Content Management System untuk Website Anda
Blog Tips Keren Content Management System untuk Website Anda

Content Management System untuk Website Anda

Content management system (CMS) mempermudah anda untuk mengelola situs website anda. Jika Anda memiliki sebuah website, ada dua kategori dalam mengelola sebuah website. Pertama, web statis yang berarti semua pembaruan situs Anda harus dikodekan menggunakan teknik pemrograman web standar. Kedua anda sudah memiliki Content management system (CMS) dan anda dapat membuat pembaruan halaman website anda sendiri. Selain menghemat waktu dan uang Anda, menggunakan dalam CMS menawarkan banyak manfaat. Bahkan, itu bisa menjadi salah satu pilihan yang paling menguntungkan dalam mengelola website anda. Berikut adalah beberapa manfaatnya, serta mengapa Anda harus menggunakan CMS.

PENGERTIAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

Seperti namanya, CMS adalah software atau sebuah program yang memungkinkan anda membuat dan mengelola konten digital website anda. Dengan kata lain, sebuah software yang memungkinkan anda untuk membuat, mengelola, dan memodifikasikan website beserta kontennya tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu seperti HTML, CSS, dan bahasa coding yang lain. Beberapa contoh CMS populer adalah:

WordPress

WordPress banyak digunakan untuk sebuah website, termasuk situs-situs seperti IDwebhost dan The New York Times. WordPress menawarkan kemudahan tak tertandingi dalam hal tidak hanya mengelola situs web, tetapi juga membuat halaman web yang profesional dan menarik, semuanya dengan harga yang terjangkau, atau bahkan gratis. Ini juga dapat diandalkan dan fleksibel, menawarkan kinerja luar biasa untuk Anda dan pengunjung situs web Anda.

Content Management System

Joomla

Joomla adalah CMS yang sering juga digunakan setelah WordPress. Ini juga merupakan CMS yang opensource, memungkinkan anda untuk membuat halaman web yang kuat tanpa perlu tahu kode.

Drupal

Drupal menawarkan semua manfaat CMS normal. Ini sering dikatakan lebih kompleks daripada WordPress atau Joomla, karena diciptakan oleh developer dan untuk developer.

KEMUDAHAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM (CMS)

Tidak perlu berpengalaman dalam web program

seperti WordPress, CMS dibuat untuk memudahkan pengguna mengelola sebuah website sendiri. Setelah anda membuat website anda dengan bantuan penyedia web host, mengelola konten website anda adalah hal yang mudah untuk dipelajari. Mengelola konten website anda, seperti gambar dan teks, dapat dengan mudah dimasukkan dan diunggah ke halaman tertentu dan ditata dalam editor konten yang mirip dengan Microsoft Word.

Kemudahan Aksesibilitas

Content management system (CMS) memungkinkan anda untuk tidak hanya memiliki akses ke situs web anda, tetapi juga dengan mudah berkolaborasi pada banyak orang. Dengan hanya mempunyai akun website anda, orang yang anda beri akun dapat menambahkan, mengedit, atau memperbarui konten di website anda dengan komputer mereka sendiri. CMS juga dapat menyimpan semua konten anda secara online dan tersedia untuk siapa saja yang memiliki akses ke situs web, yang berarti kebutuhan untuk mengirim beberapa file berbeda ke individu yang berbeda tidak lagi diperlukan. Lebih baik lagi, sistem manajemen konten juga sangat nyaman bagi orang yang sedang bepergian. Anda dapat masuk ke back-end situs web Anda dari mana saja. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer, tablet, atau perangkat seluler dan koneksi internet.

Content Management System

SEO tools dan Plugins Content Management System

Content management system (CMS) menawarkan plugin dan SEO tools sebagai fitur yang dapat membantu peringkat website anda lebih baik di halaman utama Google. Dengan SEO tools anda bisa  menerapkan strategi SEO dasar dalam upaya untuk meningkatkan traffic untuk website anda online.

Plugin WordPress langsung membantu anda dalam opsi antarmuka untuk memasukkan judul halaman web, deskripsi meta, tag alt, dan semua elemen lain yang diperlukan untuk mengoptimalkan website anda di Google dan mesin pencarian utama lainnya. SEO tools dan Plugin juga akan memberikan anda peringatan ketika elemen-elemen sebelumnya tidak anda berikan dengan benar.

Terlebih lagi, plugin ini diperbarui secara berkala agar bisa beradaptasi dengan setiap perubahan di mesin pencari utama yang dapat mempengaruhi peringkat Anda. Jadi, website anda akan tetap powerfull setiap saat, meskipun ada pembaruan atau perubahan. Pada dasarnya, CMS terutama WordPress adalah satu-satunya pilihan situs web yang memungkinkan anda untuk dengan mudah mengoptimalkan website anda untuk mesin pencari menggunakan plugin dan mempunyai fitur yang mudah dalam membuat sebuah konten dan layanan di website anda sendiri.

Keamanan Content Management System

Website apapun bisa sangat rentan dan sering ditargetkan oleh para hacker untuk mencuri informasi pribadi. Namun, Content management system (CMS) secara konsisten diuji oleh para developer dan ahli komputer  untuk melindungi pengguna terhadap setiap dan semua potensi ancaman keamanan. Selain itu, ada banyak plugin dan fitur yang tersedia yang juga dirancang secara sistematis untuk meningkatkan keamanan website anda.

Murah dan terjangkau

Maintenance untuk sebuah website dapat menjadi kesulitan utama jika anda memiliki kategori website statis. Mendatangkan orang ahli teknik informatika atau developer untuk membuat pembaharuan yang sering dapat berubah ubah. Tidak hanya faktor biaya, tetapi perlu waktu lama agar website anda selalu diperbaharui dengan cepat.

Menggunakan CMS dapat menghemat waktu dan uang Anda. Dengan Content management system (CMS), Anda tidak lagi harus bergantung pada pengembang web atau ahli teknik informatika untuk membuat perubahan situs yang umum. Anda dapat langsung membuat pembaharuan sendiri tepat saat anda menginginkannya.

Content Management System
idwebhost.com

Kesimpulan

Jika anda tidak menggunakan CMS, mengelola website anda bisa memakan waktu dan mahal. CMS membantu anda untuk mengunggah atau mengubah konten hanya dengan beberapa pilihan tersedia, daripada harus mengcoding sebuah halaman website. Selain itu, pembaruan umum dan persyaratan dukungan lainnya yang menjaga kesejahteraan situs anda dapat dilakukan secara mudah dan cepat, dengan beberapa fitur yang tersedia.

Kemudahan pengelolaan ini juga termasuk untuk elemen desain website juga. Content management system memungkinkan elemen visual suatu website diubah dengan minimal atau tanpa koding. Yang terbaiknya adalah, semua ini dapat terjadi secara cepat dan mudah dari perangkat apa pun dengan koneksi internet gimana pun.

Kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda! Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.