

 

2. Menarik kembali pelanggan lama

Tahukah Anda, kalau menjual produk kepada pelanggan existing jauh lebih mudah dibandingkan dengan mencari pelanggan baru? 

Fakta mengungkap bahwa kecenderungan para existing customer dalam kembali membeli produk mencapai hingga 70%. Hal ini berarti mempertahankan pelanggan yang ada bukanlah hal yang untuk disepelekan.

Existing customer sudah lebih dulu mengenal brand Anda dan merasakan manfaatnya. Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat menarik kembali pelanggan lama untuk kembali menggunakan produk Anda..

 

3. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Alasan selanjutnya, retensi customer dapat meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda. Upaya-upaya agar dapat mempertahankan customer tentu akan memberi kepuasan tersendiri bagi pelanggan ketika menggunakan layanan yang Anda berikan.

Membuat pelanggan merasa puas terhadap brand Anda merupakan salah satu kunci sukses keberhasilan bisnis.

 

4. Mempertahankan loyalitas pelanggan

Semua keuntungan-keuntungan yang disebutkan di atas berkontribusi dalam membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Kepercayaan pelanggan terbentuk karena mereka merasa puas terhadap produk, terjalinnya hubungan yang erat dengan brand, serta selalu merasa terbantu dengan produk dan layanan yang sesuai kebutuhannya.

 

Cara Efektif Menerapkan Customer Retention

 

customer-retention

Untuk mempertahankan pelanggan, berikut ini beberapa cara menerapkan customer retention yang bisa Anda lakukan. Yuk simak!

 

1. Customer onboarding

Customer onboarding merupakan proses pengenalan produk kepada pelanggan. Hal ini merupakan salah satu strategi yang penting untuk diterapkan. Onboarding dapat membantu pelanggan dalam memahami produk dan penggunaannya.

Bila dijalankan dengan tepat, proses menawarkan produk dan meningkatkan penjualan akan dapat lebih mudah dilakukan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjalankan customer onboarding, misalnya lewat email marketing (welcoming email), materi edukasi, webinar, dan sebagainya.

 

2. Membuat loyalty program

Selain onboarding, Anda juga bisa mengadakan loyalty program. Hal ini merupakan salah satu cara yang ampuh dalam menjalankan strategi retensi pelanggan. Dalam program ini, pelanggan dapat diberikan reward khusus atas kesetiaannya menggunakan produk Anda.

Reward atau hadiah dapat diberikan dalam berbagai bentuk, misalnya perusahaan Grab yang sering memberikan poin kepada pengguna layanan yang nantinya bisa digunakan bertransaksi.

Beberapa perusahaan juga mengadakan program loyalti dalam bentuk poin member card yang dapat ditukarkan dengan diskon, hadiah, voucher, dan sebagainya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang berbelanja berkat apresiasi yang diberikan.

 

3. Melakukan up selling dan cross selling

Dalam strategi pemasaran, dikenal istilah up selling dan cross selling. Up selling adalah teknik penjualan dengan cara menawarkan produk sejenis ke konsumen yang nilainya lebih mahal dari produk yang ingin dibeli konsumen.

Misalnya saat Anda hendak membeli vitamin di toko kesehatan, kemudian penjual menawarkan vitamin dengan merk lain yang mempunyai manfaat dan harga yang lebih tinggi.

Sementara itu, cross selling adalah teknik penjualan dengan menawarkan produk lain yang secara umum bersifat komplementer atau bisa dikatakan sebagai pelengkap dari produk utama yang akan dibeli pelanggan. 

Contohnya, ketika Anda mengunjungi toko olahraga untuk membeli raket, kemudian penjual menawarkan sekaligus untuk membeli kok sebagai pelengkap raket.

Dengan dua strategi ini, perusahaan meningkatkan peluang pelanggan dalam bertransaksi lebih besar dan meningkatkan retensi pelanggan.

 

4. Mengirimkan newsletter

Strategi lainnya yang dapat Anda terapkan adalah mengirimkan newsletter kepada pelanggan. Newsletter adalah email yang berisi konten informatif tentang produk, layanan atau update dari perusahaan. Usahakan untuk membuat  newsletter dengan desain responsif, mobile friendly, dan personal untuk para pelanggan Anda.

Faktanya, sebanyak 72% orang lebih suka mendapatkan informasi dari suatu brand lewat email. Terlebih lagi, email newsletter ternyata adalah cara yang efektif dalam meningkatkan ROI lho!

