Cara Promosi Produk di Bulan Puasa
Blog Digital Marketing Cara Promosi Produk di Bulan Puasa

Cara Promosi Produk di Bulan Puasa

Bulan puasa membawa berkah tersendiri bagi pelaku usaha seperti kamu. Bahkan bulan puasa menjadi satu momentum dalam meningkatkan jumlah dan target penjualan, yang tidak lain akan menjadikan pendapatan kamu meningkat. Namun hal ini tidak berjalan begitu saja, apa lagi di tengah pandemi seperti saat ini. kamu perlu melakukan cara promosi produk di bulan puasa, seperti apa caranya? Mari kita bahas tuntas dalam artikel ini.

Bulan puasa atau bulan Ramadhan di Indonesia berpotensi besar dalam mendatangkan keuntungan bagi pelaku usaha. Berbagai peluang usaha pun akan tumbuh subur memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran. Tentu saja hal ini jangan sampai kamu lewatkan begitu saja,  karena akan sangat baik bagi bisnis kamu.

Apa produk atau jasa yang kamu ingin tawarkan pada bulan puasa tahun ini? Apakah dengan produk yang sama? Atau membuat segmentasi pasar khusus dengan tema puasa dan lebaran? Jika ternyata produk atau jasa kamu tidak berhubungan dengan kebutuhan selama puasa atau hari raya idul fitri, pun bukan menjadi masalah, karena segmentasi pasar untuk itu tetap tersedia di bulan puasa.

Menjadi penting adalah bagaimana kamu menerapkan berbagai strategi dalam mendongkrak promosi kamu sehingga penjualan produk atau jasa kamu pun akan meningkat. Nah, sebelum kamu melakukan promosi baik secara konvensional atau pun digital atau biasa kita sebut sebagai promosi online. Kamu perlu memahami berbagai hal terlebih dahulu seputar karakteristik atau perubahan pasar pada bulan puasa. Hal yang mendasar misalnya terkait waktu promosi yang tepat.

Perubahan aktivitas yang terjadi saat bulan puasa, pada akhirnya mempengaruhi orang dalam menggunakan akses informasi, juga jenis informasi seperti apa yang ingin mereka dapatkan. Oleh sebab itu dalam cara promosi produk di bulan puasa kamu harus memiliki data yang cukup, ini penting agar promosi yang kamu lakukan tepat sasaran. 5 cara promosi di bulan puasa ini bisa kamu lakukan, sebagai berikut:

1. Memahami Segmentasi dan Kebutuhan pasar

Memahami Segmentasi dan Kebutuhan pasar

Promosi kamu akan berjalan baik jika kamu telah memahami segmentasi dan kebutuhan pasar. Ini merupakan suatu strategi yang utama dilakukan bagi perusahaan dalam pemasaran produk, yang mana strategi ini didasarkan  atau berlandaskan pada data, argumentasi yang dititik beratkan pada konsumen atau calon pembeli.

Melalui segmentasi dan kebutuhan pasar ini, maka kamu akan mengolah data yang ada kemudian melakukan validasi dengan produk atau jasa yang akan kamu promosikan. Dengan adanya segmentasi yang jelas, maka kamu akan lebih mudah dalam menarget siapa yang seharunya mendapatkan informasi produk  atau jasa kamu.

Segmentasi pasar dan kebutuhan pasar, tidak hanya dilakukan dengan cara membedakan produk atau bahkan menciptakan produk baru, namun lebih jauh juga didasarkan atas perbedaan minat dan kebutuhan konsumen. Berbagai data terkait pasar menjadi penting. Apa lagi kamu akan menjalankan promosi yang spesifik untuk bulan puasa.

Segmentasi pasar dilakukan oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan pemasaran produk secara terarah. Selain itu, segmentasi pasar membantu pemanfaatan sumber daya yang dimiliki perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Manfaat dari mengetahui segmentasi dan kebutuhan pasar; kamu dapat menerapkan gagasan pemasaran secara lebih jelas. Memudahkan dalam mengatur produk yang lebih baik. Membantu kamu dalam menemukan dan membandingkan kesempatan pasar. Memudahkan dalam mengelompokkan kebutuhan anggaran promosi.

Selain itu, kamu juga bisa menciptakan daya tarik tersendiri di bidang pemasaran. Dengan demikian maka produk kamu akan berada di posisi yang lebih baik dalam persaingan. Oleh sebab itu, sejak awal sebelum kamu memutuskan membuat bahan promosi atas produk atau jasa kamu,  luangkan waktu kamu untuk kembali melakukan analisa dan memahami segmentasi serta kebutuhan pasar di bulan puasa ini.

