Cara Setting VPS Untuk Trading
Blog Tips Keren Cara Setting VPS Untuk Trading

Cara Setting VPS Untuk Trading

Virtual Private Server atau yang dikenal dengan VPS sangat akrab bagi Anda yang menggeluti dunia website dan hosting. Banyak pemilik website yang menggunakan VPS karena tidak puas dengan shared hosting maupun dedicated hosting. Namun, kini penggunanya telah meluas. Bukan hanya para pemilik website dan hosting, orang-orang yang berkecimpung di dunia trading juga mulai banyak yang menggunakannya. Bagi para trader, menggunakan VPS sangat membantu aktivitas trading mereka. Mereka tak lagi harus terpaku di depan monitor untuk mematau pergerakan harga. Untuk bisa trading menggunakan VPS, Anda harus menyettingnya terlebih dahulu. Artikel ini akan menyajikan pada Anda cara setting VPS untuk trading, special untuk Anda sahabat IDwebhost.

Persiapan

cara setting VPS untuk trading

Sebelum memulai melakukan setting VPS untuk trading, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan. Persiapan itu antara lain dengan menyiapkan segala sesuatu yang menjadi komponen terkoneksinya computer Anda, robot trading, dan server yang Anda sewa.

Backtest

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah melakuakn backtest. Backtest adalah aktivitas unutk mengetahui kemampuan robot trading dalam mengenali kondisi market, sesuai dengan pengaturan yang telah diatur pada robot trading itu sendiri.

Melakukan forward test

Setelah lolos dari uji backtest, selanjutnya Anda harus melakukan forward test. Test ini bertujuan untuk mencoba kemampuan robot trading dalam mencari profit selama 24 jam dalam jangka waktu lima hari. Setelah lolos dari tes tersebut, Anda sudah bisa mengandalkan kemampuan robot tersebut.

  • Koneksi Internet
  • Komputer Windows atau smarthphone Android

Sebelum mulai masuk ke inti tulisan mengenai cara setting VPS untuk trading, pastikan bahwa Anda telah memiliki EA atau Expert Advisor yang telah terpasang, dan akun trading. Selain itu pastikan juga bahwa Anda memiliki koneksi internet yang mumpuni.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara setting VPS untuk trading pada dua platform, yaitu di computer bersistem operasi Windows, dan smartphone Android.

Cara Setting VPS Untuk Trading

Windows

Seperti yang telah dijelaskan diatas, artikel ini ini akan membahas bagaimana cara setting VPS untuk trading untuk windows dan android. Untuk OS Windows ini secara umum cara settingya sama saja, apapun versi Windows yang Anda gunakan. Berikut cara setting VPS di sistem operasi Windows untuk trading:

  • Tekan tombol Start yang ada pada Windows Anda. Kemudian silakan masuk ke Windows Accesories. Cari aplikasi bernama Remote Desktop Connection.
  • Anda juga bisa menemukan aplikasi ini dengan menggunakan fitur pencarian yang dimiliki Windows pada computer Anda. Cara, silakan tekan kombinasi tombol Start + S pada keyboard Anda. Kemudian ketikkan Remote Desktop Conncetion. Setelah Remote Desktop Connection terbuka, Anda akan mendapati tampilan popup yang meminta Anda untuk memasukkan alamat VPS yang telah Anda miliki. Isilah dengan alamat VPS yang telah Anda miliki.
  • Masih di pop up Remote Desktop Connection, silakan tekan tombol Show Options. Anda akan diminta untuk mengisi username di kolom yang telah tersedia. Untuk Login, silakan tekan tombol Connect. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan password saat akan masuk ke dalam VPS.
  • Setelah semua proses tersebut Anda lalui tadi telah selesai, Anda bisa mengakses computer yang Anda sewa tersebut.

