Cara Mudah Menjual Domain Murah
Blog Tips Keren Cara Mudah Menjual Domain Murah

Cara Mudah Menjual Domain Murah

Domain Murah

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. Salah satu bisnis yang dapat dilakukan dan memberi banyak keuntungan adalah melakukan jual beli nama domain. Saat Anda melakukan pembelian domain untuk dijual lagi, maka temukan domain dengan harga yang murah karena Anda perlu membeli lebih dari 1 domain sebagai asset yang sewaktu-waktu dapat Anda jual kembali. Jika Anda sudah menemukan domain murah untuk dijual kembali, maka Anda dapat menjualnya dengan harga yang lebih tinggi sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan.

Cara Menjual Domain

Setelah Anda membeli dan memiliki domain, sekarang saatnya Anda menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan.Menjual domain tidaklah terlalu sulit, Anda hanya perlu strategi yang tepat agar bisa cepat terjual dengan harga tinggi. Berikut kami berikan beberapa strategi yang bisa Anda terapkan.

1. Submit di beberapa domain marketplace dan forum

Ada banyak marketplace tempat dimana Anda bisa mencantumkan domain untuk dijual, pilih beberapa marketplace yang sudah terpercaya. Jangan hanya me-listing di satu tempat saja, sebaiknya cantumkan juga domain anda di beberapa marketplace yang lain. Dengan demikian domain Anda akan terlihat oleh lebih banyak calon pembeli dan memiliki peluang lebih besar dalam penjualan.

Selain di marketplace Anda juga bisa menjual domain di website forum seperti NamePros.com, DNForum.com dan DigitalPoint.com. Jangan lupa untuk mempelajari dan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku pada masing-masing marketplace dan forum, termasuk masalah biaya dan potongan komisi. Anda perlu memperhitungkan semua biaya yang dikenakan untuk menentukan harga jual domain, sehingga tetap mendapatkan keuntungan setelah berhasil terjual.

2. Jangan Gunakan Whois Privacy Service

Whois adalah data informasi sebuah nama domain yang bisa diakses oleh publik. Dalam data Whois kita bisa melihat tanggal registrasi, data registrar dan juga data pemilik seperti nama, organisasi, alamat, email dan nomor telepon.
Karena alasan tertentu, banyak pemilik domain menyembunyikan data mereka dengan menggunakan Whois Privacy Service sehingga orang lain tidak bisa melihat data pemilik. Dalam bisnis jual beli domain, sebaiknya Anda tidak menggunakan WHOIS Privacy Service. Biarkan informasi kontak Anda bisa dilihat oleh orang lain.
Whois Privacy Service dapat mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan calon pembeli potensial. Jika suatu hari ada orang yang ingin membeli domain Anda, mereka akan kesulitan menghubungi Anda karena tidak bisa menemukan informasi kontak di Whois. Untuk memperbesar peluang Anda mendapatkan calon pembeli, tambahkan pesan seperti “This Domain is For Sale” pada Whois. Anda bisa menempatkannya di Regristant Name atau Organization Name.

3. Buat Sales Page di Homepage

Tidak jarang orang yang berniat membeli sebuah domain akan mengetik nama domain tersebut di browser mereka untuk mengakses langsung dan melihat apakah domain tersebut masih tersedia.
Maka alangkah baiknya Anda membuat sebuah note di homepage domain bahwa domain tersebut tersedia untuk dijual. Contoh: “This Domain Name YourDomainName.com is for Sale!“.
Cantumkan kontak Anda seperti email dan nomor telepon, atau bisa juga sebuah link yang mengarah ke url dimana domain juga terdaftar pada marketplace. Ketika ada orang yang mengakses alamat domain Anda, mereka akan tahu bahwa mereka bisa membeli domain tersebut dan bisa menghubungi Anda.

4. Promosikan di Sosial Media

Jangan lupa untuk memposting nama domain Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+ dan lainnya. Salah satu yang paling efektif adalah bergabung di grup jual beli domain, misalnya di Facebook. Setelah bergabung, Anda bisa memposting domain Anda di group tersebut. Jika domain anda memiliki trafik dan/atau metrik SEO yang bagus, cari group Facebook yang berkaitan dengan SEO seperti jasa backlink, guest posting atau PBN.
Anda bisa mencarinya melalui kotak pencarian Facebook, pilih group yang aktif dan isinya relevan sesuai dengan topik group. Sebelum posting ada baiknya pelajari dahulu peraturan setiap group dan jangan melakukan spam agar akun Facebook Anda tidak diblokir oleh admin.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjual domain. Jika Anda ingin membeli domain dengan harga yang cukup terjangkau untuk dijual kembali, maka Anda dapat membelinya di Idwebhost. Idwebhost adalah penyedia hosting dan domain yang terpercaya dan berkualitas. Idwebhost menyediakan fitur yang terbaik seperti domain yang murah namun tidak murahan, memiliki pelayanan cepat tanggap, mudah dalam mengaksesnya, dan proses pembayaran yang mudah dilakukan. Segera lakukan pembelian domain di Idwebhost dan temukan paket menarik lainnya.