Tool Cek Plagiarisme Artikel Terbaik, Akurat dan Mudah

Tool Cek Plagiarisme Artikel Terbaik, Akurat dan Mudah

Artikel adalah salah satu senjata ampuh untuk menaikkan traffic website Anda. Membuat berbagai konten artikel menarik dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dapat membuat artikel Anda menempati peringkat pertama dalam SERP. Meski begitu, ternyata sebuah konten semenarik apapun, akan sulit naik peringkat pertama apabila mengandung plagiarisme. Oleh karena itu, penting sekali melakukan cek plagiarisme secara online terhadap artikel Anda.

Banyak sekali tool ataupun website untuk melakukan pengecekan plagiarisme. Anda bahkan bisa menemukannya dengan mudah hanya dengan mengetikkan “cek plagiarisme” pada mesin pencari. Tetapi, beberapa tool atau website ada yang berbayar dan ada juga yang sedikit rumit penggunaannya. Bahkan, ada website cek plagiarisme online yang hasilnya kurang akurat. Untuk itu, IDwebhost akan memberikan rekomendasi tool cek plagiarisme online terbaik.

Apakah Cek Plagiarisme Online Itu Penting?

Sebelum masuk pada rekomendasi berbagai tool serta website yang menyediakan cek plagiarisme online, Anda harus mengetahui dulu pentingnya pengecekkan ini. Plagiarisme berasal dari kata plagiat yang artinya menjiplak karya orang lain menjadi karya milik sendiri. Salah satu karya tulis yang juga tidak boleh ada plagiarisme adalah artikel SEO untuk website. Bahkan, beberapa perusahaan mengharuskan persentase tidak ada plagiarisme berada di atas 98%.

Artinya, perusahaan hanya memperbolehkan satu hingga dua kalimat saja yang mirip dengan artikel lainnya. Mengapa demikian? Karena hal ini berpengaruh terhadap peringkat website di Google SERP. Salah satu cara agar Anda dapat menerapkan SEO dengan baik adalah membuat karya yang orisinil atau asli. Artinya, Anda membuat dengan gaya bahasa Anda sendiri bukan hasil dari automatically generated content yang mana penulisan ulang oleh robot.

Oleh karena itu, Google kemudian membuat ketentuan mengenai hal ini. Apabila konten artikel merupakan hasil dari plagiarisme, maka artikel tersebut tidak akan terdeteksi dalam indeks Google. Sehingga, meskipun Anda telah menerapkan kaidah SEO dalam artikel, apabila ada plagiarisme yang tinggi maka artikel Anda tidak akan naik pada peringkat pertama Google SERP. Jadi, sebaiknya perhatikan keorisinilan dari setiap konten artikel Anda agar menempati peringkat pertama Google SERP.

Apa itu Tool Cek Plagiarisme Artikel

Tool Cek Plagiarisme Online Terbaik

Dalam membuat artikel, Anda pasti mendapatkan beberapa informasi atau referensi materi dari artikel atau jurnal lain yang dipublikasikan secara online. Terkadang, tanpa Anda sadari beberapa kalimat dari artikel Anda mirip dengan artikel lainnya. Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa terdapat plagiasi dalam konten Anda? Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan beberapa rekomendasi tool atau website cek plagiarisme online terbaik berikut ini.

  1. Small SEO Tools

Tool pertama untuk melakukan cek plagiarisme secara online adalah Small SEO Tools. Tool yang satu ini merupakan salah satu alat cek plagiarisme online terpopuler. Anda dapat menggunakan tool cek plagiarisme online ini secara gratis maupun berbayar. Untuk pengecekkan gratis, Anda hanya dapat melakukan cek plagiarisme hingga 1000 kata saja. Akan tetapi, Anda dapat melakukan cek plagiarisme secara online hingga 30.000 kata dengan menggunakan akun pro berbayar.

