Cara Remote MySQL Yang Tepat
Blog Tips Keren

Cara Remote MySQL Yang Tepat

Cara remote MySQL memberikan kemudahan bagi anda untuk melakukan remote host dari server yang berbeda. Dengan cara ini tentu anda akan bisa mengizikan shopping chart atau beberapa aplikasi seperti guestbook di server lain guna mengakses database yang ada di dalam web utama anda. Dalam beberapa kebutuhan, tentu hal ini juga akan perlu anda lakukan. Cara penerapannya juga tidak sesusah yang anda bayangkan. Berikut ini adalah beberapa cara remote MySQL yang bisa anda terapkan dengan metode dan konsep yang sederhana ada di dalamnya.

Beberapa Hal Yang Anda Butuhkan

 

Cara Remote MySQL Yang Tepat
idwebhost

 

Cara remote MySQL juga memerlukan beberapa persiapan yang signifikan, antara lain adalah anda harus memiliki akses ke cPanel hosting. Kemudian alamat IP atau nama domain yang digunakan untuk mengakses database MySQL nantinya harus sesuai dengan yang anda butuhkan di dalamnya. Hal ini akan memudahkan anda untuk melakukan tahap lanjutan yang dibutuhkan. Sudah siap untuk melakukan penerapannya? Simak beberapa cara yang ada di bawah ini terlebih dahulu.

Cara Remote MySQL dengan Fitur Remote MySQL

Cara remote MySQL yang pertama adalah dengan login ke menu cPanel anda terlebih dahulu. Lalu anda hanya tinggal membuka fitur yang bernama Remote MySQL yang ada di halaman database yang anda gunakan. Disini pada penerapannya akan lebih banyak keuntungan yang anda dapatkan. Di halaman database tersebut, anda akan menemukan beberapa fitur yang istimewa dan bisa anda gunakan dengan mudah. Fitur tersebut antara lain adalah phpMyAdmin, MySQL Databases, dan juga MySQL DatabaseWizard. Untuk kali ini pilih menu Remote sesuai dengan keperluan diatas. Kemudian, tahap selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah dengan memberikan izin kepada remote server guna mengakses database yang anda gunakan.

Hal ini dalam cara remote MySQL penerapannya juga sangat mudah yaitu hanya tinggal memasukan alamat IP dan juga host name yang anda gunakan dari web ataupun melalui server lain yang tersedia pada kolom host. Anda juga harus memasukan alamat IP public anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. Kalau mau mengecek terlebih dahulu mengenai akses host anda sudah ber-status allowed untuk digunakan atau tidak maka anda bisa masuk ke halaman whatismyipaddress terlebih dahulu. Disini nantinya anda akan disuruh memasukan nomor host anda. Setelah itu tinggal memilih add host untuk mendapatkan notifikasi lanjutan.

 

Cara Remote MySQL Yang Tepat
idwebhost

 

Notifikasi lanjutan tersebut nantinya akan bertuliskan bahwa host yang anda masukan sudah ditambahkan kedalam akses list. Disini disimbolkan dengan kolom berwarna hijau dan ada tanda centang yang bisa anda temukan didalamnya. Satu hal penting yang harus anda pahami dalam memasukan IP dari server anda tersebut adalah sebetulnya anda bisa mengunakan semua karakter dengan simbol khusus. Misalnya anda ingin menambahkan karakter % di dalamnya. Maka tinggal tambahkan saja karakter tersebut. Semua itu akan bisa anda atur dengan sendirinya sesuai selera. Jadi tidak ada yang perlu anda bingungkan lagi dalam memilih hal tersebut.

Cara Remote MySQL Melalui Desktop Menggunakan Navicat

Cara remote MySQL akan bisa anda terapkan dengan mudah menggunakan program yang bernama Navicat. Pastinya anda sudah tau dengan program yang satu ini. Program ini akan memberikan kemudahan bagi anda dalam rangka melakukan remote dengan lebih mudah, cepat dan tidak ribet. Setelah anda mendapatkan instalasi-nya, silahkan anda segera menginstall program yang satu ini di desktop anda. Tunggu sampai proses instalasi selesai dan buka program yang satu ini. Usai anda membukanya maka nantinya anda akan menemukan menu bernama Connection MySQL. Dari menu tersebut, anda akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan solusi yang terbaik yang anda butuhkan.

