Cara Migrasi Weebly ke WordPress Menggunakan Plugin

Cara Migrasi Weebly ke WordPress Menggunakan Plugin

Ketika akan membuat website, ada banyak pilihan website builder yang bisa digunakan. Dan salah satu website builder yang paling banyak digunakan adalah Weebly. Buat kamu yang ingin ingin membuat website dalam hitungan menit, Weebly adalah pilihan. 

Bukan tanpa alasan mengapa orang menggunakan Weebly. Karena Weebly adalah platform gratis yang bisa digunakan oleh siapapun

Namun, ketika websitemu sudah semakin besar, dan Weebly tak lagi bisa menjawab kebutuhan, pilihan terbaik adalah melakukan migrasi dari Weebly ke WordPress

Pada artikel ini, kami akan berbagi dengan kamu semua, Sahabat IDwebhost tentang cara migrasi Weebly dari WordPress. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Buat kamu yang menggunakan migrasi ke WordPress, IDwebhost punya tim support yang siap membantumu melakukan migrasi ke WordPress. 

Mengapa Migrasi dari Weebly ke WordPress?

Cara Migrasi Weebly ke WordPress Menggunakan Plugin

Banyak alasan mengapa harus melakukan migrasi dari Weebly ke WordPress. Weebly memiliki banyak kelemahan. Pada paket Weebly free, kamu tidak dapat membuat cadangan posting blog dan halaman produk, mengunggah kembali konten yang diarsipkan, dan membuat website forum.

Bahkan, banyak yang tidak menyadari hal ini ketika baru mulai menggunakan Weebly. Lantas, bagaimana cara melakukan migrasi Weebly ke WordPress. 

Persiapan Sebelum Migrasi Weebly ke WordPress

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan migrasi Weebly ke WordPress. Berpindah dari satu CMS ke CMS lain bukanlah hal yang mudah, bahkan kompleks. Maka dari itu, sebelum berpindah CMS, kamu harus memikirkannya masak-masak. 

Weebly diakuisisi oleh Square pada tahun 2018. Pada dasarnya, Weebly bukanlah platform open source. Dengan Weebly, pengguna bisa membuat blog atau website menggunakan sistem drag and drop. 

WordPress berbeda dengan Weebly. WordPress adalah platform content management system berbasis sumber terbuka, alias open source. Dengan begitu, pengguna bisa melakukan banyak hal pada website. 

Pengguna dapat melakukan kustomisasi pada banyak hal. Mulai dari source code, tema, dan plugin-plugin fungsional website. 

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan? 

Berikut adalah persiapan sebelum migrasi Weebly ke WordPress: 

  • Membeli Nama Domain

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum migrasi dari Weebly ke WordPress adalah membeli nama domain. Karena sebelumnya menggunakan Weebly, ekstensi yang digunakan adalah domainsaya.weebly.com. 

Maka dari itu, kamu perlu membeli nama domain sendiri. Membeli nama domain adalah langkah pertama migrasi Weebly ke WordPress. 

Untuk itu, kamu bisa menemukan nama domain yang kamu inginkan di IDwebhost. Dapatkan promo domain murah di IDwebhost. Nama domain yang tepat dapat membuat websitemu lebih cepat dikenal orang. 

  • Membeli Hosting 

Setelah domain siap, langkah selanjutnya adalah membeli hosting. Ada berbagai jenis hosting yang bisa kamu pilih. Karena migrasi ke WordPress, tidak ada salahnya untuk menggunakan WordPress Hosting

IDwebhost memiliki paket hosting WordPress yang dapat membuat website 40 kali lebih cepat dari website Weebly sebelumnya. 

Bukan hanya hosting, tim support IDwebhost siap membantu kamu untuk melakukan migrasi ke WordPress. 

  • Install dan Aktivasi WordPress

Ada beberapa cara untuk menginstal WordPress. Dari cara manual sampai dengan yang paling mudah, menggunakan cPanel. cPanel memiliki fitur one-click installation, di mana kamu bisa menginstall WordPress hanya dengan sekali klik. 

Setelah mendaftar pada hosting terbaik pilihanmu, kamu akan mendapatkan username dan password yang bisa digunakan untuk login ke cPanel. 

