Cara Scan Barcode Paling Mudah: Cari Tahu Yuk!

29 Feb 2024
Cara Scan Barcode Paling Mudah: Cari Tahu Yuk! campaign-unlimited

Kini kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan barcode dalam kehidupan sehari-hari, kan? Barcode telah dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai akses, seperti ke katalog produk, buku menu, hingga link pendaftaran tertentu. Sudah tahukah kamu cara scan barcode, yang mudah?

Meskipun penggunaan barcode dapat memudahkan akses, jika kamu tidak bisa memindainya dengan praktis maka kamu juga tetap akan kesulitan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memindai QR code yang paling praktis, biar kamu nggak repot. Yuk, simak pembahasan kami berikut!

Apa Itu Scan Barcode?

Sebenarnya, apa sih scan barcode itu? Sederhananya, scan barcode adalah proses pemindaian kode untuk mengakses konten tertentu. Barcode merupakan sistem penandaan menggunakan pola tertentu, yang dapat dibaca oleh mesin untuk mengidentifikasi informasi tertentu. Cara scan barcode pada dasarnya cukup umum.

Untuk memindai kode pada kemasan makanan atau produk toko lainnya, biasanya diperlukan alat pemindai yang sering ditemui pada bagian kasir. Alat ini berguna untuk memindai pola dan membaca NSC kode atau Number System Code.

Sementara, di versi yang lebih advanced, QR Code adalah barcode yang telah dikembangkan untuk dapat berfungsi secara optimal. QR Code atau Quick Response Code merupakan versi dari barcode yang kini banyak digunakan di sekitar kita, untuk dapat dipindai secara praktis.

Ini merupakan barcode yang biasanya kamu dapat temukan di kasir, untuk menggunakan metode pembayaran virtual. Di tempat makan atau lokasi wisata, QR Code juga kerap digunakan sebagai shortcut menuju katalog menu atau halaman reservasi, yang bisa dipindai dengan ponsel saja.

Manfaat QR Code

Sebelum menuju ke pembahasan cara scan barcode, kamu perlu tahu bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan QR Code. Apalagi jika kamu adalah seorang pelaku bisnis, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

1. Mempercepat Proses Transaksi

Menggunakan barcode dapat membantu proses transaksi dengan lebih efektif. QR Code yang dicetak pada setiap produk dapat mempermudah proses input data, sehingga proses tidak perlu dilakukan secara manual.

Mengingat proses manual sering kali menimbulkan banyak risiko, seperti kesalahan dalam mengetik kode, penggunaan QR code tentu bisa membantu untuk meminimalisirnya. Dengan begitu, proses transaksi dapat berjalan efektif dengan risiko yang minim.

2. Pencarian Data yang Lebih Akurat

Di samping mempercepat proses transaksi, QR code juga membantu pencarian data yang lebih akurat. Hal ini memungkinkan dengan adanya bilangan UPC atau Universal Product Code. Menggunakan bilangan ini dapat mengidentifikasi jenis dari produk dengan kode tersebut.

Alhasil, setiap produk dapat teridentifikasi dengan lebih cepat dan akurat sesuai dengan pengaturan bilangan UPC yang diberikan. Secara keseluruhan, hal ini dapat meningkatkan kinerja dari karyawan, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat dan minim kesalahan.

3. Bisa Digunakan untuk Berbagai Keperluan

Kamu harus mengetahui cara scan barcode, karena penggunaan barcode sangat fleksibel untuk berbagai keperluan. Selain untuk dilekatkan pada produk-produk di toko, barcode juga bisa digunakan untuk keperluan identifikasi obat-obatan di apotik, membantu inventory, atau untuk keperluan asset tracking.

4. Mengurangi Biaya

Kemudahan yang ditawarkan oleh penggunaan barcode pada akhirnya dapat membantu bisnis untuk meningkatkan efisiensi. Kamu dapat menghemat biaya dalam proses transaksi menggunakan barcode. Apalagi sekarang QR code sudah semakin umum digunakan dan bisa dipindai dengan ponsel saja.

