Pelajari 5+ Cara Optimasi SEO Ini Biar Websitemu Banjir Traffic

14 Jun 2023
Pelajari 5+ Cara Optimasi SEO Ini Biar Websitemu Banjir Traffic campaign-unlimited

Untuk menempati peringkat tinggi di hasil pencarian Google, kamu harus menggunakan strategi yang tepat. Salah satunya adalah dengan menerapkan cara optimasi SEO. Dengan melakukan optimasi SEO pada websitemu, kamu bisa meningkatkan traffic dan tentunya menambah persentase conversion rate.

Kalau kamu masih belum tahu caranya, kami akan share langkah-langkahnya di artikel ini. Jangan sampai melewatkannya, pastikan kamu membaca sampai akhir untuk mengetahui pengertian optimasi SEO, manfaat, jenis, dan bagaimana caranya. Yuk, langsung menuju ke pembahasannya!

Apa Itu Optimasi SEO?

Sebelum membahas cara optimasi SEO, coba kenali dulu pengertiannya. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan SEO? SEO adalah Search Engine Optimization, yakni strategi optimasi blog atau website dengan tujuan untuk mendapatkan peringkat pertama di hasil pencarian halaman Google.

Untuk menempati peringkat atas hasil pencarian Google tidak bisa sembarangan. Google melakukan kurasi dan memilih blog atau website dengan indikator tertentu yang menurutnya layak ditampilkan pada posisi tersebut. Ini artinya, Google memiliki sejumlah indikator utama untuk menilai kualitas dari sebuah website.

Oleh karena itu digunakan SEO sebagai strategi untuk mengoptimalkan performa website dan konten di dalamnya sehingga dinilai memenuhi kriteria mesin pencari. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa SEO bukanlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu waktu. SEO perlu diterapkan secara bertahap untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Optimasi SEO

Di samping fungsi SEO untuk mendapatkan peringkat pertama di SERP, SEO juga memiliki sejumlah manfaat. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

1. Mendatangkan Pengunjung Website

Mesin pencari diandalkan oleh pengguna untuk menjawab semua pertanyaan yang diinginkannya. Apabila kamu dapat menyediakan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan user, maka website kamu akan mendapatkan banyak pengunjung.

Sederhananya, begitu cara optimasi SEO mendatangkan pengunjung website. Akan tetapi, bukan berarti ini hal yang mudah. Tantangannya, kamu perlu membuat konten yang berkualitas dan melakukan optimasi indikator utama penilaian Google.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Saat websitemu berada di peringkat 1 hasil pencarian,  kamu tentu akan lebih mudah dikenali oleh user. Apalagi jika kamu membuat website untuk brand bisnismu, kamu bisa membuat user mengenali nama brand atau bisnismu dengan lebih mudah.

Lama-kelamaan, brandmu bisa banyak dikenal dan mendapatkan kepercayaan dari orang-orang. Jika kamu sudah mendapatkan hasil demikian, maka kamu bisa memperkenalkan produk baru, memasarkan program, atau melakukan kegiatan aktivasi brand lainnya dengan lebih mudah.

3. Menjangkau Kustomer Potensial

Cara Optimasi SEO

Optimasi SEO meliputi penargetan kata kunci yang tepat. Jika kamu menggunakan kata kunci yang tepat atau sesuai dengan target pasar bisnismu, maka kamu bisa menjangkau kustomer yang potensial. Misalnya di Google kata kunci kafe estetik memiliki peringkat yang bagus.

Dengan begitu, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan kata kunci kafe estetik untuk mengajak user yang sedang mencari rekomendasi kafe untuk mengunjungi bisnismu. Alhasil, kamu bisa mendapatkan pengunjung baru dari user yang melakukan pencarian tersebut di Google.

4. Investasi Jangka Panjang

Melakukan cara optimasi SEO yang tepat bisa jadi investasi jangka panjang. Kok bisa? Beberapa orang ada yang membuat website untuk dijual kembali. Akan tetapi, tentu saja hanya website yang berkualitas dan memiliki traffic tinggi yang bisa dijual dengan harga terbaik.

5. Membuka Peluang Bersaing dengan Perusahaan Besar

Sekarang, kamu bisa bersaing secara bebas sekalipun kamu masih pemula. Walaupun kamu bukanlah perusahaan besar di bidangmu, kamu tetap mendapatkan kesempatan bersaing yang sama. Bahkan, dengan strategi optimasi yang tepat tidak mustahil bagi kamu untuk menyaingi perusahaan-perusahaan besar.

Jenis Optimasi SEO

Sebelum beranjak ke cara optimasi SEO, kamu harus mengetahui bahwa ada beberapa jenis upaya optimasi SEO yang bisa dilakukan. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Optimasi SEO On-Page

SEO On-Page adalah praktik optimasi SEO yang berfokus pada halaman dan konten yang kamu terbitkan. Dengan kata lain, SEO On-Page mengoptimalkan performa sebuah konten melalui beberapa indikator agar konten tersebut mudah dibaca dan dipahami oleh pengunjung.

Selain untuk membantu pengunjung lebih mudah memahami kontenmu, strategi SEO ini juga membantu mesin pencari. Dengan penerapan SEO On-Page, kamu bisa membantu mesin pencari untuk memahami konteks konten dan relevansi niche website dengan kata kunci di mesin pencari.

