CroxyProxy: Pengertian, Keamanan, dan Cara Kerjanya

CroxyProxy: Pengertian, Keamanan, dan Cara Kerjanya campaign-unlimited

CroxyProxy adalah solusi saat Anda hendak mengunjungi situs yang diblokir di Indonesia. Adakalanya kita perlu mengunjungi situs tertentu yang tidak bisa kita akses dalam jaringan nasional, Reddit misalnya. Apakah Anda harus ke luar negeri hanya untuk mengakses sebuah website? Tentu saja tidak.

Ada beberapa cara untuk mengatasi hal ini. Yang paling populer adalah Virtual Private Network (VPN). Pengguna VPN di Indonesia terus meningkat sejak pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai membatasi akses ke ribuan website nasional dan internasional.

Bahkan Indonesia kini menempati peringkat 2 negara dengan jumlah pengguna VPN terbanyak di dunia.

Namun tahukah Anda bahwa ada solusi lain yang bahkan lebih baik dari VPN? Ialah proxy, sebuah teknologi jaringan yang berperan sebagai gateway antara Anda dengan server website yang Anda tuju.

Proxy menawarkan banyak fitur dan keunggulan yang tidak bisa Anda dapatkan dari VPN. Dan dari sekian banyak layanan proxy gratis yang tersedia di internet, CroxyProxy adalah salah satu pilihan terbaik.

Di artikel ini, kita akan membahas pengertian, fungsi, keamanan, dan cara menggunakannya secara lengkap.

Apa itu CroxyProxy?

croxyproxy

CroxyProxy adalah layanan proxy gratis berbasis web untuk melindungi privasi Anda. Proxy ini mendukung banyak situs video dengan performa yang ampuh untuk streaming.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa menjelajahi internet secara anonim tanpa mengkhawatirkan isu kebocoran data. Dengan kata lain, Anda kini memiliki akses ke semua website di seluruh dunia tanpa seorang pun mengetahui identitas Anda.

Baca Juga: Mengapa Harus Menggunakan Server Proxy? 

Teknologi canggih ini bisa Anda gunakan dengan mudah tanpa perlu melakukan instalasi aplikasi atau konfigurasi apapun. Dan yang paling menarik adalah, semua fitur tersebut bisa Anda gunakan secara gratis!

Keunggulan CroxyProxy

CroxyProxy menawarkan banyak keunggulan dibandingkan VPN atau layanan proxy yang lain, yaitu:

  1. Teknologi unik yang memungkinkan Anda untuk mengakses sebagian besar website modern dan aplikasi berbasis web. Bandingkan dengan layanan sejenis yang biasanya hanya mendukung website statis.
  2. CroxyProxy YouTube bekerja sempurna sebagai proxy untuk mengakses YouTube dan situs video lainnya.
  3. Akses penuh ke semua website tanpa mengubah tampilan dan pengalaman aslinya.
  4. Menembus pemblokiran website hanya dalam dua klik.
  5. Bisa langsung digunakan tanpa harus mendaftar dan mengisi data pribadi.
  6. Tidak perlu mengubah pengaturan perangkat.
  7. Bekerja dengan cepat tanpa menghabiskan sumber daya perangkat Anda (CPU, memori, dll.).
  8. Traffic proxy Anda tetap menggunakan HTTPS biasa yang tidak bisa dideteksi.
  9. Satu halaman web dapat dibuka melalui proxy tanpa perlu melewati semua traffic Anda.
  10. Bekerja sebagai browser proxy sehingga tidak memerlukan konfigurasi apapun.
  11. 100% gratis untuk versi basic.

Apa Saja Fitur Proxy Gratis (Basic)?

Terdapat dua pilihan versi untuk pengguna, yaitu CroxyProxy gratis (Basic) dan berbayar (Premium). Untuk penggunaan pribadi, versi Basic saja sudah lebih dari cukup dengan fitur-fitur sebagai berikut:

  1. Menyembunyikan alamat IP asli Anda dan menjaga Anda tetap anonim.
  2. Menerapkan enkripsi SSL untuk semua website. Jadi Anda tetap bisa mengakses website non-SSL (http) dengan aman.
  3. Akses unlimited ke sosial media, YouTube dan situs video streaming lainnya.
  4. Beberapa opsi server proxy Eropa yang bisa Anda pilih.
  5. Fitur permalink untuk membagikan halaman web yang sedang Anda buka dengan teman-teman Anda.
  6. Bisa dipakai di semua sistem operasi, termasuk Android dan Chrome OS.
  7. Mendukung sebagian besar web browser seperti Chrome, Firefox, dan Safari.
  8. CroxyProxy video memberikan dukungan HTML5 secara penuh untuk pemutaran audio dan video.

Cara Kerja CroxyProxy

croxyproxy

CroxyProxy bisa membantu Anda untuk mengakses website yang terblokir karena server proxy tidak terikat wilayah. Mari kita ambil ilustrasi dari akses ke situs Reddit. Tanpa menggunakan proxy, Anda tidak akan bisa menjangkau Reddit karena Kominfo telah memblokirnya di jaringan Indonesia.

