Countdown Timer Email Marketing, Ini Tutorialnya
Blog Digital Marketing Countdown Timer Email Marketing, Ini Tutorialnya

Countdown Timer Email Marketing, Ini Tutorialnya

Jika Anda mempunyai sebuah bisnis, entah itu berskala besar atau kecil, sudah pasti Anda ingin bisa menjangkau pelanggan atau bahkan calon pelanggan Anda dengan berbagai cara. Tidak hanya menggunakan website atau media sosial, Anda tentunya dapat menggunakan email marketing agar dapat mengirimkan pesan untuk setiap pelanggan atau calon pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan jumlah angka penjualan jika Anda menawarkan produk dengan edisi terbatas. Atau bisa juga dengan menggunakan produk diskon dengan ketentuan waktu tertentu menggunakan countdown timer pada email.

Sebenarnya, ada beberapa alasan yang digunakan oleh seorang digital marketer atau pemilik bisnis dalam menggunakan countdown timer pada email. Tentunya dalam melaksanakan sebuah promo atau campaign yang nantinya akan atau sedang dilakukan. Contoh sederhananya adalah untuk menghitung mundur sampai diskon dimulai, kapan waktu diskon berakhir, atau bisa juga untuk menjadi pengingat sebuah hari special. Jika dapat dimanfaatkan secara maksimal, email marketing nantinya akan dapat memberikan beberapa dampak yang cukup besar untuk kelangsungan bisnis.

Mengenal Countdown Timer

countdown timer

Agar lebih paham lagi, countdown timer merupakan sebuah alat yang mempunyai fungsi agar dapat menunjukan waktu yang pada prinsip kerjanya dengan melakukan hitungan mundur. Sebenarnya sudah banyak email marketer yang memakai countdown timer. Hal tersebut mempunyai tujuan agar dapat membuat calon pelanggan Anda segera melakukan tindakan utamanya ketika melakukan sebuah promosi dengan ketentuan batasan waktu.

Countdown timer dapat Anda gunakan dalam beberapa hal dibawah ini, contohnya:

  • Ketika akan melakukan sebuah launch produk yang dinilai eksklusif atau tidak dijual dengan cara evergreen
  • Agar bisa mendapatkan diskon atau potongan harga pada waktu tertentu
  • Dapat digunakan sebagai reminder

Membuat Countdown Timer pada Email

countdown timer

Pada contoh website yang digunakan kali ini adalah BeeFree yang digunakan untuk merancang sebuah email marketing dan juga sendtric yang digunakan untuk generator countdown timer. Sebelum memulainya, Anda harus mempersiapkan kedua website tersebut pada tab yang berbeda. Dan juga harus menggunakan email bisnis dengan domain Anda sendiri, bukan menggunakan email pribadi. Hal tersebut bertujuan agar lebih terlihat kredibel dan juga professional. Countdown timer yang dibuat dengan menggunakan Sendtric dinilai cukup bagus, namun, ketika Anda ingin menggunakan template atau tampilan yang lebih custom, bisa dengan menggunakan yang premium.

  1. Sendtric

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website sendtric.com
  • Lakukan scroll hingga bawah, kemudian isikan data yang diminta, berupa email, zona waktu, kapan waktu timer berakhir, bahasa yang akan digunakan, dan juga warna yang digunakan untuk timer
  • Klik pada “Generate”
  • Anda bisa meyalin link yang muncul didalam kotak, kemudian Anda bisa pindah menuju halaman BeeFree
  1. BeeFree

