Cara Membuat Private Cloud Storage NextCloud

30 Mei 2019
Cara Membuat Private Cloud Storage NextCloud campaign-unlimited

Cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, dan OneDrive sudah banyak dipakai orang-orang sekarang. Dengan cloud storage, Anda dapat menyimpan data Anda dan secara otomatis akan di sikronasikan ke semua device sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mengakses data Anda dimana saja dan kapan saja. Selain itu, dengan cloud storage data Anda juga akan lebih aman.

Layanan cloud storage kebanyakan bersifat gratis, tetapi jika Anda membutuhkan storage lebih besar, Anda harus membayar sesuai dengan kebutuhan. Memang harganya tidaklah mahal, tetapi kalau ada yang gratis, kenapa tidak? Untungnya, ada alternative lain yaitu Nextcloud, sebuah cloud storage gratis yang diinstall dan dimaintain di server Anda sendiri. Di artikel kali ini IDwebhost akan membahas tentang NextCloud. Tetapi sebelumnya, kami akan bahas terlebih dahulu apa itu cloud storage.

Apa itu Cloud Storage?

Cloud storage merupakan sebutan untuk sebuah space online yang bisa Anda pakai untuk menyimpan data-data Anda. Sama dengan jenis cloud computing lainnya, keamanan cloud storage juga tinggi jadi Anda tidak perlu khawatir lagi tentang keamanan data Anda. Cloud storage memiliki cara kerja yang simple. User tinggal meng upload file atau folder mereka dari komputer atau device yang terhubung internet. Nanti jika Anda membutuhkan data yang Anda upload, Anda tinggal download saja datanya dari cloud storagenya. Pada umumnya, data yang sudah berada di cloud storage dienskripsi dan hanya dapat diakses dengan user yang login.

Di luar sana, sudah ada banyak layanan cloud storage gratis. Seperti Dropbox, Google Drive, dan Apple iCloud. Itu merupakan contoh layanan cloud storage gratis yang bisa Anda pakai langsung. Anda hanya perlu mendaftar dan Anda sudah bisa untuk langsung mengupload dan menyimpan data. Tetapi, jika Anda ingin cloud storage yang lebih private/personal, Anda juga bisa membuat cloud storage Anda sendiri. Cloud storage personal memberikan opsi yang sama seperti layanan cloud storage yang lain. Anda bisa menyimpan data, melakukan sinkronasi antar device, membagikan file dan mengakses data dari smartphone Anda. Tetapi, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari personal cloud storage dibandingkan dengan jika hanya memakai layanan cloud storage biasa.

pengertian Nextcloud
IDwebhost

Kenapa Memakai Cloud Storage Personal?

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa memakai cloud storage personal jika Anda bisa memakai layanan cloud storage yang sudah ada? Dropbox dan Drive memang sangat mudah dipakai. Anda hanya perlu untuk mendaftarkan diri dan Anda sudah bisa langsung menggunakannya. Selain itu, mereka juga didukung oleh perusahaan besar sehingga bisa memberikan pelayanan yang dapat diandalkan. Tetapi mereka juga mempunyai kekurangan.

Jika Anda membutuhkan storage lebih besar, anda harus mengeluarkan biaya. Harganya sesuai besarnya storange kebutuhan anda. Selain itu, dengan menggunakannya, Anda juga sebenarnya telah meletakkan data-data Anda ke pihak perusahaan yang bisa saja memakai atau mengubah-ubah data Anda tanpa izin.

Selain itu, dengan anda menggunakan cloud storage personal, Anda akan mempunyai kontrol penuh atas semua data yang ada penyimpanan anda. Juga data anda juga lebih aman karena hanya dibuat khusus untuk Anda. Infrastruktur dan sistemnya dapat Anda konfigurasi sesuai keingianan anda untuk mencapai sistem security yang maksimal.

Kemudian, cloud storage personal juga mempunyai performance yang lebih efisien dan jaringan yang lebih baik karena private storage di-deploy di firewall yang ada pada intranet sebuah organisasi. Jika Anda ingin mengubah pada hardware atau resource lainnya, Anda juga dapat melakukannya dengan mudah. Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk memakai dan membuat cloud storage personal? Kali ini, kami akan membahas NextCloud.

Apa itu Nextcloud?

Nextcloud merupakan sebuah software open source yang pertama kali dikembangkan tahun 2016. Software ini bisa digunakan untuk membuat cloud storage pribadi Anda. Fitur-fitur yang ada bisa dibilang setara dengan layanan cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive. Untuk memakai Nextcloud, Anda dapat menginstall dengan mudah server softwarenya di server Linux dengan gratis, sementara client softwarenya dapat diinstall di komputer Windows, OS X, dan Linux. Untuk mobile device, Nextcloud bisa dipakai di Android dan iOS.

Fitur-Fitur NextCloud

Fitur-Fitur NextCloud
IDwebhost

Berikut ini beberapa fitur NextCloud :

File sync dan file share

Mereka mempermudah proses upload, sinkronasi, sharing, dan download file mereka dengan user interface yang mudah digunakan. Seperti yang bisa Anda lihat di atas, di interface tersebut Anda bisa melihat kuota user dan juga ada pilihan sharing yang lebih mudah. Anda bisa langsung sharing melalui email, URL, dan social media.

Keamanan yang terjaga

Untuk keamanan, mereka menyediakan two-factor-authentication yaitu kemampuan untuk membatasi login ke rentang IP tertentu dan alur masuk berbasis token baru untuk klien. Selain itu, mereka juga menyediakan end-to-end encryption untuk data-data yang Anda upload ke mereka.

NextCloud talk

Untuk mempermudah komunikasi, mereka menyediakan fitur teks, audio, dan video chat. mereka merupakan software gratis yang dikhusukan untuk melakukan meeting. Dengan fitur keamanan end-to-end encryption, mereka menjamin bahwa tidak akan ada pihak ketiga yang mengetahui siapa, kapan, dan apa isi pembicaraannya.

Perbedaan NextCloud dengan OwnCloud

Mungkin Anda pernah juga mendengar nama OwnCloud. OwnCloud merupakan salah satu layanan cloud storage private yang banyak dipakai. Sebenarnya, NextCloud dibangun oleh Frank Karlitschek yang merupakan pendiri dari OwnCloud. Bersama dengan banyak karyawan OwnCloud yang keluar, mereka kemudian mengerjakan project software NextCloud. Nah, kedua layanan ini sekarang merupakan saingan yang paling banyak dicari dan digunakan orang. Lalu apa perbedaannya?

ownCloud dan NextCloud mempunyai cara distribusi yang berbeda. NextCloud hanya mempunyai satu versi dan semua fiturnya gratis. Sementara ownCloud mempunyai dua versi yaitu Enterprise dan community. Versi enterprise tidak gratis dan mempunyai fitur-fitur yang tidak ada di versi community. Untuk fitur, NextCloud dan ownCloud mempunyai fitur yang mirip. Keduanya juga menyediakan fungsi utama yang sama, seperti file sinkronasi, file sharing, dan lainnya. Tetapi ada beberapa fitur pada NextCloud yang tidak ada di ownCloud.

NextCloud memperbolehkan email user untuk mengubah dokumen tanpa perlu login sedangkan ownCloud melarang hal tersebut. Lalu, NextCloud memberi akses kontrol penuh kepada usernya sedangkan ownCloud, fitur tersebut hanya ada di versi enterprise. Selain itu, NextCloud mempunyai fitur file locking sedangkan ownCloud tidak. Untuk aplikasinya, NextCloud mempunyai fitur audio dan video chat sedangkan ownCloud tidak.

Cara Install NextCloud

Baiklah, kami akan memberitahukan kepada Anda bagaimana cara install NextCloud 13 pada Ubuntu 18.04. Tentunya Anda memerlukan sebuah web server sebelum Anda mulai menginstallnya. IDwebhost merupakan penyedia cloud hosting terbaik di Indonesia yang mengutamakan kecepatan dan keamanan. Jika tertarik, Anda bisa melihatnya di halaman produk hosting terbaik untuk lebih lengkapnya.

