Blog Catatan Kaki Blog Lokal vs Blog Luar

Blog Lokal vs Blog Luar

Beberapa lalu saya cukup berbangga dengan adanya beberapa blog provider lokal yang bermunculan, seperti blogdetik.com, dagdigdug.com, dan beberapa provider yang lebih kecil lainnya. Meskipun sudah sangat terlambat, namun ini memberikan harapan bahwa industri internet lokal masih bisa berkembang.

Kenyataannya jauh dari harapan.

Saat blogdetik dan dagdigdug semangat 45 untuk meraup komunitas lokal sebesar mungkin, arah trend mulai berubah drastis. Sekarang, para blogger sudah mulai beralih ke twitter dan facebook. Mereka mulai merasa lebih enjoy dengan lebih sering kontak menggunakan media sosial yang jauh lebih interaktif dibanding blog.

Statistik wordpress.com dan blogger.com menunjukkan penurunan visitor secara signifikan ditahun 2009. Sedangkan sebaliknya, facebook.com menunjukkan trend meningkat yang jauh lebih tajam.

Saya patut menduga fenomena ini kurang diantisipasi oleh para pemain lokal kita, termasuk saya sendiri yang geleng-geleng dengan mulai ambruknya blog. Sebelumnya tak pernah terpikir, blog akan tergerus seperti ini.