Cara Setting MX Record
Blog Tips Keren Cara Setting MX Record

Cara Setting MX Record

Cara setting mx record bukan lagi hal yang sulit saat Anda tahu bagaimana cara menerapkan semuanya dengan baik. Sebelum melangkah lebih jauh ke tutorialnya, alangkah baiknya jika anda paham dulu apa itu mx record. Ini adalah sebuah DNS record yang memiliki fungsi signifikan penunjuk lokasi email server anda. Dengan adanya fitur yang bertajuk mx entry yang ada di halaman Control Panel hosting yang digunakan, maka anda pun akan bisa lebih mudah menentukan server email tujuan yang akan dipakai. Untuk melakukan pengaturan dengan tepat dan baik, ada beberapa hal yang perlu anda aplikasikan terlebih dahulu dalam cara setting mx record ini.

Cara Setting Mx Record Melalui cPanel

Cara setting mx record dengan menggunakan cPanel sama seperti beberapa tutorial yang sudah ada, dimana anda harus masuk terlebih dahulu di halaman Control Panel untuk mengakses semua fitur yang tersedia. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara memasukan di browser, yakni namadomainanda/cpanel. Setelah itu, anda akan bisa langsung terhubung ke halaman control panel dari website anda tersebut. Disinilah anda akan melihat banyak opsi yang tersedia didalamnya mulai dari site publisher, addon domains, redirects, subdomains, dan lain sebagainya. Disini yang harus anda pilih tak lain dan tak bukan adalah menu bernama zone editor. Segera klik tab tersebut dan anda akan digiring ke halaman selanjutnya.

 

Cara Setting MX Record
idwebhost.com

 

Setelah masuk ke zona editor, maka anda hanya tinggal memilih mx record untuk ke tahapan cara setting mx record berikutnya. Lalu, jangan lupa untuk menambah mx record yang ingin anda pakai. Yakni anda bisa mengeklik pilihan Add a MX Record yang sudah tersedia. Ingat jangan sampai keliru memilih a record, atau bahkan cname record karena itu sama sekali berbeda. Dalam cara setting mx record ini, yang juga harus anda ketahui adalah tentang priority dan juga destination. Keduanya punya tujuan yang berbeda, yakni priority adalah semakin kecil angkanya maka semakin besar prioritasnya. Sementara untuk destination, maka anda hanya tinggal memasukan saja hostname email server anda di kolom yang sudah tersedia.

Selain cara setting mx record diatas, anda juga bisa melihat mx record yang sudah anda masukan dengan cara memilih menu Manage yang sudah tersedia. Di sini anda akan bisa melihat beberapa menu tambahan yang lebih banyak. Anda akan bisa melihat catatan mx record yang sudah terekam dan anda tambahkan untuk beberapa waktu signifikan.

Bagaimana Jika MX Record Masih Belum Mengarah Dengan Benar?

Cara setting mx record sebetulnya juga tidak sepenuhnya bebas dari kendala karena ada satu masalah yang bisa saja muncul, yakni settingan dari mx record tersebut mendadak tidak bisa diakses dengan benar. Hal ini ada banyak faktor yang mempengaruhinya, antara laina danya propagansi DNS. Hal ini memang biasa terjadi dan anda harus segera melakukan penanganan yang lebih lanjut. Anda yang kesulitan bisa langsung saja menghubungi pihak pengelola hosting murah yang anda gunakan. Nantinya tim yang profesional akan membantu anda keluar dari masalah tersebut.

Bagaimana MX Record Bekerja Untuk Menyaring SPAM?

Selain belajar tentang cara setting mx record, anda juga harus paham tentang kinerjanya yang signifikan guna menyaring SPAM yang ada didalamnya. Anda pastinya tau bahwa mx record adalah sebuah catatan mail exchanger yang sangat penting sebagai sumber daya yang dibutuhkan oleh domain name system terkait. Di sinilah nantinya ada fungsi khusus untuk menerima pesan email dari berbagai penjuru, termasuk salah satunya adalah SPAM.

 

Cara Setting MX Record
idwebhost.com

 

Di sini anda pasti tau bahaya dari SPAM tersebut yang mana berisikan banyak hal yang bisa menjadi unsur ancaman, misalnya SPAM yang berisikan virus. Bahkan ada beberapa yang mungkin memiliki bahasa yang tidak anda pahami. Karena yang namanya SPAM memang akan bisa menyerang pemilik domain siapa saja. Dengan melakukan filter secara signifikan sudah pasti akan banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, anda akan bisa terbebas dari masalah yang merajalela dari SPAM tersebut.

Cara Membuat Website Dengan Mudah dan Aman

Selain informasi tentang cara setting mx record, anda juga bisa membaca lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat sebuah website yang mudah dan aman. Pada dasarnya membuat sebuah website memang menjadi keharusan jika anda ingin menjalankan suatu bisnis atau apapun itu. Tapi satu hal yang pasti adalah web tersebut juga harus anda kondisikan supaya aman dan bebas dari ancaman. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada satupun web yang aman di dunia ini. Semua pasti rentan dengan ancaman dari para hacker dan lain sebagainya. Jadi anda benar-benar harus menerapkan cara yang tepat supaya web anda tersebut bisa tetap aman dan mudah diakses.

Baca Juga: Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar

 

Cara Setting MX Record
idwebhost.com

 

Dalam hal keamanan, anda bisa mencoba menambahkan beberapa fitur pada saat Login sehingga bisa mencegah ada hacker yang masuk mereka tidak akan bisa membobol situs anda. Yang tak kalah pentingnya adalah bagaimana supaya web tersebut juga lebih banyak traffic atau pengunjungnya. Dalam hal ini, anda harus benar-benar mampu menyajikan sebuah web yang tepat dan bebas dari masalah. Utamakan untuk membuat situs yang benar-benar memiliki fitur yang tepat sehingga bisa anda optimalkan fungsinya dalam segi SEO. Seperti yang anda ketahui bahwa hal ini akan memudahkan anda mendapatkan traffic dengan lebih cepat dan tepat. Kalau perlu anda juga bisa membuat sebuah site map yang akan memudahkan situs anda untuk ditrack di mesin pencari. Berbagai cara sebenarnya bisa anda terapkan dalam rangka membuat web anda tersebut bisa lebih mudah diakses dan memberikan banyak manfaat didalamnya. Cara setting mx record diatas bisa menjadi bahan acuan bagi anda untuk bisa mengedit mx record dengan baik dan tepat. Sudah pasti anda juga bisa mengaturnya sesuai kebutuhan anda.

Anda Juga Bisa Me-Restore MX Record

Cara setting mx record juga erat kaitannya dengan bagaimana nantinya anda akan me-restore MX record tersebut. Hal ini juga sangat penting karena ada kalanya anda akan mengalami banyak kendala yang signifikan. Jadi disini yang harus anda lakukan adalah me-restore semuanya kedalam versi yang standard. Setelah itu anda pun akan memperoleh kemudahan untuk mengatur semuanya dari awal lagi. Anda juga bisaa mengelola website dengan mudah dan tepat nantinya. Untuk bisa menerapkan control yang tepat, sudah pasti ada beberapa hal yang harus anda perhatikan didalamnya. Hal ini akan mampu mengoptimalkan fungsi dari mx record tersebut nantinya.

Secara signifikan mx record memang mampu berfungsi optimal memberi tau domain anda dimana sebaiknya mendapatkan lokasi yang tepat untuk menerima email. Mx record akan menjadi sebuah pertolongan yang pas jika anda paham dengan cara setting mx record yang signifikan tersebut.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.