Cara Mudah Instal OS di VPS, Kamu Harus Mempelajari!
Blog Tips Keren Cara Mudah Instal OS di VPS, Kamu Harus Mempelajari!

Cara Mudah Instal OS di VPS, Kamu Harus Mempelajari!

Memahami cara mudah Instal OS di VPS memang seringkali menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Pemilihan OS juga akan menjadi salah satu  pembeda antara hosting dan virtual private server. Sebelum mempelajari cara paling mudah instal OS di VPS, maka Anda juga harus tahu perbedaan mengenai Hosting dan VPS. Hal tersebut akan sangat berhubungan dalam pemilihan OS.

Pada Hosting, Anda tidak dapat memilih sistem operasi mana yang akan Anda gunakan. Hosting yang bagus biasanya akan menggunakan sistem operasi yang memiliki performa yang tinggi. Namun hal ini berbeda dengan VPS (Virtual Private Server), di sini Anda bisa bebas menggunakan sistem operasi yang digunakan. Sedangkan sistem operasi yang digunakan pada VPS biasanya berbasis Unix / Linux.

Apa Itu OS?

Sebelum masuk ke tata cara penginstalan OS di VPS, maka Anda harus tahu apa itu OS? OS atau Operating System atau yang dalam bahasa Indonesia lebih populer dengan sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) serta sebagai daemon untjk program komputer.

Jika tidak ada Operating system, maka pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Pada sistem operasi ini juga mempunyai penjadwalan yang sistematis dan mencakup perhitungan memori, penyimpanan data, pemrosesan data hingga sumber daya lainnya. Beberapa contoh sistem operasi modern adalah Linux, Android, IOS, Mac OS X dan Microsoft Windows.

cara mudah instal os di vps

Untuk lebih mudahnya, sistem operasi adalah sebuah informasi dasar yang harus diketahui oleh pengguna komputer maupun smartphone. Jika komputer atau smartphone Anda tidak memiliki sistem operasi, maka tidak akan bisa digunakan.

Dari hal tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa sistem operasi bertugas untuk mengendalikan operasi dasar dan selalu memastikan sistem dalam komputer akan berjalan dengan normal atau sebagaimana mestinya. Sistem operasi ini terletak pada lapisan paling awal atau pertama, di mana memory hardisk tersebut berada.

Apa Fungsi OS?

OS atau Operating system memiliki beberapa fungsi utama yaitu sebagai berikut;

1.Mengatur Kinerja Hardware dan Software

Sistem operasi juga bisa dikatakan sebagai resource manager pada perangkat komputer. Hal ini karena sistem operasinya yang berfungsi untuk mengontrol fungsi perangkat keras seperti hardisk, memory, CPU dan hardware lainnya. Tak hanya itu saja, sistem operasi di sini juga memiliki fungsi untuk mengatur fungsi program perangkat lunak (software)  agar bisa terhubung dengan perangkat keras (hardware).

2.Menjalankan Operasi Dasar

Sebelum pada akhirnya aplikasi berjalan dengan baik pada sebuah komputer, maka operating system lah yang berperan untuk mengizinkan program atau aplikasi. Hal inilah yang akan ditampilkan kepada user yang menggunakan perangkat komputer tersebut. Menjalankan operasi dasar merupakan sebuah sistem yang sangat vital yang menjadi dasar kinerja dari perangkat lunak atau software lainnya.

3.Menyajikan Tampilan

Sebuah tampilan atau interface yang Anda lihat pad alayar komputer atau smartphone adalah hasil dari pengoperasian dari sistem operasi. Hal tersebut bisa dikatakan bahwa sistem operasi akan memudahkan aplikasi untuk berjalan dan menampilkan hasilnya pada layar komputer.

Selain itu CPU juga akan menerjemahkan bahasa pemrogaman yang nantinya hasilnya akan ditampilkan melalui sistem operasi dalam bentuk grafis, teks dan tampilan yang mudah dipahami oleh orang lain.  Maka tak heran jika tampilannya harus maksimal agar orang lain lebih mudah memahami dan mengoperasikannya dengan baik.

4.Berfungsi Sebagai Tempat Aplikasi

Pada apkikasi maupun program yang ada pada komputer, biasanya tersimpan sebuah perangkat penyimpanan. Akan tetapi,aplikasi dan program yang berada pada komputer tersebut terdapat dalam suatu wadah yang merupakan sistem operasi itu sendiri, yang mana program tersebut melekat pada sistem operasi. Maka, jika tidak ada sistem operasi, maka operasi program dan aplikasi tersebut tidak dapat dipakai.

5.Berfungsi Untuk Mengawasi dan Melindungi Fungsi Program

Dalam hal ini sistem operasi berfungsi untuk melindungi dan mengawasi progam komputer. Sistem operasi dapat memungkinkan user yang memiliki hak untuk mengakses komputer dan menjalankan suatu program serta mengendalikan siapa saja yang bisa mengakses program tersebut.

Anda tidak perlu khawatir lagi karena semua file yang tersimpan dalam komputer akan terjaga dan terlindungi dengan aman oleh sistem operasi dan hanya bisa diakses oleh orang-orang yang memiliki hak akses file atau yang memiliki kendali file dalam komputer.

6.Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Sistem operasi juga bisa berfungsi untuk  mengoptimalkan perangkat keras (Hardware) ataupun perangkat lunak (Software). Sebagai contoh misalnya ketika mengatur kinerja CPU. Di sini sistem operasi berfungsi untuk mengatur waktu yang digunakan untuk koneksi dan terminal. Selain itu juga bisa mengatur panggilan data yang tersimpan di dalam sebuah perangkat penyimpanan hardisk.

cara mudah instal os di vps

Bagaimana Cara Instal OS di VPS?

Proses instal OS di VPS sangatlah mudah. Cara yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut;

1. Mendaftar menjadi member di IDWebhost.com

Jika sudah menjadi member, maka Anda tinggal memasukkan username dan password . Salah satu keuntungan menjadi member di IDwebhost adalah Anda akan mendapatkan penawaran harga yang menarik. Ini bisa berupa potongan harga dan masih banyak lagi.

2. Pilih Menu Server dan Server VPS

Setelah selesai mendaftar, maka langkah selanjutnya adalah pilih menu server. Setelah itu akan ada dua pilihan yaitu, SSD VPS dan Dedicated Server. Jika Anda ingin menggunakan VPS, maka pilih SSD VPS. Di sini yang akan dilakukan adalah instal OS di VPS, jadi yang harus Anda pilih adalah menggunakan SSD VPS.

3. Melakukan Order di VPS

Kemudian, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan proses order di VPS. Dalam hal ini Anda bisa memilih layanan VPS dengan pilihan OS. Setelah itu baru memutuskan untuk order. Pilih OS sesuai dengan kebutuhan.

4. Lakukan Proses Pembayaran.

Setelah selesai order dengan OS yang Anda pilih, maka langkah terakhir adalah pembayaran. Kemudian OS akan langsung aktif di VPS setelah Anda melakukan proses pembayaran. Yang perlu Anda tahu adalah, setelah selesai instal, Anda tidak perlu melakukan instal secara manual. Jadi segalanya akan dimudahkan.

Begitulah cara mudah instal OS di VPS. Jangan lupa jika anda ingin membuat website, anda bisa mendapatkannya di IDwebhost dengan harga domain dan hosting yang murah.