Cara Mudah Daftar Domain Freenom, Gratis!

21 Apr 2023
Cara Mudah Daftar Domain Freenom, Gratis! campaign-unlimited

Web portofolio adalah hal wajib untuk memperlihatkan hasil karya dan pengalaman pekerjaanmu. Tidak harus menggunakan ekstensi domain populer yang harganya mahal, jika danamu terbatas kamu dapat menggunakan domain gratis dari Freenom. Sudah tahu cara daftar domain Freenom secara gratis?

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mendapatkan nama domain gratis. Freenom adalah salah satunya. Layanan Freenom banyak dimanfaatkan oleh pekerja lepas, programmer pemula, dan pekerja lainnya untuk mendapatkan domain gratis sebagai web portofolionya.

Tertarik juga untuk menggunakannya, tapi bingung bagaimana cara menggunakan Freenom? Mari ketahui selengkapnya tentang Freenom dan cara daftarnya di bawah ini!

Apa Itu Freenom?

Freenom adalah sebuah penyedia layanan domain gratis. Layanan yang ditawarkan oleh Freenom tersedia untuk semua orang di seluruh penjuru dunia. Tujuan Freenom menyediakan layanan domain gratis, tidak lain adalah membantu siapapun untuk memiliki website.

Mendapatkan domain gratis tentu saja bisa jadi keuntungan tersendiri, terutama bagi bisnis dan pekerja yang ingin mengembangkan usaha dengan biaya terbatas. Akan tetapi, di balik kelebihannya ini Freenom juga memiliki kekurangan, yakni keterbatasan pada ekstensi domain yang tersedia.

Freenom menyediakan ekstensi domain yang kurang populer. Tidak seperti ekstensi COM, NET, ORG, dan sebagainya, ekstensi domain di Freenom bahkan mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Beberapa ekstensi tersebut misalnya seperti CF, ML, TK, GA, atau GQ.

Namun tentunya ini tidak bisa jadi halangan bagi kamu yang tidak masalah dengan ekstensi domain kurang populer. Apalagi jika kamu masih pemula dan memerlukan ruang sebatas untuk memperlihatkan hasil karyamu saja. Domain gratis Freenom sudah cukup untuk membangun website perdanamu. Jadi, pastikan ketahui cara daftar domain Freenom!

Cara Daftar Domain Freenom Gratis

domain freenom

Untuk mendapatkan domain gratis Freenom caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs Freenom langsung. Selengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Periksa Ketersediaan Domain

Pertama-tama, kunjungi website Freenom di sini. Kamu dapat menggunakan web browser untuk mengaksesnya. Jika sudah masuk ke halaman depan website, selanjutnya kamu bisa mulai memeriksa ketersediaan domain untuk nama domain keinginanmu. Periksa ketersediaan domain dengan kolom Check Availability yang tersedia di halaman ini.

Klik kolom dan tuliskan nama domain yang ingin kamu gunakan. Jika sudah, klik tombol Check Availability. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan hasil pencarian. Apabila nama domainmu tersedia, Freenom akan menampilkan nama domain lengkap dengan pilihan ekstensinya.

2. Pilih Ekstensi Domain dan Masa Aktifnya

Hasil pencarian nama domain yang ada akan menampilkan pemberitahuan lengkap dengan pilihan ekstensi domain yang tersedia. Untuk memilih salah satu ekstensi domain kamu bisa klik langsung pada kolom ekstensi domain yang dikehendaki. Jika sudah, nama domain dan ekstensi tersebut akan ditampilkan dengan status Selected.

Tentu saja tampilan ini juga lengkap dengan tanda FREE, yang artinya gratis. Untuk melanjutkan proses berikutnya, klik tombol Checkout. Kamu akan diarahkan ke halaman Shopping Cart. Halaman ini akan menampilkan nama domain lengkap dengan ekstensi yang sudah kamu pilih sebelumnya.

Pada bagian Period, kamu akan menemukan pilihan masa aktif domain yang tersedia. Kamu bisa memilih masa akatif sesuai dengan kebutuhanmu. Masa aktif domain gratis di Freenom paling lama adalah 12 bulan. Selebihnya, kamu akan dikenakan biaya yang berbeda-beda sesuai dengan lama masa aktif.

3. Lengkapi Verifikasi Identitas

Setelah memilih masa aktif nama domain, klik tombol Continue. Berikutnya kamu akan ditampilkan halaman review pesanan di Shopping Cart milikmu. Nama domain yang gratis akan menampilkan total biaya $0.00 USD.

Cara daftar domain Freenom berikutnya adalah memasukkan alamat email pada kolom yang tersedia. Jika sudah, klik Verify My Email Address. Selanjutnya, kamu perlu memeriksa kotak masuk emailmu untuk melakukan verifikasi. Klik link yang tersedia pada pesan dari Freenom untuk melakukan verifikasi email.

