Cara Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil
Blog Bisnis Cara Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil

Cara Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil

Ingin memulai bisnis rental mobil? Terkendala modal kecil? Tenang, Anda sudah berada dalam halaman yang tepat! Ini bukan iklan pembiayaan modal usaha, tapi lebih dari itu, kita akan membahas bagaimana cari sukses bisnis rental mobil modal kecil.

Jika Anda memiliki ide untuk menjalankan  bisnis rental mobil, maka ide Anda tersebut adalah ide yang sangat baik. Kita ketahui bersama bahwa kebutuhan akan transportasi di Indonesia ini masih menjadi bagian yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Pemerintah sendiri masih terus berupaya untuk memberikan layanan transportasi publik yang terbaik untuk masyarakat. Ini terkait dengan berbagai kebutuhan akan transportasi, mulai dari untuk kepentingan pribadi atau pun kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan.

Nah, dengan adanya peluang pasar yang begitu besar dari kebutuhan transportasi ini, maka ide Anda untuk memulai bisnis di bidang jasa rental mobil adalah ide yang patut Anda pikirkan secara matang. Utamanya, bagi Anda yang ragu dengan modal kecil yang Anda miliki.

Saat ini iklim usaha di Indonesia sangat didukung oleh pemerintah untuk berbagai bidang yang mendukung program utama pemerintah, salah satunya program pariwisata yang memerlukan jasa transportasi. Hal ini terbukti dengan berbagai kemudahan dalam mendapatkan permodalan dan perizinan usaha.

Selain itu pemerintah juga begitu serius dalam melakukan perbaikan infrastruktur khususnya untuk transportasi, tentu ini akan semakin mendukung bisnis rental mobil Anda. Selain itu perkembangan teknologi juga sangat mendukung bagi pelaku bisnis rental mobil modal kecil, dengan berbagai program kerja sama yang ditawarkan.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai,  apa si yang perlu Anda persiapkan agar bisnis Anda bisa berkembang dan menuai kesuksesan? Berikut adalah cara sukses bisnis rental mobil modal kecil yang perlu Anda perhatikan baik-baik;

 

1. Memilih Jenis Mobil Yang Tepat

Memilih Jenis Mobil Yang Tepat

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk memulai cara sukses bisnis rental mobil modal kecil adalah dengan memilih jenis mobil yang tepat. Anda perlu melakukan serangkaian riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui mobil jenis apa yang paling disukai oleh pelanggan atau pasar mobil rental.

Bisa dibilang, dalam memilih jenis mobil ini Anda sedang melakukan riset pasar. Dengan mengetahui bagaimana pasar dari bisnis rental mobil, Anda bisa menentukan jenis atau tipe yang memang paling banyak peminat. Ini penting sejak awal Anda ketahui, jangan sampai Anda salah dalam menentukan jenis mobil terhadap calon pasar Anda.

Misalnya ketika berbicara masyarakat secara umum akan menggunakan rental mobil untuk keperluan keluarga, maka tipe mobil yang cocok adalah tipe MPV, seperti Xenia, Avanza, Inova dan sejenisnya. Berbeda ketika kebutuhannya untuk pribadi dan dalam kota, yang terbiasa dengan city car.

2. Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil Dengan Perhitungkan Biaya Perawatan

Salah satu pengeluaran yang wajib Anda lakukan ketika menjalankan bisnis rental mobil adalah biaya perawatan. Ini menjadi hal wajib, karena Anda menawarkan bisnis jasa yang berhubungan dengan kenyamanan dan mesin, jangan sampai Anda lali dalam melakukan perawatan.

Anda harus membuat perhitungan secara rinci untuk kebutuhan perawatan dari mobil rental Anda. Mulai dari kebutuhan servis ringan sampai servis berat. Walau Anda menjalankan bisnis rental mobil modal kecil, jangan sampai Anda melupakan pos keuangan khusus untuk perawatan dari aset usaha Anda yaitu mobil Anda.

3. Membuat Keamanan Transaksi

Cara Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil Dengan Membuat Keamanan Transaksi

Salah satu risiko dalam menjalankan bisnis rental mobil adalah adanya oknum yang tidak bertanggung jawab, misalnya membawa lari mobil yang kita sewakan, atau melakukan berbagai tindakan yang merugikan dengan mengganti mesin atau komponen penting yang ada di mobil kita.

Nah, untuk memastikan hal seperti ini tidak terjadi, maka Anda perlu untuk membuat keamanan transaksi. Artinya Anda perlu membuat SOP perjanjian rental mobil yang Anda terapkan kepada pelanggan, seperti perjanjian tertulis, dan juga pengecekan kondisi sebelum dan sesudah selesai sewa.

