Cara Mudah Memilih Hosting Terbaik untuk Website Anda

20 Feb 2018
Cara Mudah Memilih Hosting Terbaik untuk Website Anda campaign-unlimited

Layanan hosting yang digunakan untuk sebuah website sangat menentukan kinerja dari website tersebut. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam menentukan pilihan untuk hosting terbaik yang akan digunakan. Terlebih lagi, saat ini ada begitu banyak layanan penyedia hosting berbayar yang menawarkan aneka macam kelebihannya masing-masing.

Cara Memilih Hosting Terbaik

1. Menentukan Tipe Hosting

Tipe dari sebuah web hosting merupakan hal yang harus pertama kali Anda pertimbangkan. Terdapat 4 macam web hosting yang bisa Anda jadikan pilihan yakni VPS, shared hosting, dedicated hosting serta cloud hosting. Jika memang Anda masih bingung untuk menentukan pilihan diantara 4 tipe web hosting yang ada tersebut, cobalah untuk mempertimbangkan tipe shared hosting. Mengapa demikian? Karena Anda memiliki kesempatan untuk melakukan upgrade akun hosting kapan pun saat Anda membutuhkan resource yang jauh lebih besar alias dibutuhkan ketika sedang membuat atau membangun sebuah situs.

2. Kapasitas Bandwidth

Bandwidth adalah jumlah data yang diizinkan untuk ditransfer dari server ke pengunjung . Beberapa layanan akan menawarkan bandwidth tak terbatas , namun sebagian tidak begitu terbuka dengan batas bandwidth mereka .
Jumlah bandwidth yang Anda gunakan akan ditentukan oleh jumlah lalu lintas yang Anda terima serta ukuran konten pada hosting. Misalnya , situs yang banyak dikunjungi dengan banyak gambar akan menghasilkan lebih banyak bandwidth daripada situs yang banyak dikunjungi dengan kebanyakan teks saja.

Kapasitas Bandwidth

3. Kualitas Server

Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda perlu mengetahui kualitas server suatu layanan terlebih dahulu. Ini adalah hal paling utama yang perlu Anda perhatikan. Jangan sampai kesuksesan Anda di dunia online terhambat hanya karena website yang sulit diakses, atau segudang permasalahan teknis layanan hosting lainnya.
Ada banyak parameter yang bisa Anda lihat. Misalnya, lokasi server. Tidak ada lokasi server yang lebih baik dari negara tempat para calon pelanggan Anda berada. Apabila Anda ingin membuat website dengan calon pelanggan dari Indonesia, akan lebih baik apabila server website juga berada di Indonesia.
Selain itu Anda juga perlu memperhatikan spesifikasi server yang terletak di data center penyedia layanan hosting. Spesifikasi ini mencakup teknologi server, kecepatan prosesor (jenis prosesor maupun berapa core yang digunakan), kapasitas RAM, harddisk (apakah menggunakan SSD atau tidak), maupun network speed.

4. Dukungan Pelanggan

Kualitas web hosting yang bagus belum lengkap tanpa adanya pelayanan dukungan pelanggan yang baik. Maka dari itu, pilihlah web hosting dengan dukungan pelanggan yang siap siaga selama 24 jam untuk membantu mengatasi permasalahan pada website Anda. Jika Anda berniat memindahkan website dari satu web hosting ke yang lainnya, maka pastikan web hosting Anda membantu proses migrasinya. Beberapa web hosting Indonesia bahkan menawarkan bantuan migrasi tanpa biaya tambahan sepeser pun.

5. Sistem Keamanan

Jika Anda menggunakan layanan dedicated server, maka poin security atau keamanan disini tidak akan menjadi masalah. Karena biasanya para hacker jahat hanya menargetkan tipe web hosting shared dan VPS dengan mengupload sesuatu yang jahat ke sebuah website dan bisa memberikan efek negatif ke website yang lain pada server yang sama.

Hal di atas jelas tidak mungkin terjadi pada dedicated server hosting. Kemudian bagaimana caranya agar Anda bisa mengetahui bahwa web hosting yang digunakan aman sebelum memutuskan menggunakan layanan web hosting tersebut? Kebanyakan penyedia web hosting akan memberitahu tools apa yang mereka miliki sebagai tindakan pencegahan dari serangan berbahaya.

Itulah beberapa tips untuk memilih web hosting terbaik bagi situs Anda. Salah satu penyedia hosting yang handal di Indonesia adalah Idwebhost. Idwebhost menyediakan web hosting dan domain yang murah namun tetap berkualitas dengan berbagai fitur menarik. Diantaranya proses aktivasi yang mudah, server yang super cepat dan stabil, unlimited bandwidth dan gratis SSL, garansi uptime hingga 99,9%, hingga support SEO friendly. Segera daftarkan website bisnis Anda menggunakan Idwebhost dan dapatkan garansi uang kembali 30 hari tanpa syarat.

Penulis
Member since 2 Jul 2013