Cek Website Terpercaya, Begini Caranya!
Blog Tips Keren Cek Website Terpercaya, Begini Caranya!

Cek Website Terpercaya, Begini Caranya!

Semakin berkembangnya dunia internet, tidak luput dari situs penipuan di Internet sehingga harus cek website terpercaya. Hal tersebut sudah pasti dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sering kali yang sering terjadi adalah adanya tindak penipuan pada toko online, lowongan pekerjaan dan juga beberapa aktivitas lain yang bisa memperoleh korban dalam jumlah yang banyak. Tentunya, hal tersebut membuat kita harus lebih hati-hati dan juga waspada. Berikut ini akan dibagi beberapa ciri-ciri website penipuan di internet agar kita lebih waspada.

Perhatikan Alamat Situs dan Nama Domain

Anda harus memperhatikan alamat domain website tersebut sebelum memutuskan untuk mengikuti sebuah promo yang diadakan. Atau bisa juga sebelum menyebarkan informasi yang tertera di website kepada orang lain. Seringkali pelaku penipuan online menggunakan cara yang lebih praktis dalam artian tidak mau keluar modal dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga website yang digunakan kebanyakan menggunakan domain gratisan seperti blooger ataupun wordpress. Banyak sekali website penipuan di internet yang menggunakan kedua domain tersebut. Namun, bukan berarti pelaku penipuan online tidak mempunyai domain yang berbayar. Ada yang menggunakan domain yang berbayar. Sehingga Anda harus benar-benar teliti jika akan melakukan transaksi online. Kesimpulannya, sebelum Anda melakukan transaksi online, pastikan terlebih dahulu bahwa website tersebut merupakan website official.

Cek Website Terpercaya dengan Melihat Tampilan dan Konten Website

Hal yang paling sering dilakukan oleh pemilik daftar website penipuan adalah menggunakan tampilan yang tidak mirip sampai dengan tampilan yang paling mirip. Tetapi, pada kebanyakan kasus sering kali tidak memiliki design yang sama. Sehingga Anda perlu berhati-hati dan juga harus tetap waspada jika menemui konten yang salah dengan website yang benar akan dituju. Sehingga, jika web yang akan dikunjungi terlihat lebih berantakan atau bisa jadi mempunyai tampilan yang sederhana atau biasa, sah-sah saja jika Anda mencurigai keaslian dari website tersebut. Selain itu, perhatikan konten pada website, pada website penipuan di internet seringkali mengandung call to action yang sifatnya lebih memaksa sehingga Anda akan sedikit lebih berpengaruh dan akhirnya menjadi seorang korban penipuan dari sebuah situs online.

cek website terpercaya

Cek Websiter Terpercaya Perhatikan Alamat Perusahaan

Hal krusial yang harus Anda perhatikan adalah harus mengetahui informasi penting pada suatu website. Yang harus dilakukan adalah melakukan checking secara teliti pada alamat perusahaan apakah sudah benar. Apabila Anda menemukan alamat yang berbeda, bisa jadi website yang sedang Anda buka merupakan halaman situs penipuan. Jika pada website tersebut menyertakan alamat, belum berarti website tersebut dapat dipercaya, sehingga Anda harus memastikan bahwa alamat tersebut adalah benar-benar alamat dari perusahaan atau pemilik website tersebut.

Perhatikan Seluruh Kontak dan Customer Servicenya

Contoh yang sering terjadi, misalnya di ATM selalu tertera bahwa customer service yang utama tidak ada yang lain selain yang tertera secara resmi. Anda harus memastikan terlebih dahulu nomor customer service ataupun contact person yang utama dari suatu perusahaan tersebut. Karena akan ada kondisi tertentu dimana Anda akan mengetahui bahwa kontak yang tertera adalah palsu. Ditambah lagi jika dilihat dari email yang digunakan, sudah menjadi keharusan jika perusahaan yang professional tentu mempunyai email khusus yang bisa dihubungi, dengan kata lain tidak menggunakan gmail atau domain email yang gratis.

