Tips SEO: Cara Optimasi SEO pada Website Shopify
Blog SEO Tips SEO: Cara Optimasi SEO pada Website Shopify

Tips SEO: Cara Optimasi SEO pada Website Shopify

Cara optimasi SEO pada website e-commerce seperti shopify menjadi agak berbeda dengan optimasi website blog pada umumnya karena website e-commerce tersendiri memiliki halaman produk-produk yang saling terkait satu sama lainnya.

Jika salah satu halaman tsb sudah kehabisan stok, maka tentu secara otomatis adalah menghapus halaman produk tsb. Tapi konsekuensinya ini dapat memperburuk pada SEO pada website Anda.

Nah sekarang, bagaimana cara optimasi SEO pada website Shopify? 

Sebelum menjelaskan lebih lengkapnya, ada baiknya Anda perlu mengenal shopify terlebih dahulu seperti yang tertampil pada daftar isi ini.

 

Daftar isi :

  1. Apa itu Shopify ?
  2. Keunggulan Shopify
  3. Cara Menggunakan Shopify
  4. Cara Optimasi SEO Shopify
  5. Kesimpulan

 

Apa itu Shopify ?

 

apa-itu-shopify

Shopify adalah ecommerce web builder yang berbayar dan dapat digunakan untuk membuat toko online mulai dari pengelolaan produk, inventaris harga, pembayaran, hingga shipping.

Platform pembuatan toko online ini dapat digunakan pemilik bisnis yang ingin membuat toko online sendiri jika tidak punya kemampuan dalam pemrograman website.

Untuk menggunakan shopify ini, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda pada website resmi shopify. Lalu, Anda dapat membuat website toko online melalui dashboard yang telah disediakan.

Shopify juga menawarkan tiga paket yaitu Basic Shopify, Shopify, dan Advanced Shopify. Anda juga dapat menggunakan kesempatan trial selama 14 hari terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakannya secara resmi.

 

 

Keunggulan Shopify

 

keunggulan-shopify

Beberapa keunggulan menggunakan shopify adalah :

1. Shop Builder Mudah

Shop builder memudahkan Anda dalam membuat toko online seperti drag-and-drop elemen-elemen yang dibutuhkan.

 

2. Tema Beragam

Agar website toko online Anda memiliki keunikan tersendiri, Anda dapat mendesain toko online Anda dengan tema-tema website yang dimiliki shopify. Shopify memiliki lebih dari 100 varian tema yang dapat Anda gunakan ataupun modifikasi.

3. Manajemen Toko Melalui Smartphone

Anda dapat mengelola toko online melalui smartphone. Pengelolaan tidak hanya menerima pesanan, tapi Anda juga dapat mengupload gambar produk, berkomunikasi dengan staf Anda,, dan menambahkan produk ke koleksi. Aplikasi shopify juga tersedia di Google Playstore yang dapat Anda download gratis.

 

4. Layanan Bantuan 24/7

Shopify melayani bantuan kendala selama 24 jam penuh melalui chat, email, dan phone call.

 

5. Trial Gratis selama 14 Hari

Anda dapat menggunakan shopify ini dengan memanfaatkan fasilitas trial gratis selama 14 hari sebelum sepenuhnya Anda berlangganan. Jadi jika masa percobaan telah habis, Anda dapat melanjutkan pembayaran untuk berlangganan atau tidak melanjutkan berlangganan.

 

Cara Menggunakan Shopify

 

cara-menggunakan-shopify

Untuk menggunakan shopify, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu di website resminya. Anda dapat mendaftar secara gratis! Lalu ikuti langkah berikut ini:

 

1. Buka Shopify

Anda dapat menuju ke www.shopify.com agar dapat melakukan pendaftaran dan mendapatkan akses dalam membangun toko online. Lalu klik “Start Free Trial”.

2. Isi Email dan Password

Setelahnya, Anda dapat melengkapi data yang diminta oleh shopofy, setelah semua data terisi dengan benar, klik, “Create Your Store” agar dapat melanjutkan dalam membangun toko online.

3. Isi Data Toko Online

Isi data deskripsi mengenai diri Anda atau bisnis Anda, lalu klik next.

4. Tambahkan Alamat Anda

Isi form “Add an address so you can get paid”, lalu pastikan masukan data sesuai dengan data diri Anda, lalu gunakan sebagai alamat bisnis secara default.

 

Cara Optimasi SEO Shopify

 

SEO atau Search Engine Optimization merupakan bagian penting juga dalam website agar mudah ditemukan di search engine pencarian. 

Jika pada umumnya SEO ini diterapkan pada website WordPress, Blog, dsb, bagaimana jika SEO pada website e-commerce khususnya pada pengguna website shopify ?

Berikut cara optimasi SEO shopify yang bisa Anda terapkan.

 

1. Pilih Kata Kunci yang Tepat Agar Google Bisa Menemukan Website Anda

Keyword atau kata kunci merupakan inti dari SEO. Kata kunci dapat memberitahukan kepada Google secara detail orang-orang yang melakukan pencarian akan kebutuhan mereka melalui kata kunci yang diketik.

Agar mendapatkan kata kunci yang tepat, maka Anda perlu mengetahui kata kunci yang relevan dengan produk bisnis Anda. 

