Bagaimana Cara Remote VPS Hosting Melalui SSH
Blog Hosting Guru Bagaimana Cara Remote VPS Hosting Melalui SSH

Bagaimana Cara Remote VPS Hosting Melalui SSH

Jika selama ini Anda pernah berkecimpung di dunia website dan hosting, pasti pernah mendengar istilah bernama VPS. VPS, alias Virtual Private Server adalah tipe sebuah server yang menggunakan teknologi virtual untuk membagi hardware server fisik menjadi beberapa server virtual untuk di hosting pada infrastruktur fisik yang sama. Menggunakan VPS lebih powerful dibandingkan dengan hosting biasa. Anda bisa mengubah sistem operasi server, dan konfigurasi dasar sesuai dengan kebutuhan website. Karena itu, artikel ini akan membagikan pada Anda salah satu isu menarik di VPS, yaitu bagaimana cara remote VPS. Lebih tepatnya adalah cara remote VPS menggunakan Terminal maupun Putty via SSH.

Remote VPS adalah?

Remote VPS dapa dilakukan melalui akses SSH ke server. Pada dasarnya, ramote VPS via SSH sama halnya dengan mengakses SSH ke hosting. Jika Anda adalah pengguna sistem operasi Linux, Anda dapaat menggunakan Terminal. Sedangkan kalau Anda adalah pengguna Windows bisa menggunakan software bernama PuTTy. Remote VPS sangat berguna jika Anda adalah orang yang senang melakukan perubahan konfogurasi dan pengaturan di virtual server, sesuai dengan kebutuhan website. Selayaknya server milik sendiri, Anda dapat melakukan istalasi sekendak hati. Melihat fungsinya yang powerful seperti itu, masihkah Anda tidak tertarik? Lalu, seperti apa cara melakukan remote VPS?

Cara Remote VPS

Terdapat dua cara untuk melakukan remot VPS menggunakan SSH. Seperti uraian diatas, apabila Anda menggunakan Linux, Anda bisa menggunakan Terminal Linux. Sedangkan jika Anda adalah pengguna Windows, software PuTTY bisa menjadi pilihan. Selanjutnya akan dijelaskan tentang bagaimana cara melakukan remote VPS menggunakan kedua software tadi.

Menggunakan Terminal Linux

Terminal sering disebut sebagai command prompt atau shell. Bekerja menggunakan baris perintah bukanlah pekerjaan yang sulit. TIdak perlu pengetahuan atau skil pemrograman tingkat lanjut untuk menyelesaikan tugas menggunakan baris perintah ini. Anda hanya harus sedikit teliti saat melakukannya.

Cara Remote VPS

Begitupun cara remote VPS sangat bisa untuk dilakukan. Anda hanya membuthkan terminal atau console Linux yang telah terinstal OpenSSH, memiliki akses internet yang memadai dan IP address VPS, Anda sudah bisa melakukan remote VPS dari mana saja dan kapan saja. Beberapa hal yang harus Anda persiapkan antara lain;

  1. Akses internet
  2. Terminal/Console Linux yang telah terinstal software OpenSSH.
  3. Informasi IP Address VPS. Informasi IP address VPS ini bisa Anda lihat di bagian client area. Pilih menu Service, kemudian pilih VM Anda. Klik tab Overview lalu akan muncul hostname, IP Address dan status VPS.

 

Cara remote VPS dengan SSH melalui terminal linux sebagai berikut

  • Buka terminal lalu tuliskan IP address yang tertera pada informasi tersebut.
  • Tunggulah beberapa saat. Ketika pertama kali akan melakukan remote, server akan terlebih dahulu melakukan sinkronisasi RSA Key. Lalu ketikkan “yes” kemudian tekan enter.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan password. Silakan tuliskan password VPS yang Anda miliki. Karena sifatnya adalah hidden password, pada saat memasukkan password VPS, password tersebut tak akan Nampak. Jangan khawatir, teruslah menulis password Anda hingga selesai. Baru kemudian tekan Enter.
  • Tunggu beberapa saat, maka Virtual Private Server Anda telah berhasil untuk diremote menggunakan SSH.
  • Setelah berhasil melakukan remote pada VPS, Anda bisa melakukan apapun terhadap server tersebut. Misalnya saja melakukan pemantauan jalannya aktivitas lalu lintas data ataupun memeriksa komponen server itu sendiri.

