Begini Cara Mengubah Tema WordPress Yang Benar
Blog Tips Keren

Begini Cara Mengubah Tema WordPress Yang Benar

Salah satu keuntungan terbesar menggunakan WordPress adalah mampu mengubah tampilan situs web Anda dengan cepat dan mudah. Apakah Anda mencoba mencari cara untuk mengubah tema WordPress? Sama halnya ketika membuat website baru, Anda pastinya harus memilih tema mana yang sesuai. Proses untuk berpindah tema WordPress cukup sederhana tetapi ada beberapa langkah tambahan yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa proses berjalan dengan lancar. Dalam posting kali ini, kami akan membahas cara mengubah tema WordPress Anda.

Apa Yang Terjadi Ketika Anda Mengganti Tema?

Sebelum kita masuk ke cara mengubah tema WordPress, penting untuk dibahas apakah yang terjadi pada konten ketika WordPress kita diubah temanya? Sebagian besar elemen situs reguler Anda tidak akan terpengaruh oleh perubahan tema. Artinya, di luar gaya baru yang mungkin mereka dapatkan dari tema baru, tidak ada yang akan berubah dengan:

  • Posting dan halaman Anda tidak akan berubah.
  • Pengaturan WordPress inti tetap sama. Misalnya, jika Anda menggunakan beranda statis, itu akan tetap sama bahkan setelah Anda mengganti tema WordPress.
  • Plugin apa pun yang Anda gunakan selama tidak terikat dengan tema yang saat ini digunakan, plugin akan tetap berfungsi secara normal.
  • Informasi situs dasar seperti nama situs dan deskripsi akan tetap sama.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengganti Tema

Melakukan Backup!!

Sebagai tindakan pencegahan, Anda harus mencadangkan semua file seperti file tema, plugin dan basis data. Anda tidak bisa memprediksi apakah tema yang baru mengandung file yang bisa saja menghapus semua file penting tersebut.

Buat Catatan Tema Yang Akan Digunakan

Banyak dari pengguna WordPress menjelajahi web untuk mencari solusi atas masalah mereka. Seringkali mereka menemukan solusi dalam bentuk potongan yang mereka tambahkan secara manual dalam file function.php atau lainnya. Agar tidak lupa buatlah catatan mengenai kode tambahan apa saja yang telah Anda buat.

Berhati-hatilah Dengan Sidebars

Anda harus memastikan bahwa tema baru siap untuk widget. Salah satu widget yang sering kali pengguna gunakan adalah widget sidebar. Ada banyak yang bisa dilakukan seperti menambahkan teks khusus , gambar, tautan, iklan dan widget lainnya. Jadi pastikan tema baru bisa menerima widget, jika tidak Anda akan kehilangan semua widget Anda.

CSS Khusus

Area CSS tambahan dari penyesuai dapat berguna untuk menyesuaikan beberapa elemen dalam tema. Seperti bagian lain dari penyesuai, perubahan yang Anda buat khusus untuk tema aktif. Jadi, jika Anda telah menambahkan cuplikan untuk mengubah plugin atau fitur lain yang Anda inginkan untuk aktif di tema baru, Anda harus memastikan bahwa Anda menyalinnya ke lokasi yang aman.

Kode dan Skrip Ditambahkan ke File Header dan Footer

Jika Anda tidak menggunakan plugin untuk menambahkan skrip seperti pelacakan Google Analytics, kemungkinan Anda memasukkan cuplikan tersebut di file header.php. File apa pun yang terkait secara khusus dengan tema lama Anda tidak akan aktif dalam tema baru Anda. Jadi pastikan kembali apakah Anda sudah menambahkan skrip ini, atau jika tidak Anda akan kehilangan analytics Anda.

Cantumkan Mode Perawatan

Anda pastinya tidak ingin pengunjung melihat saat Anda beralih tema karena mereka akan melihatnya seperti situs yang rusak. Sebaiknya aktifkan mode perawatan selama 15 – 20 menit sebelum Anda melakukan pergantian tema WordPress.

Langkah Mengganti Tema WordPress Untuk Website Lama ataupun Website Baru

Langkah 1: Pasang tema WordPress baru

Cara Mengganti Tema WordPress Melalui Dashboard

Jika Anda ingin memasang tema WordPress gratis dari direktori theme WordPress.org, maka cara termudah adalah dengan menggunakan fungsi pencarian tema.

Pergi ke Appereance → Pilih Theme → Kemudian klik Add New

Cara Install Tema WordPress Melalui Dashboard
Cara Install Tema WordPress Melalui Dashboard

Jika Anda menemukan tema yang sesuai di WordPress.org, Anda dapat mencarinya berdasarkan nama dan klik tombol install.

