Cara Supaya Password Aman dan Tidak Mudah Ditebak
Blog Tips Keren

Cara Supaya Password Aman dan Tidak Mudah Ditebak

Password merupakan salah satu hal kecil namun sangat penting bagi pengguna internet di masa kini. Karena password merupakan pintu utama penghalang hacker atau orang asing untuk memasuki akun kita untuk menjaga privacy di dalamnya. Oleh karena itu, pada hari ini kami akan membahas cara agar password aman dan tidak gampang ditebak orang lain.

Hal ini penting karena pada tahun lalu Indonesia sedang trending atau booming mengenai website salah satu penyedia layanan telepon yang diretas oleh para hacker yang mengaku kecewa pada provider tersebut. Pasti kesal sekali kan jika website anda yang kena hack?

Well, website perusahaan besar saja bisa diretas apalagi website atau akun pribadi anda? Nah, salah satu hal utama yang membuat hacker bisa dengan mudah menjebol website anda adalah karena password yang anda buat terlalu lemah dan gampang ditebak. Apakah anda tahu bahwa hacker punya ribuan cara untuk menebak password dan meretas akun anda? Bahkan ada juga loh hacker yang rela untuk menunggu satu sampa dua jam hanya untuk melakukan scanning password. Wah menyeramkan ya, tapi tidak usah khawatir karena berikut ini cara agar password aman dan sulit diretas.

 

Password Aman
idwebhost

Cara Supaya Password Aman dan Tidak mudah ditebak! Wajib dipraktekan agar akun anda aman

1. Selalu Menggunakan Password dengan 8 karakter atau kata

Orang bilang bahwa semakin panjang suatu password maka password tersebut semakin kuat dan nggak gampang ditebak Hmm.. dan setuju atau tidak hal ini memang terbukti benar loh guys! Kalau anda memiliki password yang panjang, maka orang lain pasti dan dijamin akan susah untuk menebaknya sehingga akan semakin sulit diretas pula.

Contoh saja jika anda menggunakan password tanggal lahir anda seperti 010199 tentunya akan sangat mudah ditebak. Karena walaupun spesifik tapi tidak mencapai 8 kata atau karakter.

Oleh karena itu, membuat password yang panjang cukup penting bagi keamanan akun anda. Tapi jangan lupa untuk diingat secara seksama dan jangan terlalu panjang karena bahaya bila anda lupa password nanti. Usahakan minimal delapan atau dua belas karakter saja.

2. Memasang dua angka di awal password

Cara kedua agar password aman dan sulit ditebak adalah dengan menaruh dua angka di awal password. Ya, dengan melakukan hal ini akun atau website anda bisa sangat aman dan tidak mudah ditebak sehingga sulit diretas.

Usahakan dua angka yang anda pasang di password jangan berurutan karena peluang untuk tertebak nya semakin besar, Contoh penerapan dua angka ini adalah misalnya 39akucinta atau 17luisnani dan sebagainya sesuai selera dan kreativitas anda semua masing – masing

3. Jangan pernah menggunakan kata – kata umum, nama atau user ID

Dan ini merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang atau pengguna internet yang awam. Yakni menggunakan kata – kata umum, nama panggilan, nama lengkap atau user ID sebagai password. Membuat password bedasarkan hal – hal tersebut hanya akan mempermudah akun atau website anda untuk diretas karena sangat mudah ditebak.

Memang Hal ini sering dilakukan untuk menghindari lupa password sepertinya. Namun, hal tersebut salah dan tidak aman karena Hacker dengan mudah akan masuk ke akun Kamu dengan berbekal nama panggilan atau nama lengkap anda saja. Jadi, pastikan password anda itu unik, simple dan kreatif sehingga tidak mudah ditebak orang lain.

4. Pemilihan kata atau password dengan kombinasi kata, angka, atau pun spesial karakter seperti ($.,!%^*)

Saat ini sudah sudah banyak platform atau website yang mengharuskan usernya membuat password dengan menggunakan kombinasi kata, angka dan special karakter. Mengapa seperti itu? Karena hal tersebut untuk menghindari scanning password yang dilakukan oleh Hacker. Jika anda memiliki password dengan kombinasi tersebut, dijamin password anda tidak akan mudah ditebak deh.

