Bagaimana Cara Optimasi SEO WordPress Agar Lebih Maksimal dalam Online Marketing?
Blog SEO Bagaimana Cara Optimasi SEO WordPress Agar Lebih Maksimal dalam Online Marketing?

Bagaimana Cara Optimasi SEO WordPress Agar Lebih Maksimal dalam Online Marketing?

SEO WordPress ini dapat Anda terapkan untuk strategi online marketing Anda dalam menjangkau pengunjung yang banyak khususnya bagi Anda pengguna website WordPress.

Jika Anda sedang mencari cara untuk optimasi SEO WordPress pada website yang Anda kelola, Anda dapat menerapkan tips SEO seperti pada pembahasan berikut ini.

 

Daftar Isi :

 

 

Install Plugin SEO WordPress

 

install-plugin-seo-wordpress

WordPress menyediakan pilihan banyak fitur SEO. Walaupun begitu, Anda sebagai pengelola website perlu juga memaksimalkan website dengan cara meningkatkan SEO pada website Anda khususnya bagi Anda pengguna website WordPress.

Kenapa WordPress? Karena website dengan cms WordPress pengelolaannya lebih mudah serta SEO Friendly artinya ramah untuk pengelolaan dan penyesuaian dengan standar SEO yang bisa dilakukan dari level mahir sampai pemula.

Selain itu pada WordPress, Anda dapat melakukan instalasi fitur tambahan berupa plugin WordPress yang memudahkan penambahan fitur-fitur pada website yang sebelumnya tidak dimiliki dari bawaan websitenya. 

Kembali ke permasalahan SEO, plugin yang cocok agar dapat mengelola pengaturan SEO Onpage yang baik di website adalah dengan menambahkan plugin YOAST SEO.

Plugin ini memudahkan Anda dalam mengoptimalkan pada setiap halaman dan postingan yang dapat Anda tentukan keywordnya.

Untuk cara menambahkan plugin ini ke dalam website WordPress Anda. masuk ke bagian dashboard WordPress dan pilih Plugins > Add New

Setelah itu di kolom pencarian, Anda dapat mengetikan Yoast SEO dan klik Install Now pada plugin dan jika sudah, klik Activate.

 

Riset Keyword (Kata Kunci)

 

riset-keyword

Anda dapat melakukan riset keyword atau kata kunci pada website WordPress Anda yang dapat bermanfaat untuk :

  • Membangun konten yang sering dicari oleh pengunjung website
  • Mengerti keinginan dan kebutuhan pasar secara lebih baik
  • Melacak keberhasilan konten pada website Anda
  • Mengerti cara meningkatkan pengunjung website dan menaikan traffic ke website

Untuk cara melakukan riset keyword, Anda dapat menggunakan bantuan tools riset keyword seperti Ahrefs, SEMRush, dan Google Keyword Planner.

Kemudian beberapa hal dasar dalam melakukan riset keyword yang perlu Anda ketahui adalah:

  • Membuat daftar target keyword yang terkait dengan topik.
  • Masukan target keyword tsb ke tool riset keyword dalam mencari keyword yang mempunyai volume penelusuran tinggi dan juga nilai persaingan rendah.
  • Lakukan riset pada kompetitor Anda dengan melakukan browsing ke website-website yang relevan menggunakan tool riset keyword dan cek keyword yang dipunyai oleh kompetitor.
  • Cari keyword dengan membawa traffic banyak ke website kompetitor
  • Cari keyword yang dimiliki kompetitor dimana nilai persaingannya rendah serta mudah untuk berkompetisi

 

Aktifkan Search Engine Visibility

 

aktifkan-search-engine-visibility

Search Engine Visibility merupakan fitur yang memudahkan website untuk memberitahukan search engine seperti Google mengenai keberadaan website Anda.

Untuk itu, penting pada bagian fitur ini perlu aktif jika website Anda ingin dinilai oleh Google agar mendapatkan peringkat di SERP. 

Untuk cara memeriksa opsi search engine visibility ini, Anda dapat membuka di halaman admin WordPress Anda di bagian Settings > Reading pada dashboard WordPress. Kemudian scroll ke bawah dan Anda dapat melihat bagian pada “Search Engine Visibility”.

Pada bagian ini, hilangkan atau jangan beri centang pada kotak yang tertampil pada bagian ini. Setelahnya klik Save Changes.