Anda dapat membedakan jenis kata kunci berdasarkan “search intent” seperti :

  • Transaksi : kata kunci yang diketik oleh pengguna berdasarkan tujuan untuk melakukan pembelian. Contohnya : jual beli barang, jasa kursus bahasa inggris dsb.
  • Perbandingan harga : kata kunci yang diketik oleh pengguna berdasarkan tujuan untuk membandingkan harga pada suatu produk atau layanan tertentu. Contohnya cek harga Oppo, Harga kamera DSLR dsb
  • Navigasi : kata kunci yang diketik oleh pengguna dengan tujuan untuk mencari suatu website yang ingin mereka datangi. Contohnya Kaskus Forum, Login Facebook dsb
  • Informasi : kata kunci yang diketik oleh pengguna dengan tujuan untuk mencari informasi dengan cepat. Contohnya Teknik SEO 2021, Cara mendapatkan pengunjung website secara cepat dsb.

 

2. Gunakan Kata Kunci yang Menarik

Gunakan kata kunci yang menarik calon pelanggan agar mereka benar-benar ingin membeli produk Anda.

Contohnya Anda menjual jam tangan kayu di Shopify.  Anda dapat menambahkan kata kunci dan frase seperti beli jam tangan kayu, jam tangan kayu murah, jam tangan kayu original.

 

3. Letakan Kata Kunci di Tempat yang Tempat

Setelah mendapatkan kata kunci yang sudah sesuai. Anda dapat meletakan kata kunci tsb di bagian seperti :

  • Judul halaman
    Anda dapat meletakan kata kunci yang Anda targetkan judul. Contohnya jika Anda ingin memperbaiki halaman pada homepage Anda, maka Anda dapat meletakan kata kunci tsb di bagian homepage title.

  • Meta Deskripsi
    Meta Deskripsi merupakan bagian deskripsi yang menjelaskan informasi pada halaman tsb secara singkat dan jelas. Letaknya berada di bawah judul. Anda dapat meletakan kata kunci di bagian ini. Kemudian, buatlah deskripsi yang menarik beserta kombinasi kata kunci yang dipasang agar meningkatkan CTR (Click Through Rate) pada halaman website Anda.
  • Deskripsi Gambar & Alt Tag
    Orang-orang juga dapat melakukan pencarian melalui penelusuran gambar pada Google. Untuk itu, agar gambar produk Anda juga dapat tertampil pada pencarian gambar Google, maka tambahkan Alt tag. Tidak hanya itu saja, ubah nama file gambar Anda menyesuaikan kata kunci yang Anda targetkan agar semakin memudahkan untuk proses optimasi SEO.

  • Header & Judul (tag H1)
    Pastikan semua halaman produk Anda memiliki header yang deskriptif serta berformat tag H1.
  • Deskripsi Produk
    Cantumkan kata kunci Anda dalam deskripsi produk aga dapat membantu Google menemukan halaman Anda.

 

4. Koneksikan Halaman Anda dan Kontennya dengan Internal Link

Internal link menjadi salah satu faktor yang penting untuk optimasi SEO. Anda dapat menggunakan internal link pada seluruh halaman website Anda dengan menghubungkan konten-konten yang saling memiliki relevansi.

Contohnya pada halaman produk, pastinya produk merupakan turunan dari kategori produk. Sehingga halaman produk yang memiliki keterkaitan dalam satu kategori dengan halaman produk lain dapat saling terkait.

 

5. Bangun Backlink pada Toko Shopify Anda

Selain internal link, Anda dapat mulai untuk membangun backlink agar website Anda semakin memiliki kualitas yang baik di mata Google.

Backlink merupakan tautan dari halaman website lain yang mengarah ke website Anda. Sebagai tipsnya, Anda dapat melakukan strategi marketing dengan partner bisnis Anda untuk saling berbagi link agar meningkatkan peringkat SEO Anda.

 

6. Gunakan Review Konsumen

Google menyukai jika website Anda memiliki konten yang unik, pembaruan yang teratur dan adanya aktivitas serta kepuasan pelanggan Anda. Selain itu, review konsumen pada website Anda dapat membantu menghasilkan beberapa penjualan.

 

7. Atur Redirect Pada Semua Halaman Produk Lama

Pada sistem bisnis, sudah menjadi hal yang wajar jika suatu halaman memiliki stok produk yang habis karena laku dibeli. Konsekuensi jika Anda menghapus halaman produk yang telah kehabisan stok adalah membuat halaman tsb menjadi error. Hal ini akan menyebabkan bounce atau pantulan oleh pengunjung website Anda yang langsung segera menutup halaman produk pada website Anda. 

Solusinya Anda dapat mengatur Redirect pada halaman produk lama ke halaman baru.

 

8. Gunakan Fitur Blog


Selain optimasi pada halaman produk, Anda juga dapat menambahkan halaman blog agar semakin memperkaya kata kunci yang Anda miliki di website. Semakin banyak kata kunci yang relevan dan variatif tentunya akan semakin membuat website Anda lebih banyak di kunjungi orang.

 

9. Shopify Memiliki Sitemap Otomatis, Gunakanlah Agar Mempermudah Pengindexan Google

Tidak perlu khawatir bagi pengguna shopify mengenai keberadaan sitemap, karena shopify telah menyediakan file sitemap.xml secara otomatis.

Jadi sitemap ini akan membantu mempermudah website Anda dalam proses perayapan Google untuk di index di halaman pencarian.

 

 

Kesimpulan

Jika Anda memilih shopify sebagai website toko online Anda, maka Anda perlu menentukan cara optimasi SEO yang tepat pada website shopify Anda. 

Anda dapat mengikuti tutorialnya seperti yang telah dibahas pada artikel ini.

Semoga bermanfaat

Anda juga dapat mengikuti informasi di blog IDwebhost ini supaya mendapatkan info seputar bisnis secara gratis.

Lalu, IDwebhost juga memiliki promo hosting dan domain yang dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan hosting atau domain pada website Anda. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’AmourAktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.