Cara Optimasi Website Gratis
Blog Digital Marketing Cara Optimasi Website Gratis

Cara Optimasi Website Gratis

Banyak faktor yang harus diperhatikan untuk meningkatkan peringkat website. Dibutuhkan cukup banyak cara optimasi website agar bisa bersaing di halaman pertama pencarian Google. 

Lalu, apa yang menjadi kunci agar website bisa lebih cepat mendapatkan peringkat atas di Google? 

Tenang, Sahabat IDwebhost. Karena pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan kamu, tentang cara optimasi website dengan gratis. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya, Sahabat. 

Mengapa Website Harus Dioptimasi? 

Kita semua, tentu saja ingin trafik website ramai, peringkat bagus di mesin pencari, dan tentu saja banyak terjadi konversi. 

Padahal, untuk mencapai peringkat yang bagus halaman pencarian Google bukanlah hal yang mudah. Website milikmu harus bersaing dengan website lain yang pasti banyak sekali jumlahnya. 

Untuk itu, dibutuhkan strategi yang jitu agar website bisa mendapatkan peringkat yang bagus di halaman pencarian. Dan jalan terbaiknya adalah dengan melakukan optimasi pada website. 

Optimasi Website Gratis, Apa Bisa? 

Namun, selama ini yang banyak diketahui orang adalah, optimasi website hanya bisa dilakukan dengan biaya yang mahal. Padahal, tak selamanya demikian. 

Kamu tetap bisa melakukan optimasi website gratis. Ya, gratis. Untuk melakukan optimasi website secara gratis, ada banyak cara dan sumber yang bisa kamu lakukan dan dapatkan. 

Cara Optimasi Website Gratis

Salah satu kunci optimasi website adalah SEO, atau Search Engine Optimization. Ada banyak teknik SEO yang bisa diterapkan. Namun, ada beberapa teknik SEO yang umum digunakan agar website memiliki peringkat yang bagus. 

Berikut adalah cara optimasi website dan SEO sekaligus: 

1. Membuat tampilan website yang mobile friendly 

Google memiliki Google Mobile First Index yang mengharuskan para pemilik website melakukan optimasi website yang mengutamakan kenyamanan pengguna mobile. 

Kebijakan mobile first index diambil Google karena jumlah pengguna perangkat mobile yang lebih banyak daripada pengguna desktop. 

Ada banyak cara untuk mengoptimasi website untuk perangkat mobile. Misalnya, seperti penggunaan tema yang responsif dan mobile friendly. Jika kamu ingin tahu apakah websitemu sudah ramah pengguna mobile, kamu bisa menggunakan tools Mobile Friendly Test Google. 

Menggunakan plugin WordPress juga bisa membantu membuat website tampak mobile friendly. Beberapa plugin yang bisa kamu gunakan, antara lain: Jetpack, AMP for WP, plugin cache, dan lain sebagainya. 

2. Optimalkan kecepatan website 

Kecepatan website adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam melakukan optimasi website. Dan ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kecepatan website. Hal ini tak lepas karena kecepatan halaman website memiliki pengaruh pada trafik dan konversi. 

Website yang lambat memberikan user experience yang buruk untuk pengunjung. Inilah sebabnya Google sangat mempertimbangkan kecepatan halaman sebagai salah satu faktor peringkat halaman. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan kecepatan website. Salah satunya adalah dengan pemilihan hosting yang tepat. 

Pilihlah penyedia hosting terbaik yang bisa menjadikanmu website lebih cepat. Salah satuny adalah paket hosting terbaik Indonesia dari IDwebhost. Sangat cocok untuk digunakan berbagai jenis website. 

3. Melakukan riset keyword 

Cara terbaik untuk memulai optimasi website adalah melakukan riset keyword.  Riset keyword adalah proses menemukan kata dan frasa yang relevan dengan niche website dan yang banyak dicari di Google. 