Cara Migrasi Weebly ke WordPress Dengan Plugin 

Cara Migrasi Weebly ke WordPress Menggunakan Plugin

Ada banyak cara untuk melakukan migrasi dari Weebly ke WordPress. Mulai dari cara manual, hingga menggunakan plugin, supaya lebih mudah. 

Dan setelah migrasi selesai, kamu harus merapikan beberapa bagian dari website WordPress, karena sebenarnya, WordPress dan Weebly menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. 

Ada sejumlah plugin yang bisa digunakan untuk melakukan migrasi. Salah satunya adalah Feedzy RSS Aggregator. Untuk menggunakannya, versi gratis dari plugin ini sudah sangat cukup. 

Tapi jika masih merasa kurang, kamu bisa menggunakan versi premium untuk mendapatkan fitur yang lebih baik. 

Berikut adalah cara migrasi Weebly ke WordPress dengan plugin RSS Aggregator: 

– Langkah 1: Install dan aktivasi plugin 

 Langkah pertama adalah menginstal dan mengaktivasi plugin. Untuk melakukannya, dari dashboard WordPress, silakan masuk ke menu Plugins > Settings

Setelah itu, pada kotak pencarian, tuliskan Feedzy. Dan plugin bisa segera diinstall. Silakan klik Install. Jika proses instalasi sudah selesai, jangan lupa untuk klik Activate

Sekarang, plugin sudah aktif, sekarang saatnya memulai proses migrasi. 

– Langkah 2: Impor file 

Untuk mengimpor file, dari halaman plugin Feedzy, silakan klik tab Import Posts. Setelah itu, klik New Import di bagian atas halaman. 

Beri nama file yang akan diimpor. Selain itu, masukkan URL Weebly di kolom Source. Setelah itu, kamu diminta untuk melakukan setting dan konfigurasi. 

Halaman pengaturan ini bisa berbeda-beda, bergantung dari versi Feedzy yang kamu gunakan. Setelah semuanya siap, jangan lupa klik Save and Activate. 

Langkah 3: Impor halaman dan gambar 

Langkah selanjutnya adalah mengimpor halaman dan gambar. Karena Weebly dan WordPress menggunakan format yang berbeda. 

Kamu bisa menggunakan plugin HTML Import untuk mengimpor file gambar dan halaman ke WordPress. 

Setelah Migrasi 

Cara Migrasi Weebly ke WordPress Menggunakan Plugin

Setelah migrasi, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan. Antara lain seperti merapikan tema dan plugin, dan mengatur permalink. 

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan setelah migrasi: 

Tema dan Plugin 

WordPress memiliki banyak tema untuk berbagai macam niche. Kamu bisa memilihnya untuk digunakan di websitemu. 

Kamu bisa menginstallnya dan melakukan kustomisasi. Tema-tema yang tersedia dapat membuat pekerjaanmu lebih mudah dan ramah pengguna. 

Bukan hanya tema, WordPress juga memiliki banyak plugin. Kamu bisa mengunduh dan menginstall plugin apapun yang bisa digunakan. Pastikan kamu menginstal plugin WordPress terbaik di websitemu. 

Permalink 

Sangat penting untuk memastikan struktur permalink websitemu sudah sangat baik. Kamu bisa mengakses permalink di dashboard WordPress untuk memastikan struktur permalink sudah sempurna. 

Baca Juga : Apa Itu Permalink? 

Mengarahkan DNS 

Langkah terakhir adalah mengarahkan DNS. Karena sedikit teknis, kamu bisa meminta bantuan ke tim support hosting terbaik pilihanmu. 

Penutup 

Migrasi website dari Weebly ke WordPress bukanlah pekerjaan yang sulit. Hanya saja memang ada sedikit usaha untuk melakukannya. Tetapi tenang, jika kamu mengalami kesulitan cara migrasi Weebly ke WordPress, tim support IDwebhost siap memberikan solusi terbaik. 

Mau punya website andal, cepat, dan aman, jangan lupa berlangganan hosting murah terbaik IDwebhost. Udah murah, banyak promo juga yang menantimu, lho! 

 

Taufiq Prasetya Pradana

Member since 6 Sep 2019