7 CMS Keren Yang Tidak Kalah Dengan WordPress

19 Nov 2022
7 CMS Keren Yang Tidak Kalah Dengan WordPress

WordPress merupakan sebuah CMS atau Content Management System yang paling sering digunakan di setiap website pada berbagai belahan dunia. Contoh yang paling terkenal ada BBC, Sony Music, hingga Play Station Blog. Bisa dikatakan, saat ini WordPress sudah mendapatkan tempat di hati para pengguna website yang ingin mengembangkan usaha ke ranah online. Sehingga menjadi salah satu CMS keren yang paling populer dan banyak digunakan.

Hal ini pun semakin didukung dengan data statistik pada tahun 2017 lalu yang menunjukkan bahwa WordPress sebagai CMS engine paling banyak digunakan di dunia maya. Angka itu tentu masih bisa berubah atau bahkan kemungkinan sudah lebih tinggi di tahun ini.

Well, Meskipun WordPress didapuk sebagai CMS engine yang paling populer di dunia, tapi bukan berarti tak ada pilihan lain yang tidak bisa kamu gunakan, andai kata kamu ingin mencoba hal baru dan ingin mencoba sesuatu yang antimainstream.

Karena Selain WordPress, ada juga CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress. Ya, pada artikel kali ini kami akan membahas 7 CMS yang tidak kalah menarik dan juga banyak digunakan oleh para pemilik website di seluruh dunia. 7 CMS berikut ini memiliki fitur lengkap dan juga user friendly. Sehingga kamu dapat dengan mudah mengatur seluruh konten yang ada di websitemu.

So, tanpa panjang basa basi lagi, berikut ini 5 CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress dan wajib kamu coba bila ingin tampil beda!

CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress
idwebhost

7 CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress

1. Squarespace

CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress yang pertama adalah Squarespace . CMS yang dirancang oleh Anthony Casalena ini adalah perancang situs web terintegrasi sistem manajemen konten berbasis SaaS, platform blog, dan layanan penginangan. Sistem ini memungkinkan pengguna biasa dan perusahaan menciptakan serta mengelola situs web dan blognya sendiri. Layanan ini tersedia dalam bentuk bundel, tidak terpisah.

Fitur yang diberikan oleh CMS ini sangatlah banyak, sehingga dapat memudahkan kamu untuk membangun website yang unik serta ideal. Website yang bisa dibuat dengan menggunakan bantuan CMS ini adalah e-commerce, blog, company profile, hingga portal. Tapi perlu diketahui, untuk bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di CMS ini, kamu harus membayar biaya berlangganan.

2. Drupal

Selanjutnya ada Drupal. CMS besutan Dries Buytaert ini merupakan  sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan di bawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.

Bukan tanpa alasan mengapa Drupal jadi alternatif pertama selain WordPress. Sudah sejak lama, Drupal banyak dipilih sebagai mesin pengelola konten oleh berbagai perusahaan besar seperti New York Observer, Popular Science, MIT, Sony Music, Fast Company, dan lain-lain. Keunggulan Drupal terletak pada keamanan dan juga dukungan digital framework yang bisa diandalkan dan akan memudahkanmu dalam mengatur website.

3. Joomla!

CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress selanjutnya adalah Joomla!. Ya, Joomla! merupakan sebuah sistem manajemen konten (CMS) bebas dan terbuka yang ditulis menggunakan PHP dan basis data MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0 pada tahun 2005 lalu. Hingga kini Joomla! memiliki berbagai fitur yaitu diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dan fitur keren lainnya.

CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress
idwebhost

Well, Semua orang yang dekat dengan dunia blogging pasti tahu atau setidaknya pernah dengar kabar atau berita, bahwa Joomla adalah salah satu saingan terbesar WordPress sampai saat ini. Ada lebih dari 7.000 ekstensi Joomla secara aktifkan dikembangkan dan terus dipakai. Kamu dapat menemukan ekstensi untuk hampir semua hal dan ada banyak tema untuk dipilih. Hanya saja, sebagian besar fitur dukungan di Joomla berstatus premium alias berbayar.

4. Weebly

Kemudian ada Weebly yang adalah sebuah sarana untuk membuat website gratis. Menggunakan format widget, memungkinkan pengguna untuk membuat halaman dengan hanya beberapa klik, menyeret dan menjatuhkan elemen halaman yang berbeda ke halaman dan mengisi konten.

Weebly yang didirikan oleh 3 orang yaitu David Rusenko, Chris Fanini, dan Veltri, Chris Fanini adalah CMS atau content management system berbasis SaaS yang sangat cocok untuk digunakan pada website bisnis atau startup. Fitur yang disediakan oleh CMS ini mulai dari SEO, GA (Google Analytic), sampai framework yang sangatlah mudah untuk dikustomisasi dan diatur. Selain itu, Weebly juga memiliki ratusan apss atau plugin yang dapat membantumu mendesign website menjadi lebih terlihat lebih professional.

5. Silverstripe

CMS keren yang tidak kalah dengan wordpress selanjutnya adalah Silverstripe. SilverStripe adalah Sistem dan Kerangka Kerja Content Management yang gratis dan terbuka untuk membuat dan mengelola situs web dan aplikasi web. CMS Ini menyediakan panel administrasi berbasis web yang memungkinkan pengguna melakukan modifikasi pada bagian-bagian situs web, yang mencakup editor situs web.

WordPress tampaknya menjadi kiblat bagi pengembang untuk melahirkan CMS tandingan. SilverStripe mempunyai banyak kemiripan dengan WordPress, tetapi lebih cocok untuk manajemen konten daripada blogging. SilverStripe hingga kini masih terus berkembang dan orang-orang di balik CMS ini disebut sedang memperluas dukungan bahasa untuk menarik lebih banyak pengguna.

6. Wix

Selanjutnya ada Wix. Ya, Wix atau Wix.com adalah platform untuk membuat serta mengembangkan website berbasis awan yang memungkinkan penggunanya membuat situs web HTML5 dengan cara seret dan tempel. Menarik bukan?

CMS ini merupakan CMS yang sangatlah mudah untuk digunakan dan spesialisasinya adalah website HTML5 yang search engine friendly. Fiturnya juga tidak kalah lengkap dari WordPress dengan ribuan template professional yang bisa dipilih. Selain itu, Wix juga memiliki fitur free hosting untuk website yang sudah dibuat sehingga kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan masalah hosting.

7. Concrete 5

Concrete 5 merupakan sistem manajemen konten open-source untuk mempublikasikan konten di World Wide Web serta internet. Concrete 5 dirancang untuk memudahkan pengguna awam yang memiliki kemampuan serta keterampilan yang minimalis. CMS ini memungkinkan pengguna untuk mengedit konten situs langsung dari halaman.

CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress
idwebhost

CMS satu ini memiliki konsep yang cukup unik dan simpel sebagai alternatif WordPress. Karena Wix tidak menggunakan panel admin yang rumit, melainkan Concrete menyajikan semua keperluan manajemen konten di halaman muka. Lebih dari sekarang CMS, tapi juga berfungsi sebagai framework seperti Symfony atau LaRavel, sehingga kamu dapat menyesuaikan CMS agar sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah itu dia tadi 7 CMS keren yang tidak kalah dengan WordPress. Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan hal-hal baru yang tidak kalah dengan WordPress.  So, setelah membuat website dengan CMS di atas, kamu bisa membeli hosting dan domain di Idwebhost serta di sini.