Jenis file dokumen yang ingin di cek juga cukup beragam, mulai dari tex, txt, hingga rtf dapat Anda unggah ke tool ini. Selain dari situs, bagi Anda pengguna WordPress juga dapat menggunakan tool ini sebagai plugin. Cukup install plugin Small SEO Tools di WordPress, Anda sudah bisa melakukan cek plagiarisme secara online. Selain cek plagiarisme, Small SEO Tools juga menyediakan beberapa fitur seperti paraphrasing, grammar check, SEO checker, dan lainnya.

 

Cek Plagiarisme Artikel Copyscape

Cek Plagiarisme Artikel Small SEO Tools Plagiarism Checker

  1. Grammarly

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan tool Grammarly untuk cek plagiarisme online. Sebetulnya, Grammarly adalah alat yang populer untuk pengecekan tata bahasa atau grammar bahasa Inggris. Tetapi, ternyata tool ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan cek plagiarisme secara online dan pastinya gratis. Caranya juga cukup mudah sama seperti situs atau tool cek plagiarisme online lainnya. Cukup unggah atau copy-paste dokumen Anda pada box yang tersedia.

Grammarly juga dapat Anda install di PC Anda untuk mendeteksi lebih dari 7000 halaman situs di internet. Selain itu, Anda juga dapat melakukan cek plagiarisme secara online di Microsoft Word menggunakan Grammarly Premium yang tentunya berbayar. Dengan berlangganan premium, Anda bisa melakukan pengecekan plagiarisme tanpa copy-paste dokumen. Selain itu, banyak juga fitur yang tersedia seperti get expert writing help.

  1. Check Plagiarism

Tool cek plagiarisme online selanjutnya yang dapat Anda gunakan secara gratis adalah Check Plagiarism. Jika tools sebelumnya memiliki batasan kata untuk penggunaan gratis, berbeda dengan tool yang satu ini. Anda dapat melakukan pengecekan plagiarisme secara gratis tanpa ada batas jumlah kata. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Anda tinggal copy-paste dokumen yang akan dicek atau memilih dokumen dari folder yang ada.

Check Plagiarism ini cukup populer di kalangan para penulis seperti mahasiswa, guru, dosen, dan para content writer. Selain cek plagiarisme online, Anda juga dapat memanfaatkan fitur lainnya dalam situs ini seperti paraphrase dan cek grammar. Apabila Anda ingin melakukan pengecekkan terhadap satu konten Anda yang telah diunggah, Anda cukup memasukkan alamat URL dari konten tersebut.

Cek Plagiarisme Artikel Quetext

  1. Cek Plagiarisme Online Dupli Checker

Situs keempat yang dapat Anda jadikan tool cek plagiarisme online adalah Dupli Checker. Di kalangan content writer, situs ini cukup populer. Terkadang, beberapa tool cek plagiarisme tidak begitu akurat dalam mendeteksi adanya plagiasi. Malah beberapa kalimat yang tidak sama bisa terdeteksi sebagai sebuah plagiasi. Akan tetapi, permasalahan tersebut dapat teratasi dengan tool gratis ini.

Anda dapat mengaksesnya dengan mudah melalui situs Dupli Checker. Cukup unggah file atau copy-paste dokumen yang ingin Anda cek dengan batas 1000 kata. Jika Anda ingin melakukan pengecekkan lebih dari 1000 kata, Anda dapat membagi dua tulisan tersebut. Atau Anda dapat menggunakan akun berbayar dari Dupli Checker. Selain cek plagiarisme, Dupli Checker juga memiliki fitur lainnya seperti backlink checker dan keyword position checker.

Plagium

  1. Copy Scape

Situs lainnya yang dapat Anda gunakan untuk melakukan cek plagiarisme adalah Copy Scape. Berbeda dengan tool atau website cek plagiarisme online lainnya yang hanya mengecek satu dokumen saja. Copy Scape dapat membantu Anda untuk melakukan pengecekan terhadap semua konten yang ada dalam website Anda. Cukup masukkan alamat URL dari website lalu lakukan pengecekkan dalam satu waktu.