2. Waktu Terbaik Melakukan Promosi Online

Cara Promosi Produk Bulan Puasa Dengan Waktu Terbaik Melakukan Promosi Online

Setelah kamu mengetahui segmentasi dan kebutuhan pasar di bulan puasa, maka selanjutnya adalah menentukan waktu terbaik untuk melakukan promosi online. Mengapa sebaiknya kamu memilih  promosi online? Selain karena saat ini orang sudah saling terhubung di media sosial dan internet, juga karena promosi online merupakan salah satu saranan promosi yang lebih hemat biaya.

Selain itu, dengan memanfaatkan media promosi online, kamu bisa lebih tertarget dalam melakukan promosi. Termasuk menentukan waktu yang paling tepat. Jika kita melihat dari data yang dirilis Google bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai mencari informasi seputar bulan puasa atau ramadan bahkan seminggu sebelum memasuki bulan pusa.

Selain itu, Google menyebutkan bahwa pencarian konten terkait puasa dan ramadan mulai berakhir seminggu setelah hari Raya Idul Fitri. Sehingga, ini menjadi waktu di mana kamu sudah harus memastikan untuk menghentikan promo Ramadan dari produk kamu.

Dalam data yang lain terkait jam yang paling tepat untuk mendapatkan pengunjung atau pemirsa yaitu data dari EcommerceIQ. Menurut data yang dirilis EcommerceIQ bahwa kunjungan tertinggi orang-orang Indonesia mengunjungi situs e-commerce terjadi dua kali sehari selama bulan Ramadhan.

Kapan dua waktu sehari terbaik itu?  Yaitu: Jam waktu sahur yaitu antara 04.00-05.00 WIB dan Jam Berbuka puasa 17.00-20.00 WIB. Maka pastikan website toko online kamu selalu bisa dibuka dalam jam-jam penuh kunjungan dan penting ini. Jangan sampai proses promosi kamu tidak menghasilkan pembelian karena website kamu lambat atau bahkan tidak dapat diakses.

Menghindari website lemot dan gagal diakses, caranya sangat mudah, yaitu dengan mempercayakan kebutuhan website kamu pada layanan yang terpercaya.  Kamu bisa menggunakan layanan hosting terbaik dari IDWebhost untuk kelancaran bisnis online kamu. Jangan khawatir IDWebhost memiliki paket hosting murah terbaik, yang khusus dirancang untuk kebutuhan usaha kamu.

3. Membuat Konten Promosi yang Berhubungan dengan Bulan Ramadhan

Membuat Konten Promosi yang Berhubungan dengan Bulan Ramadhan

Segmentasi dan waktu yang tepat telah kamu miliki. Selanjutnya adalah menentukan konten seperti apa yang akan kamu promosikan. Terkait konten ini menjadi sangat penting, karena ini yang akan diakses atau dilihat oleh calon pembeli kamu. Memahami kebutuhan atau ketertarikan akan sebuah konten khususnya di bulan puasa, lagi-lagi kamu perlu membuat sebuah riset terkait konten.

Kamu perlu untuk mengemas berbagai kebutuhan konten promosi produk kamu dengan tema-tema yang sesuai dengan bulan puasa atau tema ramadan. Ini syarat utama, karena dengan melakukan hal ini maka promosi kamu akan “engage” dan dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli kamu.

Konten berupa informasi juga menjadi penting di bulan puasa, karena akses terhadap informasi singkat di media sosial juga terus meningkat. Misalnya kamu menjual produk makanan, maka kamu bisa membuat konten berkaitan dengan tips makanan sehat, atau informasi kandungan gizi yang penting untuk tubuh dapatkan di bulan puasa.

Berbagai strategi promosi di bulan puasa ini tentu tujuannya untuk menarik lebih banyak lagi pengunjung  yang akan menjadi pembeli atas produk kamu. Maka, tidak ada salahnya juga kamu menerapkan strategi seperti memberikan diskon atau potongan harga, memberikan voucher belanja, atau layanan ongkos kiris gratis.

Tentu bagi pengusaha seperti kamu, ini menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan serta mempromosikan produk kamu secara besar-besaran. Nah, jangan lupa juga untuk memanfaatkan konten melalui penguasaan domain bisnis. Misalnya kamu jual makanan, maka kamu perlu memiliki domain bisnis dari produk makanan kamu. Ini akan lebih mudah diingat oleh calon pembeli kamu.