Install Tema Berdasarkan Pencarian Nama
Install Tema Berdasarkan Pencarian Nama

Prosespun selesai dan Anda bisa menkustomnya melalui tombol customize di Dashboard. Langkah tersebut juga bisa Anda lakukan ketika memilih tema untuk website baru.

Cara Mengganti Tema WordPress Dengan File .zip

Metode pertama hanya memungkinkan Anda untuk menginstal tema gratis yang tersedia di direktori theme WordPress.org. Tetapi bagaimana jika Anda ingin memasang tema WordPress “premium” komersial dari perusahaan seperti ThemeLab, StudioPress, iThemes, dll. Atau bagaimana jika Anda ingin memasang tema khusus? Nah dalam hal ini, Anda perlu menginstal tema menggunakan metode upload.

Pergi ke Appereance → Pilih Theme → Kemudian klik Add New → Klik Upload Theme

Upload Tema Baru Dengan File Zip
Upload Tema Baru Dengan File Zip

Pada tahap ini pilih folder dimana Anda menyimpan file tema yang berformat .zip.

Klik “Install”. Tema akan diinstal. Lihat kemajuan pemasangan di kiri bawah layar. Apabila terdapat tulisan Successfully, maka tema telah berhasil diinstal.

Langkah 2: Pratinjau tema baru dengan Penyesuai WordPress

Anda harus melihat pratinjau langsung dari tema Anda saat ini untuk melihat apakah ada kesalahan sebelum langkah yang Anda ambil lebih jauh lagi.

Klik Appearance → Customize

Klik tombol Live Preview di samping tema baru yang Anda instal di langkah sebelumnya

Klik Live Preview Untuk Melihat Tampilan Sementara Tema Baru
Klik Live Preview Untuk Melihat Tampilan Sementara Tema Baru

Sekarang, Anda harus melihat pratinjau langsung dari konten yang ada menggunakan tema baru:

Tampilan Tema Baru Yang Berhasil Disinkronkan
Tampilan Tema Baru Yang Berhasil Disinkronkan

Anda dapat melihat bahwa, pada contoh tersebut WordPress benar-benar dapat menyinkronkan dengan benar menu dan widget yang ada dengan tema baru. Semoga hal yang sama terjadi pada Anda!

Tetapi jika tidak, Anda juga dapat menggunakan opsi Menu dan Widget di sidebar Customizer untuk memperbaiki masalah yang Anda lihat:

Opsi Menu dan Widget di Sidebar Customizer
Opsi Menu dan Widget di Sidebar Customizer

Dengan asumsi tema baru Anda menggunakan Customizer WordPress, Anda juga dapat membuat tweak lainnya. Dan Anda juga dapat mengklik melalui situs Anda untuk melihat bagaimana tampilan halaman lainnya bekerja. Misalnya, jika Anda mengklik posting blog, WordPress akan memuat posting blog itu menggunakan Clive preview tema baru Anda.

Langkah 3: Aktifkan tema baru

Setelah puas dengan tampilannya, untuk membuat tema baru Anda terlihat aktif, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengeklik tombol Activate & Publish :

Activate dan Publish Tema
Activate dan Publish Tema

Berikut adalah langkah yang benar ketika Anda ingin mengubah tema WordPress. Kebanyakan orang akan terus melakukan perkembangan terhadap website mereka seiring dengan waktu penggunaan mereka terhadap WordPress. Jadi belajar cara mengubah tema WordPress baik untuk website lama maupun website baru adalah sesuatu yang harus diketahui bagi setiap pengguna WordPress. Meskipun prosesnya sendiri sederhana, melakukannya dengan cara yang benar akan membantu memastikan bahwa Anda tidak hanya beralih tema, tetapi juga memastikan bahwa situs Anda berfungsi sama baiknya antara tema baru Anda dengan tema lama.

Kesimpulan

Ingat, inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Instal tema baru Anda
  • Pratinjau tema baru Anda sebelum mengaktifkannya dengan menggunakan WordPress Customizer
  • Pastikan menu dan widget Anda terlihat sesuai dan tidak ada kesalahan pengkodingan
  • Aktifkan tema Anda dari Customizer WordPress untuk membuatnya aktif dan dapat dilihat oleh para pengunjung.

 

 

 

 

Alya Nisania

Alya Nisania demikian nama lengkap writer yang memiliki panggilan Alya ini. Meskipun kesehariannya dia menjadi karyawan swasta, tetapi Alya tidak bisa meninggalkan hobi menulis yang menjadi passionnya.