cPanel Menu Security: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaannya
Blog Cpanel cPanel Menu Security: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaannya

cPanel Menu Security: Pengertian, Fungsi, dan Kegunaannya

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat yang memang sangat bermanfaat untuk semua orang. Namun dibalik itu semua ternyata ada juga yang menggunakanya pada tindakan yang merugikan pada orang lain. Website menjadi salah satu teknologi yang terus berkembang sehingga keamanan menjadi prioritas yang penting apalagi website toko online yang memang melakukan transaksi besar setiap harinya. Jika tidak waspada bisa jadi website akan diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satu teknologi yang biasanya digunakan oleh pemilik website adalah dengan menggunakan cPanel Menu Security yang disitu tersedia berbagai macam fitur keamanan untuk website.

Website-website yang telah dilengkapi dengan berbagai software keamanan akan meminimalisir adanya serangan dan menghindari kerusakan yang terjadi pada website. Ketika Anda menggunakan layanan web hosting tentunya akan di ikut sertakan cPanel untuk kebutuhan website Anda. Jika diperhatikan cPanel memiliki banyak fitur yang tersedia yang bisa Anda gunakan untuk mengelola, konfigurasi, optimasi, dan juga pengaturan lainnya. Disitu juga terdapat beberapa menu yang tersedia seperti Email, Files, Databases, Domains, Security, Software, Advanced, dan Metrics.

Nah pada pembahasan kali ini IDwebhost akan mengulas artikel yang berkaitan dengan keamanan website dengan menggunakan cPanel Menu Security.

Apa itu menu Security pada cPanel

Apa itu Menu Security pada cPanel?

Saat ini ada banyak jenis serangan atau kejahatan cyber yang dapat menyerang pada situs-situs yang ditarget oleh para pelaku kejahatan cyber seperti pencurian data, malware, virus, adware, dan lain sebagainya.

Jika Anda menggunakan WordPress disana disediakan plugin-plugin keamanan yang canggih. Disis lain cPanel juga memberikan fitur keamanan yang canggih juga yang nantinya memberikan keamanan maksimal yang akan mengamankan website dari berbagai serangan yang ada. Dengan menu Security pada cPanel maka keamanan lebih pada bagian keamanan domain, hosting, server, dan lain sebagainya. Nah apa saja fitur dari cPanel bagian Menu Security berikut penjelasan lengkapnya.

Menu Security cPanel SSH Access

1. Menu Security SSH Access

Apa itu Secure Shell? SSH merupakan singkatan dari Secure Shell.Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan transfer data dengan aman dan juga bisa melakukan login ke server website dimana saja dengan internet. Dengan SSH, Anda juga bisa memonitoring aktivitas server, instalasi aplikasi, mengecek direktori file website yang Anda miliki, mengelola server, dan lain sebagainya. Nah saat ingin mengakses server tentu dengan adanya SSH ini akan lebih mudah, beda halnya jika tanpa SSH maka Anda harus ke lokasi server hosting berada untuk mengaksesnya.

Menu Security cPanel IP Blocker

2. Menu Security IP Blocker

Dilihat dari namanya bang berarti blokir IP maka bisa diartikan bahwa fitur IP Blocker berfungsi untuk bisa melakukan blokir terhadap alamat IP tertentu. Jika Anda mencurigai ternyata ada aktivitas yang tidak ajar yang ingin merusak website Anda maka dapat dilakukan blokir IP yang terindikasi merusak website Anda.

Langkah Melakukan IP Blocker cPanel:

  • Login cPanel
  • Pada menu SECURITY, klik IP Blocker
  • Klik tombol Add lalu tambahkan IP yang yang akan di blokir
  • Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa IP berhasil ditambahkan pada list blokir

Menu Security cPanel Manage API Tokens

3. Manage API Tokens

cPanel merupakan kontrol panel web hosting yang paling populer hingga saat ini dengan server berbasis Linux. Dari mulai cPanel versi 80 hingga kini fitur-fitur baru juga terus dikembangkan atau ditambahkan yang dikenal sebagai Manage API Token.

Fungsi utama dari token API yaitu pengguna akan lebih mudah masuk pada server tanpa perlu tanpa perlu kata sandi tertentu. Selain itu dengan menggunakan Token API dapat digunakan dalam mengautentikasi dengan API jarak jauh yang sering disebut WHM. Fitur ini memungkinkan pengguna cPanel untuk mengeluarkan token API sehingga Reseller dan pengembang pihak ketiga dapat menggunakan token API ini untuk menjalankan fungsi API.

