Mengulas Tuntas Apa itu cPanel dan Apa Fungsinya
Blog Tips Keren

Mengulas Tuntas Apa itu cPanel dan Apa Fungsinya

Untuk anda yang baru menapakkan langkah pertama di dunia bisnis online, pastinya akan membuat website dong. Mungkin cukup banyak dari anda para pemula yang bertanya-tanya tentang cPanel itu adalah apa sih? Mengapa cPanel ini sepertinya penting sekali? Apa hubungan cPanel dengan web hosting? Apa saja fungsi dari cPanel? Untuk menjawab semua kegelisahan anda tersebut, di artikel ini akan kami bahas secara tuntas tentang cPanel.

cPanel adalah
cPanel adalah kontrol panel web hosting

Saat ini, cPanel adalah panel standar yang paling banyak digunakan dan mayoritas atau kebanyakan web developer sudah sangat familiar dengan tool yang satu ini. Hal ini wajar saja karena cPanel intutif, simple serta sangat mudah digunakan. cPanel memiliki beberapa fungsi yang memudahkan anda seperti memungkinkan anda untuk mengelola akun web hosting dengan maksimal. Membuat FTP user serta alamat email baru, memonitor resource, menginstall software tertentu, dan membuat subdomain merupakan beberapa kegunaan cPanel.

cPanel adalah…….

Sebelum anda menggunakan cPanel, sudah pasti anda perlu dan wajib memahami dahulu apa itu cPanel. cPanel adalah sebuah halaman aplikasi website terproteksi yang menghubungkan anda dengan berbagai program pendukung website dalam web server atau web hosting. Atau arti mudahnya cPanel adalah sebuah kontrol panel berbasis Linux yang saat ini paling banyak digunakan di web hosting. Sejak program pendukung website berada di lingkungan operating system (OS) Linux dan cukup kompleks, maka Cpanel menjadi jembatan untuk mempermudah pengelolaan website oleh pengguna.

Sebagai kontrol panel yang terproteksi, untuk masuk ke cPanel anda perlu username dan password. Informasi alamat akses cPanel dan login tersedia di dalam email aktivasi hosting. Dengan Fasilitas semacam ini tentu saja memudahkan bagi anda pemilik account hosting untuk mengatur selutuh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Serta tentunya anda akan merasa aman dan nyaman bukan?

cPanel sendiri juga kini bisa ditampilkan di dalam format keren seperti web base yang berarti kita memiliki kuasa atau bisa menngakses cPanel melalui browser internet seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explorer dan browser lainnya.

Apa fungsi cPanel?

setelah memahami cPanel adalah sebagai kontrol panel bagi web hosting, mungkin anda masih bingung apa fungsi dari cPanel? Fungsi cPanel adalah sebagai jembatan untuk memberikan berbagai macam perintah teknis ke seluruh program pendukung website yang berada di web server. Program pendukung website misalnya saja ada database MuSQL, PHP, Apache, dan semacamnya. Karena memiliki fungsi sebagai jembatan, maka web designer bisa mengelola berbagai kebutuhan website lewat tool cPanel ini.

cPanel adalah
cPanel memiliki fungsi beragam

Berikut ini adalah beberapa fungsi penting dari cPanel bagi web hosting anda :

– Membuat atau menghapus alamat email
– Membuat email forwarder
– Menciptakan atau menghapus nama/user database MySQL
– Upload file-file website dan database
– Mengatur konfigurasi PHP
– Memantau statistik pengunjung website
– Konfigurasi keamanan (security) folder/website
– Mengatur sub domain/parkir domain dan tambahan domain (addon domain)
– Install secara instan script website, misal wordpress, joomla, dll.
– Dan masih banyak lagi
Dengan berbagai fungsi tidak heran kan mengapa cPanel sangat populer dan digemari oleh para pemilik website untuk dipasangkan ke web hosting mereka. Namun cPanel sendri juga bukan tanpa cacat karena terlepas dari berbagai fungsinya, cPanel memiliki berbagai keunggulan dan kelemahan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh cPanel.
Kelebihan :
  • Sangat Mudah dipelajari bagi anda pemula atau pertama kali ingin membuat website
  • Simple sehingga sangat mudah digunakan
  • Menggunakan cPanel akan menghemat waktu dan uang
  • Kemampuannya tidak perlu diragukan karena telah melalui banyak uji coba atau teruji
  • Menawarkan software auto installer yang akan membuat praktis hidup anda
  • Tidak usah khawatir bagi anda yang merasa pemula atau amatir karena di cPanel tersedia berbagai tutorial dan panduan online

