Wordpress Vs Drupal, Mana CMS yang Terbaik?
Blog Tips Keren WordPress Vs Drupal, Mana CMS yang Terbaik?

WordPress Vs Drupal, Mana CMS yang Terbaik?

Memilih CMS yang tepat untuk website Anda tidak bisa cuma asal-asalan. Jika ini adalah website pertama Anda, maka CMS yang digunakan haruslah memudahkan Anda dalam mendesain dan mengelola situs web.

Mana CMS website Terbaik Untuk Anda ?

 

apa itu cms wordpress
idwebhost

 

WordPress vs Drupal adalah dua CMS yang paling banyak digunakan user di internet. Bahkan keduanya menguasai 60% pasar itu. Baik WordPress maupun Drupal memiliki komunitas online yang dedicated serta fanbase yang loyal. Selain itu juga kedua CMS ini juga menjadi platform bagi website-website besar dan terkenal. WordPress adalah CMS yang mudah dipelajari serta memiliki komunitas yang besar. Lalu, bagaimana perbandingan kedua CMS ini ?

Berikut beberapa pertanyaan yang akan kami bahas.

  • Mana Yang Paling Mudah Digunakan ?
  • Bagaimana Dua CMS Ini Mengelola Untuk Kontennya ?
  • Mana Yang Performanya Lebih Unggul ?
  • Platform Mana Yang Lebih Aman ?
  • Mana Yang Menawarkan Fleksibilitas Lebih Unggul ?

Jika anda ingin mencoba kedua CMS tersebut, Anda bisa menginstal lalu mengaktifkannya dengan membeli paket website hosting Idwebhost yang sudah menawarkan semua yang Anda butuhkan untuk membuat website baru !

WordPress vs Drupal: Mana Yang Paling Mudah Digunakan?

jika Anda ingin mudah dalam membuat dan mengonlinekan website, maka pilihannya jatuh pada cms WordPress. Tak hanya pada proses install-nya yang cepat, WordPress juga memiliki sebuah dashboard yang intuitif sehingga Anda bisa mudah dalam menginstall tema, plugin, dan juga menulis konten.

Meskipun Anda bisa melakukan banyak hal dengan CMS Drupal, Anda harus tahu cara menggunakan bahasa pemrograman. Proses install-nya pun mudah. Namun, ketika hendak mengelola situs web, Anda bisa mengalami beberapa masalah dan akan menemui jalan buntu jika tidak punya keahlian teknis.

Bagaimana Dua CMS Ini Mengelola Untuk Kontennya ?

Jika ingin kemudahan dalam mengelola dan mengupdate situs web, maka WordPress adalah pilihan yang terbaik. Bahkan kemudahan integrasi SEO dan komunitas yang besar akan memudahkan pemula yang baru pertama kali membuat situs web.

CMS Drupal memang memiliki kemampuan meningkatkan SEO dan juga komunitas yang terlibat di Drupal , tetapi proses update yang tidak mudah akan menyulitkan pemula untuk mengelola dan memperbarui situs web mereka.

Mana Yang Performanya Lebih Unggul ?

Di sisi lain, Drupal memang lebih cepat daripada WordPress. Bahkan CMS ini adalah yang paling ringan. Akan tetapi, untuk mengaktifkan dan mengonfigurasikan situs web Anda di platform Drupal supaya performanya lebih optimal membutuhkan kemampuan teknis.

Di sisi lain juga, CMS WordPress mampu membuat loading situs web Anda lebih cepat per detiknya atau bahkan bisa juga membuat loading website menjadi sangat lambat. Tentu ada faktor-faktor yang berpengaruh secara langsung, yakni pengelolaannya, hostingnya, dan kemampuan serta pengetahuan Anda dalam mengoptimalkan situs. Untungnya, siapa pun itu, bahkan pemula, bisa dengan mudah dapat mengoptimalkan performa situs WordPress karena pada dasarnya Anda cuma perlu menginstall dan mengonfigurasi beberapa plugin.

Platform Mana Yang Lebih Aman ?

CMS Drupal lebih aman karena risiko di-hack sangatlah kecil. Hal ini disebabkan karena 2 hal. Pertama, tidak banyak yang memakai CMS Drupal sehingga kesempatan menjadi target hacking masih kecil. Kedua, ketersediaan plugin dan tema tidak terlalu banyak sehingga level keamanan tidak terlalu mudah diterobos.

CMS WordPress bisa menjadi platform yang aman, tapi kalau Anda tahu cara yang benar dan tepat untuk melindungi dan mengamankan situs web. Seperti kami beritahukan, inti CMS WordPress sebenarnya aman. Hanya saja, kalau Anda sampai gagal untuk mengamankan inti tersebut, misalnya dengan terus menggunakan plugin dan tema yang sudah lama tidak diperbarui lagi, maka situs Anda bisa rentan terhadap ancaman internet seperti di hack.

Mana Yang Menawarkan Fleksibilitas Lebih Banyak ?