Tapi jika Anda mengunjungi Reddit melalui proxy browser, traffic Anda akan diambil-alih oleh proxy yang akan meneruskannya ke server Reddit. Jadi, urutannya adalah:

  1. Anda mengakses server proxy.
  2. Server proxy meneruskan traffic Anda ke website tujuan.
  3. Informasi dari website tujuan diterima server proxy.
  4. Server proxy meneruskan informasi tersebut ke browser Anda.

Dengan demikian, Anda bisa mengunjungi hampir seluruh website yang ada di dunia melalui proxy, bahkan yang diblokir sekalipun.

Keamanan CroxyProxy

CroxyProxy menjamin keamanan dan privasi Anda saat berselancar di internet lewat beberapa cara.

Pertama, proxy berperan sebagai pipa virtual dimana traffic Anda ‘terbungkus’ dan berjalan di dalamnya. Sehingga pihak luar hanya bisa mendeteksi identitas proxy tanpa mengetahui identitas asli Anda di dalamnya.

Saat Anda menggunakan proxy, traffic Anda akan ‘menunggang’ IP proxy sampai ke tujuan. Internet Service Provider (ISP) Anda hanya bisa melacak traffic Anda sampai ke server proxy, tanpa mengetahui tujuan traffic Anda setelahnya.

Dengan begitu, tidak ada seorangpun yang bisa melacak website mana yang Anda akses menggunakan proxy. Anonimitas Anda terjamin dengan mekanisme ini.

Untuk lebih menjamin keamanan pengguna, proxy yang bagus juga menerapkan enkripsi ke traffic Anda. Bahkan jika seorang hacker meretas dan mencuri informasi dari traffic Anda, mereka tidak akan mendapatkan informasi apapun karena informasi Anda terenkripsi.

Standar privasi dan keamanan ganda inilah yang akan membuat Anda lebih tenang dalam berinternet.

Cara Menggunakan CroxyProxy

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara menggunakan CroxyProxy sangatlah mudah dan tidak memerlukan konfigurasi sama sekali. Anda juga tidak perlu menginstall software apapun selain web browser yang biasa Anda pakai.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi CroxyProxy dari browser Anda. Di halaman utama, Anda akan menemukan kolom pencarian layaknya mesin pencari pada umumnya.

Masukkan URL website atau kata kunci pencarian yang ingin Anda akses di kolom tersebut. Cara kerjanya persis seperti address bar di Google Chrome. Setelah itu, klik tombol Go! yang ada di sebelahnya.

Proxy akan memproses permintaan Anda dan menampilkan halaman bertuliskan “Proxy is launching…”.

Hanya dalam beberapa detik, Anda akan dibawa ke website tujuan Anda. Tampilan dan cara kerja website pun sama persis dengan aslinya seolah-olah Anda mengaksesnya tanpa melalui proxy. Tidak seperti layanan proxy lain yang terkadang mengacaukan website target.

Jika yang Anda masukkan adalah kata kunci, maka Anda akan disuguhi dengan hasil pencarian menggunakan Bing, search engine milik Microsoft.

Kalau biasanya ada beberapa hasil pencarian yang tidak bisa Anda akses karena terkena pemblokiran, hasil pencarian lewat proxy bisa Anda akses sepenuhnya.

Cara lainnya adalah dengan menginstall ekstensi CroxyProxy Chrome.

Setelah berhasil menambahkan ekstensi ke Chrome, Anda bisa langsung memakainya melalui toolbar. Tombol “Launch the web proxy” akan membawa Anda ke halaman utama proxy jika Anda hanya ingin mengunjungi satu website melalui proxy.

Tapi jika Anda ingin memakai proxy untuk semua website yang Anda akses, maka Anda bisa mengaktifkan Global proxy switch yang tersedia di ekstensi. Setelah switch aktif, Anda bisa mengunjungi website manapun dengan web browser Anda yang secara otomatis terhubung ke server proxy. Tidak perlu lagi mengunjungi halaman proxy untuk mengatasi pemblokiran.

Amankan Website Anda dengan SSL

croxyproxy

Salah satu fitur CroxyProxy adalah enkripsi SSL untuk semua website. Sebagai pemilik website, hal ini semestinya menimbulkan kesadaran tentang betapa pentingnya enkripsi SSL bagi pengunjung Anda.

Google pun lebih mengutamakan website yang diproteksi SSL untuk menduduki peringkat atas SERP. Oleh karena itu, Anda seharusnya juga menambahkan fitur proteksi SSL di website Anda.

Manfaatkan SSL murah dari IDwebhost untuk meningkatkan keamanan website Anda, menaikkan peringkat di SERP, sekaligus membangun kepercayaan dan rasa aman pada pengunjung Anda.

Semoga bermanfaat!

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019