Kekurangan :

  • Dengan memasang fitur yang terlalu banyak hanya akan memperlambat performa cPanel
  • Pengaturan yang penting bisa tiba-tiba berubah secara otomatis karena disebabkan beberapa hal
  • Beberapa hosting tertentu menjalankan software yang tidak diupgrade terlebih dahulu
  • Biayanya relatif mahal dan jarang tersedia di web hosting gratis

Alur kerja di cPanel

Jadi anda sudah mengetahui apa itu cPanel, fungsi cPanel, serta kekurangan dan kelebihan dari tool cPanel ini. Selanjutnya mungkin anda kurang mengerti tentang bagaiman alur kerja cPanel di web hosting website anda.  Alur kerja di cPanel adalah sebagai berikut :

Web Designer -> cPanel -> Web Server -> Website

Jadi alur kerja di cPanel adalah diawali dengan Pelanggan/Web designer yang paham atau mengetahui dengan baik  cara membuat website dengan program pembuat website, semisal Adobe Dreamweaver, MS Frontpage, dll, sehingga menghasilkan file-file design berekstensi html, css, js, atau php. Lalu di dalam aplikasi yang kompleks, juga menghasilkan file ekstensi SQL hasil dari pengolahan database MySQL. Di era web 2.0, pengguna sudah menggunakan program aplikasi pendukung website, misal AppServ, Xampp, Wamp, dll dimana software server, MySQL, PHP sudah termasuk didalamnya.

cPanel adalah
Alur kerja mudah

Ketika telah selesai buat website di lingkungan offline, web designer harus membeli domain name dan paket web hosting  agar nantinya website bisa online di internet. BOC menyediakan domain name ekstensi internasional (com, net, org, dll) dan ekstensi Indonesia (co.id, sch.id, dll). Sedangkan lokasi datacenter web hosting bisa memilih gunakan yang di Indonesia, Singapore atau USA. BOC akan mengirimkan informasi aktivasi web hosting ke email si web designer.

Selain cPanel apakah ada pilihan tool kontrol panel yang lain?

Pertanyaan anda selanjutnya adalah mungkin mengapa harus cPanel? apakah ada pilihan kontrol panel lain selain cPanel. Jawabannya adalah ada. Saat ini tersedia berbagai ribuan control panel yang bisa digunakan selain cPanel. Sebaiknya anda cari tahu terlebih dulu control panel yang digunakan oleh provider hosting Anda.

Baik itu cPanel atau pun control panel pilihan lain selain cPanel, hal yang penting bagi anda adalah Anda harus mampu mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk membuat dan bisa mengonlinekan website dengan dan melalui control panel yang dipilih. Tidak masalah jika anda bingung karena bisa bertanyalah pada provider hosting Anda jika Anda menginginkan control panel untuk pengembangan yang lebih spesifik. Ingat malu bertanya sesat di jalan.

cPanel didesain sebagai dedikasi server atau virtual private server. Versi terbaru Cpanel mendukung instalasi pada CentOS, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), dan CloudLinux. Dan cPanel 11.30 adalah versi terakhir untuk mendukung FreeBSD.

Itu dia penjelasan singkat tentang cPanel. Bisa disimpulkan cPanel adalah aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai kontrol panel program-program pendukung website yang tertanam dalam komputer web server. Setelah memahami apa cPanel, anda bisa membuat web hosting yang murah di Idwebhost.com. Selamat mencoba.

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.