Inilah Langkah Penting Dalam Melakukan Cek Versi PHP
Blog Tips Keren Inilah Langkah Penting Dalam Melakukan Cek Versi PHP

Inilah Langkah Penting Dalam Melakukan Cek Versi PHP

Cara cek versi PhP adalah sebuah hal yang penting sebelum anda hendak mengupload script atau apapun website anda ke server hosting. Dalam hal ini, anda harus menentukan berapa parameter yang harus dipenuhi didalamnya. Misalnya adalah WordPress yang membutuhkan versi 5.2.4 dan lain sebagainya. Karena settingan yang akan anda konfigurasi tersebut juga bergantung pada versi dari PhP itu sendiri. Apabila ternyata tidak terbaru atau versi lama maka besar kemungkinan perubahan atau fitur konfigurasi yang anda edit tidak bisa berjalan dengan optimal. Anda sebetulnya tidak perlu melakukannya dengan ribet karena cara cek versi PhP ini sebetulnya akan bisa anda lakukan hanya dengan menggunakan file phpinfo.

Dalam tutorial cara cek versi PhP tersebut, anda akan bisaa melihat bahwa banyak sekali hal yang akan bisa anda peroleh didalamnya. Hal ini tentunya akan memberikan kepada anda dampak signifikan yang anda butuhkan tersebut ada didalamnya. Guna mendapatkan semua yang anda inginkan, sudah pasti hal tersebut akan bisa anda capai di dalamnya dari sekarang. Dengan memahami seluk beluk semuanya dengan baik, pastinya anda akan bisa mendapatkan hasil optimal dan juga lebih baik lagi yang ada didalamnya.

 

Cara Cek Versi PhP
idwebhost.com

 

Untuk bisa melakukan ini semua sudah pasti ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam akun hosting anda, antara lain adalah max execution time, memory limit, post max size, dan juga pengaturan lain yang akan bisa anda terapkan didalamnya. Hal tersebut sudah pasti akan memberikan kepada anda keuntungan itu sendiri saat anda memahami penggunaanya dengan baik.  Beberapa hal yang perlu anda persiapkan tentunya tidak begitu rumit. Anda hanya memerlukan akses menuju control panel anda atau akun FTP yang terdapat dari hosting yang anda gunakan itu sendiri.

Cara Cek Versi PhP Melalui File phpinfo.php

Cara cek versi PhP seperti yang dijelaskan di atas adalah bisa anda terapkan dengan menggunakan file phpinfo.php yang ada didalamnya. Dari sini anda akan bisa mendapatkan kemudahan untuk membuat file tersebut melalui File Manager itu sendiri. Dengan demikian, maka anda pun akan bisa mendapatkan semuanya dengan mudah. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan FTP Client. Tahapan yang bisa anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama, untuk tahap awal yang bisa anda lakukan adalah dengan masuk ke bagian Control Panel yang ada pada hosting anda. Dari sini kemudian anda bisa membuka menu File Manager yang ada didalamnya. Tak lupa bahwa anda juga bisa membuat file phpinfo.pho terlebih dahulu yang bisa anda lakukan pada direktori utama yang ada di website anda. Kemudian, langkah lanjutan yang bisa anda terapkan adalah dengan memilih public_html itu sendiri. Kemudiian jika sudah maka anda bisa memilih Add File. Kalau sudah, maka ubah nama file dengan menggunakan ekstensi .php. Contohnya jika namanya adalah phpinfo menjadi phpinfo.php. Jika sudah maka anda tinggal memilih opsi Create New File saja sudah tersedia didalamnya.

Proses Edit File phpinfo

Proses selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah edit file yang terdapat pada phpinfo yang ada didalamnya. Dalam hal ini anda sudah diasumsikan selesai membuat file bernama phpinfo.php yang anda kemudian letakan pada direktori public_html yang ada didalamnya. Jika sudah selesai¸maka anda bisa masuk ke tahapan selanjutnya yakni dengan memilih file phpinfo.php yang tersedia, kemudian tinggal memilih tombol edit saja untuk tahapan lebih lanjutnya didalamnya. Anda bisa menambahkan beberapa baris kode yang tersedia pada phpinfo itu sendiri guna mendapatkan manfaatnya yang signifikan tersebut.