Selain itu walau Anda memulai bisnis rental mobil modal kecil, Anda perlu dan wajib hukumnya memasang GPS untuk mobil Anda. Jika memang memungkinkan, Anda juga melakukan pemasangan aplikasi atau perangkat lunak yang terintegrasi sehingga semua kondisi dan letak lokasi mobil dapat Anda pantau selama dalam masa rental.

4. Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil Dengan Beli Mobil Baru Secara Kredit

Bagi  Anda yang memulai bisnis rental mobil modal kecil ada baiknya Anda memikirkan untuk memulai unit armada Anda dengan pembelian mobil baru secara kredit. Hal ini akan memberikan banyak keuntungan. Pertama, Anda bisa memiliki lebih banyak mobil dengan mengalokasikan dana untuk kebutuhan uang muka, dari pada semua untuk tunai.

Keuntungan kedua adalah, Anda akan hemat dalam perawatan setidaknya di tiga sampai lima tahun pertama, karena mobil baru akan mendapatkan garansi dan layanan gratis servis sampai gratis ganti oli selama kurun waktu tertentu biasanya 3 sampai 5 tahun.

5. Daftarkan Asuransi Kendaraan

Daftarkan Asuransi Kendaraan

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan raya, bukan mendahului takdir, akan tetapi demi menjaga keberlangsungan bisnis rental mobil Anda. Sebaiknya Anda membuat anggaran khusus untuk mendaftarkan armada Anda asuransi kendaraan.

Kini telah banyak perusahaan asuransi kendaraan yang menawarkan berbagai fasilitas asuransi kendaraan dengan premi terjangkau. Tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memulai bisnis rental mobil modal kecil, karena Anda akan tetap bisa mendapatkan asuransi dengan premi ringan. Sehingga usaha Anda tetap berjalan dengan jaminan keamanan jika terjadi risiko dari kejadian yang tidak Anda inginkan dikemudian hari.

6. Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil Dengan Manfaatkan Kerja Sama Mitra

Anda perlu menjalin berbagai kerja sama kemitraan ketika menjalankan bisnis rental mobil modal kecil. Tentu Anda sebagai pelaku bisnis yang baru masuk, masih membutuhkan berbagai pengalaman, nah menjalin kerja sama dengan mitra ini bagian dari memperkaya pengalaman dari dunia bisnis rental mobil ini.

Mitra yang bisa Anda ajak kerja sama misalnya adalah, pelaku wisata, travel agen, tujuan destinasi wisata, atau aplikasi transportasi online. Tidak ada salahnya Anda mendaftarkan unit armada Anda untuk menjadi mitra aplikasi online, sehingga saat mobil Anda sedang tidak ada yang sewa, Anda bisa tetap menyewakan kepada para ‘driver’ untuk  menjalankan layanan aplikasi transportasi online.

7. Jalankan Strategi Marketing Secara Optimal

Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil dengan Jalankan Strategi Marketing Secara Optimal

Jangan menunggu bola, Anda harus menjemput pelanggan Anda. Begitu kata kunci dalam menjalankan usaha, maka Anda harus membuat berbagai strategi marketing secara optimal. Ketika Anda menjalankan bisnis rental mobil modal kecil, bukan berati Anda tidak bisa maksimal dalam pemasaran. Anda bisa memanfaatkan berbagai saluran pemasaran baik offline dan online.

Dalam jalur pemasaran online misalnya Anda bisa memanfaatkan sosial media, dan tentu saja Anda bisa membuat website rental mobil Anda. Saat ini orang ketika akan rental mobil tentu mencari di mesin pencari seperti Google. Nah bayangkan jika yang muncul adalah website bisnis Anda, maka Anda akan mendapatkan pelanggan dari internet.

Tentu Anda  butuh yang namanya optimasi website untuk sampai di halaman pertama Google. Nah, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari IDwebhost, yang mana layanan ini memang dikhususkan untuk pelaku bisnis agar memiliki website yang optimal.

Kunci sukses dalam  pembuatan website untuk kebutuhan bisnis adalah infrastruktur yang mendukung. Apa saja itu? Membeli domain murah di penyedia yang tepat, dan tentu saja menggunakan layanan hosting terbaik. Untuk Anda bisa menggunakan layanan hosting murah IDwebhost dengan berbagai paket hemat yang menyesuaikan kebutuhan Anda.

Nah, demikian pembahasan kita kali ini mengenai Cara Sukses Bisnis Rental Mobil Modal Kecil. Semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi Anda dalam memulai bisnis impian Anda. Membutuhkan berbagai strategi dalam menjalankan bisnis? Anda bisa membaca berbagai tips terkait dunia bisnis hanya di Blog IDwebhost. Terima kasih.