Cara Optimasi Local SEO Untuk Kesuksesan Website Anda
Blog SEO Cara Optimasi Local SEO Untuk Kesuksesan Website Anda

Cara Optimasi Local SEO Untuk Kesuksesan Website Anda

Cara optimasi local SEO bisa menjadi solusi untuk Anda ketika merasa sulit melakukan optimasi SEO pada umumnya. Hal ini di karenakan optimasi local SEO menerapkan metode dalam melakukan optimasi kata kunci pada pencarian lokal. Contohnya, strategi local seo ini akan efektif ketika ada pelanggan yang sedang mencari suatu produk atau jasa tertentu yang terdekat berdasarkan lokasi pelanggan, sementara lokasi bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan tsb. Nah, untuk lengkapnya bagaimana local seo dan cara optimasi local seo, berikut penjelasannya.

 

Daftar Isi

1. Apa itu Local SEO ?

2. Mengapa Perlu Optimasi Local SEO ?

3. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Local SEO

4.  Cara Optimasi Local SEO

4.1. Optimasi Profil di Google Bisnisku
4.2. Riset Keyword
4.3. Optimasi On Page SEO
4.4. Bangun Link Building
4.5. Tambah NAP Citiations
4.6. Bangun Review User yang Baik

5. Kesimpulan

 

Apa itu Local SEO ?

 

apa itu local seo
apa itu local seo

Local SEO adalah cara dalam melakukan optimasi suatu bisnis dalam website agar tertampil di pencarian berdasarkan daerah atau lokasi di sekitar bisnis tsb. Contohnya, jika Anda ingin mencari tempat wisata di jogja terdekat di pencariaan Google, maka akan tertampil rekomendasi nama-nama tempat wisata lengkap beserta alamat, nomor telepon, informasi maps lokasi, review wisatawan, hingga jam operasional pada tempat wisata tersebut yang disesuaikan dengan jarak lokasi Anda.

Mengapa Perlu Optimasi Local SEO ?

 

Mengapa perlu optimasi local seo
Mengapa perlu optimasi local seo

 

Dengan Anda melakukan optimasi local SEO, maka hal ini akan lebih mudah membantu calon pembeli terdekat dalam menemukan tempat bisnis Anda. Selain itu, juga dapat meningkatkan untuk terjadinya konversi baik pembelian atau pemesanan pada bisnis Anda karena jarak lokasi calon pembeli dengan tempat Anda dapat dijangkau oleh calon pembeli tersebut.

Faktor – faktor yang Mempengaruhi Local SEO

Berdasarkan riset,  terdapat 8 faktor yang mempengaruhi penilaian dalam local SEO yaitu :

  1. Google My Business Signals dengan besar rasio 25.12%, dan beberapa faktor  yaitu lokasi pengguna, kategori bisnis, dan keyword pada nama bisnis dsb.
  2. Link Signals dengan besar rasio 16.53%, dan beberapa faktor  yang mempengaruhinya adalah anchor text, domain authority, dan kuantitas domain dsb.
  3. Review Signals dengan besar rasio 15.44%, dan beberapa faktor dari jumlah review dan keberagaman review dsb.
  4. On Page Signals dengan besar rasio 13.82%, dan beberapa faktor dari penggunaan NAP dan keyword dsb.
  5. Citation Signals dengan besar rasio 10.82% dan beberapa faktor seperti konsistensi NAP di beberapa platform dsb.
  6. Behavioral Signals dengan besar rasio 9.56% dan beberapa faktornya adalah CTR, mobile clicks to call, Check-in dsb
  7. Personalization 5.88%
  8. Social Signals dengan besar rasion 2.82% dan beberapa faktornya adalah interaksi di google, interaksi di facebook, interaksi di twitter dsb

Setelah Anda mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi local seo, maka langkah Anda selanjutnya adalah untuk dapat bisa menoptimasinya dengan baik. Berikut untuk cara optimasi local seo.

Cara Optimasi Local SEO

 

cara optimasi local seo
cara optimasi local seo

1. Optimasi Profil di Google Bisnisku

Google bisnisku merupakan salah satu fitur yang di sediakan oleh Google. Walaupun SEO sebenarnya bisa diterapkan di berbagai mesin pencari selain Google, tapi berdasarkan riset yang terjadi di bulan november 2020 sebanyak 98.34%  pengguna internet di Indonesia menggunakan mesin pencari Google. Jadi, Anda perlu menerapkan local SEO dengan optimasi pada Google Bisnisku agar bisnis Anda mudah di temukan oleh pengunjung.

