Cara Mudah Transfer File Dari dan ke VPS
Blog Tips Keren Cara Mudah Transfer File Dari dan ke VPS

Cara Mudah Transfer File Dari dan ke VPS

Cara mudah transfer file dari dan ke VPS memang perlu dipelajari. Khususnya bagi Anda yang sudah memanfaatkan website sebagai bisnis online. Dengan memiliki banyak kelebihan, VPS kini semakin dibutuhkan. Dengan adanya VPS tentu Anda akan merasa lebih aman saat memanfaatkan website yang bahkan untuk bisnis online sekalipun. Ketika memilih VPS, berarti Anda telah membuat website di platform yang lebih aman dengan jaminan resource (memori, disk spce, CPU core, dll) yang tidak mengharuskan Anda untuk berbagi bersama user lainnya.

Sebagai pemilik website maka Anda harus tahu bagaimana cara mudah transfer file dari dan ke VPS karena sangat penting. Mempelajari cara pengoperasian VPS memang sangat penting khususnya bagi Anda yang ingin lebih memaksimalkan pemakaian website. Selain itu Anda juga harus mempelajari  bagaimana cara mudah transfer file dari dan ke VPS.

transfer file

Bagaimana cara paling mudah transfer file dari dan ke VPS?

Ada banyak cara yang dilakukan untuk melakukan transfer file dari dan ke VPS . Anda bisa memilih dari cara yang paling mudah hingga cara yang paling rumit karena menggunakan perintah-perintah khusus yang ada pada command line.

Di sini kami akan menggunakan cara paling mudah untuk transfer file ke VPS. Ada 2 cara yang akan kami tunjukkan untuk Anda. Cara ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan transfer file dari ke VPS. Kedua cara tersebut nantinya akan menggunakan program bawaan dari windows, sementara cara yang kedua akan menggunakan progrma Third Party yang bisa didapatkan secara gratis.

1. Dengan menggunakan remote desktop connection.

Remote dekstop connection adalah program bawaan windows yang sering digunakan sebagai tools untuk mengontrol VPS dari komputer pribadi. Cara ini dinilai lebih mudah. Meski begitu ternyata belum banyak yang tahu tentang bagaimana caranya. Berikut cara transfer file ke VPS menggunakan remote desktop connection:

  • Siapkan lebih dulu file yang akan Anda transfer pada satu disk drive.
  • Kemudian, silakan buka remote dekstop connection (RDC) dari windows Anda.

Bagi yang belum tahu caranya, remote desktop connection bisa ditemukan di Start >Widows Accesories > Remote Desktop Connection. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa langsung tekan tombol Win + S pada keyboard, kemudian ketikkan remote desktop connection.

  • Tekan tombol show option pada jendela remote desktop connection.
  • Langkah selanjutnya Anda bisa pilih Tab Local Resources, kemudian klik more.
  • Kemudian tekan tanda (+) pada drives dan pilih local drive tempat Anda menyimpan file-file tadi. Lalu tekan OK.
  • Setelah itu Anda bisa login seperti biasa hingga masuk ke VPS. Dari sini Anda Anda bisa langsung melakukan transfer file ke VPS ataupun sebaliknya.
  • Selanjutnya Anda bisa buka Windows Explorer pada VPS. Pada poin ini Anda akan menemukan drive yang telah Anda pilih.
  • Silakan melakukan copy file dari drive ke VPS, lakukan juga sebaliknya.

transfer file

2. Dengan menggunakan layanan third party.

Cara yang kedua ini akan lebih mudah karena Anda bisa menggunakan layanan pihak ketiga. Layanan yang akan digunakan di sini adalah layanan Cloud Storage seperti Google Drive, Dropbox dan lain sebagainya. Banyak orang yang lebih memilih cara ini karena sudah tidak perlu lagi menggunakan berbagai macam konfigurasi seperti pada saat menggunakan Remote Desktop Connection. Berikut cara mudah transfer file ke VPS maupun sebaliknya. Layanan pihak ketiga yang akan digunakan di sini adalah Google Drive.

Buka Google Drive.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dnegan masuk ke google drive.

  • Persiapkan file yang akan diupload ke VPS.

Selanjutnya adalah dengan mencari file yang akan Anda upload ke VPS. Kemudian jadikan menjadi satu folder dan lakukan compress dengan Rar atau Zip.

  • Drag file yang ingin Anda masukkan ke VPS dalam Google Drive.
  • Setelah berhasil, maka silakan login ke VPS dan buka situs Google Drive dari web browser VPS. Pada poin ini jangan lupa untuk login dengan menggunakan email yang Anda gunakan pada komputer pribadi.
  • Langkah selanjutnya Anda akan melihat file hasil upload yang sudah Anda lakukan akan muncul di Google Drive.
  • Selanjutnya Anda bisa download file tersebut dan langsung bisa menggunakan file Anda pada VPS.

Sedangkan untuk melakukan transfer dari VPS ke komputer pribadi Anda, maka tinggal langsung upload file tersebut di google drive dan membukanya kembali di komputer pribadi. Melakukan transfef file ke VPS merupakan salah satu komponen penting yang harus Anda tahu demi memaksimalkan kinerja website.

Kedua cara di atas memang memiliki kelebihan dan kemudahan masing-masing. Ada yang lebih suka dengan cara yang pertama dan ada yang menganggap cara kedua lebih mudah.

Transfer file

Kelemahan  dan kelebihan transfer file menggunakan Remote Desktop Connection

Sebagian orang mengeluhkan menggunakan cara transfer file menggunakan remote desktop connection menyebabkan konerja komputer pribadi maupun VPS terasa lambat dan patah-patah. Hal ini disebabkan katena prosesnya cukup memakan sumber daya seperti disk, network dan memory yang cukup besar. Untuk kelebihannya adalah karena prosesnya yang cukup mudah. Ini karena Anda tinggal copy paste seperti pada sistem operasi windows yang pastinya sudah tidak asing lagi.

Kelemahan dan kelebihan tranfer menggunakan Google Drive

Ketika Anda memilih transfer menggunakan google drive, maka yang akan Anda rasakan adalah prosesnya yang kurang parktis dan memakan waktu lama karena Anda harus membuka web browser untuk mengakses cloud. Kemudian Anda harus upload file. Proses transfer menggunakan google drive sebenarnya bisa lebih mudah, hanyan saja Anda diharuskan untuk menginstall software Third Party pada komputer pribadi serta pada VPS Anda. Akan tetapi program-program yang ada pada software tersebut biasanya hanya akan membuat VPS menjadi lebih lambat dan kurang maksimal. Hal tersebut justru akan merugikan Anda.

Untuk kelebihannya memang hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang sudah mencoba cara ini. Sejauh ini, kebanyakan orang memilih  cara yang pertama karena prosesnya yang lebih mudah sehingga tidak memakan banyak waktu untuk melakukannya. Tapi hal ini kembali pada cara mana yang dianggap lebih mudah dalam melakukan transfer file dari VPS maupun ke VPS.

Demikian cara mudah melakukan transfer file dari VPS maupun menuju VPS. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.