Cara Setting DNS Melalui cPanel Dengan Mudah
Blog Tips Keren

Cara Setting DNS Melalui cPanel Dengan Mudah

Cara setting DNS via cPanel tidaklah sulit. Dengan melakukan setting secara tepat, sudah pasti anda akan mampu mengoptimalkan fungsi dari website tersebut dengan mudah dan signifikan. Memang ada banyak sekali keuntungan yang akan bisa anda capai di dalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda bingungkan lagi. Yang jelas dan penting disini adalah bagaimana cara anda agar bisa menerapkan semuanya dengan tepat dan baik. Pada dasarnya sbeuah domain akan bisa diakses dengan mudah jika anda paham pengaturan dari settingan cPanel tersebut. DNS sendiri merupakan hal penting dan berkaitan dengan domain itu sendiri. Apabila anda melakukan kesalahan dalam hal penyetingan, maka itu akan berdampak website anda tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Jadi anda harus benar-benar tau bagaimana cara melakukan semuanya dengan baik.

Cara Setting DNS Via cPanel Mudah Dan Cepat

 

Cara Setting DNS Via cPanel Dengan Mudah
idwebhost

 

Hal pertama dalam cara setting DNS via cPanel yang bisa anda lakukan adalah dengan mengakses cPanel yang ada di website anda. Caranya adalah dengan masuk ke namadomainanda/cpanel. Disinilah nanti anda akan bisa masuk ke halaman cPanel yang sudah tersedia. Seperti biasanya anda hanya tinggal masukan saja username dan juga password dari website anda. Kemudian, nantinya anda akan mendapatkan kemudahan untuk mengakses Control Panel yang dibutuhkan oleh website anda. Hal tersebut pastinya akan lebih bermanfaat lagi nantinya.

Setelah anda masuk ke halaman domain, maka disini anda tinggal memilih kategori Domains yang ada didalamnya. Lalu yang harus anda lakukan tinggal memilih Advanced Zone Editor. Disinilah nantinya anda akan bisa melakukan kustomsasi terhadap DNS record yang anda inginkan dengan mudah. Setelah anda masuk ke bagian Advanced tersebut, maka anda hanya tinggal menuju ke langkah selanjutnya, yaitu memilih Record yang diinginkan. Disinilah nantinya anda akan mendapatkan beberapa tipe DNS yang bisa anda sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Hal ini jelas akan memberikan kepada anda manfaat yang lebih dahsyat dan juga luar biasa lainnya.

Ada beberapa opsi yang perlu anda perhatikan disini antara lain A record, yang mana merupakan catatan alamat yang memetakan nama host anda ke alamat IP-32 Bit. Disini tersedia untuk IPv4, yang mana pada bagian ini anda dapat mengisi sendiri dengan TTL atau Time To Live, kemudian diikuti dengan nama domain anda, lalu jangan lupa memasukan juga alamat IP Server anda. Jika semua sudah anda jalankan, maka silahkan saja langsung masuk ke langkah selanjutnya, yakni dengan memilih Add Record didalamnya.

Opsi Lain Yang Perlu Diperhatikan

 

Cara Setting DNS Via cPanel Dengan Mudah
idwebhost

 

Cara setting DNS via cPanel juga terkait dengan beberapa opsi lain yang perlu anda perhatikan didalamnya. Hal tersebut mencakup opsi AAAA record. Dimana didalamnya anda akan melihat sendiri catatan alamat IPv6 yang bsia anda sesuaikan dengan selera. Fungsinya adalah untuk memetakan nama host ke alamat IP 128 but atau dalam hal ini adalah IPv6. Sama seperti cara di atas, anda juga bisaa melakukannya dengan cara mengisi nama domain, kemudian diikuti dengan IPv6 server, dan juga nama domain anda didalamnya. Kemudian, setelah anda mengisinya maka yang harus anda lakukan adalah memilih add record untuk menyimpannya.