Anda juga bisa melakukan remote VPS via SSH dengan hak akses sebagai root. Caranya pun hampir mirip, cukup dengan menuliskan SSH root@[IP Address VPS]. Harap diingat bahwa inilah hak akses tertinggi. Jadi pastikan Anda melakukannya dengan sangat hati-hati dan teliti.

Menggunakan software PuTTY

Bagi Anda pengguna sistem operasi Windows, tak perlu khwatir. Anda tetap bisa melakukan remote VPS via SSH dengan menggunakan software bernama PuTTY.  Sekilas tentang PuTTY. PuTTY adalah aplikasi open source yang memanfaatkaan protocol jaringan SSH dan juga Telnet. PuTTY memanfaatkan protocol tersebut untuk mengaktifkan sesi remote pada computer.

Karena itu tak heran PuTTY banyak digunakan oleh para pemilik server untuk berkomunikasi dengan servernya menggunakan command teks untuk menjalankan perintah tertentu. PuTTY dapat digunakan untuk membuat koneksi SSH antara client dan server.

Cara Remote VPS

Untuk membuat koneksi menggunakan PuTTY, persiapkan beberapa hal berikut;

  1. Akses internet yang memadai
  2. Software PuTTY. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunduhnya di laman resmi PuTTY.
  3. Silakan klik “Here” untuk mendownload PuTTY.
  4. Lakukan instalasi hingga muncul logo PuTTY.
  5. IP Address VPS. Informasi mengenai IP Address VPS bisa Anda lihat di client area. Pilih menu service lalu pilih VM Anda. Klik tab Overview, lalu akan muncul Hostname, IP Address, dan status VPS.

Cara Remote VPS

Lalu bagaimana cara meremote VPS dengan SSH menggunakan PuTTY?

  1. Bukalah software PuTTY. Pada bagian hostname silakan tulis IP Addess dari VPS anda. Lalu pada bian port, isikan angka 22. Kemudian pada bagian connection Type, pilih SSH. Lalu klik Open. Untuk konfigurasi lainnya, Anda bisa membiarkannya untuk tersettingsecara default.
  2. Biasanya ketika pertama kali akan melakukan remote VPS, maka server akan melakukan singkronisasi SSH RSA Key terlebih dahulu. Hal ini umumnya bertujuan untuk keperluan keamanan. Silakan klik “yes”.
  3. Kemudian tuliskan login sebagai siapa. Untuk bisa melakukan konfigurasi secara lebih leluasa, Anda bisa login sebagai root atau super user. Untuk itu tuliskan root kemudian tekan enter. Lalu masukkan password VPS. Karena sifatnya adalah hidden password, pada saat memasukkan password VPS, maka password Anda tidak akan tampak. Tetap teruskan menulis password VPS hingga selesai, kemudian tekan enter.
  4. Tunggu sebentar, dan VPS Anda yang bersistem operasi Windows berhasil diremote menggunakan SSH.

Kesimpulan

Itulah tadi langkah dan cara remote VPS. Remote VPS bisa dilakukan dengan dua software diatas, tergantung sistem operasi apa yang Anda gunakan. Jika Anda adalah pemakai Linux, Anda bisa menggunakan Terminal Linux. Sedangkan jika menggunakan Windows, PuTTY adalah pilihan yang tepat. Bila Anda ingin melakukan remote VPS sondiri namun masih belum percaya diri, jangan ragu untuk tim support jasa hosting dimana Anda berlangganan. IDwebhost memiliki jasa hosting terbaik dengan harga murah siap membantu Anda untuk mengembangkan diri dengan go online. Semoga bermanfaat.

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis