Custom Domain Google Sites Melalui Plesk, Seperti Apa Caranya?
Blog Tips Keren Custom Domain Google Sites Melalui Plesk, Seperti Apa Caranya?

Custom Domain Google Sites Melalui Plesk, Seperti Apa Caranya?

Pernah mendengar Custom domain Google Sites sebelumnya? Google sites merupakan sebuah layanan untuk membuat website dengan mudah dari Google. Layanan pembuatan website Google sites gratis. Anda bisa mulai membuat website setelah memiliki akun di Google.

Google Sites sendiri tersedia  secara gratis dengan batas storage 100 Mb per website. Keunggulannya adalah website bisa ditemukan oleh Google Search. Dibuat agar mudah di pindahkan, seret, lepas, edit, upload, dan selesai. Google Sites juga terhubung dengan fasilitas Google seperti Youtube, Calendar, Maps, Docs, Sheets, Form, Slides, Chart dan Google Drive. Anda pun dapat juga berkolaborasi dalam pembuatan website dengan orang lainnya sesama pengguna Gmail.

Bahkan secara default anda sudah bisa membuat website dengan gratis dengan alamat https://sites.google.com/view/namawebsite. Contoh diatas sekilas link alamat tersebut terlalu panjang, namun anda bisa membuatnya lebih pendek dengan mengubah url tersebut dengan nama domain yang Anda miliki dengan cara setting custom domain google site.

Custom domain Google Sites melalui Plesk

Perbedaan Google sites dengan yang lain

Google Sites hanya sebuah landing page atau biasa disebut single page HTML. Berbeda dengan platform blogging yang lain seperti Blogspot ataupun WordPress dimana anda dapat membuat artikel dan diposting pada jam-jam tertentu. Google Sites punyaa kelengkapan dengan tema responsive yang cocok ketika ditampilkan di desktop, tablet dan seluler. Berbeda dengan Blogspot dan WordPress dimana diperlukan tools tambahan dalam memilih tema agar pas untuk blog anda.

Kesamaan Google Sites dan Blogspot sama sama dilengkapi dengan URL yang dapat digunakan secara gratis sebagai alamat websitenya. Jika Blogspot memiliki namawebsite.blogspot.com. Maka Google Sites memiliki alamat sites.google.com/view/namawebsite. Sehingga agar lebih terlihat profesional maka diperlukan custom domain.

Kelebihan lain Google Sites

Google Sites tidak menawarkan penyesuaian yang cukup untuk setiap perusahaan. Jika anda memerlukan tools jualan online serta kontrol khusus atas tema dan sebuah merk atau terintegrasi dengan basis data atau sistem CRM lainnya. Anda dapat menambahkannya di alternatif web hosting.

Tetapi untuk perusahaan yang memerlukan sebuah website yang relatif mudah dengan sedikit maintenance, Google sites dapat berfungsi sebagai situs web perusahaan anda. Google Sites menjamin keamanan dari Google karena dilindungi dengan proses masuk akun Google anda.

Anda perlu mengikuti langkah ini untuk membuat dan menggunakan Google Sites sebagai situs web anda :

  • Akses ke administratif ke G Suite (admin.google.com)
  • Akses ke administratif ke host domain Anda
  • Aplikasi Chrome desktop atau Firefox untuk membuat dan mengedit situs anda

Custom domain Google Sites melalui Plesk

Pengertian dari Custom Domain Google Sites

Karena Google Sites hanya menyediakan suatu URL atau link saja. Maka kamu harus dapat melakukan custom domain. Custom domain yaitu mengarahkan nama domain ke link Google Sites agar lebih terlihat menarik dan profesional sehingga dapat dipercaya semua orang bahwa situs website anda bukan kaleng-kaleng.

Contohny: sites.google.com/view/websitesaya
Setelah dilakukan custom domain, maka domain contohweb.site akan mengarah ke halaman Google Site kamu yaitu sites.google.com/view/websitesaya

Cara Custom domain Google sites

Kenapa harus diganti ? Sebenarnya hal tersebut tidak harus dilakukan jika anda tidak terganggu dengan domain pemberian google site yang merupakan sub domain yang tentunya panjang sekali. Padahal tentunya setiap orang tentu ingin websitenya memiliki nama yang unik, trend, sesuai topik dan yang lebih mudah di ingat oleh semua orang. Nah, langsung saja kita bahas Cara mengganti Domain bawaan google dengan custom domain.

Setelah anda membuat website gunakan Google Site. Anda dapat order domain name dan web hosting untuk sambungkan ke Google Site Anda. Silakan order dan lihat harga di IDwebhost.. Setelah mendapatkan aktivasi web hosting, saatnya setting custom domain name di Google Site. Begini caranya:

  1. Buka website anda dalam Google Site dashboard. Klik tanda panah bawah disamping kanan tombol publish. Kemudian pilih Publish settings.
  2. Muncul pop up Publish Settings dan klik manage.
  3. Masukkan nama domain anda. Selanjutnya akan muncul This URL is not verified. Klik pada verify your ownership.
  4. Muncul halaman baru bernama Webmaster Central dan klik dropdown menu pada kolom Select your domain register or provider, kemudian pilih other. Setelah klik other muncul dibawah ini. Masukkan kode TXT dalam Cpanel web hosting anda.
  5. Buka tab browser baru. Masuk ke Cpanel : www.namadomain.com/cpanel (gantikan nama domain dengan nama domain anda sendiri).Username dan Password Cpanel ada dalam email anda yang berjudul Web Hosting Activation. Login lah ke Cpanel.
  6. Dalam Cpanel, klik Zone Editor.
  7. Klik Manage.
  8. Klik tanda panah bawah disamping tombol biru Add Record. Pilih Add TXT Record pada dropdown.
  9. Dikolom Valid zone name tuliskan nama domain anda. Selanjutnya di kolom record masukkan kode TXT dari Google Site tadi. Klik tombol Add Record.
  10. Kemudian kembali pada tab browser sebelumnya, klik Add a CNAME record.
  11. Pasti akan muncul kode CNAME record yang harus anda masukkan kedalam Zone Editor di Cpanel.
  12. Kembali ke halaman sebelumnya, didalam Manage Zone Editor, klik panah bawah disamping tombol biru Add Record, pilih Add CNAME Record.
  13. Berdasar informasi sebelumnya, masukkan kode CNAME Label atau Host di kolom Name. Masukkan kode CNAME Destination/Target di kolom Record. Klik tombol Add Record.
  14. Masih di halaman sama, ubah CNAME record nama www.namadomain.com anda mengarah ke record nya Google yaitu ghs.googlehosted.com caranya dibawah. Klik edit, hapus namadomain.com dengan ghs.googlehosted.com. Kemudian klik tombol Save Record.
  15. Berhasil dan scroll kebawah hingga tertulis baris baru TXT record seperti dibawah ini. Kemudian tunggu 15 menit agar proses propagasi TXT record dikenali oleh Google.
  16. Setelah 15 menit. Kembali ke halaman Webmaster Central. Klik tombol merah VERIFY!
  17. Kembali ke dashboard Google site anda dan ulang langkah pada poin 1 dan poin 2. Masukkan nama domain anda kembali. Maka statusnya adalah terverifikasi, ada tanda centang birunya. Kemudian klik Assign.
  18. Selanjutnya, nama domain anda akan tersimpan di database Google Site.
  19. Selanjutnya adalah menunggu masa propagasi atau pengenalan agar Google Site mengenali konfigurasi dalam Zone Editor anda. Masa propagasi umum nya 1 – 24 jam. jangan lupaClear Cache browser anda dahulu.

Cara Setting Domain Forwarding

Jika website anda tidak bisa diakses gunakan naked domain (tanpa www). Cara agar bisa diakses maka harus dipaksa redirect naked domain itu agar selalu mengarah ke www. Langkah domain redirect adalah:

1. Masuk ke Cpanel akun anda dan klik menu Redirect

2. Masukan nama domain, tulis redirect lengkap https://www.namadomain.com, pilih Redirect with or without www. Kemudian klik tombol Add.

Custom domain Google Sites melalui Plesk

Kesimpulan

Cara custom domain ke Google Sites telah selesai. Agar lebih menarik dan profesional, kamu dapat mengarahkan domain ke URL atau link milik Google Sites.Mungkin cukup sampai disini dulu. Selamat Membaca dan mengembangkan website anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan hosting dengan harga murah di IDwebhost.