Tips Cerdas Sebelum Melakukan Upgrade Hosting

Tips Cerdas Sebelum Melakukan Upgrade Hosting campaign-unlimited

Upgrade hosting menjadi sebuah alternatif sekaligus solusi yang merasa bahwa paket hosting yang dipilih saat ini kurang maksimal. Kamu butuh paket hosting IDWEBHOSTcom yang lebih andal dan lengkap fiturnya. Dengan cara tersebut, sudah pasti kamu akan bisa mendapatkan hasil maksimal juga terkait website yang di miliki. Tentu saja kendala semacam ini adalah yang lumrah terjadi.

Terlebih lagi jika masih awam dalam hal pemilihan hosting. Kamu yang memilih paket biasa, lalu menggunakannya untuk membuat website dengan fitur lebih tentu akan cenderung mengalami kendala.

Untuk bisa menciptakan sebuah web yang responsif dan optimal secara penuh, kamu butuh upgrade hosting ke yang lebih baik. Namun, sebelum melakukan peningkatan tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan di bawah ini.

Tips #1: Tentukan Bandwidth yang Dibutuhkan

Upgrade hosting menjadi sebuah alternatif sekaligus solusi bagi anda yang merasa bahwa paket hosting yang dipilih saat ini kurang maksimal. Anda butuh paket hosting
idwebhost

Bandwidth yang tepat akan memberikan kemudahan bagimu menciptakan website dengan fitur yang lebih mudah. Hal ini jelas karena beberapa paket hanya menyediakan bandwidth yang sedikit saja. Jika kamu mempunyai bandwidth yang lebih besar, websitemu lebih lebih maksimal.

Bandwidth juga bisa membantu websitemu agar tidak gampang error atau. Kendala dalam hal bandwidth yang sedikit ini banyak dirasakan oleh pengguna jasa hosting. Kalau kamu hanya membuat website yang biasa saja untuk posting konten harian tidak masalah.

Tapi jika website tersebut punya skala lebih besar dan juga sering terjadi interaksi antara visitor dan pemilik web, sudah pasti butuh spesifikasi yang lebih andal dan optimal ada didalamnya.

Tips #2: Cek Berapa Domain yang Bisa Didapat

Upgrade hosting juga mengacu pada berapa domain yang nantinya bisa kamu buat setelah peningkatan dilakukan. Mungkin di paket sebelumnya yang basic/standard, kamu hanya mendapatkan 1 domain saja. Saat akan upgrade, cek juga apakah kamu mendapatkan keuntungan ini.

Kalau ada domain tambahan jenis apa yang akan bisa kamu pakai? Apakah subdomain, atau domain tipe lainnya? Jika kamu berencana untuk membuat domain baru bagi situs yang kamu miliki. Sudah pasti kamu harus memperhatikan fitur yang satu ini.

Tips #3: Cek Status Database Upgrade Hosting

Upgrade hosting menjadi sebuah alternatif sekaligus solusi bagi anda yang merasa bahwa paket hosting yang dipilih saat ini kurang maksimal. Anda butuh paket hosting
idwebhost

Database ada banyak pilihannya. Jika kamu ingin upgrade hosting maka cek apakah status database-nya unlimited atau tidak. Kalau sudah unlimited itu bagus. Pasalnya, jika databasenya unlimited, kamu pun akan lebih mudah dalam membangun website.

Fungsi dari database hosting adalah menyediakan infrastruktur dan teknologi untuk menyimpan, mengelola, dan mengakses data secara online dengan fitur-fitur yang dapat membantu pengguna dalam pengelolaan, keamanan, dan skalabilitas database.

Database hosting menyediakan fitur untuk mengelola database, seperti membuat, menghapus, atau memodifikasi tabel, mengatur akses pengguna, mengelola indeks, melakukan backup dan restore data, serta mengelola kinerja database untuk memastikan performa yang optimal.

Tips #4: Cek Status SSL dan Migrasi

SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi yang digunakan untuk mengamankan komunikasi data antara server dan klien di internet. SSL mengenkripsi data yang dikirim antara server dan klien, sehingga data yang dikirimkan menjadi terenkripsi dan sulit diakses atau dipahami oleh pihak yang tidak berwenang. Hal ini membantu melindungi kerahasiaan dan integritas data, serta mencegah peretasan atau pemalsuan data selama proses pengiriman.

