Cara Supaya Password Aman dan Tidak Mudah Ditebak

16 Mar 2019
Cara Supaya Password Aman dan Tidak Mudah Ditebak campaign-unlimited

Kata sandi atau password memiliki peran yang penting untuk menjaga keamanan sebuah akun website, terutama akun website. Apalagi jika Anda menggunakan website untuk berbisnis. Karena apapun masalah yang terjadi pada Anda, akan dapat memberikan pengaruh pada kualitas dan kredibilitas brand di mata pelanggan.Oleh karena itu, pada hari ini kami akan membahas cara agar password aman dan tidak gampang ditebak orang lain.

Hal ini penting karena beberapa tahun terakhir, peretasan website menjadi menjadi salah satu isu yang hangat dibahas. Tak hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Salah satu yang pernah meledak adalah ketika salah satu marketplace raksasa di negeri ini yang data penggunanya bocor di internet.

Salah satu hal utama yang membuat peretas bisa dengan mudah menjebol sebuah website adalah karena password yang  dibuat terlalu lemah dan gampang ditebak. Apakah Anda tahu bahwa hacker punya ribuan cara untuk menebak password dan meretas akun Anda?

Salah satu metode yang banyak digunakan adalah scanning password. Bahkan tak sedikit hacker yang rela untuk menunggu satu sampa dua jam hanya untuk melakukan scanning password. Sangat menyeramkan, bukan? Tapi tidak usah khawatir karena berikut ini cara agar password aman dan sulit diretas.

Cara Supaya Password Aman dan Tidak mudah ditebak! Wajib dipraktekan agar akun anda aman

1. Selalu Menggunakan Password dengan karaker yang panjang

Orang bilang bahwa semakin panjang suatu password maka password tersebut semakin kuat dan tidak gampang ditebak Meskipun masih debatable, tapi banyak yang mengamini hal ini. Kalau Anda memiliki password yang panjang, maka orang lain akan susah untuk menebaknya sehingga akan semakin sulit diretas pula.

Contoh saja, jika Anda menggunakan password tanggal lahir Anda seperti 010199 tentunya akan sangat mudah ditebak. Karena walaupun spesifik tapi tidak mencapai 8 kata atau karakter.

Oleh karena itu, membuat password yang panjang cukup penting bagi keamanan akun Anda. Tapi jangan lupa untuk diingat secara seksama dan jangan terlalu panjang karena bahaya bila Anda lupa password nanti. Usahakan minimal delapan atau dua belas karakter saja.

2. Memasang dua angka di awal password

Cara kedua agar password aman dan sulit ditebak adalah dengan menaruh dua angka di awal password. Ya, dengan melakukan hal ini akun atau website Anda bisa sangat aman dan tidak mudah diretas.

Usahakan jangan memasang password berurutan, karena peluang untuk tertebak nya semakin besar. Contoh penerapan dua angka ini adalah misalnya 39akucinta atau 17luisnani dan sebagainya sesuai selera dan kreativitas Anda semua masing – masing

3. Hindari menggunakan kata – kata umum, nama atau user ID

Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang atau pengguna internet yang awam. Yakni menggunakan kata – kata umum, nama panggilan, nama lengkap atau user ID sebagai password. Membuat password bedasarkan hal – hal tersebut hanya akan mempermudah akun atau website Anda untuk diretas karena sangat mudah ditebak.

Memang Hal ini sering dilakukan untuk menghindari lupa password sepertinya. Namun, hal tersebut adalah keliru dan tidak aman karena hacker dengan mudah akan masuk ke akun Kamu dengan berbekal nama panggilan atau nama lengkap Anda saja. Jadi, pastikan password Anda itu unik, simple dan kreatif sehingga tidak mudah ditebak orang lain.

Baca Juga : Meta Keyword, Apakah Website Anda Membutuhkannya? 

4. Pemilihan kata atau password dengan kombinasi kata, angka, atau pun spesial karakter seperti ($.,!%^*)

Saat ini sudah sudah banyak platform atau website yang mengharuskan usernya membuat password dengan menggunakan kombinasi kata, angka dan special karakter. Mengapa demikian? Karena hal tersebut untuk menghindari scanning password yang dilakukan oleh Hacker. Jika Anda memiliki password dengan kombinasi tersebut, dijamin password Anda tidak akan mudah ditebak deh.

