Inilah 10 Strategi Promosi PodCast Untuk Mengembangkan Bisnis
Blog Podcast Inilah 10 Strategi Promosi PodCast Untuk Mengembangkan Bisnis

Inilah 10 Strategi Promosi PodCast Untuk Mengembangkan Bisnis

Promosi podcast bisnis Anda salah satu cara jitu dalam mengembangkan jaringan bisnis Anda melalui siaran audio. Walaupun podcast banyak di isi dengan konten-konten hiburan, tapi Anda dapat membuat podcast bisnis Anda sehingga dapat memberikan sentuhan konten bisnis kepada pendengar podcast. Selain itu, juga terdapat banyak manfaat menggunakan podcast juga lho! Nah seperti apa topik tentang podcast yang akan kita bahas pada kali ini, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi

1. Apa itu Podcast ?

2. Mengapa Perlu Pembuat Podcast ?

3. Cara Membuat Podcast

3.1. Menentukan Tema Podcast
3.2. Buat nama domain dan hosting 
3.3. Merekam Podcast
3.4. Mengedit Podcast
3.5. Pilih plugin Podcast
3.6. Install Tema WordPress Podcast

4. Strategi Promosi Podcast

4.1. Manfaatkan Pengunjung Anda
4.2. Promosikan di Media Sosial
4.3. Update Podcast Anda Minimal 3 Episode pada Hari Peluncuran
4.4. Ubah Audio pada Podcast Anda menjadi Video untuk Youtube
4.5. Kirimkan Podcast Anda ke Podcatchers dan Aggerators
4.6. Transkripsikan Audio
4.7. Buat Program Peningkatan Podcast Anda
4.8. Buat Acara Giveaway
4.9. Undang Bintang Tamu Influencer atau Seorang Ahli di Bidang Tertentu
4.10. Menjadi Bintang Tamu di Podcast Orang Lain

5. Kesimpulan

 

Apa itu Podcast ?

 

Promosi Podcast
apa itu podcast

 

Podcast adalah sebuah siaran yang umumnya non-streaming berupa audio dan di konsep dengan konten yang disesuaikan dengan topik tertentu. Podcast ini juga telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan informasi akan berita, ilmu pengetahuan, dsb dan bisa di ulang. Lalu, umumnya Podcast dibentuk dengan menurut kategori atau topik tertentu agar lebih unik dan menyasar ke target pasar yang lebih spesifik. Contoh beberapa kategori dalam podcast adalah Arts, Business, Comedy, Education, Games & Hobbies, Health dsb.

Mengapa Perlu Pembuat Podcast ?

 

Promosi Podcast
mengapa perlu membuat podcast

 

Podcast kini di Indonesia semakin berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat. Nah, jika Anda pebisnis atau orang yang ingin menjadi content creator, Anda perlu membangun podcast Anda agar hal yang Anda inginkan bisa didengarkan dan menjangkau banyak masyarakat.

Berikut alasan-alasan mengapa Anda perlu membuat Podcast :

  1. Membangun kedekatan dengan pendengar
  2. Memiliki kesempatan untuk berbincang dan belajar dari para ahli di bidangnya yang Anda undang sebagai bintang tamu di podcast Anda
  3. Mendapatkan pengakuan sebagai ahli di bidang tertentu
  4. Menjadi cara unik dalam menampilkan konten Anda

Cara Membuat Podcast

 

Promosi Podcast
cara membuat podcast

 

Terdapat beberapa hal dalam membuat podcast agar terbentuk secara strategis dan menarik. Berikut cara membuat podcast yang dapat Anda pelajari:

1. Menentukan Tema Podcast

Didalam podcast bisa dikatakan Anda bebas untuk berbicara apa saja. Akan tetapi, lebih baik Anda lebih fokus pada tema yang ingin Anda sampaikan. Contoh jika Anda seorang Gamers, Anda bisa menentukan topik seputar games-games yang sedang tren dsb. Jika Anda seorang pebisnis katakanlah bisnis kuliner Anda dapat menentukan topik bisnis tentang kuliner mulai dari kuliner yang sedang tren, cara pembuatan, strategi promosi, cara mencari keuntungan di bidang kuliner, dsb. Begitu pula dengan topik-topik lain yang bisa Anda sesuaikan.

