Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Cara Membuatnya untuk Fresh Graduate

16 Jul 2023
Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Cara Membuatnya untuk Fresh Graduate campaign-unlimited

Saat apply kerja, kebanyakan orang hanya menyertakan CV, tanpa surat lamaran. Saking jarangnya, membawa surat lamaran kerja kini bisa menjadi poin plus. Jadi, seperti apa surat lamaran kerja? Kalau kamu masih belum tahu, akan lebih mudah jika kamu mengetahuinya dari contoh surat lamaran kerja langsung.

Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen yang harus dilengkapi untuk melamar pekerjaan. Umumnya tidak semua perusahaan menuliskan persyaratan untuk melengkapinya, tapi kamu bisa tetap menyertakannya untuk memudahkan perekrut untuk memeriksa data dirimu. Langsung saja simak cara membuat dan contohnya di pembahasan berikut, yuk!

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Melansir dari The Balance Money, surat lamaran kerja atau cover letter, ialah dokumen yang harus disertakan bersama CV saat melamar kerja. Surat lamaran adalah dokumen yang menjelaskan ketertarikan dan kualifikasi dari si pelamar. Sebab perannya penting, kamu perlu mencari contoh surat lamaran kerja yang benar.

Tujuannya agar kamu bisa menyampaikan seluruh aspek yang diperlukan. Cover letter harus mencakup hal-hal yang tidak dapat kamu sampaikan dalam CV atau resume. Misalnya seperti ketertarikanmu dengan posisi yang dilamar, kualifikasi yang membuatmu cocok, atau plan yang ingin kamu tawarkan jika kamu diterima.

Dengan kata lain, fungsi surat lamaran kerja ialah membantu perekrut untuk mengenal dirimu lebih baik dan meyakinkannya bahwa kamu adalah kandidat yang tepat. Dengan surat lamaran kerja, kamu bisa tampil lebih menonjol di mata HRD. Alhasil, peluangmu untuk diterima pun juga lebih besar.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

contoh surat lamaran kerja

Sebelum menuju contoh surat lamaran kerja, kamu harus tahu cara untuk membuatnya. Perhatikan, surat lamaran kerja bukanlah rangkuman dari CV. Jadi, kamu tidak bisa copy dan paste CV pada surat lamaran kerja. Mari ikuti langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja yang baik berikut:

1. Lakukan Riset

Langkah pertama, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu informasi seputar perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Bukan hanya itu saja, kumpulkan juga informasi mengenai perekrut dari perusahaan tersebut. Informasi ini akan membantumu untuk menentukan sapaan yang tepat dalam surat.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, kamu bisa membaca profile website perusahaan. Kalau kamu kesulitan untuk menemukannya, kamu juga bisa mencari informasi dari akun media sosial perusahaan maupun karyawannya. Selain bisa mendapatkan informasi yang dicari, akun medsos perusahaan juga bisa membantu kamu menentukan gaya komunikasi yang tepat.

2. Siapkan Data Diri yang Diperlukan

Walaupun tidak berisikan informasi selengkap CV, kamu tetap harus melengkapi beberapa data diri pada surat lamaran. Adapun beberapa data diri yang perlu kamu siapkan untuk dituliskan dalam surat lamaran meliputi nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan alamat tempat tinggal.

3. Ketahui Format Surat

Agar kamu tidak asal menjiplak contoh surat lamaran kerja yang salah, sebaiknya kamu mengetahui formatnya terlebih dahulu. Seperti menulis surat pada umumnya, cover letter memiliki beberapa komponen yang wajib terisi. Berikut rinciannya:

  • Informasi lampiran. Bagian ini menjelaskan jumlah dan jenis dokumen yang kamu sertakan bersama surat lamaran kerja.
  • Bagian tanggal penulisan. Berisikan tanggal dan tempat surat lamaran kerja dituliskan.
  • Bagian pembuka. Ini merupakan bagian untuk menuliskan kepada siapa surat tersebut ditujukan. Pastikan untuk menyebutkan sapaan diikuti dengan nama penerima surat.
  • Paragraf pembuka isi. Bagian ini berisikan perkenalan dan penjelasan dari mana kamu memperoleh informasi terkait lowongan yang ingin kamu daftar. Apabila diperlukan, kamu juga bisa menyertakan data diri singkat setelah paragraf pembuka ini.
  • Paragraf isi. Fokus dari paragraph ini adalah menjelaskan latar belakang beserta skill yang kamu miliki. Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja di bidang yang sama, kamu juga bisa menceritakannya di bagian ini.
  • Paragraf akhir. Bagian akhir dari isi dapat kamu isi dengan alasan mengapa kamu cocok menempati posisi yang kamu lamar dan rencanamu jika kamu diterima bekerja  di perusahaan tersebut.
  • Bagian penutup. Ini merupakan paragraf singkat berisikan ucapan terima kasih sudah membaca suratmu dan harapan untuk mendapatkan kesempatan bekerja dengan perusahaan tersebut.
  • Salam penutup. Akhiri surat dengan ucapan terima kasih dan salam.