Jika Anda kebetulan menemukan beberapa kecurigaan seperti diatas, tidak perlu ragu untuk melaporkan hal demikian tentu untuk menghindari jatuhnya korban yang lain. Dengan adanya kejahatan website penipuan di internet Anda tentu ingin mengetahui bagaimana cara memerika keabsahan dari suatu situs atau website bukan? ­karena sekarang ini internet sudah menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menemukan suatu barang atau bisa juga layanan yang ketersediaanya tidak ada di daerah Anda. Sehingga Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk memeriksa keabsahan dari suatu website.

  1. Cek Website Terpercaya dengan Segera hubungi kantor

Anda disarankan untuk segera menghubungi kantor dari situs yang sedang Anda buka, bisa melalui nomor telepon, alamat, ataupun surel yang memang tercantum dalam situs atau website tersebut agar dapat memastikan keabsahan website. Jika pesan Anda dijawab oleh pesan otomatis, Anda harus menemukan apakah nomor yang Anda hubungi tidak lagi aktif, atau bisa menjadi tidak ada orang yang menjawab ketika berada di jam kerja. Jika salah satu hal tersebut terjadi, maka situs tersebut merupakan situs penipuan.

cek website terpercaya

  1. Periksa dan Laporkan pada Google

Periksalah alamat situs yang sedang Anda buka. Periksa apakah sudah terverifikasi oleh Google atau belum. Sebagian besar situs atau website yang besar dan juga aman sudah terverifikasi dan bilah alamat akan tetap menampilkan lokasi dan juga peringkat keamanan dari situs tersebut. Anda juga dapat melaporkan situs tersebut melalui Google SafeBrowse. Nantinya Google akan memberikan laporan mengenai situs tersebut.

  1. Buka Whois Untuk Cek Website Terpercaya

Anda juga dapat mengujungi Whois yang terdapat pada bagian sumber artikel yang bisa digunakan untuk memeriksa kebenaran informasi dari perusahaan tersebut. Caranya adalah dengan memasukkan alamat website atau bisa memasukkan nama domain perusahaan yang terdapat pada kolom Lookup yang ada di situs Whois, kemudian klik Go. Anda bisa langsung membaca hasil dari Whois Lookup agar dapat mencocokkan semua informasi dengan informasi yang ada di website. Mulai dari negara, informasi kontak resmi, berapa lama waktu kepemilikkan situs dan juga asosiasi situs denagn suatu program atau bisa juga penghargaan tertentu.

  1. Periksalah keaslian Foto

Anda juga harus dapat memeriksa keaslian foto dan juga konten yang ada di situs tersebut, kemudian cocokkan dengan produk dan juga layanan yang ditawarkan. Biasanya situs yang asli akan menampilkan informasi secara lengkap. Atau menampilkan seluruh informasi terkait bisnis dan juga produk perusahaan. Konten juga asli atau dengan kata lain bukan merupakan konten hasil copy-paste.

cek website terpercaya

  1. Cek Website Terpercaya Periksa Alamat Situs

Anda juga harus memeriksa alamat website yang Anda kunjungi agar dapat memastikan apakah situs yang Anda buka tidak akan mengarahkan Anda ke situs yang lainnya. Dan Anda juga harus membaca bagaimana ketentuan dari penggunaan situs sebelum Anda memutuskan untuk memakai situs tersebut. Perlunya membaca ketentuan yang ada di situs juga agar Anda memahami aturan dan juga untuk memastikan jika aturan tersebut merupakan aturan yang masuk akal.

  1. Pastikan transaksi dilindungi oleh SSL

Anda juga harus memastikan bahwa transaksi yang nantinya Anda lakukan sudah dilindungi oleh Secure Sockets Layer (SSL). SSL ini nantinya akan berguna untuk melindungi seluruh informasi yang ada di kartu kredit dan juga informasi pribadi yang nantinya akan Anda masukan. Untuk melakukan cek website terpercaya bedakan saja pada https nya, jika hanya http website tersebut tidak dilindungi dengan SSL.

  1. Muncul di mesin pencarian

Anda juga dapat mencoba untuk melakukan checking pada mesin pencari. Agar dapat memastikan bahwa perusahaan tersebut merupakan yang terkemuka, maka akan muncul di kolom mesin pencari.

Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar dibawah. Dan jangan lupa untuk mensubscribe blog IDWebhost agar tidak ketinggalan info menarik lainnya.