Contoh password yang aman misalnya 29Contohpswd% atau 85Pswd$aya. Selain itu Anda juga diperbolehkan untuk membuat password dengan kombinasi huruf besar dan huruf misalnya 19PasW0Rd4kOe atau bisa juga 52iNiPpoN45PaInnnzZ.

5. Jangan pernah sekali pun anda menggunakan kata “admin”, “administrator”,  atau “password”

Cara ke lima agar password aman dan tidak mudah ditebak adalah jangan pernah sekali pun anda menggunakan kata “admin”, “administrator” atau “password”. Ya, kesalahan ini sering sekali dilakukan oleh para developer atau pengguna CMS (content marketing system). Sering sekali mereka menggunakan kata “admin”, “administrator”, atau “password” agar tidak mudah mengalami lupa password.

 

Password Aman
Idwebhost

 

Akibat dari hal ini adalah banyaknya program yang sering mereka buat, biasanya mereka menggunakan kata- kata tersebut agar lebih mudah. Perlu Kamu ketahui ya guys kata “admin”, “administrator”, dan “password” sudah ada dalam daftar scanning yang biasanya dilakukan hacker. Sehingga, tidak perlu menunggu lama untuk hacker dengan mudah mendapatkan password anda dan akun atau website anda akan diretas.

6. Jangan menggunakan angka atau huruf yang berurutan seperti ABCDEF dan sebagainya

Tips cara agar password aman keenam yaitu menghindari penggunaan angka dan huruf berurutan. Angka atau huruf yang berurutan seperti 12345678, abcdefg, pqrstuv juga sudah ada dalam daftar password hacker dan akan sangat mudah ditebak. Jadi jangan pernah menggunakan password seperti itu ya!

7. Jangan pernah menggunakan kombinasi simpel di keyboard seperti asdfg, qwerty, zxcvb dan sebagainya

Memang yang simpel itu akan mempermudah kita dan akan semakin mudah diingat. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk password yang memiliki kombinasi simpel bukan mempermudah anda melainkan akan mempersulit diri sendiri. Mengapa? Karena dengan menggunakan kombinasi simpel yang ada di keyboard macam asdfg, qwerty, zxcvb, password anda akan sangat mudah ditebak dan sudah ada di daftar scanning dari hacker.

8. Jangan pernah memberitahu password akun atau website anda kepada orang lain

Salah satu cara paling ampun yaitu jangan pernah memberitahukan password anda kepada orang lain. Entah itu orang tua, adik, kakak, sahabat, pacar apalagi mantan! Password merupakan kunci akses ke akun anda, jadi jangan sembarangan memberitahu orang yang tidak anda kenal tentang password ini karena akan sangat berbahaya nantinya untuk diri anda sendiri

9. Jangan menggunakan tanggal lahir sebagai password!

Tips cara agar password aman yang berikutnya adalah jangan menggunakan tanggal lahir. Kesalahan yang juga cukup sering dilakukan sebagian orang yaitu menggunakan tanggal lahir sebagai password. Tanggal lahir merupakan indentitas pribadi yang pastinya mudah diketahui banyak orang. Bahkan ketika anda melakukan registrasi di suatu website, pasti anda harus melengkapi tanggal lahir kan. Nah, orang lain akan dengan sangat mudah menebak password anda tentu saja.

 

Password Aman
idwebhost

 

10. Jangan login sembarangan

Anda harus tahu, ada banyak website palsu yang beredar di internet yang dibuat para hacker agar bisa mendapatkan password anda. Oleh karena itu hati-hati saat login!

Willy Budianto

Willy Budianto adalah lulusan S1 dengan konsentrasi Public Relations. Writer yang akrab disapa Willy ini merasa yakin latar belakang pendidikannya bisa dia manfaatkan untuk mengikuti hobinya dalam menulis.