Contoh Surat Lamaran Kerja

contoh surat lamaran kerja

Nah, akhirnya tiba pada pembahasan contoh. Ketahuilah bahwa cover letter bisa berbeda-beda tergantung dengan kebutuhan atau ketentuan dari posisi yang dilamar. Berikut ini adalah dua contoh surat lamaran kerja untuk lulusan baru atau fresh graduate.

1. Contoh Surat Lamaran dalam Bahasa Indonesia

Surat lamaran dalam bahasa Indonesia harus menggunakan ejaan yang benar sesuai dengan panduan EYD. Kebanyakan surat lamaran kerja yang diminta langsung oleh perusahaan meminta pelamar untuk memberikan konfirmasi terkait berkas-berkas yang perlu dilengkapi. Berikut contohnya:

SURAT LAMARAN KERJA

Lampiran: 5 (lima) berkas                                                                                                   Jakarta Barat, 20 Maret 2023

Hal: Surat Lamaran Kerja

Kepada Yth.

Bapak/Ibu HRD PT. Teknologi Nusantara

Jl. Pantai Baru II No. 54, Jakarta Utara

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website PT Teknologi Nusantara pada tanggal 15 Maret 2023, PT. Teknologi Nusantara sedang membutuhkan pekerja untuk mengisi posisi Website Developer. Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk mengisi posisi tersebut. Adapun data pribadi saya sebagai berikut:

Nama                                    : Arif Kurniawan

Jenis Kelamin                        : Laki-laki

Tempat dan Tanggal Lahir    : Depok, 13 Mei 2001

Pendidikan Terakhir              : S1 Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Alamat                                  : Citra II Blok 2A No. 155 Kalideres, Jakarta Barat 11840

Nomor Telepon                    : 081224744499

Alamat Email                        : [email protected]

Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai mana dituliskan dalam persyaratan:

1. Curriculum Vitae

2. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir

3. Fotokopi Transkrip Nilai

4. Pas Foto 3×4 (2 lembar)

5. Fotokopi sertifikat pendukung

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya berharap dapat bergabung dan mengisi posisi Website Developer di PT. Teknologi Nusantara. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Arif Kurniawan

2. Contoh Surat Lamaran Kerja  dalam Bahasa Inggris

Untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, kamu tidak perlu menuliskan terlalu banyak detail data diri. Bagi lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa lebih berfokus pada pembahasan skill dan pengalamanmu di perguruan tinggi. Begini contoh selengkapnya:

COVER LETTER

Jakarta Barat, 20 March 2023                                                                                                                       Arif Kurniawan

                                                                                                Citra II Blok 2A No. 155 Kalideres, Jakarta Barat 11840

081224744499 / [email protected]

Recruiter PT. Teknologi Nusantara

Jl. Pantai Baru II No. 54, Jakarta Utara

RE: Your 15 March 2023 job ad for Web Developer

Dear Recruiter,

As a recent graduate from Atma Jaya Yogyakarta with a Bachelor of Engineering in Informatics, I am extremely interested in the Web Developer opportunity posted on the PT Teknologi Nusantara website. After reviewing the key qualifications for this role, I am confident that I am well-prepared to be a valuable contributor to company growth and success.

Through my academic journey, l I applied a strong focus on building my programming and quality control abilities. I am detail-oriented and meticulous when managing competing priorities within tight deadlines. I work best in roles where utilizing web development allows me to make a positive impact while using creative problem-solving to resolve issues and achieve goals.

My academic strengths have greatly contributed to the development of my critical thinking, teamwork and collaboration skills. I bring clear and effective communicating to build professional connections with co-workers, management and customers. I would welcome the opportunity to further discuss the details of my experience and attributes which I believe will be an asset to the PT Teknologi Nusantara team. Please review my attached resume for additional insight into my background. Thank you for your time and consideration.

Sincerely,

Arif Kurniawan

Nah, sekarang sudah bisa membuat surat lamaran kerja kan? Semoga contoh surat lamaran kerja di atas bisa bermanfaat, ya. Kalau ingin mendaftar offline kamu bisa membuat surat lamaran kerja tulis tangan atau dicetak. Namun, untuk pendaftaran online kamu dapat mengirimkan dalam format word atau pdf.

Jika saat ini kamu pandai menulis atau jago membuat konten desain, tidak ada salahnya lho untuk berkarir sebagai freelance  sambil menunggu panggilan kerja. Butuh panduan? Tenang, kamu bisa baca berbagai artikel lengkap di blog IDwebhost.

Untuk teknisnya, kamu juga bisa membuat website portofolio untuk menarik klienmu. Kalau mau tahu cara dan pilihan layanan hosting website yang sesuai, hubungi kami dan dapatkan penawaran khusus sekarang, yuk!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022