Nantinya, Copy Scape akan menampilkan hasil dari pengecekkan berupa konten yang terdeteksi mengandung plagiasi dengan link website yang memiliki kesamaan. Anda dapat menggunakan Copy Scape secara gratis. Nah, jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak hasil dan fitur lagi, Anda dapat menggunakan akun Copy Scape premium yang tentunya berbayar.

Dustball

Cara Menghindari Plagiarisme

Meskipun terdapat alat untuk cek plagiarisme secara online dan gratis, Anda tetap harus mengurangi kemungkinan tulisan Anda terkena plagiarisme. Tetapi, bagaimana caranya? Caranya sendiri cukup mudah, yaitu tulislah dengan tulisan Anda sendiri. Gunakan tool cek plagiarisme online hanya untuk memastikan bahwa semuanya sudah terhindar dari plagiasi. Nah, agar Anda lebih memahami simak beberapa cara yang dapat Anda lakukan berikut ini.

  1. Parafrase

Cara pertama yang paling ampuh adalah dengan melakukan parafrase. Apa itu parafrase? Parafrase adalah mengganti kata-kata dalam sebuah kalimat menjadi sinonimnya. Misalnya, untuk kalimat pengertian yang menggunakan kata “adalah” bisa Anda ganti dengan “merupakan” atau “yaitu”. Dengan mengganti kata-kata tersebut menjadi sinonim dapat menghindari tulisan Anda terkena plagiasi.

Jika ingin lebih aman lagi, Anda dapat menuliskan ulang keseluruhan isi tersebut menggunakan gaya bahasa Anda sendiri. Cukup ambil inti dari penjelasan tersebut setelah itu ketiklah dengan gaya bahasa Anda sendiri tanpa terpaku dengan referensi tersebut. Jika sudah seperti ini, maka kecil kemungkinan tulisan Anda terkena plagiasi karena tidak semua orang memiliki gaya bahasa yang sama.

Cek Plagiarisme Artikel Duplichecker

  1. Kutipan

Terkadang, saat menulis sebuah artikel terdapat beberapa hal yang sulit untuk Anda lakukan parafrase. Kalimat seperti pasal dalam perundang-undangan akan sulit untuk Anda ganti kata-katanya karena tetap akan terdeteksi sama dengan beberapa sumber lainnya. Nah, untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengganti kalimat tersebut menjadi kutipan langsung.

Jika sudah menerapkan kutipan langsung jangan lupa gunakan tanda kutipan dan sertakan juga sumbernya. Penggunaan tanda kutip juga dapat membuat kalimat terlihat berbeda dengan kalimat yang serupa. Mengapa demikian? Karena alat pendeteksi plagiarisme dan juga Google membaca kalimat tersebut sebagai kalimat yang unik dan berbeda karena ada tanda petik.

Plagiarism Detector

Kesimpulan

Bila Anda ingin membuat konten artikel Anda naik ke peringkat pertama di Google SERP, maka pastikan terlebih dahulu bahwa artikel tersebut 100% orisinil buatan Anda. Agar Anda terhindar dari isu plagiarisme, Anda dapat melakukan cek plagiarisme online secara gratis.

Banyak tool atau situs yang dapat Anda gunakan untuk melakukan cek plagiarisme secara gratis. Bahkan, Anda bisa melakukan pengecekkan untuk satu website Anda secara sekaligus melalui tool.

Tetapi, pastikan dulu tulisan Anda tidak terkena plagiasi dengan cara yang telah dipaparkan di atas. Jika sudah, barulah lakukan cek plagiarisme menggunakan tool untuk memastikan bahwa artikel Anda sudah terhindar dari masalah plagiasi.

Selain artikel yang orisinil, pastikan juga website Anda sudah bagus dengan membeli domain murah di IDwebhost. Anda juga dapat mengoptimalkan website bisnis Anda dengan bantuan hosting murah di IDwebhost.

 

 

Severina Ratih

Member since 24 Jan 2022