Contoh Iklan Kreatif: Pengertian Iklan, Jenis, Manfaatnya

Contoh Iklan Kreatif: Pengertian Iklan, Jenis, Manfaatnya

Dalam pemasaran, salah satu hal penting yang menunjang aktivitas ini adalah iklan. Iklan adalah sebuah upaya untuk promosi barang dan jasa menggunakan media tertentu. Contoh iklan kreatif banyak macamnya. Namun, apa itu iklan? Apakah hanya itu pengertian iklan? 

Kata “iklan” tentu bukan hal asing di telinga masyarakat banyak. Kita banyak melihat contoh iklan yang muncul di berbagai media. Mulai dari elektronik seperti televisi, radio, koran, majalah, media online, bahkan baliho yang biasa terlihat sepanjang jalan. 

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, pemilihan media iklan tidak bisa sembarangan. Tetapi juga harus mempertimbangkan target audiens, dan lain sebagainya. 

Nah, pada artikel ini, IDwebhost akan berbagi dengan Sahabat semua, tentang pengertian iklan, berikut jenis iklan dan contoh iklan kreatif yang bisa dijadikan inspirasi membuat iklan. 

Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya!

Pengertian Iklan

Iklan adalah sebuah alat komunikasi, yang bisa bersifat publik namun bisa juga sangat personal. Kita bisa menemukan contoh iklan kreatif di banyak media. 

Menurut KBBI online, iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual. Biasanya iklan dipasang di dalam media massa atau di tempat umum. 

Iklan bisa didefinisikan sebagai berita pesanan untuk mendorong dan membujuk orang banyak agar tertarik pada produk yang ditawarkan. 

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli 

Supriyanto 

Iklan, menurut Supriyanto adalah upaya promosi barang, ide, perusahaan, atau jasa yang perlu dibayarkan oleh sponsor. 

Kotler dan Armstrong 

Menurut guru besar ilmu pemasaran dunia, Kotler dan Armstrong, iklan adalah bauran promosi yang memberikan pesan produk kepada masyarakat lewat media, baik media cetak maupun media online. 

Masih menurut Kotler dan Armstrong, keduanya juga membedakan antara iklan dan periklanan. Yang dimaksud dengan periklanan adalah semua biaya yang harus dikeluarkan sponsor untuk melakukan presentasi dan promosi nonpribadi dalam bentuk barang dan jasa. 

Shapiro dan Krishnan 

Menurut kedua ahli pemasaran ini, melibatkan kreativitas dalam pembuatan iklan adalah hal yang penting. Sisi kreativitas dapat memberikan pengaruh positif terhadap efektivitas merek dan iklan. 

Sutisna 

Menurut Sustisna, iklan adalah upaya untuk mengarahkan orang agar agar sependapat dengan tujuan tertentu, menggunakan media yang ada. 

Dari penjelasan para ahli di atas, dapat disimpulkan jika iklan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut: 

  • Membujuk audiens untuk menggunakan atau membeli produk. 
  • Memberikan informasi terkait produk. 
  • Membuat sebuah produk diingat orang
  • Membangun kesadaran merek pada audiens

Ciri-ciri Iklan 

Yang namanya iklan memiliki ciri-cirinya sendiri. Berikut adalah ciri yang membedakan iklan dengan media lainnya: 

  • Menggunakan kata-kata yang singkat, efektif, dan menarik agar pesan dapat dicerna dengan mudah oleh audiens
  • Memilih diksi yang bersifat ajakan karena sesuai dengan fungsi iklan, yaitu mempengaruhi konsumen
  • Informatif, karena iklan bertujuan untuk memberikan informasi seputar produk, agar lebih dikenal oleh konsumen
  • Memiliki target sasaran agar pemasaran jadi lebih efektif. 

Tujuan Iklan 

Jika pada bagian sebelumnya kita sudah tahu banyak hal tentang pengertian iklan. Dalam membuat iklan, Anda harus tahu, apa tujuan sebuah iklan. Berikut tujuan iklan yang harus Anda tahu: 

Memberikan informasi 

Pertama, tujuan iklan adalah memberikan informasi ke pasar tentang segala hal pada sebuah  produk. Seperi harga, kegunaan produk baru, menjelaskan cara kerja, dan membangun citra. 

Membujuk 

Iklan bisa menjadi sarana untuk membentuk preferensi merek. Selain itu, tujuan iklan adalah mengubah persepsi konsumen tentang sebuah produk. Juga membujuk audiens untuk mencoba produk yang diiklankan dan mengajak orang untuk membelinya. 

Mengingatkan 

Tujuan iklan selanjutnya adalah menjadi pengingat pada orang-orang bahwa mereka sudah mengenal sebuah produk. Hal ini sangat penting karena berkaitan dengan brand awareness. 

Nilai tambah 

Iklan dapat memberikan nilai tambah sebuah produk di mata konsumen. Nilai tambah ini berupa peningkatan kualitas, inovasi, dan mengubah persepsi konsumen. 

Mendampingi konsumen 

Iklan dapat menjadi pendamping, dengan memfasilitasi upaya-upaya produk dalam proses komunikasi pemasaran. Sehingga, brand dapat mencapai target yang diinginkan. 

Jenis-Jenis Iklan 

Sahabat IDwebhost, iklan dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan sifatnya. Yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial. Apa saja yang membedakan keduanya? 

Berikut perbedaan iklan komersial dan non komersial yang harus Anda tahu: 

Iklan komersial 

Iklan komersial adalah iklan yang dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan sebuah produk dengan maksud untuk mengajak orang agar membeli atau menggunakan produk tersebut. 

