Cara Setting Rincian Server dan Client
Blog Tips Keren Cara Setting Rincian Server dan Client

Cara Setting Rincian Server dan Client

setting server dan client

Secara umum, setiap program komputer yang berkomunikasi di Internet dibedakan sebagai client dan server. Komputer Server adalah komputer yang menawarkan suatu layanan tertentu kepada komputer atau jaringan lain. Salah satu jenis server adalah file server (server file). Server file menyediakan layanan penyimpanan dan penemuan kembali (retrieval) file-file.

Komputer Client adalah komputer yang meminta (request) satu layanan tertentu ke suatu server. Komputer client harus dilengkapi dengan aplikasi client khusus dan menjalankannya, sehingga dapat memanfaatkan layanan yang ditawarkan server. Sebagai contoh, untuk mengambil sebuah file dari file server, suatu program di komputer client harus memformat sebuah request (permintaan) dan mengirimkannya kepada program yang sedang berjalan di server. Selanjutnya, server akan mengirimkan file yang diminta sesuai dengan permintaan program client tersbut. Server dan client harus menggunakan suatu cara yang sama untuk berkomunikasi dan mengirimkan file antara satu komputer dengan yang lain, cara ini disebut sebagai protocol.

Untuk dapat menghubungkan komputer server ke komputer client, Anda bisa melakukannya melalui jaringan LAN. LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Router,Switch dan lain sebagainya.

Selain pemasangan jaringan LAN yang mudah, jaringan LAN juga praktis dan banyak di gunakan oleh kebanyakan orang. Jika kita lihat tempat internet umum seperti warnet, dimana semua komputer client terhubung ke satu komputer server biasanya mereka menggunakan jaringan LAN. Untuk menghubungkan komputer server ke komputer client selain pemasangan kabel LAN, Kita juga harus menyeting IP Komputer kita.

ruang server

Cara Setting Rincian Server dan Client

1. Setting IP server dengan model statis misal 192.168.1.1
2. Pada server buka C:\Program Files\NamaSoftware ,selanjutnya cari folder dbfile
3. Sharing folder tersebut secara full
4. Pada client klik icon Connect Database dan arahkan ke server misal \\192.168.1.1\dbfile
5. Pilih file db yang nampak dan klik OK
6. Selanjutnya client sudah terhubung

Untuk mengatur otoritas user hanya dilakukan di komputer server, selanjutnya program di komputer client akan membaca sesuai pengaturan user dan password yang dimasukkan. Tambahan untuk cara menghubungkan komputer server dan client pada windows 7 dan windows vista caranya sama tetapi ada yang khusus yaitu : software server tidak diinstal di c:\ tapi di d:\ atau di tempat lainnya asal jangan di c:\. Berikut caranya:

1. Setting IP server dengan model statis misal 192.168.1.1
2. Pada server buka D:\NamaSoftware ,selanjutnya cari folder dbfile
3. Sharing folder tersebut secara full
4. Pada client klik icon Connect Database dan arahkan ke server misal \\192.168.1.1\dbfile
5. Pilih file db yang nampak dan klik OK
6. Selanjutnya client sudah terhubung

Demikian cara setting rincian server dan client yang dapat Anda lakukan. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari lebih jauh tentang dunia komputer.
Jika saat ini Anda sedang mencari web hosting yang sudah terpercaya di Indonesia, maka Anda dapat menggunakan Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting dan domain yang terjangkau namun berkualitas. Banyak fitur menarik yang diberikan oleh Idwebhost seperti server yang cepat dan handal, dukungan pelanggan penuh, jaminan uptime 99,9%, hingga kemudahan dalam melakukan pembayaran. Segera daftarkan bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan berbagai fitur menarik lainnya.