 

Cara Cek Versi PhP
idwebhost.com

 

Setelah anda selesai menerapkan cara cek versi PhP tersebut, maka tahap berikutnya yang bisa anda lakukan adalah hanya copy dan paste saja kode yang tersedia didalamnya ke file phpinfo.php itu sendiri. Dari sini jika anda sudah bisa menerapkan semuanya maka yang perlu anda lakukan adalah dengan memilih tombol Save Changes yang ada didalamnya. Dengan penerapan tersebut, sudah pasti akan banyak manfaat yang bisa anda ciptakan didalamnya. Jadi anda tidak perlu bingung lagi dalam melakukan hal tersebut.

Ketika semua proses cara cek versi PhP sudah anda lakukan, maka anda tinggal menggunakan mengunggah file tersebut dengan memakai FTP Client yang ada didalamnya. Hal ini bisa anda lakuakan ke dalam folder Public_Html itu sendiri.

Cara Cek Versi PhP Via Browser

Tahap selanjutnya dalam proses cara cek versi PhP ini adalah melakukannya via browser. Dengan melakukannya via browser sudah pasti akan banyak yang bisa anda dapatkan. Apabila anda sudah mengikuti langkah tutorial tersebut, maka file phpinfo.php diasumsikan sudah masuk di file public html yang ada didalamnya. Hal ini menunjukan bahwa file tersebut sebenarnya bisa diakses di browser anda. Bagaimana caranya? Caranya adalah cukup menambahkan /phpinfo.php yang tersedia didalamnya setelah nama domain anda. Dengan cara tersebut, sudah pasti anda akan mampu mendapatkan semuanya dengan mudah dan signifikan.

Karena sejatinya file tersebut sudah terdapat pada public_html, maka yang bisa anda terapkan selanjutnya adalah dengan membuka aksesnya tersebut dengan signifikan. Nanti akan muncul tampilan dari cara cek versi PhP itu sendiri. Dimana anda akan bisa mendapatkan banyak informasi dengan detail mengenai PhP yang ada di akun hosting anda. Silahkan juga melakukan pengaturan tambahan lainnya yang akan bisaa anda atur sendiri dengan mudah. Untuk bisa menemukan pengaturan yang tepat dan sesuai dengan yang anda cari, maka tahap berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memasukan tombol CTRL + F yang ada didalamnya guna mendapatkan akses yang mudah dan anda inginkan itu sendiri.

 

Cara Cek Versi PhP
idwebhost.com

 

Baca Juga: Panduan Migrasi Blogger ke WordPress Tanpa Kehilangan Google Ranking

Inilah cara cek versi PhP yang bisa anda terapkan agar bisa mendapatkan semuanya dengan mudah dan pasti. Pada dasarnya, hal ini memang tidak sukar dilakukan. Hal ini jelas akan memudahkan anda mengetahui versi dari PhP itu sendiri yang akan bisa anda pergunakan didalamnya dengan mudah dan signifikan jelas didalamnya. Hal tersebut akan memberikan kepada anda lebih banyak manfaat yang jelas dan pasti tersebut. Karena pada dasarnya anda pun akan bisa melakukan semua hal dengan mudah.

Kesimpulan

Dalam cara cek versi PhP ini, anda akan menemukan bahwa semua proses dan penerapannya akan bisa anda lakukaan dengan mudah. Dari sini anda akan mampu mendapatkan semua yang anda butuhkan tersebut. Pada akhirnya memang tidak ada yang perlu anda bingungkan lagi didalamnya. Anda akan mampu dan bisa mencapai itu semua dengan mudah dan signifikan. Pada kenyataanya memang akan lebih mudah dalam melakukan semuanya dari sekarang. Inilah yang pasti akan bisa memberikan kepada anda berbagai keuntungan dan juga kepuasan itu sendiri yang akan bisa bebas anda peroleh.  Anda bisa menerapkannya sekarang juga.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.