Link tersebut akan mengarahkanmu kembali ke halaman review pesanan. Pada bagian bawah keterangan pesanan, kamu akan disediakan formulir identitas. Masukkan informasi yang valid sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Berikan checklist pada kolom I have read and agree to the Terms & Condition. Lalu, lanjutkan dengan klik tombol Complete Order. Berikutnya, kamu akan menerima email konfirmasi dan link menuju halaman client Freenom. Selamat, kamu sudah bisa mulai mengkonfigurasi domain barumu!

Cara Menghubungkan Domain Freenom dengan Website

domain freenom

Lalu, bagaimana caranya menghubungkan website dengan domain baru? Tanpa perlu khawatir kehilangan traffic, menghubungkan website Blogspot dengan domain Freenom tidaklah rumit. Setelah melakukan cara daftar domain Freenom di atas sampai selesai, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pada halaman pemberitahuan pendaftaran domain baru yang sudah berhasil, klik tombol Go To your Client Area.
  • Lakukan login menggunakan informasi akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  • Usai berhasil masuk, klik menu My Domain dan lanjutkan dengan klik Manage Domain pada nama domain yang akan dihubungkan.
  • Sambil membuka halaman kelola domain, buka tab baru dan masuk ke dashboard Blogspot.
  • Kemudian masuk ke menu Setelan Dasar.
  • Pada menu custom domain, masukkan link URL nama domain baru yang sudah dibuat di bagian alamat blog.
  • Lalu klik Simpan.
  • Selanjutnya, halaman akan menampilkan pemberitahuan terjadi error. Tanpa menutup jendela ini, buka kembali jendela halaman pengelolaan domain Freenom.
  • Pilih menu Manage Freenom DNS.
  • Berikutnya, masukkan informasi nama pada www dan nqfqweunomwu ke halaman Host Name Freenom.
  • Pada bagian kolom Type di halaman DNS Management Freenom, pilihlah CNAME. Sementara untuk bagian TTL tidak perlu diubah.
  • Jika sudah, pada bagian bawah DNS Managament, masukkan Record IP. Tuliskan IP Google 216.239.32.21 pada kolom Target.
  • Lengkapi bagian Type dengan huruf A.
  • Lalu, klik Simpan dan kamu akan mendapatkan pemberitahuan perubahan pengaturan berhasil dilakukan.
  • Buka kembali halaman Blogspot.
  • Masukkan kembali nama domain baru pada pengaturan alamat blog dan klik Simpan.
  • Setelah itu, masuk ke menu Penerbitan atau Publishing. Masukkan setelan domain pihak ketiga dengan nama domain yang baru. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung situsmu menuju ke nama domain baru.
  • Klik Simpan dan tunggu beberapa saat. Jika domain masih belum bisa diakses, ada kemungkinan domain masih dalam proses propagasi DNS.

Mengapa Harus Freenom?

Dari sekian banyaknya penyedia layanan domain gratis, kenapa harus daftar domain Freenom? Meskipun menggunakan ekstensi domain yang kurang populer dan hanya memiliki masa aktif sementara, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, lho.

  • Tidak mengeluarkan biaya. Jelas domain dari freenom bisa didapatkan secara gratis tanpa biaya sedikitpun.
  • Bisa membuat nama domain pendek. Freenom tidak menetapkan ketentuan rumit terkait nama domain yang ingin kamu gunakan. Selama nama domain tersedia dan tidak melanggar kebijakan Freenom maka kamu dapat membuat nama domain yang singkat sehingga mudah diingat.
  • Ketersediaan nama domain yang beragam. Kini pengguna ekstensi COM terus bertambah. Tentu akan lebih sulit untuk menemukan nama domain yang tersedia dengan ekstensi COM daripada ekstensi yang tersedia di Freenom.
  • Lolos Google Adsense. Meskipun tampak kurang kredibel jika dibandingkan dengan website dengan ekstensi domain populer lainnya, website milikmu tetap bisa terindeks dan bahkan di approve oleh Google Adsense. Namun, tentu saja dengan catatan website maupun konten yang kamu tayangkan tidak melanggar kebijakan dari Google Adsense.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian, keuntungan, serta cara daftar domain Freenom gratis. Setelah melihat kelebihan Freenom dan cara daftarnya yang mudah, pasti kamu ingin segera membuat nama domain gratismu, kan?

Sekalipun demikian, perhatikan bahwa domain gratis ini juga tetap memiliki kekurangan seperti masa aktif yang terbatas dan ekstensi yang kurang kredibel. Semoga kamu bisa mempertimbangkannya dengan baik dan menyesuaikannya dengan kebutuhan website milikmu.

Apabila kamu kesulitan untuk menghubungkan domain baru dengan website, kamu dapat menghubungkannya dengan mengubah name server pada layanan hostingmu. Layanan customer care hosting IDwebhost siap menghubungkanmu dengan bantuan teknisi kapan saja! Coba cek pilihan layanannya sekarang di sini.

Elly Santi
Member since 7 Sep 2022