 

5. Memberi pelayanan terbaik untuk pelanggan

Untuk mempertahankan pelanggan, memberi pelayanan terbaik merupakan cara yang sederhana dan tepat. Pelayanan yang baik kepada pelanggan menjadi kunci sukses meningkatkan pendapatan bisnismu.

Faktanya, perusahaan yang memberikan customer experience yang baik kepada pelanggan memperoleh pendapatan antara 4-8% lebih besar. Selain itu, melalui pelayanan yang baik, pelanggan tidak akan ragu dalam mempromosikan bisnis Anda ke orang lain.

 

6. Mengedukasi pelanggan

Cara ini dapat Anda lakukan untuk meningkatkan retensi pelanggan. Mengadakan program edukasi dapat memberikan pengetahuan tentang cara penggunaan produk, sekaligus membantu pelanggan agar mampu mencapai tujuan dalam membeli produk.

Caranya bisa berbagai macam, contohnya melalui artikel informatif di Blog IDwebhost yang bermanfaat untuk mengedukasi serta membantu banyak orang sukses secara online.

Konten video, seperti tutorial yang diunggah dalam channel YouTube juga tentunya sangat membantu dalam mengedukasi dan berbagi informasi kepada pelanggan.

 

7. Memberi hadiah dan diskon

Menerapkan strategi customer retention juga dapat dilakukan dengan memberi berbagai penawaran, seperti hadiah, diskon, voucher, dan sebagainya.

Buat pelanggan senang dengan memberi diskon untuk produk yang sering mereka beli. Bersamaan dengan itu, berikan pesan singkat bahwa diskon tersebut dapat mereka peroleh karena telah menjadi pelanggan yang setia.

Cara lain, Anda juga dapat memberi hadiah kepada pelanggan. Contohnya dengan mengirim ucapan khusus di hari ulang tahunnya serta voucher belanja.

Menawarkan hadiah dan diskon bukan hanya membawa manfaat bagus untuk mempertahankan pelanggan, tapi juga dapat meningkatkan brand awareness. Pelanggan yang menerima hadiah lalu sering mempostingnya ke media sosial, hal ini dapat meningkatkan exposure brand Anda yang nantinya dapat membantu menarik pelanggan baru.

 

8. Membangun komunikasi personal

Cara perusahaan berkomunikasi dengan para pelanggannya juga penting untuk diperhatikan. Dalam menerapkan strategi customer retention, penting dalam membangun komunikasi secara personal kepada pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menjalin kedekatan.

Contoh yang dapat diterapkan seperti menyebutkan nama pelanggan secara spesifik dalam segala aspek komunikasi yang dilakukan.

Selain itu, membangun komunikasi secara personal juga dapat diterapkan dengan menyesuaikan aktivitas pelanggan dalam berinteraksi dengan brand. Contohnya dengan melihat riwayat transaksi, histori pencarian, dan sebagainya.

 

9. Meminta feedback pelanggan

Yang terakhir  adalah memperhatikan saran dan kritik dari pelanggan. Hal ini bermanfaat agar bisnis Anda semakin bermanfaat untuk pelanggan dan berkembang lebih baik lagi ke depannya.

Feedback yang didapat dari pelanggan dapat digunakan untuk mengevaluasi produk dan layanan Anda. Pelanggan pun merasa lebih dihargai dan terlibat dalam perkembangan bisnis Anda.

 

Kesimpulan

Customer retention merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan profit bisnis. 

Setelah mengetahui penjelasan di atas, Anda diharapkan untuk bisa coba menerapkan salah satu strategi yang sesuai dengan jenis bisnis Anda. Anda juga bisa menggabungkan beberapa strategi untuk mengetahui mana yang paling menguntungkan.

Semoga bermanfaat 

Kemudian, agar Anda bisa mendapatkan informasi artikel yang bermanfaat lainnya, Anda dapat mengunjungi halaman website IDwebhost pada bagian blog IDwebhost.

Kabar lainnya, Anda juga bisa memilih hosting terbaik pilihan yang disediakan oleh IDwebhost dan domain lengkap beserta promo didalamnya yang bisa Anda gunakan untuk keperluan bisnis online Anda. 

Kemudian jika Anda memerlukan layanan jasa pembuatan website, Anda dapat menghubungi layanan dari wunik atau IDwebhost.

Webhosting ya IDwebhost Aja, Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.