2. Buat nama domain dan hosting 

Umumnya podcast memang didengarkan di platform-platform podcast terkenal seperti spotify, noice dsb. Tapi, Anda juga bisa menambahkan podcast Anda ke dalam website agar mempunyai ruang secara pribadi dan bebas Anda kelola.  Untuk membuat website Anda perlu mendapatkan nama domain dan menentukan hosting untuk podcast Anda. Anda dapat memanfaatkan layanan hosting dan domain murah pada IDwebhost untuk membuat website dengan mengisi konten podcast Anda.

3. Merekam Podcast

Supaya podcast Anda dapat didengarkan dengan kualitas yang baik, maka kejernihan suara menjadi faktor yang penting agar mendukung kesuksesan podcast Anda. Nah, untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, maka Anda memerlukan alat untuk merekam suara yang baik pula. Anda bisa menggunakan microphone seharga 150 ribuan jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya yang mahal dengan kualitas suara yang tentunya menyesuaikan. Tapi, jika Anda berorientasi agar podcast Anda memiliki kualitas yang baik, Anda dapat menggunakan piranti Zoom H1N yang lebih mahal dan bisa Anda pertimbangkan.

4. Mengedit Podcast

Bagian editing podcast ini berguna untuk memotong atau menghilangkan bagian-bagian yang dirasa tidak diperlukan saat setelah selesai perekaman podcast Anda. Contoh bagian-bagian kosong yang perlu dihilangkan adalah ketika ada suara “Emmmm..” atau sebagainya yang menurut Anda mungkin kurang enak didengar. Selain menghilangkan bagian yang tidak digunakan, Anda dapat menambahkan backsound musik pada podcast Anda. Sebagai rekomendasi, backsound musik bisa ditambahkan pada bagian pembuka podcast atau penutup podcast.

5. Pilih plugin Podcast

Plugin podcast ini adalah jika Anda ingin menambahkan podcast ke dalam website terutama jika Anda pengguna website dengan CMS WordPress. WordPress memang memiliki banyak plugin atau fitur pendukung yang mudah digunakan sesuai kebutuhan salah satunya plugin podcast. Nah jika podcast Anda ingin tampil di website WordPress Anda, maka cobalah untuk menginstall plugin-plugin podcast yang mendukung dengan website WordPress Anda. Contoh plugin podcast pada website WordPress seperti Libsyn Podcasting, PowerPress, seriously Simple Podcasting, BuzzSprout dsb.

6. Install Tema WordPress Podcast

Tema WordPress yang mendukung podcast dapat mempermudah pemasangan podcast Anda. Contoh beberapa tema WordPress yang mendukung podcast adalah Podcaster Secondline, Podcast, Audioman, dan My Music Band.

Strategi Promosi Podcast

 

Promosi Podcast
strategi promosi podcast

 

Supaya strategi promosi podcast Anda semakin sukses, berikut rangkuman 10 strategi promosi podcast yang di kutip dari situs buffer.com yang bisa Anda pelajari.

1. Manfaatkan Pengunjung Anda’

Berikan kemudahan bagi para pengunjung Anda dengan menambahkan gambar berupa quotes-quotes yang sehati dengan mereka. Contohnya ketika Anda mempromosikan ajakan dari via email, sosial media dsb, Anda dapat menambahkan gambar quotes dengan alamat link podcast Anda sehingga akan memudahkan orang untuk melakukan ‘share’ ke teman-teman mereka di media-media yang mereka gunakan.

2. Promosikan di Media Sosial

Sekarang ini, media sosial menjadi platform yang memiliki jutaan pengunjung tiap harinya. Nah, salah satu agar menarik orang untuk mendengarkan podcast Anda dengan melakukan share ke media sosial. Anda bisa melakukan update podcast rutin ke sosial media Anda.

3. Update Podcast Anda Minimal 3 Episode pada Hari Peluncuran

Jika Anda baru memulai dalam membangun podcast Anda, upayakan di awal peluncuran podcast jangan hanya update podcast hanya 1 episode saja melainkan 3-5 episode. Hal ini karena agar podcast Anda mendapatkan perhatian lebih banyak daripada menggunakan 1 episode dalam saat launching podcast Anda. 