Cara setting VPS Untuk Trading Menggunakan gawai Android

Selain mengggunakan komputer pribadi, Anda juga bisa menggunakan gawai Android untuk mengakses VPS untuk trading. Hanya saja memang menggunakan gawai Android tidak akan semaksimal menggunakan laptop komputer pribadi. Aka nada beberapa batasan yang akan Anda alami. Berikut cara setting VPS untuk gawai Android:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja menginstal aplikasi Remote Desktop di gawai Google Play Store. Buka Google Play Store di gawai Anda dan ketikkan remote desktop di kolom pencarian.
  • Setelah melakukan pencarian, Anda akan mendapati beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka VPS. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada artikel ini yang akan digunakan adalah aplikasi dari Microsoft bernama Microsoft Desktop Connection.
  • Instal, kemudian bukalah aplikasi tersebut.
  • Setelah aplikasi terbuka, Anda akan diminta untuk menyetujui Terms of Agreement dari aplikasi tersebut. Silakan tekan accept untuk melanjutkannya ke menu utama. Pada menu utama tersebut, Anda bisa menambahkan alamat komputer yang ingin Anda remote. Caranya adalah tekan ikon + pada bagian kanan atas, kemudian pili Desktop.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat IP VPS Anda. Jika sudah, klik Save.
  • Anda akan mendapati tampilan dashboard dengan tampilan Login username dan password. Anda bisa memasukkan username dan password yang telah Anda miliki sebelumnya.
  • Dan anda tlah terhubung dengan komputer di VPS Anda. Kini anda telah bisa trading menggunakan VPS.

Memasang Expert Advisor di Metatrader 4

Selamat, Anda telah berhasil masuk dan mengakses komputer VPS Anda. Langkah selanjutnya yang Anda lakukan adalah memasang Expert Advisor di Metatrader 4 pada server tersebut. Anda harus menginstal platform Metatrader terlebih dahulu. Kemudian, download kembali file Expert Advisor da masukkan ke dalam folder instalasi Metatrader 4.

Kelebihan Menggunakan VPS Untuk Trading

Terdapat beberapa kelebihan VPS sehingga sangat layak untuk digunakan untuk aktivitas trading. Keunggulan itu antara lain:

Keamanan

Menggunakan VPS memiliki keunggulan pada keamanan yang terjamin. Setiap akun memiliki password masing-masing dan berbeda antar pengguna.

Performa

Sebagai pengguna, Anda bisa memilih VPS sesuai dengan kebutuhan. Semakin cepat performa yang ditawarkan, umumnya harga yang harus dibayarkan semakin mahal. Karena masing-masing server memiliki kecepatan yang berbeda-beda, maka Anda sebagai trader harus mencari VPS yang tepat untuk aktivitas perdagangan Anda.

Tak perlu khawatir jika memang komputer Anda berspesifikasi rendah, karena memang Anda tak terlalu membutuhkannya dengan VPS.

Aktif 24 Jam Sehari

Harus Anda ketahui bahwa VPS akan hidup selama 24 jam perhari selama satu minggu. Bayangkan jika komputer Anda harus melakoni tugas ini, pastinya akan kepanasan dan cepat rusak. Dengan VPS, semua instalasi dan data yang Anda jalankan akan terus aktif.

Maintenance

Bisa dikatakan, hal inilah yang menjadi kelebihan utama VPS. Meskipun VPS Anda mengalami kerusakan, Anda tak perlu terlibat dalam proses maintenancenya. Karena semua hal itu akan diangani oleh tim penyedia VPS. Akan berbeda jika Anda menggunakan komputer pribadi.

cara setting VPS untuk trading

Kesimpulan

Menggunakan VPS untuk melakukan aktivitas trading merupakan pilhan yang bagus. Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu hanya untuk memantau pergerakan harga di depan layar komputer. Anda bisa meninggalkan proses tading pada expert advisor yang telah tertanam di VPS. Untuk itulah artikel ini, cara setting VPS untuk trading dibuat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis