Cara Optimasi Peringkat Video di Platform Youtube
Blog Tips Keren Cara Optimasi Peringkat Video di Platform Youtube

Cara Optimasi Peringkat Video di Platform Youtube

Mempunyai ilmu tentang cara optimasi peringkat video di youtube anda sangatlah penting. Baru beberapa dekade yang lalu, inbound marketing adalah ide baru. Banyak orang belajar bahwa mereka tidak bisa hanya menerbitkan  konten yang menarik. Serta juga harus video yang berkualitas tinggi dan dapat dioptimalkan dengan cara yang membuatnya dapat mudah ditemukan di youtube atau mesin pencari. Konten yang berasal dari sebagian besar pada kata-kata tertulis. Sekarang ini, masalah tentang membuat konten tidak hanya sekedar itu saja. Saat ini, strategi konten komprehensif mencakup karya tulis seperti blog dan ebook, serta media seperti podcast, aset visual, dan video.

Konten video sekarang ini terus meningkat. Menurut laporan State of Inbound 2018, 45% orang berinvestasi lebih banyak di youtube beberapa tahun ini. Hal ini lebih banyak daripada media pemasaran lain yang tersedia untuk pemasaran mereka. Dan dengan munculnya beragam format konten lain muncul kebutuhan untuk mengoptimalkannya untuk pencarian di berbagai platform. Satu platfrom yang paling populer sekarang ini adalah di Youtube. sebuah situs website video yang banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia ini.

Cara optimasi peringkat video di platform youtube

Tetapi bagaimana cara kerja SEO di Youtube? Apa langkah-langkah yang perlu anda ambil untuk optimasi peringkat video di saluran YouTube anda? Mari dibahas satu persatu!

Optimasi peringkat video dengan SEO Youtube

  • Ganti nama file video anda untuk optimasi peringkat video

Seperti yang anda lakukan ketika mengoptimalkan konten seperti blog yang tertulis. Anda perlu menggunakan tools SEO untuk mengidentifikasi kata kunci yang ingin anda fokuskan untuk video anda terlebih dahulu. Dengan kata kunci yang diidentifikasi, hal pertama yang anda lakukan adalah mengubah nama file video anda menjadi kata kunci yang anda targetkan. Bahkan hal ini perlu dilakukan sebelum anda mengunggahnya ke YouTube.

Youtube sebenarnya tidak dapat menonton video anda untuk melihat seberapa relevannya itu dengan kata kunci target anda. Dan seperti yang anda ketahui, ada begitu banyak tempat anda dapat memasukkan kata kunci ini dengan aman di halaman channel video anda sejak satu kali ini diterbitkan. Namun, YouTube dapat membaca nama file video anda dan semua kode yang menyertainya saat diunggah.

Dengan mengingat hal ini, ganti nama file seperti “business_ad_003FINAL.mov”¬† dengan kata kunci yang Anda inginkan. Jika kata kunci anda adalah “tips melukis rumah,” misalnya, nama file video Anda harus “tips melukis rumah” diikuti dengan jenis file video pilihan anda seperti MOV, MP4, dan WMV yang beberapa yang paling umum dan kompatibel dengan Youtube.

  • Masukkan kata kunci anda secara menarik dalam judul video

Saat kita mencari video, salah satu hal pertama yang menarik perhatian kita adalah judulnya. Itulah yang sering menentukan apakah penonton akan mengklik atau tidak untuk menonton video anda, sehingga judulnya tidak hanya menarik, tetapi juga jelas dan ringkas.

Meskipun kata kunci memainkan peran besar dalam judul video anda, itu juga membantu jika judul tersebut cocok dengan apa yang dicari penonton anda. Penelitian yang dilakukan oleh Backlinko menemukan bahwa video dengan kata kunci yang sama persis dengan judul hanya memiliki sedikit keunggulan dibandingkan yang tidak.

  • Optimalkan deskripsi video anda

Menurut Google, batas karakter resmi untuk deskripsi video Youtube adalah 1.000 karakter. Dan meskipun tidak apa-apa menggunakan semua karakter tersebut. Ingatlah bahwa penonton anda kemungkinan besar datang ke untuk menonton konten video anda, bukan untuk membaca deskripsi anda.

Jika anda memilih untuk menulis deskripsi yang lebih panjang. Perlu diingat bahwa Youtube hanya menampilkan dua atau tiga baris teks pertama yang berjumlah sekitar 100 karakter. Setelah itu, pemirsa harus mengklik “tampilkan lebih banyak” untuk melihat deskripsi lengkap. Karena itu disarankan untuk memuat deskripsi dengan informasi paling penting saja, seperti social media anda atau tautan penting.

  • Beri tag video anda dengan kata kunci populer yang terkait dengan topik anda

Akademi resmi Youtube menyarankan agar menggunakan tag untuk memberi tahu orang lain tentang video anda. Tapi anda tidak hanya memberi tahu pemirsa tentang Youtube anda sendiri. Karena fungsi dari tag itu sendiri adalah menggunakan tag untuk memahami konten dan konteks video anda. Dengan begitu, Youtube dapat mengetahui dan mengaitkan video anda dengan video serupa, yang dapat memperluas jangkauan konten anda.

Cara optimasi peringkat video di platform youtube

  • Optimasi peringkat video dengan kategorikan video anda

Setelah anda mengunggah video, anda dapat mengkategorikannya di “Pengaturan lanjutan.” Memilih kategori adalah cara lain untuk mengelompokkan video anda dengan konten yang serupa di Youtube sehingga berakhir di daftar putar yang berbeda dan memperoleh paparan lebih banyak penonton yang mengidentifikasi dengan konten anda.

  • Unggah gambar thumbnail khusus untuk tautan hasil video anda

Thumbnail video anda adalah gambar utama yang terlihat saat para penonton menelusuri video di youtube. Seiring dengan judul video, thumbnail itu mengirimkan sinyal kepada pemirsa tentang konten video, sehingga dapat memengaruhi jumlah klik dan tampilan yang oleh video anda.

  • Gunakan File SRT untuk menambahkan subtitle dan Closed Caption (CC)

Seperti banyak teks lain yang telah kita bahas di sini, subtitle dan CC dapat meningkatkan optimasi pencarian Youtube dengan menyoroti optimasi peringkat video anda. Untuk menambahkan subtitle atau CC ke video anda. Anda harus mengunggah transkrip teks yang didukung atau file subtitle. Tips pertama, anda juga dapat langsung memasukkan teks transkrip untuk video sehingga secara otomatis disinkronkan dengan video.

Menambahkan subtitle dapat juga dengan cara lain. Seperti, anda dapat membatasi jumlah teks yang ingin ditampilkan. Tips kedua, buka manajer video anda lalu klik “Video” di bawah “Manajer Video.” Temukan video yang anda ingin tambahkan subtitle atau CC dan klik panah drop-down di sebelah tombol edit. Lalu, pilih “Subtitle / CC.” Anda kemudian dapat memilih bagaimana anda ingin menambahkan subtitle atau CC.

  • Tambahkan Cards pada saat video berakhir untuk optimasi peringkat video di Youtube anda.

Anda dapat menambahkan hingga lima kartu ke satu video, dan ada enam jenis:

  1. Cards saluran yang mengarahkan pemirsa ke saluran lain.
  2. Cards sumbangan untuk mendorong penggalangan dana atas nama channel anda.
  3. Penggalangan dana untuk meminta pemirsa anda membantu mendukung pembuatan konten video anda.
  4. Cards tautan, yang mengarahkan pemirsa ke situs eksternal, platform crowdfunding yang disetujui atau platform penjualan merchandise yang disetujui.
  5. Cards pendapat, yang mengajukan pertanyaan kepada pemirsa dan memungkinkan mereka untuk memilih tanggapan.
  6. Cards video atau daftar putar, yang menautkan ke konten Youtube lain dari jenis ini.

Cara optimasi peringkat video di platform youtube

Selamat Membaca dan mengembangkan youtube anda! Jika kalian masih bingung untuk membuat sebuah website kalian bisa mampir untuk membeli domain dan host dengan harga murah di IDwebhost.