Contoh password yang aman misalnya 29Contohpswd% atau 85Pswd$aya. Selain itu Anda juga diperbolehkan untuk membuat password dengan kombinasi huruf besar dan huruf misalnya 19PasW0Rd4kOe atau bisa juga 52iNiPpoN45PaInnnzZ.

5. Jangan pernah sekali pun anda menggunakan kata “admin”, “administrator”,  atau “password”

Cara ke lima agar password aman dan tidak mudah ditebak adalah jangan pernah sekali pun Anda menggunakan kata “admin”, “administrator” atau “password”. Ya, kesalahan ini sering sekali dilakukan oleh para developer atau pengguna CMS (content marketing system). Sering sekali mereka menggunakan kata “admin”, “administrator”, atau “password” agar tidak mudah mengalami lupa password.

Akibat dari hal ini adalah banyaknya program yang sering mereka buat, biasanya mereka menggunakan kata- kata tersebut agar lebih mudah. Perlu Kamu ketahui ya guys kata “admin”, “administrator”, dan “password” sudah ada dalam daftar scanning yang biasanya dilakukan hacker. Sehingga, tidak perlu menunggu lama untuk hacker dengan mudah mendapatkan password Anda dan akun atau website Anda akan diretas.

6. Jangan menggunakan angka atau huruf yang berurutan seperti ABCDEF dan sebagainya

Tips cara agar password aman keenam yaitu menghindari penggunaan angka dan huruf berurutan. Angka atau huruf yang berurutan seperti 12345678, abcdefg, pqrstuv juga sudah ada dalam daftar password hacker dan akan sangat mudah ditebak. Jadi jangan pernah menggunakan password seperti itu ya!

7. Jangan pernah menggunakan kombinasi simpel di keyboard seperti asdfg, qwerty, zxcvb dan sebagainya

Memang yang simpel itu akan mempermudah kita dan akan semakin mudah diingat. Namun perlu Anda ketahui bahwa untuk password yang memiliki kombinasi simpel bukan mempermudah Anda melainkan akan mempersulit diri sendiri. Mengapa? Karena dengan menggunakan kombinasi simpel yang ada di keyboard macam asdfg, qwerty, zxcvb, password Anda akan sangat mudah ditebak dan sudah ada di daftar scanning dari hacker.

8. Jangan pernah memberitahu password akun atau website anda kepada orang lain

Salah satu cara paling ampun yaitu jangan pernah memberitahukan password Anda kepada orang lain. Entah itu orang tua, adik, kakak, sahabat, pacar apalagi mantan! Password merupakan kunci akses ke akun Anda, jadi jangan sembarangan memberitahu orang yang tidak Anda kenal tentang password ini karena akan sangat berbahaya nantinya untuk diri Anda sendiri

9. Jangan menggunakan tanggal lahir sebagai password!

Tips cara agar password aman yang berikutnya adalah jangan menggunakan tanggal lahir. Kesalahan yang juga cukup sering dilakukan sebagian orang yaitu menggunakan tanggal lahir sebagai password. Tanggal lahir merupakan indentitas pribadi yang pastinya mudah diketahui banyak orang.

Bahkan ketika Anda melakukan registrasi di suatu website, pasti Anda harus melengkapi tanggal lahir kan. Nah, orang lain akan dengan sangat mudah menebak password Anda tentu saja.

10. Jangan login sembarangan

Anda harus tahu, ada banyak website palsu yang beredar di internet yang dibuat para hacker agar bisa mendapatkan password Anda. Oleh karena itu hati-hati saat login!

Penutup

Agar website Anda aman dari banyak hal buruk yang terjadi di internet, membuat password yang aman adalah sebuah keharusan. Sebagai bagian dari internet, buatlah password yang kuat untuk website Anda.

Mau punya website, aman, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost

Penulis
Member since 2 Jul 2013