Cara untuk optimasi bisnis Anda menggunakan Google Bisnisku untuk langkah pertama adalah mendaftarkan dan memverifikasi bisnis Anda terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda dapat melengkapi profil bisnis Anda di Google Bisnisku. Berikut beberapa hal mengenai informasi yang perlu Anda lengkapi di Google Bisnisku agar local SEO Anda berjalan lebih baik:

  • Lokasi : Lengkapi informasi alamat dan verifikasi lokasi bisnis Anda
  • Nomor telepon : Isi juga nomor telepon aktif pada bisnis Anda
  • Kategori : Sesuaikan kategori yang relevan dengan bisnis Anda
  • Atribut: Berikan penjelasan apa saja yang disediakan oleh bisnis Anda
  • Jam Operasional : Tambahkan informasi mengenai jam operasional pada bisnis Anda
  • Foto : Tambahkan berbagai foto seperti foto kantor, foto produk, foto team pada bisnis Anda.

2. Riset Keyword

Riset keyword dapat membantu mengidentifikasi keyword apa saja yang diinginkan konsumen ketika melakukan pencarian lokal. Anda dapat menggunakan tools bantuan seperti Google trends, ataupun alat tools riset keyword lainnya seperti Moz atau Ahrefs. Kedua tools tsb merupakan tools yang populer digunakan oleh praktisi SEO dalam mencari dan menganalisa keyword-keyword tertentu. Lalu, ketika Anda melakukan riset keyword, pastikan keyword tsb memiliki volume penelusuran yang tinggi. Hal ini karena semakin tinggi volume penelusuran pada suatu keyword tsb dapat diartikan lebih banyak di cari oleh calon konsumen. Setelah Anda mendapatkan keyword yang tepat, sisipkan keyword tsb kedalam deskripsi Google Bisnisku sehingga pencarian suatu keyword di Google menjadi semakin relevan.

3. Optimasi On Page SEO

On Page SEO adalah cara dalam mengoptimasi suatu konten pada halaman website Anda yang disesuaikan dengan struktur SEO yang tepat. Hal ini dapat memudahkan Google dalam memahami konten website Anda agar bisa muncul di hasil pencarian. Untuk melakukan optimasi On Page SEO maka Anda perlu memasukan keyword ke dalam meta tags, seperti URL, Heading, Judul, dan Meta description. Anda juga dapat menggunakan tools bantuan dari Yoast SEO yaitu plugin yang membantu dalam optimasi On Page SEO khusus untuk website dengan sistem WordPress.

Bangun Link Building agar mendapatkan link dari berbagai website lokal dan industri yang relevan dengan bisnis Anda. Jadi Anda dapat saling bertukar link pada website Anda ke partner bisnis Anda. Hal ini bertujuan agar Link Anda dapat terbangun dengan baik. Lalu pastikan juga link yang Anda bangun juga berkualitas agar Anda mendapatkan authority yang tinggi. Berikut beberapa karakteristik dalam membuat link yang berkualitas :

  • Link berasal dari halaman dengan authority tinggi
  • Link dari website-website yang memiliki relevansi yang sama dengan website Anda
  • Link mengandung keyword-keyword yang setema
  • Penempatan link pada bagian atas dan isi dari halaman

5. Tambah NAP Citiations

NAP citiations adalah kutipan biodata bisnis Anda yang ada pada Internet yang terdiri dari Nama, Alamat, dan Nomor Telepon. Hal ini berguna membantu membuat bisnis Anda relevan di pencarian lokal. Jadi, semakin tinggi biodata pada bisnis Anda tertampil di Internet, maka bisnis Anda bisa semakin terkenal. Anda dapat menambahkan NAP citiations ini di platform website, media sosial, dan Google bisnisku milik Anda.

6. Bangun Review User yang Baik

Bangun ulasan atau review dari berbagai orang yang telah mengetahui bisnis Anda dengan peringkat yang baik. Hal-hal yang terdiri dari review user ini umumnya adalah jumlah review dan keberagaman review. Lalu, agar Anda mendapat review yang baik, maka Anda perlu juga meningkatkan kualitas layanan pada bisnis Anda agar pelanggan-pelanggan Anda puas dan mau memberikan review yang positif. Sehingga dengan review positif dapat menarik orang lain yang tertarik dengan produk pada bisnis Anda menjadi semakin yakin.

 

Kesimpulan

Local SEO menjadi salah satu cara yang mudah ketika bisnis Anda ingin ditemukan oleh pengguna lain yang berada tidak jauh dengan lokasi bisnis Anda. Anda dapat menggunakan berbagai cara meningkatkan strategi local SEO Anda seperti yang cara-cara di artikel ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus ikut perkembangan informasi seputar bisnis online di blog IDwebhost

Sebagai tambahan, jika Anda membutuhkan hosting untuk kebutuhan dalam pembuatan website yang berisi informasi atau kegiatan marketing online, Anda dapat menggunakan jasa layanan hosting dan domain dari IDwebhost karena ada potongan diskon di beberapa paket hosting murah yang bisa Anda coba. Salam!

Haykal Azril Ansa

"Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on." Louis L’Amour Aktif menulis sebagai di IDwebhost. Boleh share tanpa ijin kalau suka konten artikel dari saya.