Cek Website Terpercaya, Begini Caranya!

22 Apr 2020
Cek Website Terpercaya, Begini Caranya! campaign-unlimited

Semakin berkembangnya dunia internet, tidak luput dari situs penipuan di Internet sehingga harus cek website terpercaya. Hal tersebut sudah pasti dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sering kali yang sering terjadi adalah adanya tindak penipuan pada toko online, lowongan pekerjaan dan juga beberapa aktivitas lain yang bisa memperoleh korban dalam jumlah yang banyak.

Ciri-Ciri Website Penipuan di Internet

Tentunya, hal tersebut membuat kita harus lebih hati-hati dan waspada. Berikut adalah beberapa ciri-ciri website penipuan di internet agar kita lebih waspada.

Perhatikan Alamat Situs dan Nama Domain

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan alamat domain website tersebut sebelum memutuskan untuk mengikuti sebuah promo yang diadakan. Atau bisa juga sebelum menyebarkan informasi yang tertera di website kepada orang lain.

Seringkali pelaku penipuan di dunia maya menggunakan cara yang lebih praktis, artinya tidak mengeluarkan modal dalam jumlah yang banyak. Sehingga website yang digunakan kebanyakan menggunakan domain gratisan seperti Blogger ataupun WordPress.

Banyak sekali website penipuan di internet yang menggunakan kedua domain tersebut. Namun, bukan berarti pelaku penipuan online tidak mempunyai domain yang berbayar. Ada yang menggunakan domain yang berbayar. Sehingga kamu harus benar-benar teliti jika akan melakukan transaksi online. 

Cek Website Terpercaya dengan Melihat Tampilan dan Konten Website

Hal yang paling sering dilakukan oleh pemilik website penipuan adalah menggunakan tampilan yang tidak mirip sampai dengan tampilan yang paling mirip. Tetapi, pada kebanyakan kasus sering kali tidak memiliki design yang sama.

Sehingga kamu perlu berhati-hati dan juga harus tetap waspada jika menemui konten yang salah dengan website yang benar akan dituju. Sehingga, jika web yang dikunjungi terlihat lebih berantakan, sah-sah saja jika kamu mencurigai keaslian dari website tersebut.

Selain itu, perhatikan konten pada website. Website penipuan di internet seringkali mengandung call to action yang sifatnya lebih memaksa, sehingga pengguna akan sedikit terpengaruh dan akhirnya menjadi seorang korban.

cek website terpercaya

Cek Websiter Terpercaya Perhatikan Alamat Perusahaan

Hal krusial yang harus diperhatikan adalah harus mengetahui informasi penting pada suatu website. Yang harus dilakukan adalah melakukan checking secara teliti pada alamat perusahaan apakah sudah benar. Apabila kamu menemukan alamat yang berbeda, bisa jadi website yang sedang dibuka merupakan halaman situs penipuan.

Jika website tersebut menyertakan alamat, belum berarti website tersebut dapat dipercaya, sehingga kamu harus memastikan bahwa alamat tersebut adalah benar-benar alamat dari perusahaan atau pemilik website tersebut.

Perhatikan Seluruh Kontak dan Customer Servicenya

Perhatikan juga jika ada nomor kontak yang tertera di website. Karena akan ada kondisi tertentu dimana kamu akan mengetahui bahwa kontak yang tertera ternyata adalah palsu. Ditambah lagi jika dilihat dari email yang digunakan, sudah menjadi keharusan jika perusahaan yang profesional tentu mempunyai email khusus yang bisa dihubungi, dengan kata lain tidak menggunakan domain email yang gratis.

Jika kebetulan menemukan beberapa kecurigaan seperti diatas, tidak perlu ragu untuk melaporkan  untuk menghindari jatuhnya korban yang lain.

Cara Cek Website Terpercaya

Dengan adanya kejahatan website penipuan di internet, tentuingin mengetahui bagaimana cara memeriksa keabsahan dari suatu situs atau website bukan? ­Karena kini internet sudah menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menemukan suatu barang atau bisa juga layanan yang ketersediaanya tidak ada di daerah kamu.

Berikut cara cek website terpercaya: 

1. Cek Website Terpercaya dengan Segera hubungi kantor

Cara pertama adalah segera menghubungi kontak yang tertera. Jika pesan kamu dijawab oleh pesan otomatis, kamuharus menemukan apakah nomor yang dihubungi tidak lagi aktif, atau bisa menjadi tidak ada orang yang menjawab ketika berada di jam kerja. Jika salah satu hal tersebut terjadi, maka situs tersebut merupakan situs penipuan.

cek website terpercaya

2. Periksa dan Laporkan pada Google

Periksalah situs yang sedang dibuka. Periksa apakah sudah terverifikasi oleh Google atau belum. Sebagian besar situs atau website yang besar dan aman sudah terverifikasi. Bilah alamat akan tetap menampilkan lokasi dan juga peringkat keamanan dari situs tersebut.

Kamu juga dapat melaporkan situs tersebut melalui Google SafeBrowse. Nantinya Google akan memberikan laporan mengenai situs tersebut.

3. Buka Whois Untuk Cek Website Terpercaya

Langkah berikutnya adalah menggunakan Whois. Caranya adalah dengan memasukkan alamat website atau bisa memasukkan nama domain perusahaan yang terdapat pada kolom Lookup yang ada di situs Whois, kemudian klik Go. Kamu bisa langsung membaca hasil dari Whois Lookup agar dapat mencocokkan semua informasi dengan informasi yang ada di website. Mulai dari negara, informasi kontak resmi, berapa lama waktu kepemilikkan situs dan juga asosiasi situs denagn suatu program atau bisa juga penghargaan tertentu.

4. Periksalah keaslian Foto

Kamu juga harus dapat memeriksa keaslian foto dan juga konten yang ada di situs tersebut, kemudian cocokkan dengan produk dan juga layanan yang ditawarkan. Biasanya situs yang asli akan menampilkan informasi secara lengkap. Atau menampilkan seluruh informasi terkait bisnis dan juga produk perusahaan. Konten juga asli atau dengan kata lain bukan merupakan konten hasil copy-paste.

cek website terpercaya

5. Cek Website Terpercaya Periksa Alamat Situs

kamu juga harus memeriksa alamat website yang dikunjungi agar dapat memastikan apakah situs yang dibuka tidak akan mengarahkanmu ke situs yang lainnya. Dan kamu juga harus membaca bagaimana ketentuan dari penggunaan situs sebelum memutuskan untuk memakai situs tersebut.

Perlunya membaca ketentuan yang ada di situs juga agar kamu memahami aturan dan juga untuk memastikan jika aturan tersebut merupakan aturan yang masuk akal.

6. Pastikan sudah menggunakan SSL

Kamu juga harus memastikan bahwa transaksi yang nantinya dilakukan sudah dilindungi oleh Secure Sockets Layer (SSL). SSL berguna untuk melindungi seluruh informasi yang ada di kartu kredit dan juga informasi pribadi yang nantinya akan kamu masukan. Untuk melakukan cek website terpercaya bedakan saja pada https nya, jika hanya http artinya website tersebut tidak dilindungi dengan SSL.

7. Muncul di mesin pencarian

Kamu juga dapat mencoba untuk melakukan checking pada mesin pencari. Agar dapat memastikan bahwa perusahaan tersebut merupakan yang terkemuka, maka akan muncul di kolom mesin pencari.

Kesimpulan

Memiliki website itu banyak untungnya, lho, Sahabat IDwebhost. Tentunya, website yang kamu buat harus bebas dari unsur penipuan, ya!

Zaman sekarang bikin website juga gampang banget lho. Di IDwebhost, kamu bisa bikin website dengan mudah dan cepat, mau tahu caranya?

Penulis
Member since 2 Jul 2013