Cara Mudah Membuat Sub-Subdomain
Blog Cpanel

Cara Mudah Membuat Sub-Subdomain

Penggunaan dari sebuah sub-subdomain dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Kita bisa saja membuatnya agar bisa dibaca sebagai sebuah kalimat lengkap (seperti contohnya yaitu : the.outstanding.homedecor.com atau mar.ve.lo.us) ataupun untuk tujuan lain yang kita punya. Mari kita bayangkan apabila kita memiliki suatu tombol control panel di hosting yang kita pakai yang bisa memungkinkan kita membuat suatu sub-subdomain dengan mudah. Jika kita menggunakan cPanel, kemungkinan besar kita sudah memiliki pilihan tersebut pada control panel. Dalam artikel kali ini, kami akan mencoba membantu seluruh pengguna untuk membuat suatu sub-subdomain menggunakan ‘creation section’ pada subdomain cPanel serta menggunakan A-record (untuk antisipasi jika dalam kasus ini kita tidak memiliki opsi creation pada sub-subdomain yang tersedia pada control panel). Jika kita sudah memiliki akses ke cPanel kemudian login dan klik pada tombol ‘Subdomain’ dan berikut kami sajikan langkah-langkah membuatnyadengan menggunakan cPanel lebih dahulu :

  1. Membuat subdomain

Pertama-tama kita akan diarahkan menuju ke halaman setup dalam subdomain. Masukkan nama subdomain yang ingin kita gunakan pada kolom yang tersedia (disini kita menggunakan Sub1) lalu pilih domain yang akan digunakan. Tidak perlu mengubah kolom ‘Document Root’ karena kolom tersebut akan diatur secara otomatis. Setelah itu lalu klik pada tombol ‘Create’. Hasilnya, kita akan melihat subdomain berhasil dibuat dan terdaftar ke dalam daftar subdomain. Sekarang kita telah selesai membuat subdomain dari sub1.yourdomain.com secara sukses. Jika sudah, lanjut ke langkah berikutnya.

  1. Membuat sub-subdomain

Untuk membuat sebuah sub-subdomain, kita akan mengisi form yang sama. Masukkan nama yang ingin kita gunakan, dalam contoh ini kita akan menggunakan Sub2. Sekarang pada menu dropdown, pilih subdomain yang telah dibuat sebelumnya, yaitu sub1.yourdomain.com. Setelah dipilih, klik tombol ‘Create’ dan kita akan melihat hasil akhir pada daftar subdomain kita. Proses ini dapat membutuhkan waktu beberapa detik hingga beberapa menit. Setelah selesai, kemudian coba untuk membuka sub-subdomain yang kita buat, yaitu http://sub2.sub1.yourdomain.com dan pastikan bahwa kita bisa melihat halaman yang kita buat.

Itulah keseluruhan cara membuat sub-subdomain menggunakan cPanel. Mudah bukan? Berikutnya kita mencoba dengan alternatif yang lain, yaitu menggunakan A-Record.

3. Membuat sub-subdomain dengan A-Record

Jika ternyata kita tidak dapat membuat sub-subdomain melalui cPanel atau control panel web lain, kita tidak perlu khawatir. Cara lainnya yaitu dengan masuk ke cPanel, kemudian cari bagian ‘Domain’ lalu klik pada pilihan ‘Simple DNS Zone Editor’. Di bawah kolom ‘Add A Record’, kemudian isi sub-subdomain yang ingin digunakan sebagai penamaan. Disini kita mencoba menggunakan sub4.sub3.yourdomain.com. serta jangan lupa untuk menambahkan fullstop (.) pada akhir alamat. Di bawah kolom ‘Address’, selanjutnya masukkan data DNS Anda (disini kita coba menggunakan 1.2.3.4 sebagai contoh). Setelah itu, klik pada tombol ‘Add Record’ dan tunggu beberapa menit setelah itu proses telah benar-benar selesai. Mudah bukan? Hanya itu langkah yang harus dilakukan dan sub-subdomain telah berhasil dibuat. Kita pun bisa mengkreasikan nama domain kita menjadi lebih menarik sebagai sarana promosi website yang telah kita buat.