Cara Setting All in One SEO Pack WordPress Terbaru

8 Mar 2022
Cara Setting All in One SEO Pack WordPress Terbaru

Sudah menjadi harapan para pemilik website untuk menaikkan situsnya pada peringkat pertama agar traffic website juga meningkat. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan terus menerus membuat konten yang menarik. Bukan hanya menarik di mata audiens, tetapi juga menarik di mata mesin pencari Google dengan mengoptimasi SEO (Search Engine Optimization). Nah, bagi Anda yang menggunakan platform WordPress, Anda dapat memanfaatkan bantuan plugin. Salah satunya adalah All in One SEO Pack.

Sama halnya dengan plugin SEO lain yang ada di WordPress, All in One SEO Pack juga dapat membantu Anda untuk mengoptimasi SEO konten agar terindeks oleh Google. Fitur-fitur yang terdapat dalam plugin All in One SEO Pack ini juga dinilai lengkap untuk mengoptimasi SEO. Anda dapat melakukan setting All in One SEO Pack ini dengan mudah di WordPress. Simak penjelasan mengenai plugin All in One SEO Pack lengkap dengan cara setting-nya berikut ini.

Mengapa Anda Memerlukan Plugin SEO untuk WordPress

Plugin All in One SEO Pack WordPress

All in One SEO Pack atau biasa dikenal dengan AIOSEO adalah salah satu plugin dan toolkit untuk mengoptimasi SEO dari setiap konten di website dalam platform WordPress. Plugin All in One SEO Pack ini memiliki fitur yang lengkap untuk mengatur berbagai indikator Search Engine Optimization. Mulai dari keyword, meta title, meta description untuk mengoptimasi konten, hingga pengaturan lain seperti schema markup, dan sitemap agar terindeks oleh mesin pencari.

Plugin AIOSEO ini merupakan salah satu plugin terpopuler di WordPress yang telah digunakan lebih dari 3 juta website. Bukan hanya karena fiturnya yang lengkap saja dalam optimasi SEO, tetapi juga penggunaannya yang mudah. Fitur seperti schema markup, sitemap, robots generatior, dan keyword analysis dapat memudahkan Anda untuk mengoptimasi mesin pencari. Bukan hanya bekerja untuk mesin pencari Google saja, All in One SEO Pack juga dapat mengoptimasi mesin pencari lainnya.

Sebetulnya, Anda dapat membuat konten di websites tanpa plugin seperti All in One SEO Pack dengan tetap menerapkan beberapa kaidah SEO semampu Anda. Akan tetapi, penggunaan plugin seperti All in One SEO Pack pada WordPress dapat membantu Anda untuk mengoptimasi konten dan juga website Anda pada mesin pencarian. Sehingga, nantinya mesin pencari seperti Google dan Bing dapat mengindeks setiap konten website dengan lebih maksimal dan dapat menaikkan traffic dari website Anda.

Pengertian All in One SEO Pack

Cara Setting All in One SEO Pack di WordPress

Setelah mengenal sedikit tentang plugin All in One SEO Pack, selanjutnya Anda dapat mencoba plugin ini pada WordPress website Anda. Plugin All in One SEO Pack ini memiliki dua versi yang dapat Anda instal sesuai dengan kebutuhan. Terdapat versi basic dan juga versi premium plugin AIOSEO. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk setting All in One SEO Pack di WordPress website Anda.

Plugin All In One SEO Pack

1. Install Plugin All In One SEO Pack

Sebelum Anda memulai setting plugin SEO ini, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menginstal plugin All in One SEO Pack. Plugin ini dapat Anda instal secara gratis maupun berbayar untuk plugin premium. Akan tetapi, plugin All in One SEO Pack versi basic yang dapat diunduh secara gratis ini sudah memiliki fitur yang cukup untuk mengoptimasi SEO. Anda dapat menginstal plugin AIOSEO versi gratis dengan mengikuti langkah berikut.

  • Masuk ke dashboard admin WordPress.
  • Pilih menu ‘Plugins’.
  • Klik ‘Add New’.
  • Ketik ‘All in One SEO’ pada kolom pencarian untuk mencari plugin All in One SEO Pack.
  • Setelah plugin All in One SEO Pack muncul, silahkan klik ‘Install Now’.
  • Tunggu proses hingga selesai.
  • Setelah selesai, klik ‘Activate’ untuk mengaktifkan plugin SEO pada WordPress Anda.

Cara Setting All in One SEO Pack

  1. Masuk ke General Settings All in One SEO Pack

Setelah plugin SEO selesai terinstal, selanjutnya Anda dapat melakukan setting untuk All in One SEO Pack di WordPress Anda. Langkah pertama yang Anda lakukan untuk setting plugin SEO ini adalah mengatur bagian General Settings. Silahkan Anda memasuki bagian General Settings di All in One SEO Pack pada dashboard WordPress. Setelah itu, silahkan atur bagian General Settings seperti dibawah ini.

  • Canonical URLs, silahkan aktifkan bagian ini dengan memberi centang untuk menghindari masalah penalty dari pihak Google atas konten yang sama dengan URL yang berbeda.
  • No Pagination for Canonical URLs, silahkan aktifkan bagian ini dengan memberi centang untuk menghapus pagination yang berasal dari canonical URLs.
  • Enable Custom Canonical URLs, silahkan kosongkan bagian ini jika Anda tidak ingin menambahkan kolom untuk meng-custom canonical pada halaman editor.
  • Set Protocols for Canonical URLs, silahkan atur bagian ini menjadi Auto.
  • Use Original Title, silahkan atur bagian ini menjadi Disabled jika Anda tidak mengalami permasalahan terkait template ataupun plugin tentang tag judul.
  • Use Schema.org Markup, silahkan aktifkan bagian ini untuk mendapatkan informasi terkait keperluan search engine dalam menampilkan ’Rich Snippets’ pada SERP (Search Engine Result Page).
  • Log Important Events, silahkan kosongkan bagian ini jika Anda tidak menginginkan untuk log plugin lainnya.
  1. Home Page Settings

Bila bagian General Settings All in One SEO Pack telah selesai Anda atur, selanjutnya Anda dapat mengatur bagian Home Page Settings. Pada bagian Home Page Settings ini berisi pengaturan terkait dengan halaman dari website bisnis Anda. Terdapat dua bagian yang harus Anda isi yaitu Home Title (judul website) dan juga Home Description (deskripsi website). Untuk memahami lebih baik, silahkan ikuti penjelasan dibawah ini.

  • Home Title, bagian ini merupakan SEO Meta Title home page dari website Anda yang akan muncul pada bagian Tab Browser saat situs diakses oleh pengunjung. Silahkan Anda isi bagian judul website dengan panjang tidak lebih dari 60 karakter.
  • Home Description, bagian ini merupakan deskripsi dari website Anda dengan mengandung keyword utama yang tampil pada search engine. Silahkan Anda isi dengan deskripsi singkat yang mengandung keyword Pastikan panjang deskripsi tidak lebih dari 160 karakter.
  1. Title Settings

Sesudah Anda selesai mengatur bagian Home Page Settings, selanjutnya silahkan Anda atur bagian Title Settings All in One SEO Pack. Pada bagian ini Anda akan mengatur terkait pengaturan untuk judul setiap konten yang ada di website Anda agar dapat dioptimasi. Untuk lebih memahami, silahkan ikuti pengaturan dibawah ini.

  • Rewrite Titles, silahkan atur bagian ini menjadi Enables agar Anda dapat melakukan modifikasi judul dari setiap konten di website
  • Capitalize Titles, silahkan aktifkan bagian ini agar judul dari setiap konten Anda dapat diubah.
  • Home Page Title Format, silahkan atur bagian ini menjadi ‘%page_title%’ untuk mengubah format dalam page title.
  • Title Format, silahkan atur bagian ini menjadi ‘%post_title%’.

Fitur unggulan dari All in One SEO Pack

  1. Custom Post Type Settings All in One SEO Pack

Bagian selanjutnya yang harus Anda setting dalam All in One SEO Pack adalah Custom Post Type Settings. Terdapat beberapa bagian yang harus Anda atur dalam Custom Post Type Settings ini terkait dengan optimasi SEO website Anda. Ikuti cara pengaturan Custom Post Type Settings dibawah ini.

  • SEO for Custom Post Types, silahkan atur bagian ini menjadi Enabled agar plugin All in One SEO Pack dapat bekerja dengan setiap custom post types yang terdapat dalam website
  • SEO on Only These Post Types, silahkan pilih ‘Post’ dan ‘Pages’ untuk mengaktifkan plugin All in One SEO Pack pada kedua laman tersebut.
  • Enable Advanced Options, silahkan atur bagian ini menjadi Enabled untuk melakukan konfigurasi pada format title tags.
  • Custom Titles, silahkan aktifkan bagian ini sesuai dengan bagian Enable Advanced Options.
  1. Display Settings

Selanjutnya, silahkan atur bagian Display Settings untuk plugin All in One SEO Pack. Pada bagian ini hanya terdapat satu hal yang harus Anda atur yaitu Show Column Labels for Custom Post Types. Silahkan Anda pilih ‘Posts’ dan ‘Pages’ agar pengaturan SEO title, keywords, dan description dapat muncul pada bagian tersebut.

Baca juga: Plugin SEO WordPress Yoast Vs All in One, Mana Yang Terbaik?

Kelebihan dan kekurangan All in One SEO Pack

  1. No Index Settings

Bagian selanjutnya yang harus Anda atur dalam plugin All in One SEO Pack yaitu No Index Settings. Bagian ini berguna dalam pencegahan Google atau mesin pencari lainnya untuk mengindeks konten ataupun link di website Anda yang mengarah pada website lainnya. Silahkan Anda aktifkan pada bagian Tag Archive, Search Page, 404 Page, dan juga Paginated Post/ Page.

  1. Advanced Settings

Bila Anda telah selesai mengatur bagian No Index Settings, selanjutnya Anda juga harus mengatur bagian Advanced Settings. Terdapat beberapa bagian yang harus Anda aktifkan sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini pengaturan untuk bagian Advanced Settings plugin AIOSEO yang dapat Anda ikuti.

  • Auto Generate Descriptions, silahkan aktifkan bagian ini agar plugin SEO dapat membuat description konten dalam website Anda secara otomatis.
  • Remove Descriptions for Paginated Pages, silahkan Anda kosongkan bagian ini bila Anda tidak ingin menghapus deskripsi meta dari laman pagination.
  • Never Shorten Long Descriptions, silahkan Anda kosongkan bagian ini jika Anda ingin membatasi panjang deskripsi.
  1. XML Sitemap Settings

Bagian terakhir yang harus Anda setting dari plugin All in One SEO Pack adalah XML Sitemap Settings. Sebetulnya, Anda dapat berhenti pada Advanced Settings lalu melakukan penyimpanan dengan update options. Tetapi, Anda dapat mengatur bagian ini untuk fitur sitemap dalam All in One SEO Pack agar Google dapat menemukan setiap konten yang Anda buat dengan mengikuti pengaturan dibawah ini.

  • Filename Prefix, silahkan atur bagian ini menjadi Sitemap.
  • Notify Google, silahkan aktifkan bagian ini untuk mesin pencarian Google.
  • Notify Bing, silahkan aktifkan bagian ini untuk mesin pencarian Bing.
  • Schedules Updates, silahkan atur bagian ini menjadi No Schedules.

Kesimpulan

All in One SEO Pack adalah salah satu plugin SEO di WordPress yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengoptimasi SEO dari website Anda. Bukan hanya mengoptimasi SEO dari setiap konten yang Anda tayangkan, tetapi juga dapat mengoptimasi mesin pencari agar dapat mengindeks konten dan aktivitas website Anda lebih baik. Ada banyak fitur yang dapat Anda gunakan dalam plugin SEO ini baik dalam versi basic yang gratis maupun premium yang berbayar.

Agar setiap konten Anda semakin maksimal untuk meningkatkan traffic dan konversi, Anda juga harus melakukan optimasi terhadap website Anda. Salah satunya yaitu dengan menggunakan jasa hosting website dari IDwebhost agar website Anda terus berjalan. Dapatkan juga domain gratis maupun domain murah agar Anda dapat menggunakan lebih banyak plugin di WordPress.

 

 

Penulis
Member since 2 Jul 2013