Untuk itu, pastikan SSL sudah aktif ketika proses migrasi selesai. Biasanya, situs web yang menggunakan SSL akan menampilkan tanda gembok di bilah alamat atau di bagian bawah layar. Klik pada tanda gembok untuk melihat informasi tentang sertifikat SSL yang digunakan oleh situs web.

Tips #5: Pastikan Ada Auto Weekly Backup dan Instan Backup

Jangan sampai melupakan fitur backup dalam upgrade hosting yang kamu lakukan. Pasalnya, pada saat anda melakukan backup, anda akan bisa menyelamatkan data-data yang ada di web. Ada kalanya terjadi masalah pada server sehingga berakibat pada rusaknya website tersebut.

Tanpa adanya fitur backup, bisa dipastikan data yang sudah anda buat selama ini akan hilang. Karena itu anda wajib memanfaatkan fitur pencadangan tersebut. Hal ini juga akan meminimalisir hilangnya data yang anda buat tersebut. Dengan kata lain, instant backup adalah sebuah hal terpenting yang tak boleh anda lewatkan sedikit pun. Pasalnya, ini akan menentukan kelangsungan dari website anda dan mencegah hal-hal tak diinginkan.

Tips #6: Usahakan Pilih Yang Menyediakan Fitur Google Index

Upgrade hosting menjadi sebuah alternatif sekaligus solusi bagi anda yang merasa bahwa paket hosting yang dipilih saat ini kurang maksimal. Anda butuh paket hosting
idwebhost

Upgrade hosting juga harus anda pertimbangkan dari segi ketersediaan Google Index. Dengan adanya fitur ini maka situs yang dibuat akan lebih mudah terindex oleh Google. Disini anda tak hanya berfokus pada SEO saja, tapi bagaimana caranya agar situs anda bisa masuk di mesin pencari. Penggunaan kata kunci tertentu dan juga fitur hosting yang tersedia juga wajib dipertimbangkan.

Tentunya sangatlah bagus jika sudah ada fitur Google Index pada paket hosting domain yang anda gunakan. Dengan cara demikian, maka anda pun akan mampu membuat sebuah situs terbaik yang tepat dan bisa anda pergunakan dengan mudahnya.

Tips #7: Cek Kecepatan Server dan Tingkat Stabilitas

Sudah pasti dalam upgrade hosting unlimited ini anda juga harus mengecek tingkat kecepatan server yang ada didalamnya. Kecepatan server juga wajib anda pilih dengan baik. Jangan sampai anda salah dalam memilih kecepatan server yang tersedia tersebut.

Hal ini jelas akan memberikan keuntungan kepada anda dengan lebih baik lagi. Pasalnya server yang cepat juga akan membuat situs anda lebih responsif saat dikonfigurasi ataupun pada saat dibuka, baik itu lewat smartphone atau laptop/PC. Anda juga harus mengecek apakah servernya stabil atau tidak saat digunakan. Server yang stabil adalah yang jarang error atau bermasalah. Jadi anda bisa mengakses semuanya dengan lebih mudah dan pasti tanpa kendala lagi.

Baca Juga: Keunggulan Domain .ID Yang Tidak Anda Temukan Pada Domain Lain

Penerapan upgrade hosting yang sesuai dengan rencana akan bisa memudahkan anda melakukan beragam aktivitas yang diinginkan. Di sisi lain, hal tersebut juga bisa memudahkan anda untuk menciptakan website terbaik yang sesuai kebutuhan dan bisa diakses secara tepat kapan saja anda mau. Memiliki website yang optimal dan terbaik saat diakses bisa mendatangkan keuntungan tersendiri. Jadi anda bisa merasakan kenyamanan yang lebih baik usai melakukan upgrade tersebut.

Hal tersebut pastinya juga akan memberikan kepuasan tersendiri yang anda inginkan. Anda juga bisa lebih selektif dalam memilih paket domain hoting apa yang sekiranya akan anda pilih saat ini. Hal ini tentu bertujuan supaya anda tidak salah pilih dan menentukan tujuan anda untuk jangka panjang nantinya.

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019