Change Quota Akun FTP pada cPanel
Blog Tips Keren Change Quota Akun FTP pada cPanel

Change Quota Akun FTP pada cPanel

Sebenarnya, terdapat beberapa fitur yang ada di dalam sebuah cPanel. Salah satunya adalah bisa membuat akun FTP sendiri di dalam cPanel. FTP Account atau Akun FTP disebut juga dengan istilah File Transfer Protocol. FTP digunakan dalam pengelolaan terkait dengan website yang Anda gunakan. Jika Anda seorang pemilik website, Anda tentu akan bisa membuat account FTP terlebih dahulu di dalam sebuah cPanel.

Cara Membuat dan Menggunakan Akun FTP di cPanel

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam membuat dan juga menggunakan akun FTP dalam cPanel:

  1. Masuk ke dalam cPanel terlebih dahulu
  2. Pilihlah pada menu FTP Account
  3. Anda juga bisa langsung menambahkan account FTP yang baru. Isikan username, password, direktori lokasi penyimpanan file dan juga quota yang dimaksudkan untuk akun tersebut.
  4. Kemudian, pilihlah user manager yang terdapat pada menu bagian samping.
  5. Selanjutnya, pada menu User Manager, Anda dapat melihat semua akun yang sudah Anda buat pada web hosting, akun email, dan juga FTP. Biasanya, untuk akun FTP yang baru dibuat akan muncul pada daftar akun FTP. Jenis akun FTP biasanya ditandai dengan symbol kendaraan yang aktif, sedangkan untuk akun email akan ditandai dengan amplop surat yang aktif.
  6. Anda juga dapat mencoba melalui FTP Client, contohnya FileZilla akan agar mengakses akun yang Anda buat.
  7. Untuk dapat melakukan pengecekkan pada koneksi FTP yang sedang aktif bisa melalui menu FTP Connections. Setelahnya Anda akan dapat melihat status koneksi FTP yang sedang aktif.

akun FTP

Change Quota Account FTP pada cPanel

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Anda harus masuk ke dalam cPanel terlebih dahulu melalui http://contohdomain.com/cpanel atau http://contohdomain.com:2082
  2. Klik pada FTP Accounts yang terdapat dalam bagian files.
  3. Selanjutnya klik pada change quota yang ada pada akun FTP yang aka nada rubah quotanya. Anda dapat memilih pada bagian atas pada tombol agar dapat membatasi quota per Megabyte (MB) dan ketika memilih tombol bawah atau unlimited nantinya tidak akan ada pembatasan quota pada account FTP Anda.
  4. Klik pada bagian change quota agar dapat menyimpan perubahan quota yang sudah Anda lakukan sebelumnya.

Menambah atau Mengurangi Quota Account FTP di cPanel

Berikut ini merupakan cara yang bisa Anda terapkan jika ingin mengubah user utama account FTP. Namun, berikut ini akan dijelaskan mengenai perubahan password account ftp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Selalu melakukan login ke dalam cPanel akun Anda.
  2. Di bagian “files”, Anda dapat mengklik pada icon “FTP Account”
  3. Pada bagian bawah “FTP Accounts” nantinya Anda harus mengklik tombol “Change Quota”. Selanjutnya Anda dapat memasukkan quota baru Anda. Dan klik tombol “Change Quota”.

Mulai Menggunakan Fitur dan Fasilitas Akun FTP di cPanel

akun FTP

Anda sebenarnya dapat menggunakan interface tersebut untuk dapat membuat maupun mengelola file transfer protocol (FTP) akun pada website Anda. FTP sangat memungkinkan Anda agar dapat mengelola file website yang Anda miliki. Anda juga hanya dapat mengakses interface ini jika dari penyedia layanan hosting Anda sudah mengaktifkan layanan FTP yang terdapat pada server yang Anda gunakan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan username dan juga password akun cPanel agar dapat melakukan login pada FTP.  Agar dapat melakukan transfer file, gunakan SSH File Transfer Protocol (SFTP) yang diakses pada cPanel Anda agar dapat mengakses shell akun. Sedangkan agar Anda dapat melihat koneksi FTP pada waktu yang sudah lewat, Anda dapat mengarahkan cPanel Baku Akses Log antarmuka (Depan > Log > Baku Access Log)

