Cara Untuk Membatasi Pengunjung Situs Dari Luar Negeri
Blog Tips Keren Cara Untuk Membatasi Pengunjung Situs Dari Luar Negeri

Cara Untuk Membatasi Pengunjung Situs Dari Luar Negeri

Cara untuk membatasi pengunjung situs dari luar negeri banyak diterapkan mengingat teknologi dunia maya yang semakin canggih saat ini memungkinkan siapa saja untuk bisa mengakses informasi lintas negara. Hal ini tentu saja pada penerapannya akan sangat signifikan pentingnya. Bagi anda yang menginginkan layanan domain hosting terbaik, silahkan mencoba IDwebhost.com.

Dengan pemahaman yang tepat terkait cara untuk membatasi pengunjung situs dari luar negeri tersebut maka akan lebih memudahkan anda untuk memberikan batasan yang diperlukan di dalamnya itu sendiri. Dengan demikian, maka kaan lebih banyak lagi penerapan yang bisa anda capai dan terapkan di dalamnya. Supaya lebih jelas, berikut adalah langkah yang bisa anda lakukan:

1. Buka File .htaccess Melalui Public_Html atau File Manager cPanel

Dalam tahapan pertama cara untuk membatasi pengunjung situs dari luar negeri ini, yang harus anda lakukan adalah dengan membuka File .htaccess yang ada di dalamnya terlebih dahulu. Ini akan bisa anda lakukan dan terapkan dengan memanfaatkan public_html yang ada di dalamnya. Anda pun juga bisa menggunakan File Manager cPanel untuk memahami tahapan selanjutnya apa asja yang perlu dilakukan di dalamnya.

2. Siapkan IP Negara Tertentu Yang Ingin Anda Limit Atau Batasi Blokirnya

Cara Untuk Membatasi Pengunjung Situs Dari Luar Negeri
idwebhost.com

Kemudian, dalam langkah kedua adalah dengan menyiapkan IP negara dari mana saja yang hendak dibatasi Limit aksesnya. Dari sinilah anda membutuhkan data signifikan yang mungkin saja jumlahnya juga akan cukup banyak di dalamnya. Hal inilah yang juga perlu anda amati dan terapkan semuanya dengan tepat dan baik itu sendiri. Sehingga untuk jangka panjang akan lebih banyak lagi manfaat yang bisa dicapai di dalamnya.

3. Gunakan Kode Deny From …….. (IP Address)

Dalam penerapan selanjutnya cara untuk membatasi pengunjung situs dari luar negeri yang perlu anda lakukan adalah dengan memakai kode Deny From yang ada di dalamnya. Deny From ini kemudian bisa anda tambahkan dengan IP Address yang ada di dalamnya. Inilah yang kemudian akan mampu memberikan kepada anda berbagai macam kemudahan dan keuntungan yang anda butuhkan itu sendiri. Dalam tahapan yang lebih lanjut, tentu saja semuanya itu akan mampu menghadirkan kepada anda manfaat lebih banyak lagi di dalamnya. IP Address adalah poin terpenting dalam hal ini.

3. Beri Kode </LIMIT> Di Bagian Akhirnya

Pada penerapan selanjutnya, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan kode Limit pada bagian akhir itu sendiri. Di sinilah semuanya itu akan mampu menghadirkan kepada anda semuanya yang anda butuhkan di dalamnya dengan cara yang tep;at dan baik itu sendiri. Semuanya akan mampu menghadirkan kepada anda hasil yang tepat dan dibutuyhkan di dalamnya. Jadi letakan semua IP Address yang sudah anda siapkan di atas, kemudian berikan kode Limit pada bagian akhirnya.

4. Jika Ingin Mengizinkan Kembali Rubah Aturan Kodenya Dengan Kode Allow From

Cara Untuk Membatasi Pengunjung Situs Dari Luar Negeri
idwebhost.com

Dalam beberapa kasus, mungkin anda berpikir untuk mencoba mengubah aturan kode yang ada di dalamnya. Perubahan tersebut bisa anda coba lakukan dan terapkan dengan cara menggunakan kode Allow yang terdapat di dalamnya. Dari sinilah semua itu akan bisa anda lakukan dan terapkan dengan mudah di dalamnya dengan menggunakan yang anda inginkan itu sendiri.