Ada juga opsi lain berupa CNAME record yang tidak boleh anda lupakan. Dalam hal ini anda bisa mencatat sendiri nama domain anda  yang di aliaskan didalamnya. Ini merupakan sebuah opsi yang penting apabila anda ingin benar-benar menemukan opsi yang tepat dan anda butuhkan didalamnya. Dengan pilihaan opsi yang tepat tersebut, maka akan lebih banyak yang bisaa anda capai didalamnya. Anda tinggal mengisikan saja dengan anma domain anda, kemudian diikuti dengan mengisi TTL, lalu jangan lupa mengisi CNAME atau nama domain yang dialiaskan yang anda kehendaki. Jika sudah selesai semua, maka anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yakni memilih Add record.

Setelah tahapan ini selesai, anda bisa masuk ke langkah selanjutnya, yakni dengan memilih sendiri mana opsi yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Jangan salah dalam melakukan pemilihan tersebut. Kemnudian, untuk opsi lainnya adalah SRV record. Dalam hal ini anda bisa mengisi nama domain dan juga Weight, Port, dan Priority yang tersedia pada website anda. Lalu jangan lupa memilih Target alamat server yang anda inginkan didalamnya. Jika semua sudah anda pilih maka sama seperti sebelumnya, anda hanya tinggal memilih Add Record saja.

Perhatikan Pula Catatan TXT

 

Cara Setting DNS Via cPanel Dengan Mudah
idwebhost

 

Jangan lupa juga dengan opsi Catatan TXT. Ini adalah sebuah fitur yang akan mengijinkan kepada administrator untuk memasukan data acak ke catatan DNS. Dari sinilah anda bisa menggunakan spesifikasi Sender Policy Framework didalamnya. Dalam hal ini, anda bisa mengisi nama domain anda, kemudian isi pula TTL yang ada pada path server. Lalu jika semua sudah anda isi, maka langsung saja masuk ke tahapan yang selanjutnya, yakni dengan memilih Add Record yang tersedia didalamnya.

Jika semua sudah anda lakukan, maka anda akan melihat sejumlah catatan record yang tersedia pada bagian bawahnya. Pada catatan record itulah, anda bisa melakukan pengeditan, penghapusan, dan lain sebagainya. Jika anda ingin melakukan pengeditan, maka anda hanya tinggal memilih menu edit saja. Kalau anda ingin melakukan penghapusan, tinggal pilih saja menu delete yang tersedia.

Baca Juga: Penting! Ini Dia Yang Dimaksud Dengan Blog!

Dengan menerapkan cara yang tepat dalam cara setting DNS via cPanel tersebut, maka anda pun akan bisa melakukan kustomisasi terhadap web atau situs yang anda miliki dengan mudah. Apabila anda hendak melakukan pengaturan ke server hosting didalamnya, anda akan bebas melakukannya dengan mudahnya. Inilah yang akan mampu memberikan kepada anda banyak manfaat yang sangat luar biasa. Dengan menerapkan cara yang tepat tersebut, sudah pasti akan semakin banyak yang bisa anda dapatkan dan manfaatkan didalamnya. Inilah yang pastinya akan memberikan anda keuntungan tersendiri.

Kesimpulan

Cara setting DNS via cPanel  memang tidaklah susah. Dengan menerapkan metode yang tepat, anda pun akan bisa lebih mudah untuk melakukan settingan tersebut kapan saja dan dimana saja anda mau. Hal ini pastinya juga akan memberikan manfaat yang lebih jelas dan besar dari sebelumnya.  Tidak ada lagi yang perlu anda cemaskan karena kini anda akan mampu memanfaatkan semua yang ada di Control Panel guna mendapatkan semua kegunaan dan manfaat yang lebih besar dan banyak tersebut. Sudah pasti anda pun akan lebih banyak memperoleh manfaat maksimal lainnya. Dengan cara tersebut akan lebih banyak yang bisa anda dapatkan dari cara setting DNS via cPanel ini. Anda kini akan bisa membuat website anda menjadi lebih baik dan optimal dibandingkan dengan sebelumnya. Anda akan merasakan semua manfaat tersebut sekarang juga anda inginkan.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.