Langkah pertama untuk menginstal NextCloud 13 yaitu menginstal server web dan PHP. Untuk tutorial ini, Anda disarankan untuk memakai Ubuntu 18.04 atau lebih tinggi karena memakai PHP7. Tutorial ini juga akan menginstal apache sebagai webserver.

Install Software

Buka terminal lalu masukkan command berikut ini :

# apt-get install apache2 libapache2-mod-php7.0 bzip2

# apt-get install php7.0-gd php7.0-json php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-mbstring

# apt-get install php7.0-intl php7.0-mcrypt php-imagick php7.0-xml php7.0-zip

Pilih Database

Setelah Anda melakukan setup environment, Anda tinggal memilih database yang mendukung instalasinya. Untuk tutorial ini, kami akan memakai MariaDB/MySQL.

Untuk menginstall MariaDB

# apt-get install mariadb-server php-mysql

Jika Anda lebih suka menggunakan MySQL

# apt-get install mysql-server php-mysql

Selama proses instalasi Anda akan diminta memasukkan root password. Masukkanlah password yang kuat. Jika Anda tidak memasukkan password, mereka tidak akan memberikan passwordnya. Ini bisa jadi tidak aman jadi jangan lupa mengubahnya ya!

Sekarang Anda akan diminta untuk masuk ke dalam database dan memasukkan passwordnya :

$ mysql -u root -p

Setelah Anda masuk, Anda tinggal membuat database baru :

CREATE DATABASE nextcloud;

Lalu Anda perlu untuk membuat user yang akan terhubung ke database :

CREATE USER 'nc_user'@'localhost' IDENTIFIED BY 'YOUR_PASSWORD_HERE'

Langkah terakhir adalah dengan memberikan privileges untuk user baru :

GRANT ALL PRIVILEGES ON nextcloud.* TO 'nc_user'@'localhost';

FLUSH PRIVILEGES;

Setelah Anda selesai, Anda klik Ctrl-D lalu keluar.

Install NextCloud

Anda perlu mendownload softwarenya dan meng-extractnya dengan memakai kode di bawah ini.

# cd /var/www

# wget https://download.nextcloud.com/server/releases/latest-13.tar.bz2 -O nextcloud-13-latest.tar.bz2

# tar -xvjf nextcloud-13-latest.tar.bz2

# chown -R www-data:www-data nextcloud

# rm nextcloud-13-latest.tar.bz2

Sekarang, Anda perlu untuk membuat file baru di /etc/apache2/sites-available/nextcloud.conf. Anda bebas memakai editor apa saja dan masukkan lines berikut ini :

Alias /nextcloud "/var/www/nextcloud/"

<Directory /var/www/nextcloud/>

Options +FollowSymlinks

AllowOverride All

<IfModule mod_dav.c>

Dav off

</IfModule>

SetEnv HOME /var/www/nextcloud

SetEnv HTTP_HOME /var/www/nextcloud

</Directory>

Setelah itu, Anda lalu mengaktifkan website baru dan aktifkan apache mods yang dibutuhkan NextCloud dengan kode di bawah berikut ini :

# a2ensite nextcloud

# a2enmod rewrite headers env dir mime

# systemctl restart apache2

Proses Instalasi

Setelah Anda selesai memilih database, anda tinggal menginstall semuanya. Masukkan URL http://your_ip_address/nextcloud maka Anda akan langsung dihubungkan ke layar login NextCloud.

Pilihah username dan password administrator, lalu Anda bisa memilih folder data. Kemudian pilih “Storage & Database” untuk memilih database yang Anda pilih di langkah 2. Isi lengkap dan jika Anda telah mengikuti semua langkahnya dengan benar, Anda seharusnya akan melihat aplikasi File seperti di bawah ini.

Perbedaan NextCloud dengan OwnCloud
IDwebhost

Selamat! NextCloud Anda sudah berhasil di install.

Kesimpulan

Di artikel ini kami sudah membahas pengertian cloud storage dan kelebihannya. Selain itu kami juga membahas bagaimana cara untuk menginstall NextCloud, salah satu layanan private cloud storage paling populer dan banyak digunakan di dunia. Jika Anda mempunyai pertanyaan, tinggalkan saja pertanyaan anda di kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga membantu ya!