Iklan Non-Komersial 

Berbeda dengan iklan komersial sebelumnya, iklan non-komersial ditujukan untuk memberikan informasi, edukas, imbauan, dan sosialisasi kepada orang banyak. Salah satu contoh iklan non-komersial adalah iklan layanan masyarakat. 

Sedangkan berdasarkan jenis medianya, iklan dibagi menjadi iklan cetak dan iklan elektronik. Berikut perbedaan perbedaan iklan cetak dan iklan elektronik: 

Iklan Cetak 

Iklan cetak adalah iklan yang dibuat dengan cara dicetak. Iklan dengan media cetak adalah iklan berformat paling tua. Kita bisa menjumpai iklan jenis ini setiap hari. Yang termasuk iklan cetak seperti poster, baliho, spanduk, stiker, dan lain sebagainya. 

Iklan elektronik 

Yang kedua adalah iklan dengan media elektronik. Ya, karena elektronik, iklan jenis ini memanfaatkan media elektronik pada setiap upaya promosinya. Seperti iklan di televisi, radio, dan media sosial, seperti yang sedang jadi tren saat ini. 

Bukan hanya itu, iklan juga dapat berbentuk iklan cetak, iklan baris, kolom, dan iklan display. Berikut perbedaan masing-masing jenis iklan tersebut: 

  • Iklan cetak: Iklan jenis ini dipasang dan dibuat dengan cara dicetak. Seperti baliho, spanduk, dan surat kabar. 
  • Iklan baris: Iklan baris adalah iklan yang umum ditemui di koran. Ciri khas dari iklan baris adalah hanya menampilkan beberapa kata atau kalimat saja. 
  • Iklan kolom: Iklan kolom adalah iklan selebar satu kolom dan lebih tinggi dari iklan baris. Contoh iklan kolom adalah advertorial di koran dan majalah. 
  • Iklan display: Iklan display umumnya menampilkan promosi dengan lebih luas daripada ikaln baris, seperti iklan di televisi dan radio. 

Pemilihan Media Iklan 

Memilih media iklan adalah hal yang sangat penting. Apalagi, media dalam komunikasi adalah alat di mana brand dapat menyampaikan pesan kepada audiens. 

Menentukan media yang digunakan sebagai media periklanan adalah strategi yang wajib dilakukan setiap pemasar. 

Berikut penyebab mengapa memilih media sangat penting dalam bidang periklanan: 

  • Banyak pilihan media yang dapat digunakan sebagai media komunikasi
  • Setiap media memiliki karakteristik dan sifat yang unik
  • Biaya beriklan di masing-masing media berbeda-beda
  • Perbedaan karakteristik audiens

Contoh Iklan Kreatif Produk 

Iklan adalah sebuah upaya bagi sebuah brand untuk menyampaikan pesan pada audiens. Tujuannya beragam. Style yang beriklan yang digunakan juga hampir tak pernah ada yang sama. 

Berikut adalah contoh iklan kreatif yang bisa jadi inspirasi:

1. Iklan produk minuman energi 

Minuman energi identik dengan orang-orang yang enerjik, penuh gairah, dan bersemangat. Banyak iklan minuman berenergi yang menggunakakan slogan, gambar, dan teks yang mengajak audiensnya untuk bersemangat.

2. Contoh iklan kreatif mie instan 

Produk mie instan banyak jenisnya. Maka sebagai salah satu strategi memenangkan pelanggan, Indomie, salah satu jenama mie instan kenamaan di Indonesia menggandeng Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang kala itu sedang naik daun sebagai bintang iklan. 

3. Contoh iklan produk kosmetik

Produk kecantikan selama ini sangat identik dengan bintang iklan berwajah rupawan. Permainan warna yang digunakan biasanya cenderung lembut. Pun dengan slogan yang digunakan. 

4. Contoh iklan produk susu 

Iklan produk susu biasanya menonjolkan citra yang sehat, bugar, dan enerjik. Produk susu juga senantiasa mengajak audiens untuk selalu aktif dan produktif setiap hari. 

5. Contoh iklan gadget

Persaingan brand gadget selama ini sangat ketat. Maka dari itu, setiap brand harus mempunyai strategi yang tepat untuk menarik konsumen. 

Brand gadget umumnya jarang menampilkan secara gamblang spesifikasi produk yang dijual. 

Salah satu contoh iklan produk gadget yang akan selalu diingat orang adalah iklan iPhone X 

6. Contoh Iklan layanan masyarakat

Layanan masyarakat adalah iklan yang sangat banyak dijumpai. Jenis contoh iklan yang satu ini umumnya dikeluarkan oleh lembaga pemerintah untuk mensosialisasikan program-program pemerintah.

Contoh iklan layanan masyarakat yang sering kita jumpai antara lain:

  • Kampanye Pencegahan Demam Berdarah dengan 3M Plus
  • Kampanye penggunaan Listrik Pintar PLN

Kesimpulan 

Beriklan bisa dilakukan oleh siapa saja, terutama yang sedang menjalankan bisnis online. Iklan adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 

Nah, Anda juga bisa mengiklankan website untuk meningkatkan traffic. Anda bisa beriklan di menggunakan sosial media atau Google Ads. Banyak contoh iklan kreatif di Google Ads yang bisa dijadikan inspirasi.

Namun sebelum itu, Anda harus punya website terlebih dulu. Bikin website di IDwebhost itu nggak ribet, canggih teknologinya, dan banyak diskonnya. Siapa mau? 


Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019