4. Ubah Audio pada Podcast Anda menjadi Video untuk Youtube

Youtube menjadi platform yang banyak dikunjungi sebagai hiburan dengan tayangan-tayangan video. Untuk itu, agar podcast Anda dapat menarik pengunjung dari youtube, ubahlah podcast Anda dalam bentuk video tersendiri untuk di update pada konten youtube Anda.  Kemudian sebagai rekomendasi, Anda dapat memberi nama video podcast Anda seperti “Bincang-bincang seputar … dengan …” . Lalu, jangan lupa sebisa mungkin tambahkan deskripsi pada konten video youtube Anda dan subtitle agar lebih membantu dalam memahami informasi yang dibicarakan.

5. Kirimkan Podcast Anda ke Podcasters

Podcasters adalah sebutan aplikasi-aplikasi baik di android dsb yang dapat menampilkan podcast Anda. Aplikasi podcast memudahkan Anda untuk menampilkan podcast serta menjangkau orang-orang yang gemar mendengar podcast.  Selain itu, dengan mengupdate di beberapa aplikasi podcast yang berbeda, artinya Anda dapat menjangkau user-user yang ada di aplikasi-aplikasi tsb sehingga semakin memperluas jangkuan market Anda. Di tambah lagi, berpeluang menambah penggemar baru dan bisa menjalin kerjasama dengan pemilik podcast lainnya. Contoh aplikasi podcast antara lain Downcast, TuneIn, Noice, Overcast dsb

6. Transkripsikan Audio

Supaya podcast Anda lebih mudah di pahami lagi, Anda dapat menambahkan transkrip dari audio podcast Anda ke dalam deskripsi. Anda bisa melakukannya secara manual atau jika tidak ingin repot Anda dapat menggunakan layanan berbayar penyedia jasa transkrip audio seperti rev.com

7. Buat Program Peningkatan Podcast Anda

Podcast akan terlihat berhasil di dua minggu awal setelah masa launching podcast tsb. Nah, di dalam masa dua minggu tsb, Anda dapat melakukan upaya untuk meningkatkan pendengar podcast Anda seperti :

– Membuat program giveaway
– Buat informasi pengumuman podcast baru Anda yang akan tayang di instagram atau facebook secara live
– Publikasikan konten berupa tema podcast selama dua minggu tersebut
– Kirimkan informasi seputar konten podcast yang akan tayang tsb menggunakan email
– Posting konten-konten podcast Anda baik sebelum masa tayang atau dalam masa tayang di dua minggu tersebut di media sosial Anda

8. Buat Acara Giveaway

Memberikan suatu barang secara gratis ataupun voucher tertentu dapat menjadi motivasi orang untuk tertarik akan mendengarkan podcast Anda. Untuk mendapatkan hadiah tsb, Anda dapat meminta orang-orang untuk men-tag teman mereka dan melakukan komen di podcast Anda.  

9. Undang Bintang Tamu Influencer atau Seorang Ahli di Bidang Tertentu

Strategi jitu lain yang dapat meningkatkan minat orang untuk mendengarkan podcast Anda adalah dengan mengundang seorang influencer atau seorang yang ahli di bidang tertentu ke dalam podcast Anda. Hal ini dapat memberikan keuntungan kepada Anda yaitu dengan menarik follower bintang tamu tsb untuk mendengarkan podcast Anda sehingga mendapat pendengar podcast Anda yang baru. 

10. Menjadi Bintang Tamu di Podcast Orang Lain

Jika poin sembilan adalah Anda mengundang bintang tamu ke dalam podcast Anda, maka di poin 10 ini, Anda dapat menjadi bintang tamu di podcast orang lain. Keuntungan dengan menjadi bintang tamu di podcast orang lain adalah Anda dapat melakukan promosi podcast Anda ataupun produk dari bisnis Anda ke dalam para pendengar podcast orang yang mengundang Anda. Dengan begitu, Anda pun telah menjangkau market baru di podcast orang tsb.

Kesimpulan

Podcast menjadi suatu strategi marketing yang unik dalam menjangkau market baru dengan cara melakukan siaran via audio. Selain itu, menggunakan podcast juga memberikan keuntungan lain yaitu semakin menambah pengalaman baru dengan menghadirkan lawan berbincang-bincang bintang tamu di podcast Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.