5. Beri Pula Kode </LIMIT> Di Bagian Akhir

Sama dengan penerapan kode sebelumnya untuk cara untuk membatasi pengunjung situs dari luar negeri. Dimana di sini yang perlu anda lakukan adalah dengan member pula kode Limit pada bagian akhir yang ada di dalamnya. Dengan cara tersebut, maka anda pun akan mampu mendapatkan dan memperoleh kode yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Semuanya itu pastinya akan mampu menghadirkan kepada anda pilihan tepat di dalamnya.

6. Alternatif Lainnya Gunakan situs Country IP Blocks

Selain menggunakan metode yang dijelaskan di atas, anda juga bisa mencoba penerapan langkah selanjutnya, yaitu dengan memanfaatkan situs Country IP Blocks yang terdapat di dalamnya. Dari sinilah semua yang anda butuhkan tersebut akan mampu anda capai dengan lebih baik lagi. Situs ini akan memberikan anda hasil secara instan.

7. Pilih Negara Yang Ingin Diblokir Lalu Pilih .htaccess Deny à Create ACL

Cara Untuk Membatasi Pengunjung Situs Dari Luar Negeri
idwebhost.com

Untuik tahapan selanjutnya, yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih negara mana saja yang hendak atau ingin anda blokir. Lalu pada langkah selanjutnya, yang harus anda lakukan adalah dengan memilih pada bagian .htaccess Deny yang terdapat di dalamnya. Jika sudah maka langkah berikutnya yang bisa anda coba terapkan adalah dengan menerapkan Create ACL yang ada di dalamnya. Di sinilah semuanya akan mampu dan berpotensi anda dapatkan dengan baik.

8. Salin File IP Yang Didapatkan Ke File .htaccess Anda

Setelah selesai menggunakan cara di atas, maka dalam tahapan yang satu ini, hal terbaik yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan memilih File .htaccess yang anda miliki dan inginkan di dalamnya. Smeuanya itu pastinya akan mampu dan bisa anda terapkan dengan gampang.

Catatan Penting

Ada beberapa catatan penting yang juga perlu anda ketahui dan lakukan pada saat memanfaatkan cara untuk membatasi pengunjung situs dari luar negeri tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda pahami dalam penerapan yang ada di dalamnya itu sendiri. Pastikan bahwa anda melakukannya dengan tepat:

Tidak Sepenuhnya Efektif

Pada penerapannya, cara ini tidak sepenuhnya akan efektif untuk digunakan. Yang jelas, ada beberapa tahapan lainnya yang juga perlu anda pahami itu sendiri. Pastikan bahwa semuanya benar-benar mampu anda terapkan dan pahami dengan baik.

Dengan kata lain, efektivitas dari hal ini tidak lantas 100 persen sebagaimana yang anda bayangkan di dalamnya. Semuanya harus benar-benar sesuai dan dipastikan dengan cara yang anda inginkan itu sendiri. Dengan pemahaman mengenai hal ini, sudah pasti tidak ada lagi yang perlu anda cemaskan dalam langkah yang ada di dalamnya tersebut.

Perbarui Daftar Blok Untuk Meningkatkan Akurasi

Penerapan tambahan lainnya yang perlu anda ketahui dalam hal ini adalah bagaimana anda memperbarui daftar block untuk meningkatkan akurasi yang ada di dalamnya dengan mudah dan signifikan tersebut. Pastinya untuk melakukan itu semua tidak sesusah yang anda bayangkan di dalamnya. Tapi dalam hal ini, prosesnya benar-benar harus diterapkan karena bisa jadi IP telah berubah dan anda mungkin tidak sempat melakukannya.

Penutup

Kini anda sudah tahu dan paham hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam cara untuk membatasi pengunjung situs dari luar negeri tersebut. Dengan memahami semua proses dan prosedur yang ada, maka sudah pasti anda akan mampu mendapatkan solusi yang anda butuhkan di dalamnya dengan cara yang tepat dan terbaik. Ini juga yang akan membuat anda mendapatkan semuanya yang anda butuhkan tersebut dengan baik dan jelas. Dalam tahapan lebih lanjut, ini adalah sebuah langkah yang tepat dan terbaik itu sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Sitemap Di WordPress Dengan Mudah

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.