2. Optimasi SEO Off-Page

Kebalikan dari cara optimasi SEO On-Page, SEO Off-Page adalah praktik optimasi yang dilakukan di luar halaman atau konten yang kamu terbitkan. Jenis optimasi ini berfokus pada elemen-elemen eksternal yang dapat membantu kamu untuk menempati peringkat teratas di Search Engine Result Page.

Jika SEO On-Page berfokus pada meningkatkan kualitas halaman dan konten web, SEO Off-page lebih berfokus pada upaya-upaya untuk mempromosikan konten dan halaman website kamu. Beberapa praktiknya menurut Backlinko meliputi link building, bergabung dengan forum komunitas, hingga mengajak kerjasama influencer.

3. Optimasi SEO Teknis

Cara Optimasi SEO

SEO Teknis juga sering disebut dengan SEO Technical. Ini merupakan cara optimalkan berbagai aspek teknis dari sebuah website. Artinya, jenis SEO ini tidak berkaitan dengan meningkatkan kualitas konten maupun promosi konten ke platform lainnya.

SEO Teknis mengoptimalkan kemampuan sebuah website agar dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh pengunjung. Sederhananya, semakin cepat sebuah website untuk diakses maka akan semakin betah pengunjung untuk berlama-lama di website tersebut. Beberapa praktik optimasi jenis ini meliputi crawling, indexing, dan sebagainya.

Cara Optimasi SEO

Setelah membaca penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa teknik optimasi yang baik tentu saja dengan mengkombinasikan ketiga jenis SEO, yakni: SEO On-Page, SEO Off-Page, dan SEO Teknis. Untuk langkah optimasi SEO lebih detailnya, langsung saja ke ulasan berikut:

1. Membuat Konten yang Berkualitas

Cara optimasi yang pertama adalah membuat konten yang berkualitas. Pastikan kamu menuliskan artikel yang sesuai dengan kata kunci dan niche dari website kamu. Langkah ini bertujuan untuk membangun kepercayaan pengunjung. Dengan begitu, kamu bisa terlihat relevan dan kredibel.

Bukan hanya sembarang membuat, konten yang kamu buat pun perlu menggunakan struktur yang tertata. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan pengunjung dalam membaca artikelmu. Tuliskan penjelasan dalam bentuk paragraf dan gunakan heading untuk memisahkan bagian satu dan lainnya.

2. Mengoptimalkan Distribusi Kata Kunci

Distribusikan kata kunci yang ingin kamu optimasikan secara merata dalam kontenmu. Masukkan kata kunci pada bagian judul, paragraf pembuka, isi, dan paragraf penutup. Bukan hanya untuk memudahkan pengunjung, langkah ini juga memudahkan mesin pencari untuk mengindeks kontenmu.

Permalink adalah salah satu cara optimasi SEO yang diketahui efektif membantu mesin pencari untuk mengenal topik yang dibahas dalam kontenmu. Idealnya, sebuah permalink harus mengandung kata kunci tanpa perlu menambahkan embel-embel lainnya.

Berikutnya, sisipkan link internal maupun eksternal dalam kontenmu. Link internal adalah link yang mengarah ke halaman lain dalam websitemu. Tujuan dari penggunaan link internal tidak lain untuk membantu Google mengetahui konteks kontenmu dan membantu pengunjung untuk menuju ke konten lain yang masih terkait.

Selain link internal, gunakan juga link eksternal atau link yang mengarah ke halaman di website lain. Kamu bisa memasukkan link menuju website lain sebagai rujukan untuk tambahan informasi terkait topik pembahasanmu. Akan tetapi, pastikan website yang kamu rujuk ini memiliki reputasi yang baik, ya.

5. Menggunakan Tema Website yang Mobile-Friendly

Cara Optimasi SEO

Website dengan tema mobile-friendly adalah website yang kompatibel untuk digunakan dengan perangkat apa saja. Dengan menggunakan tema yang mobile-friendly, pengunjung tidak akan kesulitan untuk mengakses websitemu dan betah berlama-lama untuk membaca berbagai konten yang kamu terbitkan.

6. Tingkatkan Kecepatan Website

Pastikan pengunjung websitemu tidak menjumpai loading lama. Waktu memuat konten yang lama hanya akan membuat pengunjung meninggalkan websitemu. Pengunjung yang langsung meninggalkan halamanmu setelah membukanya akan dihitung dalam persentase yang disebut bounce rate.

Tingginya bounce rate akan mempengaruhi kualitas SEO dari websitemu. Semakin tinggi persentasenya maka semakin jauh websitemu dari kriteria mesin pencari. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi pada websitemu, bukan?

Kamu dapat meningkatkan kecepatan websitemu dengan bantuan layanan hosting dari IDwebhost. Layanan kami memberikan jaminan uptime up to 99.9%. Website kamu bisa bekerja 40x lebih cepat, jadi tidak perlu khawatir lagi kehilangan traffic pengunjung. Kalau kamu tertarik, pelajari selengkapnya mumpung sekarang ada promo, yuk!

Sekian pembahasan tentang cara optimasi SEO ini. Semoga kamu bisa menerapkannya untuk websitemu, ya. Kalau kamu suka denga artikel seperti ini, baca juga artikel lainnya di blog IDwebhost, gratis.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022