Menu Security cPanel SSLTLS

4. SSL/TLS

SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer dan TLS singkatan dari Transport Layer Security keduanya merujuk pada keamanan data yang terenkripsi. Dengan menggunakan SSL/TLS maka website Anda akan menjadi lebih aman dan dapat dipercaya. Apalagi jika website bisnis atau e-commerce tentunya akan ada transaksi yang besar dengan trafik tinggi maka SSL/TLS ini berperan penting untuk mengamankan lalu lintas trafik yang ada.

SSLTLS Wizard

5. SSL/TLS Wizard

Fitur dari SSL/TLS Wizard ini memungkinkan Anda dengan mudah membeli dan memasang sertifikat SSL untuk domain di akun Anda.

SSLTLS Status

6. SSL/TLS Status

Menampilkan status SSL/TLS. Bagian ini juga dipakai untuk melakukan upgrade atau memperbarui sertifikat SSL/TLS. Selain itu fitur ini bisa digunakan untuk mengecek status SSL pada domain website Anda.

Lets Encrypt SSL

7. Lets Encrypt SSL

Lets Encrypt SSL adalah suatu organisasi non-profit dari Linux Foundation yang menyediakan fasilitas Free Open Certificate Authority yaitu sertifikat SSL/TLS gratis yang bisa digunakan oleh semua pemilik website secara umum. Walaupun gratis SSL jenis ini memberikan enkripsi standar yang tidak memiliki SSL Certificates, jika Anda disarankan untuk membeli yang berbayar karena keamanan yang terjamin dengan standar keamanan SSL Certificates dari RapidSSL, GeoTrust, Thawte, dan Symantec.

Imunify360

8. Imunify360

Virus dan malware menjadi ancaman nyata pada website, Imunify360 menjadi salah satu software yang terbaik untuk melindungi website dari serangan virus dan malware terutama pada web server. Imunify360 mampu mendeteksi serangan secara proaktif sehingga dapat menghindari dari kerusakan pada website. Antivirus Imunify360 bekerja dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) dan mengumpulkan data dari seluruh dunia, kemudian melindungi dari segala sisi server seperti cpanel/WHM.

Fitur dari Imunify360 Sebagai Berikut:

  • Real-time malware scanning
  • Advanced firewall with greylisting
  • Intrusion detection
  • Server Kernel Patching
  • Website Reputation Management
  • Web Applications Sandboxing

Hotlink Protection

9. Menu Security Hotlink Protection

Fitur Hotlink Protection pada cPanel berfungsi untuk mencegah website orang lain menampilkan konten dari website Anda. Artinya jika seseorang menautkan gambar pada website mereka dengan resource yang Anda miliki tidak akan dapat menampilkan gambar dari halaman Anda. Dengan demikian bandwidth hosting Anda akan tidak akan terpengaruh.

Leech Protection

10. Menu Security Leech Protection

Dengan adanya fitur Leech Protection ini berfungsi untuk memberikan proteksi direktori file pada di cPanel agar tidak akan ada yang bisa mengakses tanpa izin. Meskipun folder tersebut telah diberi password mungkin saja ada orang yang tidak bertanggung jawab bisa menyebarkan password tersebut. Misalnya saja ada orang yang mencoba masuk dengan password tertentu maka bisa dibatasi dengan periode tertentu.

Baca juga: 10 Teknologi Hosting Tercanggih IDwebhost Untuk Website Anda

Keamanan website menjadi salah satu prioritas yang perlu diperhatikan oleh pemilik website. Terlebih jika website sudah memiliki trafik yang tinggi maka keamanan adalah bagian terpenting dari website tersebut. Idwebhost adalah penyedia layanan web hosting yang telah berpengalaman dengan teknologi tercanggih yang disediakan.

Dengan menjadi pelanggan IDwebhost Anda akan mendapatkan garansi keamanan dengan teknologi yang selalu terupdate seperti Hotlink Protection, ModSecurity, IP Blocker,Leech Protection, Free SSL, CageFS Security, Anti Malware Systems, Anti Virus, dan lain sebagainya. Untuk itu jangan ragu untuk selalu menggunakan hosting terbaik terpercaya dari IDwebhost. Demikian pembahasan kali ini tentang cPanel Menu Security, semoga bermanfaat. Salam sukses dan terima kasih.