Cara remote MySQL yang selanjutnya adalah memasukan kolom yang ada didalamnya dengan isian password dan juga username yang anda butuhkan. Pada bagian General akan muncul beberapa kolom yang signifikan seperti connection name, host name atau IPĀ  Address, port, kemudian ada juga user name dan password yang anda butuhkan didalamnya. Jangan lupa simpan informasi penting yang anda butuhkan di notepad agar bisa mendapatkan semua keuntungan yang anda inginkan dengan mudah. Satu hal yang pasti, anda juga tidak boleh lupa untuk mengetes terlebih dahulu koneksi yang ada didalamnya. Caranya yakni dengan menggunakan tombol test connection yang ada di dalamnya. Apabila koneksi sudah berhasil maka anda pun akan bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan.

 

Cara Remote MySQL Yang Tepat
idwebhost

 

Baca Juga: Tutorial Migrasi Blogspot Ke WordPress Yang Benar

Untuk bisa melakukan tes koneksi anda hanya tinggal memilih kolom bertuliskan test connection yang ada di bagian bawahnya. Kemudian, jika sukses maka akan terdapat pop up dengan tulisan Connection Successful yang terdapat didalamnya. Dengan cara ini maka semakin banyak manfaat signifikan yang akan mampu anda peroleh didalamnya. Kemudahan tersebut pastinya akan mampu anda capai dengan segera dan pasti. Jadi anda tidak perlu bingung dan juga repot lagi dalam menerapkannya. Setelah itu anda bisa masuk ke tahap selanjutnya, yakni dengan masuk ke pengaturan table data pada database anda.

Masukan Nama Koneksi

Kemudian, disini yang harus anda lakukan hanyalah tinggal memasukan nama koneksi yang ada di dalamnya. Kemudian pilih tes. Sesudah itu anda akan bisa melakukan cara remote MySQL dengan mudah.

Jangan Lupa Hapus Akses Remote Server Ke Database Anda

 

Cara Remote MySQL Yang Tepat
idwebhost

 

Dalam cara remote MySQL yang tak kalah pentingnya adalah untuk tidak lupa dalam menghapus akses remote server yang ada di database anda. Dengan demikian, maka anda akan mampu memperoleh keuntungan dengan lebih banyak lagi. Kenapa hal ini harus anda lakukan? Pasalnya anda pasti ingin mencegah ada akses lain yang tidk dikenal yang ingin me-remote host anda, bukan? Jika sudah demikian, maka beberapa tahapan dibawah ini perlu anda terapkan.

Pertama anda hanya tinggal masuk ke bagian Manage Access Hosts. Kemudian, disini yang harus anda lakukan adalah memilih opsi Delete pada bagian IP Address dan juga nama host yang anda inginkan supaya hak akses remote-nya segera anda hapus. Dari sinilah awal mula dari cara remote MySQL tersebut bisa anda terapkan. Hal ini pastinya akan memudahkan anda dalam mendapatkan semua keuntungan yang signifikan dengan mudah didalamnya. Kemudian, anda hanya tinggal pilih saja tombol Remove Access Host yang ada didalamnya.

Kalau ternyata cara ini sudah berhasil maka selamat nantinya akan ada sebuah notifikasi pop up yang muncul dan bertuliskan bahwa IP yang anda masukan itu sudah terhapus dari access list yang tersedia. Kini anda sudah tahu dan memahami mengenai cara remote MySQL. Sudah saatnya anda mendapatkan semua kemudahan dan keuntungan besar yang akan bisa bebas anda capai didalamnya. Dengan menerapkan tahapan yang tepat dalam cara remote MySQL ini, sudah pasti keuntungan yang akan bisa anda dapatkan akan lebih banyak dan mudah dari sebelumnya.

Rizal

Rizal Aditya, writer yang terakhir bergelar sarjana Sastra Inggris ini bukan saja menyukai dunia menulis, tapi dia sudah menjadikannya sebagai pekerjaan. Rizal sudah berpengalaman menulis di berbagai media online sejak 6 tahun lalu.