Cara Scan Barcode

Nah, akhirnya sampai juga pada pembahasan cara memindai QR code. Untuk memindai QR code, kamu dapat menggunakan ponsel dengan bantuan situs maupun aplikasi pemindai. Ayo, ikuti penjelasan langkah-langkah selengkapnya!

1. Scan Barcode dengan Google

Pertama, kami akan menjelaskan bagaimana melakukan scan barcode dengan bantuan Google. Cara ini bisa kamu praktikkan dengan hp android maupun iPhone. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

   – Buka aplikasi Google pada perangkat android atau iOS.

   – Ketuk ikon kamera di kolom pencarian atau masukkan “scan barcode” di kolom pencarian teks dan tekan tombol pencarian.

   – Selanjutnya, arahkan kamera perangkat ke kode barcode yang ingin dipindai.

   – Tunggu beberapa saat, maka Google akan mendeteksi dan mengenali informasi dari barcode tersebut.

2. Scan Barcode dengan Web QR

Selain menggunakan bantuan Google, kamu juga bisa memindai kode dengan situs pemindai gratis. Kamu bisa menemukan banyak pilihan situs pemindai barcode online di internet. Adapun penjelasan langkah-langkahnya sebagai berikut:

   – Buka situs web QR code scanner di browser perangkatmu.

   – Pastikan untuk memberikan izin pada situs pemindai, untuk mengakses kamera perangkat.

   – Berikutnya, arahkan kamera perangkat ke kode barcode.

   – Tunggu agar situs memindai dan menampilkan informasi yang terdapat dalam barcode tersebut.

3. Scan Barcode dengan Google Assistant

Jika kamu terbiasa menggunakan Google Assistant, maka memindai barcode bisa jadi lebih mudah lho. Berikut langkah-langkahnya:

   – Aktifkan Google Assistant dengan perintah suara atau melalui tombol khusus, sesuai perangkat yang digunakan.

   – Berikan instruksi dengan menyebutkan “Scan barcode” atau “Buka pemindai barcode.”

   – Selanjutnya, Google Assistant akan membukakan pemindai barcode.

  –  Arahkan kamera perangkat untuk memindai kode.

  – Berikutnya, Google Assistant akan memproses gambar dan mencoba mengenali informasi yang dalam barcode.

4. Scan Barcode dengan Hp Android

Terkadang, beberapa hp android tidak dilengkapi dengan pemindai barcode otomatis pada kameranya. Jika kamu juga mengalami hal demikian, maka kamu bisa menggunakan aplikasi pemindai QR code. Umumnya langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi tersebut, meliputi:

   – Unduh dan instal aplikasi pemindai barcode dari Google Play Store.

   – Jika sudah, buka aplikasi pemindai tersebut untuk mulai memindai kode.

   – Berikan izin akses kamera ke aplikasi untuk memindai kode.

– Arahkan kamera perangkat ke kode barcode.

   – Selanjutnya, aplikasi akan mengidentifikasi dan menampilkan informasi terkait.

5. Scan Barcode dengan iPhone

Berbeda dengan ponsel Android, iPhone telah dibekali dengan pemindai barcode pada semua versi perangkatnya. Adapun cara mengoperasikannya sebagai berikut:

   – Buka aplikasi kamera di iPhone.

   – Berikutnya, langsung saja arahkan kamera ke kode barcode.

   – Kamera akan mendeteksi barcode dan menampilkan notifikasi dengan tautan atau informasi terkait.

   – Tekan atau klik link yang ditampilkan untuk diarahkan menuju konten dalam barcode.

Demikian ulasan tentang cara scan barcode yang paling mudah dan praktis. Kamu bisa memanfaatkan kemudahan ini untuk mengakses berbagai konten atau mempersingkat tahapan tertentu dalam proses transaksi.

Akan tetapi, mengingat kini ancaman peretasan dan serangan siber lainnya cukup marak, pastikan untuk lebih berhati-hati. Jangan sembarangan memindai atau mengakses link yang tidak diketahui isinya, ya.

Jika kamu juga peduli dengan keamanan website, pastikan untuk menggunakan dukungan hosting terbaik dari IDwebhost! Dilengkapi dengan sertifikat SSL, kamu bukan hanya bisa melindungi transaksi dalam website tapi sekaligus meningkatkan reputasi bisnis. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022