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Klik pada beefree.io/template
  • Anda dapat memilih template yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda. Jika Anda merasa bingung atau tidak memerlukan sebuah template, Anda dapat langsung memulai penulisan email dengan cara mengklik pada “Start from Scratch”
  • Kemudian akan muncul tampilan jika Anda memilih agar dapat memulai dari nol. Konten yang terdapat dalam email nantinya adalah sebuah contoh gambaran konten click and drag. Yang berarti Anda hanya perlu untuk mengklik konten tersebut, kemudian meletakkan konten pada tempat yang Anda inginkan. Selanjutnya lakukan click and drag pada konten HTML agar bisa melanjutkan pada proses pembuatan countdown timer pada email.
  • Langkah selanjutnya adalah temple atau paste link yang sudah di copy sebelumnya dari Sendtric ke konten HTML. Hal tersebut dapat Anda temukan pada sisi sebelah kanan layar.
  1. Tambah Countdown Timer pada Email

countdown timerJika telah berhasil dalam menambahkan countdown timer pada email marketing Anda. Selanjutnya dapat membuat teks pada email Anda. Tentunya Anda harus membuat pesan pribadi yang engaging dan juga enak dibaca. Sehingga, nantinya akan menimbulkan perasaan empati yang ditunjukan oleh audiens yang Anda tuju. Tingkat keberhasilan Anda sangat didukung dengan adanya isi pesan yang sangat bermanfaat atau menarik. Sangat dimungkinkan, audience Anda akan mengikuti perintah Anda, contohnya dengan membeli sebuah produk, membaca artikel yang sudah dikirim, menonton sebuah video, dan lain sebagainya.

  1. Platfrom Email Marketing

Jika secara keseluruhan pada pesan yang Anda buat sudah selesai, Anda juga dapat melakukan export pesan yang dikemas dalam bentuk yang dapat dibaca oleh beberapa tools pendukung sebaran email. Contohnya GetResponse, SendinBlue, MailChimp, dan juga beberapa tools lain yang biasanya Anda gunakan dalam menyebarluaskan isi pesan email marketing Anda.

Fungsi Countdown Timer pada Email

Penghitungan mundur seringkali dianggap sepele untuk sebagian orang. Tetapi jika Anda berkecimpung dalam dunia digital marketing, dalam penggunaan website atau email, fitur tersebut akan sangat memiliki berbagai fungsi dan juga manfaat yang bisa didapat. Pada dunia email marketing misalnya, sebenarnya fitur untuk hitung mundur sebenarnya dapat memberikan awareness pada beberapa customer jika ada sebuah produk yang akan di launching. Oleh karena itu, customer atau pelanggan juga nantinya akan terus bersiap agar bisa mendapatkan produk tersebut. Dan hal tersebut menjadi salah satu tips yang dinilai efektif dalam membantu meningkatkan sebuah konsep pemasaran.

Sama halnya dengan event yang sudah dijadwalkan akan diadakan. Misalkan waktu kapan pelaksanaan waktu great sale yang akan diadakan oleh toko online Anda. Atau bisa juga kegiatan yang akan diadakan berupa gathering maupun aksi sosial tertentu. Dengan adanya timer hitung mundur ini tentunya akan membuat orang lain akan selalu mengingat waktu pelaksanaan mulai dari kapan dan juga tinggal berapa hari lagi acara tersebut akan dimulai.

Kesimpulan

countdown timer

Tidak ada yang sulit dalam membuat countdown timer email pada email marketing yang nantinya akan Anda gunakan. Jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa saja mendaftarkan diri sebagai salah satu pelanggan berbayar, caranya dengan langsung menyewa pada layanan yang disediakan. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan adalah ketika nantinya Anda hendak mengirimkan email dengan extension domain Anda sendiri, Anda harus menggunakan website hosting yang sudah terjamin kecepatan dan juga keamanan website. Sehingga sangat bisa di andalkan.

Hal ini berkaitan dengan website, email dan juga pesona brand yang semuanya mempunyai keterkaitan sehingga jika terjadi satu kesalahan akan sangat mempengaruhi elemen yang lain. Selain itu, jangan lupa untuk tetap mempersiapkan konten yang menarik dan juga berkualitas. Selain itu manfaat dari konten juga sangat dibutuhkan oleh target yang Anda tuju, sehingga akan dapat meningkatkan engagement website Anda. Jangan lupa untuk membuat media sosial yang nantinya dapat menunjang perfoma brand awareness produk Anda di kalangan target sasaran Anda. Sehingga sangat diperlukan untuk membuat website yang lebih powerfull dan juga optimal. Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.