 

Permalink merupakan struktur URL yang terdapat pada website. Nah, di WordPress anda dapat bebas mengubah struktur URL ini berdasarkan plain, day and name, month and name, numeric, post name.

Jadi manakah struktur URL yang lebih baik digunakan? Sebagai rekomendasi, Anda dapat memilih opsi Post name di bagian Common Settings.

 

Menambahkan Situs ke Google Search Console

Google Search Console merupakan fitur yang disediakan oleh Google untuk membantu para pemilik atau pengelola website agar dapat memeriksa atau menganalisa atas performa website jika terjadi error di website.

Untungnya fitur ini sampai artikel ini ditulis, fitur ini dapat digunakan secara gratis.

Anda dapat menambahkan website Anda ke Google Search Console dengan cara buat akun baru dengan akun Google. 

 

Mengintegrasikan Google Analytics

Google Analytics merupakan tools yang dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai macam jenis pelacakan seperti mengetahui jumlah kunjungan website, usia pengunjung, gender pengunjung dsb.

Anda dapat menambahkan website Anda ke Google Analytics kemudian menghubungkannya dengan website Anda.

Caranya, Anda dapat mendaftar di Google Analytics. Setelah proses selesai Anda dapat meng-copy kode pelacakan sebagai penghubung antara website Anda dengan Google Analytics pada akun Anda.

Caranya Anda bisa ke bagian Tracking Info > Tracking Code. Kemudian, copy kode tsb dan tempatkan pada bagian header pada website Anda.

 

Menambahkan Sitemap ke Google

Sitemap berguna untuk membantu search engine dalam melakukan perayapan atau pelacakan link-link yang terdapat pada website Anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena dapat membantu proses pengindeksan konten Anda ke search engine.

Untuk membuat sitemap ini, Anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO dan Anda dapat dengan mudah membuat dan menambahkan sitemap ke website Anda.

 

Mengoptimalkan Website agar Mobile-friendly

Website yang mobile-friendly penting untuk Anda terapkan karena sekarang user telah banyak melakukan aktivitas berinternet menggunakan media mobile.

Untuk mengoptimalkan website agar mobile-friendly, pastikan tema atau template design pada website Anda telah mendukung tema yang responsif yang dapat diakses ke berbagai perangkat seperti desktop, tablet, dan hp.

Jika sudah Anda dapat melakukan pengujian atau test website Anda apakah sudah mobile-friendly atau belum dengan melakukan pengujian di Google mobile-friendly test.

 

Menaikan Kecepatan Loading Website

Performa kecepatan website penting untuk dioptimasi karena dapat menjadi faktor penentu peringkat website.

Untuk mengetahui seberapa besar performa website Anda, silahkan buka GTMetrix . Lalu masukan URL pada website Anda dan Anda dapat menguji performa serta menganalisisnya berdasarkan nilai serta poin-poin analisa yang tertampil.

Selain dari menganalisa kecepatan, Anda juga dapat melakukan upgrade paket Hosting yang dapat disesuaikan.

Lalu, Anda juga dapat menggunakan CDN sebagai membantu menaikan performa kecepatan loading website Anda.

 

Link yang rusak karena disebabkan konten halaman website tsb telah di hapus karena sudah tidak digunakan dsb juga perlu diperbaiki. Karena link yang rusak berpotensi mengganggu proses crawling Google pada website Anda.

Anda dapat memeriksa link-link website Anda yang rusak pada akun Google Search Console Anda dengan menuju ke bagian Crawl Errors.

Setelah itu, jika ditemukan poin-poin error, Anda dapat memperbaikinya sesuai yang direkomendasikan atau instruksi yang tertampil.

 

Kesimpulan

Melakukan optimasi SEO WordPress menjadi bagian penting untuk Anda lakukan agar dapat memudahkan langkah pada marketing online Anda supaya mendapatkan kunjungan yang banyak sehingga mendatangkan pembeli.

Anda dapat menerapkan cara optimasi SEO WordPress dengan mengikuti artikel yang telah dibahas ini.

Semoga bermanfaat

Baca juga perkembangan informasi seputar teknologi, bisnis dsb di bagian blog IDwebhost secara gratis, 

Selain itu jika Anda memerlukan layanan web hosting dan domain, Anda dapat menghubungi IDwebhost yang memiliki promo hosting dan domain setiap harinya. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.