Jika Anda pemula tetapi masih ingin tetap mengelola fitur dan desain web, maka CMS WordPress adalah pilihan yang terbaik. Sedangkan Drupal, CMS ini memiliki learning curve yang tinggi sehingga akan membutuhkan kemampuan lebih jika Anda ingin membuat website dengan tampilan yang bagus.

Namun, jika Anda ahli dan mengerti dalam bahasa pemrograman, maka Drupal adalah pilihan yang lebih baik dari WordPress karena Anda bisa mengelola dan mengembangkan situs web sesuai keinginan dan kebutuhan.

Kelebihan WordPress

 

cms wordpress terbaik
idwebhost

 

CMS WordPress unggul dalam fleksibilitas, penggunaan yang yang mudah, komunitas yang besar dan siap membantu anda kapan saja.

Berikut beberapa kelebihan WordPress :

  • Mudah digunakan. Meskipun mempunyai sedikit learning curve, setelah anda mencoba meluangkan waktu untuk bermain-main dengan WordPress, Anda akan tahu bahwa CMS ini mampu mewujudkan sesuai keinginan Anda. Jika dibandingkan dengan CMS Drupal, WordPress itu sangat mudah digunakan, terutama untuk¬†webmaster pemula dan yang tidak mengerti pemahaman teknis.
  • Fleksibel. Dengan banyaknya tema dan plugin yang sudah tersedia, Anda dapat dengan mudah membuat situs yang diinginkan tanpa harus menyewa jasa seorang developer wordpress.
  • Murah. Selain hosting dan nama alamat domain, Anda juga akan membutuhkan tema dan plugin untuk membuat sebuah website, dan dua tool itu bisa didapatkan secara gratis.
  • Komunitas online yang besar. Jika mempunyai masalah, baik yang terkait dengan support maupun situs web, Anda bisa dengan mudah mencari solusinya di Google. Di sisi lain, Anda juga akan menemukan berbagai situs web yang sepenuhnya didedikasikan untuk situs WordPress sehingga Anda pun juga bisa meningkatkan kemampuan yang anda dimiliki dalam waktu singkat.

Baca Juga : Mengenal Hosting dan Domain

Kelebihan Drupal

cms drupal
idwebhost

 

Platfrom Drupal menawarkan level keamanan terbaik dan juga berbagai pilihan kustomisasi konten serta performa tingkat tinggi.

Berikut beberapa kelebihan Drupal :

Mampu mendukung berbagai team. Drupal juga memiliki sistem kontrol permission canggih yang memberikan user kemudahan dalam manajemen dan kontrol. Drupal menawarkan tingkat fleksibilitas yang lebih baik dari WordPress. Pilihan multi-bahasa telah disertakan dengan instalasi inti. Jika Anda ingin membuat situs website yang menawarkan berbagai pilihan bahasa, maka Anda pun dapat melakukannya dengan mudah.

Pilihan terbaik untuk konten sebuah organisasi. Apabila Anda mau mem-publish beragam konten, maka Anda pun bisa memanfaatkan sistem taksonomi Drupal yang lengkap. Sistem itu sangat fleksibel dan dapat dikustomisasi untuk memenuhi standar atau kriteria sebuah konten yang telah ditetapkan.
Kemampuan kustomisasi konten yang bagus. Drupal dapat melakukan berbagai custom konten dan tipe halaman. Meskipun Anda dapat juga menambahkan fungsionalitas yang sama ke situs WordPress, fungsionalitas tersebut telah menyatu ke core atau inti platfrom Drupal.

Kesimpulan

WordPress

WordPress adalah sebuah CMS yang sangat intuitif dan mudah digunakan. Walaupun Anda bisa membuat berbagai macam jenis website, mau sederhana atau besar (seperti Mashable), WordPress tetaplah ramah dan mudah bagi webmaster pemula.

Dengan anda menggunakan kombinasi plugin yang tepat, memilih tema yang solid, dan mengaktifkan website di hosting yang berkualitas, maka kesuksesan pun ada dalam genggaman Anda. Selain itu, popularitas WordPress yang semakin kian besar justru memudahkan Anda untuk mencari dan menemukan berbagai macam tutorial dan informasi berguna lainnya yang dapat membantu Anda dalam menangani berbagai masalah yang muncul.

Drupal

Secara keseluruhan, Drupal merupakan CMS yang solid. Platform tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih dan juga sudah dioptimasi untuk performa serta keamanan tingkat tinggi. Meski sudah sangat fleksibel, Drupal memiliki learning curve yang cukup menyulitkan. Jika Anda tidak ingin bersusah payah belajar tentang bahasa pemrograman tapi anda ingin membuat website dengan cepat, maka pilihlah platfrom WordPress.

Kesimpulannya, WordPress masih CMS website terbaik daripada Drupal.

Anda paling suka pada CMS yang mana? Lalu apa alasannya? Bagikan pendapat hebat Anda melalui kolom komentar di bawah ini.

Helmy Ashari

Seorang yang tak pandai dalam berkata cuma bisa menuangkannya lewat tulisan saja.