  1. Menambahkan akun FTP

Agar dapat membuat account FTP, berikut langkah-langkah yang harus Anda perhatikan:

  1. Anda dapat memasukan username yang Anda inginkan didalam kotak teks login.
  2. Selanjutnya masukan dan konfirmasi password baru yang terdapat pada kotak teks yang sesuai. Sebagai catatan, sistem yang ada pada nilai password yang sudah Anda masukkan ada dalam skala 100 poin. Dengan ketentuan 0 akan menunjukan password lemah, sedangkan 100 yang menunjukan password kuat dan aman. Sebenarnya, beberapa web host juga memerlukan kekuatan password minimum. Skala kekuatan sebuah sandi berada pada meteran hijau yang menunjukan bahwa password sama dengan dan atau lebih besar dari kekuatan password yang memang diperlukan. Anda juga bisa mengklik password generator agar dapat menghasilkan password yang kuat.
  3. Masukan home direktori pada account FTP. Pada sebuah kotak direktori teks biasanya akan mendifinisikan tingkat atas pada account FTP baru akses direktori. Contohnya, ketika Anda memasukan sebuah contoh ke dalam kotak teks direktori, maka akun FTP dapat melakukan akses / home / $ user / contoh / direktori dan semua subdirektorinya. Sistem juga nantinya akan otomatis mempopluasi kotak teks dengan public_html / account dimana akun username Anda juga akan masuk ke dalam kotak teks login.
  4. Masukan kuota disk space atau bisa memilih terbatas. Hal ini berlaku jika server yang Anda gunakan server proftpd FTP, maka Anda tidak dapat menggunakan kuota.
  5. Klik pada buat account FTP, maka account baru nantinya akan muncul pada table FTP Accounts. Yang harus Anda perhatikan ketika account FTP Anda mempunyai pengalaman dengan masalah upload. Maka, Anda juga harus meningkatkan nilai kuota.

akun FTP

  1. Mengubah Password Akun FTP

Agar dapat mengubah password atau sandi pada akun FTP, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik pada ubah password yang Anda gunakan pada akun FTP yang ingin Anda ubah passwordnya.
  2. Masukan dan juga konfirmasi password yang terdapat pada kotak teks yang sudah disediakan.
  3. Klik pada ubah password atau change password.

 

  1. Change quota account FTP

Yang perlu Anda perhatikan adalah jika Anda menggunakan server proftpd FTP, maka Anda tidak bisa menggunakan kuota. Anda bisa menanyakan lebih lanjut kepada penyedia jasa hosting yang Anda gunakan. Agar dapat mengubah kuota account FTP, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik pada ubah kuota yang Anda tujukan pada account FTP yang ingin Anda ubah kuotanya.
  2. Masukan jumlah kuota disk space atau pilih terbatas.
  3. Klik pada ubah kuota.
  4. Hapus Account FTP

akun FTP

Agar dapat menghapus accpunt FTP, Anda bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Klik hapus pada account FTP yang akan Anda lakukan penghapusan
  2. Anda bisa klik pada pilihan penghapusan yang Anda inginkan: Hapus akun – lepaskan akun FTP saja, artinya adalah akan menghapus file yang memang mengandung home direktori sebuah akun ftp. Sedangkan hapus akun dan file, lepaskan akun FTP dan semua file yang mengandung direktori pada sebuah accpunt FTP. Yang perlu Anda perhatikan adalah ketika menggunakan opsi ini harus berhati-hati. Karena jika account FTP yang Anda hapus ternyata dapat mengakses direktori, maka direktori public_html Anda juga akan terhapus dan bisa merusak website Anda.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar di bawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.