Triknya adalah menemukan kata kunci yang banyak dicari orang, dan memiliki sedikit pesaing. Kamu bisa menggunakan tools gratis yang banyak tersedia di internet. Seperti Ahrefs, Ubersuggest, dan Google Analytics. 

Untuk sekadar mengetahui kata kunci yang banyak dicari orang, fitur gratis ketiga tools diatas sudah sangat cukup. 

4. Navigasi website yang mudah 

Untuk memanjakan pengunjung, maka websitemu harus memiliki navigasi yang mudah. Navigasi yang rumit dapat menyulitkan pengunjung dan memberikan pengalaman pengguna yang buruk. 

Tak perlu membuat website yang rumit dengan memperbanyak halaman yang sebenarnya tidak perlu. Websitemu akan lebih lambat diakses karena banyaknya halaman yang harus diload. 

5. Membuat landing page 

Setiap website, setidaknya membutuhkan sebuah halaman landing page untuk mengarahkan pengunjung. Ya, landing page adalah cara cara yang tepat untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan selanjutnya yang kita inginkan. 

Beberapa tindakan yang umum diharapkan oleh pemilik website, seperti berlangganan newsletter, hingga melakukan pembelian atau pemesanan. 

6. Mengecek kecepatan website 

Google memiliki tools gratis yang dapat digunakan untuk melihat kecepatan website. Tools gratis tersebut adalah PageSpeed Insight. 

Cara menggunakan tools gratisan yang satu ini juga sangat mudah. Kamu tinggal memasukkan URL website di kotak analyze. Kemudian akan keluar angka-angka yang menunjukkan seberapa cepat websitemu. 

PageSpeed Insight akan menjelaskan arti dari warna dan angka yang terlihat. Dengan demikian, kamu bisa merencanakan peningkatan apa saja yang bisa kamu buat. Secara umum, makin cepat website akan makin baik. 

Karena Google menggunakan loading time sebagai salah satu faktor penentu apakah websitemu user friendly atau tidak. 

7. Melakukan link building 

 

Melakukan link building  untuk optimasi website masih banyak digunakan para pemilik website. Tautan telah menjadi salah satu faktor pemeringkat website. Dari dulu hingga sekarang. Maka dari itu, link building masih dibutuhkan dalam optimasi website. 

Backlink memiliki peranan yang penting dalam membangun page authority. Hanya saja, hal ini bisa menjadi pisau bermata dua. 

Mengapa? 

Link building bisa memberikan manfaat, sekaligus hal buruk yang terjadi di waktu bersamaan. Maka dari itu, sangat penting untuk berhati-hati saat memulai link building. 

8. Membuat konten yang berkualitas 

Sebagai pemilik website, tentu saja boleh mendandani website seindah mungkin. Hanya saja yang boleh dilupakan adalah konten dari website itu sendiri. 

Jika ingin website ramai dengan pengunjung dan disukai banyak orang, buatlah konten website yang berkualitas. 

Baca Juga: Tips SEO: Strategi Konten Visual Marketing 2021

Konten yang berkualitas dan relevan dengan niche website, tentu akan lebih disukai. Tak hanya konten yang menarik, perhatikan juga plugin yang kamu gunakan. Ada banyak plugin yang bisa kamu gunakan. 

Beberapa plugin yang bisa kamu gunakan, antara lain: All In One SEO Pack, Yoast SEO, Contact Form 7, dan lain sebagainya. 

Penutup 

Itulah tadi cara optimasi website gratis. Sebagai seorang blogger dan pemilik website, kamu juga bisa mengulik dan mencari cara yang paling efisien untuk optimasi website. 

Kalau kamu ingin mengetahui seberapa optimal websitemu, IDwebhost juga memiliki fitur SEO audit di paket hosting terbaik IDwebhost. 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Tunggu apalagi, ayo buat website Anda hanya di IDwebhost, web hosting ya IDwebhost.

 

Taufiq Prasetya Pradana

Pembaca yang suka menulis