Kamu bisa mendapatkan domain bisnis berkualitas tanpa perlu takut menguras anggaran promosi kamu.  Di IDWebhost ada layanan domain murah dengan berbagai ektensi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan strategi digital marketing. Seperti apa cara memilih nama domain bisnis? Bisa kamu baca dalam artikel berikut: Cara Menentukan Nama Domain Bisnis Yang Tepat

4. Optimasi Promosi Sosial Media

Optimasi Promosi Sosial Media

Apa perangkat yang paling banyak digunakan saat ini? Jawabannya adalah perangkat mobile atau smartphone. Tidak lain akses terhadap informasi pun dilakukan melalui genggaman tangan. Terlebi dengan keberadaan berbagai platform sosial media. Maka, kamu harus melakukan optimasi promosi di sosial media.

Melakukan promosi pada platform yang mudah diakses pada perangkat mobile, menjadi strategi yang kini dipilih banyak pelaku usaha. Namun, kesuksesan pada strategi ini pun kembali pada kemampuan kamu mengolah data yang kamu miliki. Karena persaingan digital marketing khususnya sosial media marketing sangat besar.

Sehingga pemilihan sosial media perlu juga kamu lakukan, ini tentu tergantung target pasar kamu. Misalnya ternyata segementasi pasar kamu mayoritas berada di Facebook, maka lakukan pendekatan dengan memahami konten yang sesuai untuk pengguna facebook. Tidak ada salahnya juga untuk kamu membuat riset dengan survei terlebih dahulu.

Selain itu,  jangan lupa sediakan anggaran khusus untuk optimasi promosi sosial media, yaitu dengan melakukan iklan. Kamu bisa memanfaatkan iklan facebook, atau misal target kamu berada di platform tiktok, maka kamu bisa memulai melakukan iklan melalui tiktok bisnis.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menautkan promosi sosial media kamu ke website bisnis kamu. Maka, kamu perlu memastikan website kamu bisa diakses pada perangkat mobile. Untuk kebutuhan pembuatan website yang profesional, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website toko online terbaik di Indonesia, hanya di IDWebhost.

5. Konten Promosi Dengan Video Pendek

Cara Promosi Produk Bulan Puasa Dengan Konten Promosi Dengan Video Pendek

Apa yang paling banyak menyita perhatian di sosial media? Salah satunya adalah berbagai konten video pendek. Kekuatan sebuah cerita dalam video pendek nyatanya kini menjadi daya tarik tersendiri. Apa lagi dengan maraknya konten kreator yang juga memproduksi video pendek untuk kebutuhan konten sosial media mereka.

Kita tahu pertumbuhan pengguna aplikasi berbagi video seperti tiktok misalnya, terus meningkat. Dan berbagai kemudahan bisa kamu dapatkan melalui aplikasi tiktok ini. Yang mana kamu bisa membuat berbagai video pendek untuk kebutuhan promosi kamu dengan lebih mudah. Intinya kamu harus memahami siapa target pasar kamu, dan video pendek seperti apa yang mereka sukai.

Kamu bisa melihat berbagai konten video pendek untuk mendapatkan gambaran video seperti apa yang paling cocok untuk produk kamu. Tidak harus selalu menampilkan produk,  kamu juga bisa menceritakan berbagai  proses dalam usaha kamu. Misalnya proses pembuatan, bahan baku, sampai pada proses pengiriman.

Kesimpulan Cara Promosi Produk Bulan Puasa

Bulan puasa menjadi bulan yang memiliki potensi besar dalam meningkatkan volume penjualan. Di Indonesia yang mayoritas sebagai umat muslim, tentu berbagai kebutuhan akan produk atau jasa yang berkaitan dengan puasa dan bulan ramadan menjadi meningkat. Ini tinggal bagaimana kamu menangkap momen yang terjadi setahun sekali.

Maka, jangan sampai kamu melewatkan begitu saja. Buatlah rancangan strategi pemasaran mulai saat ini. Dengan kamu mempersiapkan sejak dini, maka kamu bisa mencuri start dari pesaing kamu. Dengan kamu melakukan 5 cara promosi produk di bulan puasa seperti telah kita bahas di atas, harapannya kamu dapat menjangkau lebih banyak target pasar.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara promosi produk di bulan puasa. Berbagai artikel menarik seputar perkembangan teknologi, tutorial, dan digital marketing bisa kamu akses secara gratis hanya di Blog IDWebhost. Nikmati juga berbagai diskon khusus hosting dan domain di IDWebhos setiap bulannya hanya untuk kamu. Terima kasih telah membaca, salam Ari IDwebhost.